Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Spot Camping dengan View Kebun Teh di Wisata Bandung dan Bogor


Karogaul.com - Pada artikel sebelumnya, Pegipegi sudah pernah membahas tentang deretan spot camping tepi sungai dengan view ciamik yang ada di Indonesia. Nah, buat kamu yang hobi berkemah dan ingin merasakan pengalaman yang berbeda, bisa banget mengunjungi spot camping dengan pemandangan kebun teh yang ada di Bandung dan Bogor.

Selain bisa menyegarkan mata dengan hamparan kebun teh yang serba hijau, kamu juga akan dibuat betah bermalam dan menghabiskan waktu sepanjang hari karena suasana di lokasi camping sangat meneduhkan. Udaranya pun sejuk. Hmm.. Membayangkannya saja sudah terasa menyenangkan, bukan? Tanpa basa-basi lagi, cek lokasinya berikut ini!
BANDUNG

1. NUANSA RIUNG GUNUNG
SUMBER: IG @NUANSARIUNGGUNUNG_ (SARAGIH_ERICK)

Nuansa Riung Gunung merupakan salah satu tempat wisata hits di Bandung yang buka selama 24 jam. Daya tarik tempat wisata ini adalah hamparan perkebunan teh yang luas dengan perbukitan di sekelilingnya. Tidak heran jika kerap dipilih para pengendara motor saat road trip keliling Pulau Jawa. Saking syahdunya vibes di sini, sampai disebut-sebut sebagai Swiss versi Bandung, loh. Kalau ingin bermalam, terdapat camping ground yang aman. Kamu bahkan dapat menyewa perlengkapan kemah yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

ALAMAT: KAMPUNG RIUNG GUNUNG, DESA PULOSARI, KECAMATAN PANGALENGAN, BANDUNG SELATAN
HARGA TIKET MASUK: MULAI DARI RP10.000* PER ORANG
HARGA SEWA: MULAI DARI RP200.000* PER TENDA (PAKET HEMAT) DAN RP400.000* PER TENDA (PAKET LENGKAP), TIKET CAMPING RP25.000* PER ORANG

2. TAMAN LANGIT PANGALENGAN
SUMBER: IG @TAMANLANGITPANGALENGAN360

Seperti namanya, Taman Langit Pangalengan menyajikan pemandangan hamparan kebun teh yang membentang serta panorama sunrise dan sunset yang romantis. Jika kamu ingin melihat langsung dua momen tersebut, kamu bisa camping dan menyewa tenda. Pada malam hari, kamu akan disuguhkan dengan kelap-kelip cahaya kota. Saat dini hari, sambil menunggu matahari terbit di ufuk Timur, kamu bisa memanfaatkan waktu dengan membuat api unggun untuk menciptakan suasana romantis di tengah gemerlapnya bintang-bintang di langit.

ALAMAT: KAMPUNG PUNCAK MULYA, JALAN CUKUL, SUKALUYU, PANGALENGAN, KABUPATEN BANDUNG, JAWA BARAT
HARGA TIKET MASUK: MULAI DARI RP10.000* PER ORANG
HARGA SEWA: MULAI DARI RP25.000* PER TENDA

3. SUNRISE POINT CUKUL
SUMBER: @SUNRISEPOINTCUKUL

Kawasan yang dekat dengan Puncak Giri ini sangat digandrungi masyarakat untuk melihat view matahari terbit dari ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan kebun teh luas yang bisa dilihat dari Cukul. Tempat ini cocok untuk kamu yang ingin memperindah feed Instagram dengan latar pemandangan alam spektakuler. Selain itu, berkemah di Sunrise Point Cukul sambil menyambut matahari terbit juga seru. Dengan harga terjangkau, kamu sudah bisa menikmati keindahan alam dari ketinggian.

ALAMAT: DESA SUKALUYU, KECAMATAN PANGALENGAN, KABUPATEN BANDUNG, JAWA BARAT
HARGA TIKET MASUK: MULAI DARI RP10.000* PER ORANG
HARGA SEWA: MULAI DARI RP270.000* PER TENDA

4. BUKIT PANYAWANGAN PANGALENGAN
SUMBER: IG @BUKITPANYAWANGANPANGALENGAN

Masih di daerah Bandung, ada juga alternatif spot camping dengan pemandangan kebun teh yang recommended untuk dikunjungi. Salah satunya, Bukit Panyawangan Pangalengan. Bukit dengan ketinggian sekitar 1.800 mdpl ini, akan menyegarkan mata melalui hamparan kebun teh hijau. Sejauh mata memandang, kamu akan merasakan keasrian, keindahan, dan kesejukan. Tidak kalah keren dengan pemandangan hijau yang membentang, kamu pun bisa mendapatkan momen matahari tenggelam khas Bandung bersama teman-teman atau keluarga.

ALAMAT: JALAN CUKUL, SUKALUYU, KECAMATAN PANGALENGAN, KABUPATEN BANDUNG, JAWA BARAT
HARGA TIKET MASUK: MULAI DARI RP10.000* PER ORANG
HARGA SEWA: MULAI DARI RP650.000* PER TENDA

5. WAYANG WINDU PANENJOAN
SUMBER: IG @CLICKBANDUNGCOM

Rekomendasi destinasi camping di kawasan kebun teh berikutnya adalah Wayang Windu Panenjoan. Tempat wisata yang dikelola oleh warga asli daerah Kertamanah, Pangalengan ini menawarkan hamparan kebun teh seluas 13 hektare pada ketinggian 1.800 mdpl yang bagus banget untuk background foto estetik. Udaranya yang sejuk dan suasananya yang asri, sangat pas untuk tempat healing. Pada pagi hari, kamu bisa melihat view alam yang diselimuti kabut.

ALAMAT: BANJARSARI, KECAMATAN PANGALENGAN, KABUPATEN BANDUNG, JAWA BARAT
HARGA TIKET MASUK: MULAI DARI RP10.000* PER ORANG
HARGA SEWA: MULAI DARI RP20.000* PER ORANG

6. WISATA JAVANA SEHAT
SUMBER: IG @WISATAJAVANASEHAT

Kalau kamu ingin mencari tempat camping yang mudah ditempuh dari wilayah Jabodetabek dan sekitarnya, silakan melipir ke kawasan Puncak, Bogor. Nah, kamu mungkin sudah tidak asing dengan Telaga Saat Puncak. Tidak jauh dari lokasi tempat wisata tersebut, ada satu spot berkemah yang oke banget. Namanya, Wisata Javana Sehat. Dikelilingi perkebunan teh dan perbukitan hijau, kamu bisa sekaligus merasakan pengalaman trekking dengan jalur yang cukup menantang. Walau butuh perjuangan, kamu akan dibuat takjub dengan pesona alam serta pemandangan Gunung Gede Pangrango dan Gunung Salak yang megah. Worth it banget, deh, pokoknya!

ALAMAT: GUNUNG LUHUR CIKONENG, TUGU UTARA, KECAMATAN CISARUA, KABUPATEN BOGOR
HARGA TIKET MASUK: MULAI DARI RP50.000* PER HARI
HARGA SEWA: MULAI DARI RP25.000* PER ORANG

7. GUNUNG LUHUR SMART CAMP
SUMBER: IG @CAMPING_GUNUNGLUHUR

Bicara soal lokasi camping ground dengan pemandangan kebun teh yang luas, jangan lewatkan Gunung Luhur Smart Camp. Rasakan serunya berkemah dikelilingi pepohonan rindang yang menjulang tinggi. Lokasinya berada pada ketinggian kurang lebih 1.500 mdpl, sehingga udaranya sudah pasti sangat sejuk. Suasananya juga begitu syahdu pada pagi hari. Kalau beruntung, kamu juga bisa mendapatkan momen milky way saat malam hari. Oh ya, agar perjalanan lebih aman, kamu direkomendasikan menggunakan mobil atau motor jenis trail.

ALAMAT: GUNUNG LUHUR CIKONENG, TUGU UTARA, KECAMATAN CISARUA, KABUPATEN BOGOR, JAWA BARAT
HARGA TIKET MASUK: MULAI DARI RP25.000* PER ORANG
HARGA SEWA: MULAI DARI RP80.000* PER TENDA

Itulah deretan spot camping dengan view kebun teh yang ciamik di Bandung dan Bogor. Semoga informasi di atas dapat menjadi referensi liburanmu selanjutnya. Ingat juga, setelah selesai berkemah, jangan menyisakan sampah di area camping, ya! Supaya alam Indonesia tetap lestari.