Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Spot Wisata Menawan Sekitar Gunung Bromo yang Membius Mata


Karogaul.com
- Sebagai salah satu destinasi wisata alam andalan di Jawa Timur, kemegahan Gunung Bromo selalu mampu menarik perhatian wisatawan lokal maupun turis asing. Walau harus melewati medan yang cukup sulit, tampaknya hal itu tidak mematahkan semangat para wisatawan untuk mendaki hingga ke puncak Gunung Bromo –pada ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut (mdpl)–.

Menariknya, sepanjang perjalanan mendaki, ada sejumlah spot wisata di sekitar Gunung Bromo yang sayang sekali jika dilewatkan begitu saja. Buat kamu yang merasa tertantang untuk melakukan trip ke Gunung Bromo, pastikan juga mengunjungi tempat wisata terdekat berikut ini!

1 PASIR BERBISIK BROMO
SUMBER: UNSPLASH (ROSYD AKBAR)

Pasir berbisik menjadi fenomena unik yang bisa jadi sudah kamu dengar dari orang-orang yang pernah mendaki Gunung Bromo. Sesuai sebutannya, Pasir Berbisik merupakan hamparan pasir yang luas di kawasan Bromo. Spot satu ini kerap diincar wisatawan saat berlibur ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Yang paling dinanti adalah momen ketika butiran-butiran pasir yang menggunung itu berterbangan karena tertiup angin kencang. Suaranya pun terdengar seperti bisikan. Kalau ingin melihat Pasir Berbisik, kamu bisa menyewa mobil Jeep atau opsi lain dengan naik kuda. Waktu terbaik mengunjungi spot ini yaitu pada pagi atau sore hari, karena cuaca tidak terlalu terik.

2 DESA CEMORO LAWANG
SUMBER: IG @AYODOLAN (@PUNDISAKTI)

Dekat dari lokasi Pasir Berbisik, silakan melipir ke Desa Cemoro Lawang. Terletak di empat wilayah yaitu Probolinggo, Pasuruan, Malang, dan Lumajang, desa wisata ini menjadi pintu masuk ke kawasan Gunung Bromo. Daya tarik desa ini adalah menawarkan pemandangan cantik dari ketinggian 2.220 mdpl, bak negeri di atas awan. Di pagi hari, udaranya sangat dingin dan dipenuhi kabut. View sunrise-nya juga memesona. Selama menghabiskan waktu di sini, sempatkan untuk mengenal lebih jauh suku Tengger, penduduk asli Cemoro Lawang yang masih mempertahankan adat dan tradisinya hingga saat ini.

3 BUKIT TELETUBBIES
SUMBER: UNSPLASH (ALFIAN FADHILAH)

Salah satu yang terkenal di kawasan wisata Gunung Bromo adalah Bukit Teletubbies. Untuk menuju bukit ini, kamu perlu ke Desa Cemoro Lawang terlebih dahulu. Dilanjutkan dengan naik kuda atau motor. Kalau berangkat bersama keluarga atau rombongan, sebaiknya kamu menyewa mobil Jeep. Medan yang harus ditempuh menuju Bukit Teletubbies bisa dibilang cukup menantang, terlebih jalanannya berkerikil dan berpasir. Buat yang berjiwa petualang, ini akan mengasyikkan karena bisa memacu adrenalin. Setelah tiba di sana, pemandangan padang rumput yang luas, perbukitan hijau, view Gunung Bromo dan dataran tinggi menjadi perpaduan sempurna dalam potret yang bisa kamu ambil di Bukit Teletubbies.

4 PUNCAK B29
SUMBER: UNSPLASH (AZHAR GALIH)

Menjadi view point terbaik di Gunung Bromo, Bukit 29 atau disebut Puncak B29 wajib kamu kunjungi saat trip ke Gunung Bromo. Pemandangan sunrise atau sunset-nya, juara! Puncak B29 merupakan nama sebuah bukit yang ketinggiannya mencapai 2.900 mdpl dan masih menjadi bagian dari TNBTS. Tepatnya berlokasi di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Kalau dilihat dari segi posisi, bukit ini terletak di sebelah tenggara Gunung Bromo. Untuk mencapai titik poin B29, kamu disarankan menggunakan kendaraan pribadi terutama motor dengan rute Kota Lumajang – Kecamatan Senduro – Desa Argosari.

5 COBAN PELANGI
SUMBER: IG @AMAZINGMALANG (@DINAFACHRUN)

Pernah melihat air terjun yang bisa mengeluarkan aneka warna pelangi? Sstt.. Itu bukan sekadar mitos, loh, SobiPegi. Untuk membuktikan fenomena alam yang langka tersebut, mampirlah ke Coban Pelangi. Air terjun ini cukup populer di kalangan pendaki. Terletak pada ketinggian 1.400 mdpl, suhu udara di sekitar air terjun sangat menggigit, yaitu antara 19–23 derajat Celcius. Selain itu, kamu harus melewati jalan menanjak dengan sudut kemiringan mencapai 45 derajat sebelum sampai ke lokasi air terjun. Jadi, pastikan kamu dalam kondisi tubuh yang fit, dan jangan lupa membawa baju hangat juga, ya.

6 PADANG SAVANA BROMO
SUMBER: UNSPLASH (YUSRON EL JIHAN)

Buat kamu yang baru pertama kali ke Gunung Bromo, siap-siap akan dibuat takjub dengan pesona Padang Savana Bromo yang luas atau disebut Lembah Jemplang. Sejauh mata memandang, kamu akan merasa tenang melihat alam yang meneduhkan. Terlebih suguhan warna hijau kecokelatan di depan mata. Rasanya semua beban pikiran yang selama ini menumpuk, hilang bak ditelan bumi. Yang terlintas hanyalah menikmati momen tersebut sebaik mungkin. Jika kamu ingin ke sini, sebaiknya datang pada bulan Januari sampai April karena periode tersebut merupakan musim penghujan di Jawa Timur. Dengan begitu, kamu bisa puas menikmati sejuknya kawasan Savana Bromo.

7 PURA LUHUR POTEN
SUMBER: IG @PURAPOTEN_BROMO

Selain pesona wisata alam yang mengagumkan, ada satu lagi tempat wisata populer dekat Gunung Bromo yang tidak kalah menarik, yaitu Pura Luhur Poten. Berada tepat di bawah kaki Kawah Bromo, Pura Luhur Poten merupakan tempat ibadah yang sangat sakral bagi masyarakat Hindu. Pura ini punya ikatan erat dengan suku Tengger yang rutin menggelar upacara tahunan Yadya Kasada. Berdiri sejak tahun 2000, kamu bisa merasakan asimilasi kebudayaan antara budaya Jawa dan Bali dengan nuansa Hindu di sini. Pura Luhur Poten cocok disambangi saat pagi hari karena bisa sekaligus menyaksikan momen matahari terbit dari balik Gunung Bromo.

Itulah tujuh objek wisata hits dan populer di sekitar Gunung Bromo. Jika berencana trip ke Gunung Bromo, kamu perlu melakukan perjalanan ke Kota Malang terlebih dahulu dengan naik pesawat atau transportasi darat seperti bus dan kereta api. Agar tidak serba mendadak dan bisa mengisi energi lebih maksimal, kamu bisa bermalam di hotel nyaman yang ada di Malang.