Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

27 Tempat wisata di Sukabumi yang keren, seru, dan Instagramable

Tempat wisata di Sukabumi yang keren, seru, dan Instagramable

Membentang di pesisir barat daya dan selatan Provinsi Jawa Barat, Sukabumi menyimpan banyak potensi yang dapat membuat pelancong betah berlama-lama di sini.

Bentangan daerahnya yang beragam dari dataran tinggi dan pegunungan, sampai pantai-pantai indah menjadikan tempat ini destinasi liburan akhir pekan favorit sebagian warga ibukota, terutama kawasan Pelabuhan Ratu. Padahal Sukabumi jauh lebih luas dari sekadar Pantai Pelabuhan Ratu. Nah, jika Anda ingin mencari rekomendasi tempat-tempat seru lain di Sukabumi selain Pelabuhan Ratu, baca terus artikel ini sampai tuntas!

1. Langkahkan kaki di jembatan gantung terpanjang di Indonesia: Situ Gunung Suspension Bridgeđź’•

Sukabumi memang tidak pernah kehabisan akal untuk memukau kita semua. Tersembunyi di Kawasan Situ Gunung, terdapat sebuah jembatan gantung nan eksotis yang tidak hanya menghubungkan dua tanah tetapi juga kita dengan alam.

Situ Gunung Suspension Bridge adalah sebuah jembatan gantung yang terletak di kawasan wisata Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat. Jembatan ini dibangun di atas Danau Situ Gunung dengan panjang sekitar 243 meter dan lebar sekitar 1,8 meter. Jembatan ini menawarkan pemandangan indah dari atas danau serta menghubungkan area wisata Situ Gunung dengan hutan konservasi Gunung Gede Pangrango.

Situ Gunung Suspension Bridge

Situ Gunung Suspension Bridge dibuka untuk umum pada tahun 2016 dan sejak itu menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan yang mengunjungi kawasan Situ Gunung. Jembatan ini memiliki struktur yang kuat dan aman untuk dilewati oleh pengunjung. Selain itu, pengunjung juga akan merasakan sensasi menarik ketika berjalan di atas jembatan yang tergantung di atas air.

Untuk masuk ke area Situ Gunung dan menggunakan jasa jembatan gantung, pengunjung harus membeli tiket masuk seharga Rp 25.000 per orang. Selain itu, terdapat juga beberapa fasilitas lain di kawasan Situ Gunung seperti penginapan, restoran, dan wahana permainan air yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Namun, pengunjung diharapkan untuk tetap memperhatikan keselamatan saat menggunakan jembatan gantung ini. Disarankan untuk mengikuti aturan dan petunjuk yang diberikan oleh pengelola kawasan serta menggunakan peralatan keselamatan seperti tali pengaman. Selain itu, pengunjung yang memiliki ketinggian dan masalah jantung disarankan untuk tidak menggunakan jembatan ini.

Secara keseluruhan, Situ Gunung Suspension Bridge adalah salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Sukabumi. Jembatan gantung yang menawan ini menawarkan pengalaman berjalan di atas air dan menikmati pemandangan indah dari atas ketinggian.

Situ Gunung Suspension Bridge
👉Tiket Masuk: Dewasa, Rp50.000 | Anak-Anak, Rp25.000
👉Alamat: Jl. Kadudampit, Gede Pangrango, Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat. 
👉Telepon: 0811 1440 144
👉Jam Operasional: Senin – Jumat, 07.00 – 16.00 | Sabtu & Minggu, 07.00 – 17.00

2. Menginap di barak seni dengan pemandangan biru menghipnotis: Karang Aji Beach Villađź’•

Penggemar seni eksentrik? Gak bisa jauh-jauh dari alam? Atau kedua-duanya? Kabar baik! Karang Aji Beach Villa yang terletak di garis pantai selatan Jawa ini menawarkan dua kenikmatan sekaligus dalam satu lokasi.

Karang Aji Beach Villa dapat menjadi tempat penginapan yang tepat bagi Anda yang ingin dimanjakan oleh pemandangan laut yang menghipnotis serta mengagumi karya seni rupa dan arsitektur sekaligus. Ini merupakan barak seni yang tersamar sebagai tempat istirahat para petualang.



Dengan menggunakan kayu sebagai bahan utama, bangunan villa ini didesain dalam bentuk unik dengan dome berwarna-warni menghiasi bagian tengahnya. Dari interior, Anda dapat menemukan berbagai lukisan unik bernuansa oriental dan tempat bersantai di mana pemandangan laut terlihat megah dan menakjubkan.

Di sini, nyanyian serangga akan mengiringi Anda tidur dan suara gelombang akan menjadi alarm alami Anda. Tidak ada sedikitpun beban yang akan menetap karena ketenangan dan keindahan di sini bakal menghapusnya dalam waktu sekedip mata.

Karang Aji Beach Villa
Harga kamar mulai dari Rp350.000 per malam (Deluxe Room)
Alamat: Jl. Raya Cisolok KM 20-22, 10310 Cisolok, Sukabumi. 
Telepon: 0821 7888 1962

3. Nikmati hijaunya air danau yang eksotis: Danau Bacan

Danau ini sebenarnya merupakan lubang bekas galian tambang yang kemudian terisi oleh air hujan. Batuan hijau yang membentuk dasar danau ini menjadikan air danau tampak berwarna kehijauan. Danau Bacan Sukabumi adalah sebuah danau yang terletak di Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Danau ini memiliki luas sekitar 45 hektar dan terletak di ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut.

Danau Bacan Sukabumi memiliki keindahan alam yang menarik untuk dikunjungi. Di sekitar danau terdapat pepohonan hijau yang rimbun, serta terdapat beberapa fasilitas seperti tempat parkir, warung makan, dan juga area perkemahan.



Selain itu, Danau Bacan Sukabumi juga dikenal sebagai tempat wisata yang cocok untuk melakukan aktivitas olahraga air seperti berperahu atau menyewa perahu untuk menikmati pemandangan sekitar danau. Terdapat pula area untuk memancing di danau, sehingga para pengunjung dapat menikmati suasana danau sambil menangkap ikan.

Tak hanya itu, keindahan Danau Bacan Sukabumi juga diapresiasi oleh para pecinta fotografi yang ingin mengabadikan momen keindahan alam yang ada di sekitar danau. Pemandangan matahari terbit dan terbenam yang menakjubkan di danau ini menjadi salah satu momen yang tak boleh dilewatkan oleh para pengunjung.

Untuk mencapai Danau Bacan Sukabumi, para pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum seperti angkutan kota dari pusat Kota Sukabumi. Jarak tempuh dari pusat Kota Sukabumi ke Danau Bacan Sukabumi sekitar 30 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Dalam rangka menjaga kelestarian alam danau, para pengunjung diharapkan untuk menjaga kebersihan danau serta tidak merusak lingkungan sekitar danau. Dengan demikian, keindahan Danau Bacan Sukabumi dapat terus dinikmati oleh generasi berikutnya.

Danau Bacan
Tiket Masuk: Gratis (Parkir Rp5.000 untuk mobil dan Rp2.000 untuk motor)
Alamat: Desa Bojong, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

4. Lengkapi koleksi foto keren di Instagram Anda: Bukit Karang Para

Bukit Karang Para telah menjelma menjadi objek Instagram paling kekinian bagi para kawula muda. Mengapa? Lihatlah keindahan batuan karang yang berpadu dengan hijaunya alam dan asrinya perkampungan tradisional warga. Jelas saja!



Tempat paling digemari untuk berselfie ria adalah platform kecil dari bambu di antara dua batuan karang. Namun, harap bersabar ya, karena saat ramai terkadang pengunjung harus bergiliran untuk mengambil foto. Oh iya, pemandangan sunset di sini juga luar biasa lho.

Bukit Karang Para
Tiket Masuk: Rp5.000
Alamat: Desa Kebun Manggu, Kecamatan Gunung Guruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
Telepon: 0812 8887 6234
Jam Operasional: 24 Jam

5. Pesona air terjun tiga tingkat: Curug Cigangsa

Dikenal juga dengan nama Curug Luhur, air terjun ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu terdiri dari tiga tingkat. Keelokannya dapat dinikmati dari atas dan bawah. Sama indahnya! Latar dinding batunya yang berwarna kehitaman juga menambah keunikan curug ini.

Curug Cigangsa merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di Desa Babakan, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Curug atau air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan memiliki panorama alam yang indah serta udara yang sejuk.



Untuk mencapai Curug Cigangsa, pengunjung harus melewati jalan setapak yang menantang dengan medan yang cukup menanjak. Namun, perjalanan yang melelahkan akan terbayar lunas ketika pengunjung sampai di lokasi dan melihat keindahan alam sekitarnya.

Air terjun Curug Cigangsa berada di tengah hutan dan dikelilingi oleh tebing-tebing yang curam serta aliran sungai kecil yang mengalir di sekitarnya. Suara gemuruh air terjun yang jatuh dari ketinggian 30 meter tersebut membuat suasana di sekitarnya menjadi sangat menenangkan.

Pemandangan alam di sekitar Curug Cigangsa juga sangat memukau. Pengunjung dapat melihat hamparan sawah dan perbukitan yang membentang luas di kejauhan. Keindahan alam yang ditawarkan oleh Curug Cigangsa membuat tempat ini menjadi spot favorit bagi para pecinta fotografi dan para pelancong yang ingin menikmati keindahan alam.

Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas outbond dan memancing di area sekitar Curug Cigangsa. Selain itu, terdapat juga fasilitas tempat istirahat yang disediakan bagi pengunjung yang ingin beristirahat sejenak dan menikmati keindahan alam di sekitar Curug Cigangsa.

Untuk memasuki kawasan Curug Cigangsa, pengunjung dikenakan biaya masuk yang cukup terjangkau. Namun, pengunjung diharapkan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam di sekitar Curug Cigangsa. Hal ini dikarenakan kawasan ini masih tergolong alam liar dan belum sepenuhnya dikelola oleh pemerintah.

Secara keseluruhan, Curug Cigangsa adalah tempat wisata yang cocok bagi para pecinta alam dan pecinta fotografi yang ingin menikmati keindahan alam yang masih asli dan alami. Bagi pengunjung yang ingin berkunjung ke Curug Cigangsa, diharapkan untuk memperhatikan kebersihan dan kelestarian alam di sekitar kawasan tersebut.
Curug Cigangsa
Tiket Masuk: Parkir, Rp5.000
Alamat: Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
 
6. Ada miniatur Niagara di Sukabumi!: Curug Awang

Curug Awang Sukabumi adalah salah satu objek wisata alam yang terletak di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia. Curug Awang terkenal dengan keindahan air terjunnya yang menawan dan dikelilingi oleh alam yang masih asri.

Air terjun Curug Awang memiliki ketinggian sekitar 70 meter dan terdapat kolam alami di bawahnya yang dapat digunakan untuk berenang atau bermain air. Selain itu, terdapat juga area untuk piknik dan beristirahat yang dilengkapi dengan tempat duduk dan warung-warung makanan.

Untuk mencapai Curug Awang, pengunjung harus melewati jalur pendakian yang cukup menantang dengan jarak sekitar 2 kilometer dari pintu masuk. Namun, kelelahan tersebut akan terbayar dengan pemandangan yang spektakuler dari atas bukit.



Curug Awang juga memiliki legenda yang melekat di masyarakat sekitar. Konon, pada zaman dahulu kala, ada seorang raja yang memerintah wilayah tersebut dan memiliki seorang putri cantik bernama Dewi Awang. Suatu hari, Dewi Awang melarikan diri ke hutan karena tidak setuju dengan perjodohan yang diatur oleh ayahnya. Di hutan, ia bertemu dengan seorang pria yang juga sedang bersembunyi dari kejaran musuhnya. Keduanya kemudian jatuh cinta dan memutuskan untuk menikah di dekat air terjun yang kini dikenal sebagai Curug Awang.

Bagi pengunjung yang ingin berkunjung ke Curug Awang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pengunjung disarankan untuk membawa perlengkapan pendakian yang cukup dan memadai, seperti sepatu gunung dan air minum. Kedua, pengunjung juga harus mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh pengelola, seperti tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak alam sekitar. Terakhir, pengunjung harus memperhatikan kondisi cuaca sebelum melakukan pendakian ke Curug Awang, karena jalur pendakian dapat menjadi berbahaya saat musim hujan.

Secara keseluruhan, Curug Awang Sukabumi adalah objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Keindahan alamnya yang masih asri dan legenda yang melekat di masyarakat sekitar membuat Curug Awang menjadi tempat yang memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Curug Awang
Tiket Masuk: Rp15.000
Alamat: Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 
Telepon: 0857 6412 7511
Jam Operasional: 08.00 – 17.00

7. Daya tarik tiga air terjun yang berdampingan: Curug Cikaso

Curug Cikaso adalah salah satu objek wisata alam yang terletak di desa Ciniti, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Curug Cikaso terkenal dengan keindahan air terjunnya yang mengalir deras dari ketinggian tebing batu.

Curug Cikaso terdiri dari tiga buah air terjun dengan ketinggian masing-masing sekitar 80 meter. Air terjun pertama dikenal dengan sebutan Curug Awang, yang kedua bernama Curug Aki dan yang ketiga bernama Curug Meong. Namun, meskipun terpisah, ketiga air terjun tersebut dapat diakses dengan mudah melalui jalur pendakian dan jembatan kayu yang telah disediakan.

Keindahan Curug Cikaso tidak hanya terdapat pada air terjunnya saja, tetapi juga pada sekitarnya. Di sekitar air terjun terdapat hutan hijau yang asri dan bebatuan besar yang memperindah pemandangan. Selain itu, di Curug Cikaso juga terdapat kolam alami yang memungkinkan pengunjung untuk berenang dan bermain air.



Untuk menuju Curug Cikaso, pengunjung dapat mengambil rute dari arah Jakarta melalui jalan tol Cipularang dan keluar di gerbang tol Cianjur. Kemudian, perjalanan dilanjutkan menuju Cibitung hingga sampai di desa Ciniti. Dari sana, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 30 menit dengan berjalan kaki untuk mencapai Curug Cikaso.

Untuk masuk ke kawasan Curug Cikaso, pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 15.000,- per orang. Namun, biaya tersebut sudah termasuk asuransi dan penggunaan jembatan kayu yang telah disediakan. Selain itu, pengunjung juga disarankan untuk membawa perlengkapan yang cukup, seperti alas kaki yang nyaman dan pakaian yang sesuai dengan kondisi alam.

Curug Cikaso adalah tempat yang cocok untuk dikunjungi oleh para pecinta alam dan penikmat keindahan alam. Selain menikmati keindahan air terjun yang spektakuler, pengunjung juga dapat berolahraga dengan menempuh perjalanan sekitar 3 km untuk mencapai Curug Cikaso. Oleh karena itu, jika Anda ingin melepas penat dan menikmati keindahan alam yang luar biasa, jangan lupa untuk mengunjungi Curug Cikaso di Sukabumi.

Curug Cikaso
Tiket Masuk: Rp 5000/orang | Parkir Motor, Rp7000 | Sewa perahu, Rp65.000 PP (kapasitas 8 orang)
Alamat: Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

8. Serasa di dunia Jurassic Park: Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung merupakan salah satu objek wisata yang terletak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Curug Cimarinjung memiliki pesona alam yang memukau, dengan air terjun yang mengalir deras diantara tebing-tebing batu karang yang hijau. Curug Cimarinjung terletak di ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan laut, dan terdiri dari tiga tingkatan air terjun. Air terjun pertama memiliki ketinggian sekitar 30 meter, sedangkan air terjun kedua memiliki ketinggian sekitar 40 meter, dan air terjun ketiga memiliki ketinggian sekitar 50 meter.

Untuk mencapai Curug Cimarinjung, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari pusat Kota Sukabumi. Jalan menuju ke air terjun cukup terjal dan berliku, namun pemandangan hijau yang menakjubkan akan menyertai perjalanan pengunjung.



Selain menikmati pesona alam Curug Cimarinjung, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas seperti mandi di bawah air terjun atau berfoto dengan latar belakang keindahan alam sekitar. Di sekitar Curug Cimarinjung terdapat beberapa tempat parkir serta warung-warung makanan yang menyediakan makanan dan minuman segar.

Namun, perlu diingat bahwa pengunjung harus tetap menjaga kebersihan dan tidak merusak lingkungan sekitar. Kurangnya kesadaran dalam menjaga kebersihan dapat merusak keindahan alam yang ada dan merugikan generasi berikutnya. Oleh karena itu, pengunjung diharapkan untuk menjaga kebersihan dan tidak merusak lingkungan sekitar saat berkunjung ke Curug Cimarinjung.

Secara keseluruhan, Curug Cimarinjung adalah tempat yang tepat untuk melepas penat dan menikmati keindahan alam yang masih alami. Pesona keindahan air terjun serta lingkungan sekitarnya membuat Curug Cimarinjung menjadi destinasi wisata yang layak dikunjungi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Curug Cimarinjung
Tiket Masuk: Sukarela
Alamat: Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

9. Spot terbaik menikmati keindahan alam Sukabumi: Gunung Tumpeng

Kalau melihat dari foto saja, mungkin kamu mengira tempat ini ada di Labuan Bajo. Padahal tempat ini lokasinya ada di kawasan Ciletuh Geopark, Sukabumi lho! Tempat ini sebetulnya bukanlah gunung, melainkan sebuah perbukitan dengan bentuk yang mengerucut mirip nasi tumpeng, sehingga warga setempat menyebutnya Gunung Tumpeng.



Pemandangan dari atas Gunung Tumpeng ini memang menakjubkan, karena kamu nggak hanya disuguhi view bukit dengan hamparan rumput hijau, namun juga lembah serta lautan di kejauhan.
Kalau tertarik trekking sampai ke puncaknya, kamu harus hati-hati ya, karena jalurnya sempit dan kanan-kirinya langsung jurang. Tapi setibanya di atas, semua perjuangan itu akan lunas terbayar oleh keindahan pemandangannya (apalagi saat sunrise).

Gunung Tumpeng
Tiket Masuk: Rp5.000
Alamat: Cibodas, Kec. Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

10. Memanjakan mata Anda dengan bentangan alam nan asri: Tebing Panenjoan

Tebing Panenjoan adalah salah satu objek wisata yang terletak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Tebing ini terkenal karena pemandangan alamnya yang indah, terutama saat matahari terbit dan terbenam. Berikut adalah ulasan mengenai Tebing Panenjoan Sukabumi. Tebing Panenjoan terletak di Desa Ciptagumati, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Tebing ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dan berbentuk melengkung sehingga memberikan pemandangan yang menakjubkan. Tebing ini juga terletak di tengah-tengah hutan pinus yang memberikan kesan sejuk dan damai.

Untuk mencapai Tebing Panenjoan, pengunjung harus melakukan perjalanan sekitar 2-3 jam dari pusat Kota Sukabumi dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Saat memasuki kawasan Tebing Panenjoan, pengunjung akan diminta untuk membayar biaya masuk sebesar Rp. 15.000,- per orang.



Setelah memasuki kawasan Tebing Panenjoan, pengunjung akan menemukan beberapa spot yang dapat dijadikan tempat berfoto. Salah satu spot yang paling terkenal adalah spot yang berada di ujung tebing yang menawarkan pemandangan lembah yang indah. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan hutan pinus yang asri.

Tebing Panenjoan juga menjadi tempat favorit bagi para pendaki. Terdapat rute pendakian yang cukup menantang namun tetap aman untuk dilalui. Dalam pendakian, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan hutan pinus yang rimbun dan udara yang segar. Namun, perlu diingat bahwa pendakian harus dilakukan dengan pemandu yang berpengalaman dan membawa peralatan pendakian yang memadai.

Bagi yang ingin menginap, terdapat beberapa penginapan yang berada di sekitar kawasan Tebing Panenjoan. Penginapan tersebut menyediakan fasilitas yang cukup lengkap seperti kamar tidur, kamar mandi, dan makanan.

Secara keseluruhan, Tebing Panenjoan Sukabumi adalah tempat yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman. Dengan pemandangan alam yang indah, suasana yang tenang, dan udara yang segar, Tebing Panenjoan Sukabumi menjadi tempat yang ideal untuk melepas penat dan menghilangkan stres.
Tebing Panenjoan
Tiket Masuk: Rp5.000
Alamat: Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 
Telepon: 0857 9801 5929

11. Glamping sekaligus bertualang: Bravo Adventure

Berpetualang tidak selalu berarti Anda harus rela melepaskan semua kenyamanan teknologi yang selama ini Anda nikmati. Cobalah paket “glamping” atau “glamorous camping” (kemping mewah) dan rafting (arung jeram) yang ditawarkan oleh Bravo Adventure. Anda dapat merasa menjadi petualang sejati tanpa harus mengorbankan kenyamanan.



“Kemah” yang ditawarkan tak kalah dari hotel bintang 5. Dengan bentuk tenda menyerupai ‘bawang’, fasilitas yang diberikan pun terbilang lengkap, termasuk makan, penyejuk udara, dan kamar mandi dengan air panas. Percaya atau tidak, Anda dapat menikmati semua itu sambil bertualang di alam terbuka!

Setelah itu, paculah adrenalin Anda dengan bermain paintball atau berarung jeram menyusuri Sungai Citarik yang sudah dikenal sebagai lokasi arung jeram tingkat dunia. Jangan khawatir! Anda akan dipandu oleh instruktur terlatih dan berpengalaman. Jadi, Anda bisa tenang berpetualang menjelajahi jeram-jeram bak petualang kawakan.

Bravo Adventure
Harga: Glamping mulai dari Rp890.000 per malam
Alamat: Kampung Bantarselang, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
Telepon: 0812 8020 8020

12. Bernostalgia dengan masa lalu: Kampung Adat Ciptagelar

Kampung Adat Ciptagelar adalah sebuah desa adat yang terletak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia. Desa adat ini merupakan salah satu contoh dari upaya pelestarian budaya dan tradisi masyarakat Sunda. Sejarah Kampung Adat Ciptagelar dimulai pada abad ke-16, ketika kerajaan-kerajaan di Jawa Barat masih eksis. Desa ini awalnya didirikan oleh seorang pemimpin yang bernama Ki Gede Ing Suro. Ia memilih lokasi di hutan belantara untuk mendirikan sebuah desa yang berdasarkan adat dan kebiasaan nenek moyangnya.

Hingga kini, masyarakat Kampung Adat Ciptagelar masih hidup secara tradisional dengan menerapkan berbagai adat dan kebiasaan nenek moyang mereka. Mereka mempertahankan tradisi gotong royong dalam melakukan berbagai kegiatan, seperti membangun rumah adat, menjaga lingkungan, dan mengadakan upacara adat.


Rumah adat yang dibangun di Kampung Adat Ciptagelar memiliki bentuk yang khas, dengan atap berbentuk limas dan dinding terbuat dari anyaman bambu. Selain itu, masyarakat di desa ini juga menjaga lingkungan dengan cara melakukan sistem tumpangsari atau sistem pertanian yang berkelanjutan.

Kampung Adat Ciptagelar juga dikenal dengan sejumlah upacara adat yang diadakan oleh masyarakatnya, seperti upacara pernikahan, upacara kematian, dan upacara syukuran hasil panen. Upacara adat ini dianggap sebagai suatu bentuk penghormatan dan penghormatan kepada nenek moyang mereka. Kampung Adat Ciptagelar juga menjadi tujuan wisata yang menarik bagi wisatawan yang ingin melihat langsung bagaimana masyarakat Sunda hidup secara tradisional. Wisatawan dapat mengunjungi rumah adat, menyaksikan proses pembuatan kain tenun, dan berinteraksi dengan masyarakat lokal.

Namun, sebagai wisatawan kita harus tetap menghormati adat dan kebiasaan masyarakat di Kampung Adat Ciptagelar dengan tidak melakukan hal-hal yang merusak lingkungan dan tidak mengganggu kegiatan masyarakat yang sedang berlangsung. Kampung Adat Ciptagelar menjadi sebuah contoh penting dalam upaya pelestarian budaya dan tradisi lokal di Indonesia. Dengan menerapkan adat dan kebiasaan nenek moyang, masyarakat di desa ini berhasil menciptakan sebuah lingkungan yang seimbang dan lestari serta mempertahankan identitas budaya mereka hingga kini.

Kampung Adat Ciptagelar
Tiket Masuk: Rp5.000
Alamat: Kampung Sukamulya Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 
Telepon: (0266) 227 353
Jam Operasional: 09.00 – 19.00 | Minggu TUTUP

13. Menyusuri kegelapan abadi di perut bumi: Gua Buniayu

Tempat ini kabarnya memiliki sistem gua terbaik di seluruh wilayah Asia Tenggara. Wajar saja, karena sejak beroperasi pada tahun 1992, Goa Buniayu dilengkapi dengan peralatan keselamatan bertaraf internasional serta pemandu-pemandu yang sengat terlatih.

Berjarak hanya 45 menit dari pusat Kota Sukabumi, di sini terdapat tiga buah gua yang masing-masing memiliki tantangan tersendiri. Hanya dua dari tiga gua saja yang terbuka untuk umum, sementara gua yang ketiga, Goa Kerek hanya diperuntukkan bagi para profesional dan untuk keperluan penelitian saja (Hmm… kira-kira ada apa ya di dalam situ?).



Layaknya museum bersejarah, Goa Buniayu memamerkan beragam sajian ornamen geologi yang tercipta oleh proses alami selama ribuan tahun. Bahkan, struktur-struktur ini masih mengalami perubahan bentuk sebesar satu milimeter setiap tahunnya! Susuri gua hingga bagian terdalam dan cobalah matikan semua alat penerangan. Tak seberkas cahaya matahari pun bisa masuk ke bagian gua ini, sehingga tercipta sebuah “Kegelapan Abadi”. Bahkan konon empat kali lebih gelap daripada suasana malam hari, bahkan saat siang bolong!

Butuh tantangan? Turuni bagian gua sedalam 18 meter di bawah permukaan laut untuk melihat ornamen bebatuan yang lebih menakjubkan, termasuk sungai bawah tanah serta air terjun, danau, dan fosil batu yang menyimpan sejarah panjang terbentuknya gua ini.

Goa Buniayu
Tiket Masuk: Rp5.000 | Jelajah horizontal: Rp20.000
Alamat: Cipinang, Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 
Telepon: (0266) 625 4881
Jam Operasional: 08.00 – 22.00

14. Nusa Penida-nya Sukabumi: Pantai Karang Gantungan

Pantai Karang Gantungan adalah salah satu pantai yang terletak di kawasan Sukabumi, Jawa Barat. Pantai ini terkenal dengan keindahan alamnya yang masih alami dan mempesona. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih detail mengenai Pantai Karang Gantungan dan segala hal yang perlu Anda ketahui sebelum berkunjung ke pantai ini.

Pantai Karang Gantungan terletak di Desa Cikembang, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pantai ini memiliki pemandangan alam yang indah dan berbeda dari pantai-pantai lainnya di Sukabumi. Di sini, kita dapat menikmati keindahan pantai dengan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Selain itu, kita juga dapat melihat batu-batu karang besar yang menjulang tinggi dan menjadi daya tarik utama dari Pantai Karang Gantungan.



Di pantai ini, kita dapat melakukan berbagai kegiatan seperti berenang, snorkeling, berjemur di pantai, bermain di pasir pantai, hingga menikmati makanan laut yang segar. Selain itu, kita juga dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat indah di sini. Namun, sebelum berkunjung ke Pantai Karang Gantungan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pantai ini masih cukup sulit dijangkau karena belum memiliki infrastruktur jalan yang memadai. Oleh karena itu, pengunjung harus menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat yang kuat dan bisa melewati medan yang berat.

Kedua, pengunjung juga harus membawa peralatan snorkeling sendiri karena di pantai ini tidak tersedia peralatan snorkeling yang dapat disewa. Selain itu, pengunjung juga harus memperhatikan kondisi cuaca dan gelombang laut sebelum melakukan kegiatan di pantai ini. Jika cuaca buruk atau gelombang laut besar, sebaiknya hindari untuk berenang atau melakukan kegiatan lain di pantai ini. Ketiga, pengunjung juga harus menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menghormati kelestarian lingkungan sekitar. Hal ini penting dilakukan agar Pantai Karang Gantungan tetap terjaga keindahannya dan dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya.

Dalam kesimpulan, Pantai Karang Gantungan merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi bagi mereka yang mencari keindahan alam yang masih alami dan mempesona. Namun, sebelum berkunjung ke pantai ini, pengunjung harus memperhatikan beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti akses jalan yang belum memadai, membawa peralatan snorkeling sendiri, memperhatikan kondisi cuaca dan gelombang laut, serta menjaga kebersihan pantai. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, kita dapat menikmati keindahan Pantai Karang Gantungan dengan aman dan nyaman.

Pantai Karang Gantungan
Tiket Masuk: Rp5.000
Alamat: Jl. Surade-Ujung Genteng, Desa Pasiripis, Kec. Surade, Kab. Sukabumi, Jawa Barat. 

15. Memantau gelombang menari di atas bukit hijau: Pantai Cicaladi

Ingin menikmati keindahan pantai dari sudut pandang yang berbeda?
Walau lebih sering dipanggil pantai, kawasan ini lebih identik dengan tebingnya yang berbatasan langsung dengan laut lepas.



Bersantailah di sini dan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan savana hijau, karang bolong yang eksotis dan tarian gelombang yang menghantam dinding tebing. Gelombang ombak ganas yang dapat mencapai lima belas meter sama sekali tidak kalah dengan Waterblow yang terletak di Bali!

Hamparan savana hijau di sini juga sangat cocok untuk dijadikan tempat berkemah bagi para petualang yang ingin menikmati keindahan Pantai Cicaladi secara lebih dekat. Nyanyian ombak dan hamparan bintang di langit akan setia menemani malam yang spesial di sini!

Pantai Cicaladi
Alamat: Cicaladi, Sukatani, Surade, Sukatani, Surade, Sukabumi, Jawa Barat. 

16. Spot selancar favorit yang sudah mendunia: Pantai Cimaja

Siapa sangka kalau Pantai Cimaja sudah memiliki nama besar di kalangan peselancar dunia? Ya, ombak di sini yang terkadang bisa mencapai 4 meter memang menjadikan pantai ini sebagai lokasi selancar yang ideal. Tak heran kalau di daerah ini juga ditemukan resort dan beach club keren yang nggak kalah dengan di Bali, seperti Cimaja Beach Club.



Tidak seperti kebanyakan pantai yang menjadikan pasir putih sebagai daya tariknya, daya tarik lain pantai ini adalah jejeran batuan alami yang indah. Bagi yang tidak berselancar, tidak perlu merasa disisihkan, pemandangan alam yang disajikan pantai ini cukup memanjakan mata. Anda dapat menikmatinya sambil bersantai di salah satu saung yang banyak terdapat di sana. Atau kalau ingin belajar surfing pun, ada beberapa surf school di sini.

Pantai Cimaja
Alamat: Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

17. Menaklukan gulungan tujuh ombak yang menantang: Pantai Ombak Tujuh

Di pantai ini Anda dapat menyaksikan ombak-ombak besar berjalan beriringan menuju pantai lalu pecah menabrak karang. Karena itulah pantai ini dikenal dengan nama Pantai Ombak Tujuh.



Pantai ini menawarkan pasir putih dengan air yang jernih. Di sini dapat terlihat ikan-ikan dan kepiting kecil serta bintang laut dan rumput laut yang tersebar di batu-batu karang. Namun karena besarnya ombak di sini, disarankan untuk berhati-hati.

Karena ombaknya yang besar, pantai ini juga cocok dijadikan tempat berselancar. Sayang sekali pantai ini kurang dikenal karena sulitnya akses ke sini. Namun sisi positifinya adalah sepinya pengunjung membuat Anda serasa berada di pantai pribadi!

Pantai Ombak Tujuh
Alamat: Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

18. Ombak, penyu, dan matahari tenggelam: Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan merupakan salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Pantai ini terkenal dengan keindahan alamnya yang masih alami, dengan hamparan pasir putih yang luas, air laut yang jernih, serta terumbu karang yang cantik. Pantai Pangumbahan juga merupakan tempat yang sangat cocok untuk melakukan kegiatan snorkeling dan diving, karena terumbu karangnya yang masih terjaga dengan baik. Selain itu, pantai ini juga memiliki panorama yang indah, dengan batu-batu besar yang menjulang di sekitarnya.

Selain keindahan alamnya, Pantai Pangumbahan juga terkenal dengan kegiatan pelestarian penyu hijau. Di pantai ini terdapat konservasi penyu hijau yang dikelola oleh masyarakat setempat. Setiap tahunnya, pada bulan September hingga Desember, terdapat proses penangkaran dan pelepasan telur-telur penyu hijau ke laut yang diadakan oleh masyarakat setempat dan pihak konservasi.



Pantai Pangumbahan juga memiliki aksesibilitas yang mudah, karena terletak di jalur utama antara Pelabuhan Ratu dan Sukabumi. Pengunjung dapat mencapai pantai ini dengan kendaraan pribadi atau dengan menggunakan transportasi umum seperti bus atau travel. Namun, sebagai pengunjung, kita juga harus tetap menjaga kelestarian alam Pantai Pangumbahan dengan tidak merusak terumbu karang dan mengikuti aturan yang sudah ditetapkan. Kita juga dapat membantu pelestarian penyu hijau dengan tidak mengambil telur-telur penyu dan tidak mengganggu proses penangkaran dan pelepasan penyu.

Dalam hal fasilitas, di sekitar Pantai Pangumbahan juga terdapat berbagai macam fasilitas seperti penginapan, warung makan, dan toko souvenir. Hal ini akan memudahkan para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan di pantai ini.

Secara keseluruhan, Pantai Pangumbahan adalah salah satu pantai yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Selain keindahan alamnya yang masih alami, pantai ini juga memiliki kegiatan pelestarian penyu hijau yang unik dan menarik. Namun, kita sebagai pengunjung harus tetap menjaga kelestarian alam dan mengikuti aturan yang sudah ditetapkan.

Pantai Pangumbahan
Tiket Masuk: Rp 5.000
Alamat: Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

19. Mengeksplorasi keindahan Gunung Halimun: Halimun Adventure Journey

Gunung Halimun, mutiara hijau yang menghiasi Pulau Jawa. Julukan yang disematkan karena kerindangan hutan dan keindahan alam yang ada di sana. Bagi Anda yang ingin menikmati Gunung Halimun hingga ke “pelosok”nya, jeep tour adalah pilihan terbaik.



Kawasan suaka alam berhias kabut senja, hamparan kebun teh yang indah, sawah terasering (nggak kalah dibandingkan Ubud!) dan sensasi berkendara di tanjakan berbatu dan menerobos sungai. Itulah kenikmatan unik yang ditawarkan oleh jeep adventure ini.

Anda dapat pula bermalam di homestay, rumah penduduk, maupun camping ground. Menikmati pemandangan indah dari atas Canopy Trail, berjalan-jalan menikmati pemandangan menuju Curug Macan, sampai ke spot-spot flying camp. Bahkan kalau beruntung, Anda bisa bertemu dengan satwa langka seperti elang sampai macan! Pilihan lainnya adalah berkemah di tepian sungai di Desa Citalahab, hunian wisata lokal di lembah Gunung Halimun. Paket ini terdiri mulai dari 2 hari 1 malam sampai 4 hari 3 malam.

Gunung Halimun Adventure Journey
Alamat: Kp. Ciwalen, Malasari, Nanggung Halimun, Sukabumi, Jawa Barat
Telepon: 0857 8000 2200 | 0821 1005 7000
E-mail: info@wisatahalimun.co.id

20. Telusuri keindahan alam gunung berapi: Kawah Ratu

Kawah Ratu adalah salah satu objek wisata yang terletak di Sukabumi, Jawa Barat. Kawah Ratu merupakan salah satu kawah aktif di kawasan Gunung Salak yang memiliki ketinggian 2.211 meter di atas permukaan laut. Kawah Ratu memiliki ukuran sekitar 700 x 570 meter dan kedalaman sekitar 50 meter. Kawah Ratu memiliki daya tarik yang unik karena memiliki banyak sumber air panas dan belerang yang dianggap memiliki khasiat penyembuhan bagi para pengunjungnya. Selain itu, pemandangan yang disuguhkan juga sangat indah dengan latar belakang perbukitan dan hijaunya hutan.

Untuk mencapai Kawah Ratu, para pengunjung harus melewati jalur pendakian Gunung Salak. Rute pendakian yang umumnya digunakan adalah melalui Cidahu, Cibereum atau Sukamantri. Para pendaki akan melewati hutan dan jalan setapak yang cukup menantang namun pemandangan yang disuguhkan sepanjang perjalanan cukup memuaskan.



Di sekitar Kawah Ratu juga terdapat beberapa objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti air terjun Curug Cigamea, Curug Cimarinjung, dan Curug Sawer. Selain itu, terdapat juga beberapa pemandian air panas seperti Cimanggu, Cipanas dan Cikadu.

Namun, untuk mengunjungi Kawah Ratu dan sekitarnya, para pengunjung disarankan untuk selalu mengikuti aturan dan peraturan yang berlaku, serta menjaga kebersihan dan kelestarian alam sekitar. Selain itu, pengunjung juga disarankan untuk membawa perlengkapan yang memadai dan mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan pendakian. Dalam hal keamanan, para pengunjung juga disarankan untuk selalu mengikuti arahan dari pemandu pendakian atau petugas yang bertugas di kawasan tersebut. Hal ini untuk meminimalisir risiko kecelakaan atau hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan menuju Kawah Ratu.

Kawah Ratu merupakan salah satu objek wisata yang menarik dan dapat menjadi pilihan yang tepat bagi para pecinta alam dan pendaki yang ingin menikmati keindahan alam Sukabumi. Namun, sebagai pengunjung yang bertanggung jawab, kita juga harus mempertimbangkan faktor keselamatan dan menjaga kelestarian alam sekitar untuk generasi yang akan datang.

Kawah Ratu
Alamat: Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kab. Bogor. 
Telepon: 0857 8000 2200

21. Kagumi “pasukan” tanaman yang berbaris rapi: Pasir Datar Indah

Di Pasir Datar Indah, Anda dapat menikmati lukisan alami yang memukau hasil karya petani setempat!
Deretan tanaman penduduk setempat yang berbaris rapi di pundak bukit-bukit hijau menciptakan gelombang alam yang indah tak tertandingi. Jika Anda berpindah ke tempat yang lebih tinggi, maka pemandangan tanaman tersebut akan berbaur dengan pemandangan permadani hijau di sekelilingnya dan juga pemandangan kota dari jauh.



Perpaduan alam yang indah tersebut tidaklah cukup hanya dikagumi, jangan lupa untuk mengabadikan pemandangan ini dengan foto-foto kece yang akan membuat Instagram Anda makin hits. Ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan alam yang indah dan asri ini? Anda dapat bermalam di Villa Lavender yang terletak tidak jauh dari Pasir Datar Indah.

Pasir Datar Indah
Tiket Masuk: Gratis
Alamat: Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

22. Serunya bermain di taman rekreasi bertema bajak laut bersama keluarga: SantaSea Waterpark

SantaSea Waterpark Sukabumi adalah taman air terbaru yang berlokasi di kota Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia. Taman air ini menawarkan berbagai wahana air yang menyenangkan untuk semua orang, termasuk kolam renang dengan gelombang buatan, seluncuran air, dan area bermain air untuk anak-anak.

Taman air ini memiliki konsep yang unik, yaitu tema Santa Claus atau Santa Claus Village, dengan dekorasi yang menarik dan menampilkan berbagai tokoh Natal seperti pohon Natal, kereta salju, dan hadiah Natal. Konsep ini membuat pengunjung merasa seakan-akan sedang berada di desa Santa Claus.



Selain wahana air, SantaSea Waterpark Sukabumi juga menyediakan berbagai fasilitas lainnya seperti restoran, kafe, area parkir yang luas, dan beberapa area tempat duduk untuk bersantai. Seluruh area taman air ini juga dilengkapi dengan sistem keamanan yang baik, sehingga pengunjung dapat merasa aman dan nyaman selama bermain air.

Tiket masuk ke SantaSea Waterpark Sukabumi cukup terjangkau, dengan harga mulai dari Rp60.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp50.000 untuk anak-anak. Taman air ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai dengan 18.00 WIB.

Overall, SantaSea Waterpark Sukabumi merupakan destinasi liburan yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga dan teman-teman. Dengan konsep yang unik dan wahana air yang menyenangkan, pengunjung dapat menikmati waktu bersantai dan bermain air sekaligus merasakan nuansa Natal yang berbeda.

SantaSea Waterpark
Tiket Masuk: Weekday, Rp35.000 | Weekend, Rp50.000
Alamat: Jl. Pramuka, Gedongpanjang, Citamiang, Kota Sukabumi, Jawa Barat (tepat di belakang Terminal Baru Sukabumi). 
Jam Operasional: Senin-Jumat, 10.00 – 15.00 | Weekend, 09.00 – 15.00
Telepon: (0266) 622 3023 | 0816 632 889 | 0816 46904941

23. Berselfie ria di alam terbuka: Bukit Karangnumpang

Ternyata Sukabumi menawarkan beragam pilihan tempat selfie yang tiada habisnya. Bukit Karangnumpang juga merupakan tempat selfie teranyar yang digandrungi.



Bukit ini semakin banyak dikenal berkat film 5cm. Hayo, siapa yang belum pernah menonton filmnya?Pemandangan alam dari atas bukit selalu menawarkan pesona tersendiri. Itulah yang ditawarkan oleh bukit ini. Ditambah lagi gundukan karang yang tersebar, yang bentuknya menyerupai batu yang “menumpang”, sehingga bukit ini diberi nama Bukit Karangnumpang.

Bukit Karangnumpang
Tiket Masuk: Rp3.000 untuk parkir dan Rp2.000 untuk uang kebersihan.
Alamat: Kampung Legoknyenang, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
Jam Operasional: 08.00 – 18.00

24. Sukabumi rasa Thailand (dengan panorama laut selatan!): Vihara Nam Hai Kwan Im Pu Sa

Dikenal juga sebagai Kuil Dewi Kwan Im, vihara yang terletak sekitar 25 km dari Palabuhanratu ini tak hanya merupakan tempat ibadah, namun juga destinasi wisata yang unik bagi wisatawan dikarenakan lokasinya yang berada di atas bukit menghadap lautan.



Mungkin kamu akan terheran-heran kenapa arsitektur vihara ini menyerupai kuil-kuil yang ada di Thailand. Wajar saja, karena rupanya vihara ini dibangun atas prakarsa warga Thailand yang bernama Anotahi Kamonwathin.

Keunikan lainnya, jika umumnya vihara hanya memajang patung dewa-dewi, namun di sini kamu juga akan menemukan altar Semar, altar Prabu Siliwangi, altar Bunda Maria, dan yang paling unik adalah altar khusus bagi Nyi Roro Kidul.
Penasaran?

Vihara Nam Hai Kwan Im Pu Sa
Tiket Masuk: Gratis
Alamat: Kertajaya, Kec. Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

25. Tempat healing bagi pecinta senja dan bukit hijau: Bukit Teletubbies Ujung Genteng

Bukit Teletubbies Ujung Genteng adalah sebuah destinasi wisata alam yang terletak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Bukit ini terkenal dengan sebutan Bukit Teletubbies karena bentuknya yang mirip dengan bukit-bukit yang muncul di dalam acara televisi anak-anak yang populer, yaitu Teletubbies.

Bukit Teletubbies Ujung Genteng memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan menawan. Dari atas bukit, pengunjung dapat melihat pemandangan perbukitan yang hijau dan luas, serta laut yang biru yang terbentang di kejauhan. Pemandangan matahari terbit dan terbenam juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.



Untuk mencapai Bukit Teletubbies Ujung Genteng, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan. Jarak dari pusat Kota Sukabumi sekitar 100 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 3-4 jam perjalanan. Selain itu, pengunjung juga dapat menggunakan transportasi umum seperti bus atau travel yang tersedia dari pusat kota Sukabumi.

Saat ini, Bukit Teletubbies Ujung Genteng telah menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Sukabumi. Oleh karena itu, pengunjung disarankan untuk datang pada saat hari biasa atau di luar musim liburan sekolah untuk menghindari kerumunan pengunjung yang terlalu ramai.

Namun, sebagai pengunjung, kita juga harus menjaga kebersihan dan kelestarian alam di sekitar Bukit Teletubbies Ujung Genteng. Kita dapat membuang sampah pada tempatnya dan tidak merusak atau merusak lingkungan sekitar. Dengan menjaga kebersihan dan kelestarian alam, kita dapat menikmati keindahan Bukit Teletubbies Ujung Genteng dan menjadikannya sebagai destinasi wisata yang lestari dan ramah lingkungan.

Bukit Teletubbies Ujung Genteng
Alamat: Ujung Genteng, Kec. Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

26. Air terjun spektakuler dengan 14 undakan: Curug Bibijilan

Curug Bibijilan adalah sebuah air terjun yang terletak di Desa Cidahu, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan dikelilingi oleh pepohonan hijau yang menjadikan suasana di sekitar curug ini begitu sejuk dan alami.

Untuk mencapai Curug Bibijilan, pengunjung harus melewati jalur pendakian yang cukup menantang dengan berbagai jenis medan yang berbeda, seperti jalan setapak, sungai, dan batuan bebatuan. Namun, perjalanan yang menantang ini akan terbayar dengan pemandangan indah yang akan ditemukan ketika sampai di air terjun.



Saat berkunjung ke Curug Bibijilan, pengunjung dapat melakukan beberapa aktivitas seperti berenang di kolam yang terbentuk di bawah air terjun, menikmati keindahan alam sekitar, atau sekedar bersantai menikmati suasana yang tenang dan damai. Selain itu, pengunjung juga dapat menyewa guide atau pemandu lokal yang akan membantu dan memandu selama perjalanan menuju curug.

Namun, perlu diingat bahwa pengunjung diharapkan untuk menjaga kebersihan dan tidak merusak lingkungan sekitar, seperti dengan tidak membuang sampah sembarangan atau merusak alam di sekitar curug. Curug Bibijilan adalah salah satu destinasi wisata alam yang begitu indah dan menawan di Sukabumi, sehingga penting bagi kita semua untuk memelihara kelestariannya agar dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang.

Curug Bibijilan
Tiket Masuk: Rp10.000
Alamat: Kampung Lebak Nangka, Desa Kerta Angsana, Kec. Nyalindung, Kab. Sukabumi, Jawa Barat. 

27. Staycation terlengkap untuk keluarga: Sparks Forest Adventure

Sparks Forest Adventure adalah tempat wisata petualangan yang berlokasi di Sukabumi, Jawa Barat. Tempat ini menyediakan berbagai aktivitas yang menantang seperti flying fox, paintball, offroad, airsoft gun, dan masih banyak lagi. Selain itu, Sparks Forest Adventure juga dilengkapi dengan fasilitas penginapan, restoran, dan area camping.

Salah satu aktivitas yang paling populer di Sparks Forest Adventure adalah flying fox. Wisatawan akan menikmati sensasi terbang di atas hutan dengan panjang kabel sekitar 300 meter. Selain flying fox, paintball juga menjadi aktivitas yang diminati oleh pengunjung Sparks Forest Adventure. Di sini, pengunjung dapat bermain paintball dengan teman-teman atau keluarga dengan arena yang luas dan menantang.


Photo Via Alfarizi.elfatih, Laachicha, Riaaprima

Untuk pengunjung yang menyukai kegiatan offroad, Sparks Forest Adventure menyediakan area khusus untuk offroad dengan rute yang berbeda-beda. Pengunjung dapat memilih untuk berkendara dengan mobil ATV atau motor trail untuk mengeksplorasi hutan dan berinteraksi dengan alam. Tak hanya itu, Sparks Forest Adventure juga menawarkan aktivitas airsoft gun yang menantang. Pengunjung dapat memainkan airsoft gun di area yang telah disediakan dengan berbagai rintangan dan peralatan pelindung yang aman.

Setelah menikmati berbagai aktivitas petualangan, pengunjung dapat beristirahat dan menikmati keindahan alam sekitar di Sparks Forest Adventure Resort. Pengunjung dapat memilih menginap di kamar dengan fasilitas yang lengkap atau memilih area camping yang telah disediakan. Selain fasilitas penginapan, Sparks Forest Adventure juga dilengkapi dengan restoran yang menyajikan berbagai macam makanan dan minuman yang lezat. Restoran ini menawarkan suasana yang nyaman dengan pemandangan alam yang indah.

Dalam kunjungan ke Sparks Forest Adventure, pengunjung akan merasakan sensasi petualangan yang tak terlupakan di tengah hutan yang asri dan alami. Keseruan aktivitas petualangan yang ditawarkan Sparks Forest Adventure dijamin akan membuat pengunjung kembali lagi untuk merasakan petualangan yang berbeda di lain waktu.

Sparks Forest Adventure
Harga glamping mulai Rp800.000 per malam | Tiket masuk waterpark, Rp50.000 | Tiket masuk bird park, Rp35.000
Alamat: Jl. Nagrak, Cisarua, Kec. Nagrak, Kab. Sukabumi, Jawa Barat. 
Telepon: (0266) 743 0700 | 0822 1555 9700

Demikianlah ulasan singkat mengenai "27 Tempat wisata di Sukabumi yang keren, seru, dan Instagramable" sobat gaul mau ngunjungin yang mana dulu nih ?