Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pulau Kalong dan Pantai Sinden - Menyebrangi Jembatan Gantung di Atas Deburan Ombak

Pulau Kalong dan Pantai Sinden

Karogaul.com - Salah satu tempat wisata tepi laut yang lagi viral digolongan anak muda sekarang, ialah Tepi laut Pulau Kalong ataupun Pantai Pulau Gelatik. Nama ini timbul sebab gugusan pulau ini kerap jadi letak binatang kalong maupun burung gelatik bersarang.

Pulau Kalong ini letaknya berhadapan langsung ke Pantai Sinden. buat dapat ke pulau kalong, kita butuh melewati kereta gantung ataupun jembatan gantung.

So, jembatan gantung ini dini mula sesungguhnya di gunakan sebagai jalur penyeberangan menemukan hewan lobster serta ikan di Pulau Kalong oleh sebagian masyarakat sekitar.

Pulau Kalong dan Pantai Sinden
Foto oleh @budi.bf

Tetapi seiring populernya nama tepi laut ini, sebagian orang juga mulai banyak yang menjelajahi ke pantai kalong ataupun pulau gelatik ini. sampai buat dikala ini jembatan ini lebih di fokuskan selaku wahana destinasi wisata yang seru untuk selfie.

Tidak hanya itu, Pantai Pulau kalong pula jadi posisi kesukaan para pemancing sambil merasakan indahnya pemandangan alam serta eksotiknya deburan ombak yang menerjang karang nyatanya akan menantang nyali ataupun adrenaline kalian.

Nuansa sekitar pulau yang di kerumuni begitu banyak tumbuhan hijau dan pepohonan rindang besar lain, membuat wilayah pantai pulau kalong aman di kunjungi sebagai letak untuk menghilangkan rasa penat pikiran dari hiruk pikuk kota.

Pulau Kalong dan Pantai Sinden
Foto oleh Saiffuu

Bila kalian berencana liburan ke Pantai Pulau Kalong, terdapat sebagian perihal yang butuh dipertimbangkan, semacam bawa alas kaki yang kokoh maupun sepatu, sebab struktur dataran posisi yang kebanyakan berbentuk bebatuan karang tajam.

Tidak hanya itu, kalian pula butuh mempersiapkan bekal mengkonsumsi semacam santapan serta minuman, sebab sebagian sarana disana belum terlalu lengkap.

Buat mendapatkan warung, restoran santapan serta penginapan, kalian dapat menggunakan sarana di Pantai Wedi Ombo yang letaknya sebelah timur serta berjarak kurang lebih 600 m dari perbukitan.

Rute Lokasi Pantai Pulau Kalong Jogja

Pulau Kalong dan Pantai Sinden
Foto oleh ricky rianto

Berikutnya buat rute mengarah Pantai Pulau Kalong biasanya orang menyewa suatu pasangan dari tepi laut Wedi Ombo. serta buat itu, kita dapat mengambil rute ke Pantai Wedi Ombo terlebih dulu serta memarkirkan transportasi di Tepi laut Wedi Ombo.

Buat rutenya bila kalian dari Kota Jogja, kalian dapat melaju ke Kec. Wonosari Kab.n Gunung Kidul. dari Kec. Wonosari kalian arahkan tujuan ke Kec. Semanu.

Pulau Kalong dan Pantai Sinden
Foto oleh Puji Anto

Sehabis sampai di Kec. Semanu, kalian arahkan tujuanmu ke selatan dari Jalan. Raya Semanu sekitar 11 km sampai hingga di pertigaan Desa Candirejo. dari pertigaan ini kalian ambil arak ke selatan lagi jalur lurus terus sekitar 11, 5 km dengan tujuan ke Desa Jepitu Kec. Girisubo. So, dari Desa ini kalian pastinya akan memandang banyak papan penanda arah posisi Tepi laut unggulan di Girisubo semacam salah satunya adalah Pantai Wedi Ombo.

Pulau Kalong dan Pantai Sinden
Foto oleh Rezha_patty

Ataupun dari Desa Jepitu, kalian dapat melaju ke selatan kurang lebih 5 km menjajaki papan petunjuk sampai hingga di Dusun Pendowo dimana posisi Tepi laut Wedi Ombo terletak.

Seperti yang saya sampaikan diatas, jarak antara Tepi laut Wedi Ombo ke Pulau Kalong kurang lebih 600 m ke arah tenggara, tetapi bila kalian ragu hendak tracking perbukitan, kalian dapat menggunakan guide ataupun pasangan yang terdapat di areal Pantai Wedi Ombo dengan imbalan bayaran sesuai perundingan.

Pantai Sinden dan Pulau Kalong
Tiket Masuk: Pantai, Rp10. 000 Jembatan Gantung, Rp25. 000 Kemah/ Memancing, Rp50. 000
Lokasi: Desa Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.
Jam Buka: 06. 00– 17. 00 WIB

Galeri Foto Pulau Kalong dan Pantai Sinden

Pulau Kalong dan Pantai Sinden
Foto oleh @jejakbayuubay

Pulau Kalong dan Pantai Sinden
Foto oleh angelz garage

Pulau Kalong dan Pantai Sinden
Foto oleh Aurora Kids

Pulau Kalong dan Pantai Sinden
Foto oleh syadad anwar

Demikian ulasan signkat mengenai "Pulau Kalong dan Pantai Sinden - Menyebrangi Jembatan Gantung di Atas Deburan Ombak" apakah kalian tertarik untuk melancong ke tempat ekstrim ini ?