Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kota Paling Sepi di Indonesia : Banyak Lahan dan Tanah Kosong



Karogaul.com - Menjadi salah satu negara yang memiliki populasi penduduk terbanyak di dunia. Indonesia masih punya masalah soal segi pemerataan penduduk.

Ada kota yang punya penduduk teramat banyak, seperti Ibu Kota Jakarta. Ada juga yang punya penduduk teramat sedikit padahal punya wilayah yang cukup luas.

Data dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI tahun 2019 memperlihatkan, sebagian besar penduduk Indonesia terpusat di Pulau Jawa yang punya lebih dari 50% total populasi negara.

Sedangkan sisanya ada di sejumlah pulau lain dengan jumlah persentase yang cukup kecil.

Kalau kamu merasa sumpek saat berada di Jakarta atau Bandung lantaran saking banyaknya penduduk. Maka kamu bisa mengunjungi sejumlah kota paling sepi di Indonesia ini.

Pemeringkatan ini dihitung berdasarkan dari jumlah penduduk per kilo meter persegi (km2) alias dari kepadatan penduduknya. Lalu di mana saja kota paling sepi di Indonesia tersebut? Berikut ini daftarnya.

1. Subulussalam



Kota ini disebut yang tersepi di Indonesia, yakni Kota Subulussalam. Kota tersebut berada di Provinsi Aceh dan cuma dihuni sekitar 67 jiwa/km2.

Mengingat ini untuk sebuah kota, wilayah Subulussalam memang tergolong cukup besar. Bahkan luas wilayahnya hingga 1.391 km2 atau hampir dua kali lipat dari luas DKI Jakarta (661 km2) loh!

Namun dengan jumlah populasi penduduk yang cukup kecil yakni 93.457 jiwa saja, bikin Subulussalam dinobatkan menjadi kota paling sepi di Indonesia. Mungkin akan sangat tenang ketika menghabiskan hari tua di sini.

2. Tidore Kepulauan



Posisi berikutnya ditempati oleh Tidore Kepulauan, kota yang berlokasi di Provinsi Maluku Utara ini punya kepadatan penduduk yang terbilang lumayan kecil.

Diketahui hanya ada 71 jiwa/km2 kepadatan penduduk di kota ini. Wah, artinya ada banyak tanah yang bisa dimanfaatkan di sini.

Padahal di zaman kolonialisme, kota tersebut sangat terkenal lantaran menjadi salah satu pusat rempah-rempah terkemuka di Indonesia dan dunia tentunya.

3. Palangka Raya



Posisi ketiga yang menjadi kota paling sepi di Indonesia ditempati oleh ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah, Palangka Raya.

Kota ini mempunyai luas wilayah yang cukup luas, yakni sekitar 2.853 km2! Namun, untuk ukutan sebuah ibu kota provinsi Kota Palangka Raya cum dihuni oleh 266.020 jiwa saja

Artinya apabila angka tersebut dibagi dengan luas wilayahnya, maka kepadatan penduduk Palangka Raya cuma 93 jiwa/km2 saja.

4. Dumai



Pada posisi keempat sebagai kota tersepi di Indonesia dtempati oleh kota minyak dari Provinsi Riau, Dumai.

Kota ini juga disebut sebagai salah satu kota terkaya di Indonesia loh. Pasalnya kota ini cuma dihuni sekitar 174 jiwa/km2.

Kalau soal luas area, Kota Dumai punya luas wilayah 1.772 km2. Kemudian kalau segi populasi, kota ini punya jumlah penduduk hingga 308.812 jiwa.

5. Pagar Alam



Masih dari tanah pulau Sumatra, kota paling sepi kelima yang ada di Indonesia dimiliki oleh Pagar Alam.

Kota yang berlokasi di wilayah Provinsi Sumatra Selatan tersebut diketahui punya kepadatan penduduk sekitar 211/km2.

Selain itu kota ini punya luas wilayah yang cukup besar dan luas yakni 633 km2 atau hampir setara dengan DKI Jakarta.

Namun, Kota Pagar Alam cuma memiliki jumlah penduduk sebanyak 189.761. Itulah yang bikin Pagar Alam bisa masuk jajaran kota paling sepi di Indonesia saat ini.