Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

karo gaul

13 Tempat Wisata di Berastagi, Menjajal Hidden Gem Mengesankan di Kampung Karo



Karogaul.com - Bicara destinasi wisata di Sumatra Utara identik dengan Medan, Samosir dan Danau Toba. Padahal, ada satu tempat lain yang tak lagi tersembunyi dan menawarkan keindahan khas Indonesia. Lanskap alam yang indah, pemandangan yang tiada tara dan daya tarik yang istimewa menjadikan kawasan di Kabupaten Karo, Sumatra Utara ini layak untuk dikunjungi, yaitu Berastagi. Percayalah, tempat wisata di Berastagi ini layak mendapatkan waktu dan perhatian kamu untuk dikunjungi di sesi liburan berikutnya.

Berastagi sendiri merupakan kecamatan di Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Berbatasan dengan Sibolangit, Berastagi memiliki banyak destinasi dan tempat wisata untuk dituju di sejumlah sudut wilayah. Bagi yang penasaran dengan tempat wisata di Berastagi dan aktivitas liburan apa saja yang bisa dilakukan, kami udah mengumpulkan sejumlah lokasi dan kegiatan untuk agenda liburan kamu berikutnya. Cekidot, yuk!

1. Bukit Gundaling, spot asyik menikmati kemegahan Gunung Sibayak

Image credit: @ichsaaaaann

Ingin dapat menikmati kemegahan Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung? Salah satu titik populer untuk memuaskan matamu adalah di Bukit Gundaling. Ditambah dengan udara sejuk dan panorama sawah yang permai, waktu akan berjalan tanpa terasa di sini. Kamu pun dapat menunggang kuda berkeliling bukit. Tentu saja tidak cukup satu putaran untuk menikmati tempat yang indah ini!

Lokasi: Jl. Gundaling, Gundaling I, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 7,500 IDR

2. Bukit Kubu yang hijau dan asri

Image credit: @ricaasrosa

Bukit Kubu adalah tempat bertemunya padang rumput hijau dan langit cerah yang biru di Berastagi. Lanskap Bukit Kubu sangat pas bagi kamu yang gemar berpiknik dan melakukan aktivitas di luar ruangan. Fasilitas delman disediakan pengelola untuk berkeliling dengan santai. Jika kamu terlanjur jatuh cinta dengan pemandangan khas di Bukit Kubu, bermalamlah di penginapan yang telah tersedia. Nyaman banget!

Lokasi: Jl. Jamin Ginting, Sempajaya, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 20,000 IDR


3. Tugu Perjuangan, monumen yang menggambarkan semangat rakyat Karo

Image credit: @lensfitri

Tugu Perjuangan dengan ornamennya yang cantik menjadi lokasi wisata sejarah yang murah meriah. Menggambarkan perjuangan masyarakat Karo, tidak afdol jika kamu meninggalkan Berastagi tanpa berkunjung ke sini. Strategi “bumi hangus” menjadi simbol perjuangan yang dikenang sepanjang masa, salah satunya lewat keberadaan Tugu Perjuangan. Selain itu, tugu ini juga keren untuk diabadikan, lho!

Lokasi: Jl. Listrik Atas, Gundaling I, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis


4. Gunung Sibayak, destinasi hiking dengan beragam tingkat kesulitan

Image credit: @armondosinaga

Mendaki Gunung Sibayak akan menjadikan pengalaman berlibur di Berastagi semakin seru. Asyiknya lagi, kamu bisa memilih jalur pendakian dengan berbagai tingkat kesulitan.

Image credit: @galihsetiawan

Berbelanja bahan makanan di warung yang ada bisa dilakukan sebelum mendaki. Setelahnya, kamu bebas menikmati indahnya pemandangan desa dan bebatuan yang terhampar sepanjang jalur pendakian. Bagi pemburu sunrise, wajib untuk bangun pagi karena pemandangan sunrise di puncak gunung ini kece berat!

Lokasi: Sempajaya, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 4,000 IDR


5. Pemandian Air Panas Raja Berneh, tempat wisata di Berastagi untuk menikmati perpaduan kehangatan dan kesejukan

Image credit: @el.journeys

Di Raja Berneh, banyak terdapat pemandian air panas. Lokasinya di kaki Gunung Sibayak sehingga kamu bisa berendam sambil menatap pemandangan luar biasa di depan matamu.

Image credit: @kokongopi.id

Salah satu area pemandian yang terkenal adalah Pariban Hotspring atau Pemandian Air Panas Pariban. Kamu dapat memilih kolam dengan variasi suhu air belerang yang berbeda-beda. Fasilitas penginapan hingga kafe membuat tempat ini jadi destinasi wisata komplit yang dijamin memuaskan.

Lokasi: Desa Semangat Gunung, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 20,000 IDR


6. Museum Pusaka Karo, menyelami keunikan kekayaan budaya Karo

Image credit: @lindungibudaya

Museum Pusaka Karo wajib disambangi untuk memperkaya wawasanmu tentang budaya Karo. Awalnya bangunan museum ini merupakan sebuah gereja Katolik dan telah diresmikan sejak tahun 2013.

Image credit: @lindungibudaya

Bangunan museum masih asli namun tetap tertata rapi. Terdapat sekitar 800 koleksi yang meliputi koleksi arkeologi, karya sastra dan berbagai peralatan tradisional. Meski tidak semua koleksi dipamerkan karena ruangan yang terbatas, kamu tetap dapat menggali banyak hal tentang sejarah di sini.

Lokasi: Jl. Perwira No. 1, Gundaling I, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 08.30 WIB – 16.30 WIB
Harga Tiket: Gratis


7. Air Terjun Sikulikap, tempat trekking, olahraga dan wisata di Berastagi

Image credit: @rizky.nurjannah_

Air Terjun Sikulikap menyajikan keindahan pancaran air setinggi 30 meter dengan lingkungan yang alami. Monyet-monyet berkeliaran di tengah rimbunnya pepohonan yang merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser. Akses menuju air terjun cukup nyaman dengan jalan yang tertata dan jarak yang tidak terlalu jauh. 

Debit air yang deras membuat air terjun ini lebih aman untuk dinikmati dari kejauhan. Tetapi hal ini tidak akan mengurangi keasyikanmu berwisata, apalagi di sekitar air terjun juga terdapat spot untuk panjat tebing dan berkemah.

Lokasi: Desa Doulu, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

8. Gundaling Farmstead, peternakan sapi yang asri dan menyenangkan

Image credit: @iwanvanwilan

Ingin mencoba makanan sehat dengan pemandangan keren? Berkunjunglah ke Gundaling Farmstead, peternakan sapi yang menyediakan berbagai produk olahan susu. Ditambah dengan pemandangan bukit yang terbentang, kamu akan lupa bila masih berada di Indonesia.

Image credit: @novrinaing

Produk terkenal dari Gundaling Farmstead ini adalah keju yang diolah sendiri. Selain itu ada pula restoran dengan konsep farm to table, di mana bahan-bahan makanan mulai dari sayuran hingga daging diambil dari kebun dan peternakan sendiri. Kamu bisa mencoba cheese platter, pizza hingga beef panggang Karo yang menggugah selera. Bikin lapar kan?

Lokasi: Jl. Lau Gumba, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 19.00 WIB
Harga Tiket: Gratis


9. Pagoda Emas Lumbini, replika Pagoda Shwedagon yang luas dan megah

Image credit: @blackluciferr15mart

Tentu saja replika, karena pagoda aslinya ada di Myanmar. Dengan berkunjung ke Berastagi, kamu tidak perlu repot keluar negeri untuk menikmati keindahan Pagoda Shwedagon. Di sini, pagodanya disebut Pagoda Emas Lumbini dan terletak di dalam kompleks Taman Lumbini. Stupa di pagoda yang cantik ini sudah tercatat di MURI sebagai stupa tertinggi di Indonesia dan juga menjadi replika paling tinggi se-Asia Tenggara. Pokoknya wajib untuk dikunjungi!

Lokasi: Taman Lumbini, Desa Tongkoh, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

10. Mikie Funland, tempat wisata seru di Berastagi yang menantang untuk dicoba

Image credit: Mikie Funland

Memadukan aneka wahana yang memompa adrenalin dengan keindahan alam. Itulah Mikie Funland, destinasi yang ampuh untuk menghilangkan penatmu.

Image credit: Mikie Funland

Kalau ingin bermain berkelompok, kamu dapat menjajal wahana paint ball. Atau datang bersama si kecil, maka kamu bisa mengunjungi aneka wahana di Hello Kiddies yang ramah anak. Selain itu juga ada koleksi wahana di Carnival Games yang menjanjikan banyak hadiah menarik untuk pemenangnya. Coba semuanya yuk!

Lokasi: Jl. Jamin Ginting, Sempajaya, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara
Jam Buka: Jumat – Minggu, 10.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 85,000 IDR

11. Pasar Buah Berastagi yang khas

Siapa yang gemar blusukan ke pasar tradisional ketika berlibur? Kalau kamu salah satunya, maka Pasar Buah Berastagi bisa masuk ke dalam jadwalmu. Berkat lokasi geografis di dataran tinggi dengan hawa sejuk, kamu bisa memperoleh aneka buah dan sayur segar yang menggiurkan di sini. Belanja untuk dimasak sendiri ketika berlibur atau cemilan dalam perjalanan, semuanya tersedia. Kamu pun dapat memperoleh kain dan kerajinan tangan untuk buah tangan lho!

Lokasi: Jl. Gundaling, Tambak Lau Mulgap I, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 21.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

12. Penatapan Berastagi, spot menikmati yang indah-indah di Berastagi

Image credit: @desiiibutarbutar

Sudah tentu tujuan berkunjung ke Penatapan Berastagi adalah untuk melihat keindahan alam. Sapukan pandanganmu di hijaunya lembah yang terhampar luas.

Image credit: @elmagibraa

Selain berfoto, kamu pun akan tergoda untuk lebih lama merasakan suasana di sini sambil duduk santai dan makan jagung bakar. Kesederhanaan yang ditawarkan sungguh sayang untuk dilewatkan. Jika kamu datang pada malam hari, keindahan lampu-lampu kota akan menyambutmu. Sepanjang hari, pemandangan dari penatapan ini selalu cantik!

Lokasi: Jl. Jamin Ginting KM 54, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

13. Strawberry Purba Family & Farm, memilih strawberry sendiri

Image credit: @reskisd_

Satu lagi tempat wisata di Berastagi yang pasti menyenangkan untuk dikunjungi di daerah yang sejuk, yaitu Strawberry Purba Family & Farm. Wisata petik strawberry memang tidak ada matinya karena kesegaran udara dan rasa buahnya nikmat banget. Buah yang dipetik dihargai per ons dengan harga yang terjangkau. Jadi kamu tidak perlu waswas kantong akan bolong jika kalap dan memetik cukup banyak. Sehat dan menyegarkan!

Lokasi: Jl. Deleng Singkut, Sempajaya, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 2,000 IDR


Alam di Berastagi memang tidak ada duanya. Sisi mana pun yang kamu kunjungi dijamin menarik dan tidak mengecewakan. Siapkan itinerary dari sekarang ya!