Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umbul Ponggok Klaten : Wisata Kekinian Untuk Liburan Keluarga

Umbul Ponggok Klaten

Karogaul.com - Umbul Ponggok ialah wisata air yang berlokasi di desa Ponggok, Klaten, Jateng dan merupakan mata air yang difungksikan jadi objek wisata, pemandian serta kawasan snorkeling.

Wisata Umbul Ponggok ini ialah salah satu tempat wisata kekinian yang ngetrend dalam beberapa tahun belakangan ini. Sesungguhnya tidak mengherankan, memanglah wisata air ini benar sangat keren serta banyaknya aktivitas menarik yang bisa dicoba oleh wisatawan disini. Tidak hanya itu, posisi yang gampang diakses serta murahnya biaya tiket masuk pula jadi salah satu faktornya utamannya.

Daya Tarik Umbul Ponggok

Umbul Ponggok Klaten
Pic. Umbul Ponggok Klaten 

Bila Kamu mempunyai rencana melancong ke destinasi wisata ini, tetapi masih ragu mengenai kegiatan menarik apa saja yang bisa dicoba. Di bawah ini merupakan sebagian daya tariknya dan dapat dijadikan pertimbangan sebelum berkunjung kemari:

1. Kolam mata air alami


Wisata ini terkenal dengan mata air natural yang terdapat di dalam kolam. Kerennya lagi, terdapat bermacam- macam ikan yang pula hidup di dalam areal kolam ini. Yang membuat kegiatan air jadi lebih seru, sebab wisatawan dapat melaksanakan bermacam aktivitas dan ditemani oleh banyak ikan warna warni.

2. Tempat melakukan diving

Destinasi wisata satu ini memanglah sudah populer kerap dijadikan selaku zona buat melaksanakan latihan diving ataupun menyelam. Bawah kolam yang natural serta dipadati ikan warna- warni, membuat para divers pendatang baru dapat merasa lebih leluasa buat menjajalnya. Tidak hanya itu, juga sebagai pengalaman saat sebelum memutuskan buat terjun ke wahana lautan nantinya.

Umbul Ponggok Klaten
Foto oleh Rudy Haryono

3. Snorkeling

Untuk Kamu yang mempunyai hobi snorkeling, ataupun mau merasakan gimana snorkeling tetapi khawatir ataupun tidak dapat berenang. Dapat menjadikan Umbul Ponggok selaku alternatif pemecahan. Walaupun tidak mempunyai ombak serta seluas lautan asli, tetapi wisatawan senantiasa dapat merasakan serunya kegiatan snorkeling ala halaman laut yang keren di destinasi wisata ini.

4. Berenang


Untuk pencinta aktivitas air semacam renang. Tetapi bosan berenang di kolam dengan lantai keramik, hingga dapat langsung mengarah ke Umbul di Klaten ini. Kolam ini mempunyai hamparan pasir putih yang luas, batu- batuan natural, serta pula dipadati dengan ribuan ikan berwarna- warni. Yang membuat destinasi ini nampak semacam bawah laut betulan.

5. Naik perahu kayuh

Tidak hanya aktivitas dasar air, disini Kamu pula dapat melaksanakan bermacam- macam aktivitas menarik yang yang lain. Salah satunya merupakan dengan menyewa perahu kayuh buat mengintari kolam dengan luas 50 x 25 Meter ini. So, memanglah sangat kids friendly serta Kamu dapat mengajak keluarga pula buat refreshing kesini.

6. Kolam anak- anak

Umbul Ponggok Klaten
Foto oleh ronni ardiyansyah

Bila Kamu bawa kanak- kanak dikala berkunjung, hingga dapat mengajak anak buat bermain air di kolam yang tidak begitu dalam. Jangan takut, sebab Umbul Ponggok ini mempunyai sebagian opsi kolam dengan tingkat kedalaman bervariasi. Sehingga nyaman digunakan oleh anak untuk bermain.

7. Spot gambar underwater keren

Daya tarik terbanyak dari destinasi ini merupakan berbentuk spot gambar dasar air yang begitu keren. Dikembangkan sedemikian rupa, wisatawan dapat memperoleh potret- potret Instagramable. 

Umbul Ponggok Klaten
Foto oleh Agung Moul

Bukan cuma difoto dengan sekumpulan ikan, tetapi pula terdapat spot dimana Kamu dapat gambar bergaya- gaya. Contonhnya seperti gaya- gayaan naik sepeda motor di air, kemping dasar laut, serta kkegiatan serul yang lainnya.

8. Menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga

Mengadopsi konsep family friendly, destinasi ini sesuai dijadikan selaku tujuan tamasya dengan keluarga tercinta. 

Terdapat bermacam- macam aktivitas yang bisa dicoba dengan keluarga tercinta di destinasi ini. Mulai dari bermain air, berenang, snorkeling, ataupun cuma seru- seruan saja. Kanak- kanak dipastikan tentu suka dikala diajak melancong kemari.

Umbul Ponggok Klaten
Foto oleh Ja'far Shodiq

9. Prewedding

Tidak hanya berperan selaku destinasi wisata air yang keren, Umbul Ponggok pula banyak difungsikan oleh pasangan calon pengantin baru selaku tempat buat tahap foto prewedding. Biasanya, prewedding dengan tema underwater merupakan yang sangat banyak digemari. Sebab selain tidak biasa, juga terlihat sangat eksotik dan keren.

Fasilitas Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok Klaten
Foto oleh Eko Prihayanto

::Kolam mata air Natural
::Gerai penyewaan perlengkapan snorkeling, diving, serta perahu kayuh
::Pelampung untuk berenang
::Sewa kamera underwater
::Tempat sewa peralatan gambar unik semacam sepeda motor, tv, serta sebagainya
::Wc umum
::Spot foto yang instagramble
::Wahana permainan yang mengesankan
::Snack spesial nan maknyus
::Areal Peristirahatan sejenak
::Toko makanan yang unik

Umbul Ponggok Klaten
Foto oleh Iin Agustin

Jam Buka serta Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok

Umbul Ponggok Kalten buka tiap hari, Senin– Pekan( 08. 00– 16. 00 Wib). Serta bayaran retribusi masuk dibagi atas 2 jenis. Ialah reguler Rp. 15. 000/ orang, serta paket Rp. 30. 000/ orang( Sarana snorkeling serta pelampung). Panduan untuk Kamu yang mau memperoleh hasil gambar terbaik, sangat dianjurkan buat tiba dikala sore hari. Dimana sinar matahari telah terletak pada posisi menyamping.

Umbul Ponggok Klaten
Foto oleh Kang Mujo

Lokasi serta Rute ke Umbul Ponggok

Posisi desa wisata ini sesungguhnya tidak susah buat ditemui sebab Kamu dapat menggunakan Google Maps buat hingga kesana. Terletak di Desa Ponggok, Polanharjo, Klaten– Jawa Tengah. Destinasi ini bisa diakses dari bermacam penjuru kota.

Jika Kamu tiba dari arah Jogja, hingga dapat langsung mengambil jalur yang ke arah GOR Klaten. Setelahnya tinggal menjajaki jalan Karanganom. Nyampe di pertigaan awal, belok ke kanan, di pertigaan ke-2 belok kiri, serta pertigaan ke-3 belok kanan serta lurus saja. Bila ditempuh dari Jogja, waktu yang diperlukan sekitar 1. 5 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Umbul Ponggok Klaten
Foto oleh Hardi Ravindra

Tetapi, jika tiba dari Solo, tinggal cari Pasar Delangu, Klaten. Jika berjumpa dengan Toko Jempol yang terletak persis di kanan jalur, langsung belok kanan. Setelah itu jalur lurus saja ke arah Polanharjo. Sehabis hingga di Karanganom, Kamu dapat ambil jalur utama sampai mendapatkan pintu masuk ataupun gapura Desa Ponggok.

Umbul Ponggok Klaten
Foto oleh Ovie Ardiyansyah

Selaku destinasi wisata hits, Umbul Ponggok memang begitu worth to visit. Menyuguhkan bermacam- macam aktivitas serta spot gambar yang luar biasa fun. Normal saja bila destinasi ini tidak sempat hening dari wisatawan, baik turis lokal, luar kota/ pulau, ataupun mancanegara. 

Walaupun begitu, hendaknya senantiasa melindungi perilaku dikala berkunjung. Biar keelokan natural tempat ini senantiasa terpelihara.

Demikianlah ulasan signkat mengenai "Umbul Ponggok Klaten : Wisata Kekinian Untuk Liburan Keluarga" apakah anda tertarik untuk mengunjungi wisata ini ?