Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tempat Wisata Hidden Gem di Batam yang Menawan nan Mempesona


Karogaul.com - Berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia, Kota Batam punya koleksi destinasi alam yang menawan. Bahkan, beberapa di antaranya masih tersembunyi karena lokasinya yang jauh dari perkotaan sehingga butuh perjuangan untuk menjangkaunya. Walau begitu, sesampainya di lokasi wisata tersebut, kamu tidak akan kecewa, deh. Berkat keindahannya yang mampu membius mata, kamu akan langsung jatuh hati sejak pertama kali tiba. Bikin susah move on juga. Penasaran, kan, di mana saja lokasinya? Berikut ini list wisata hidden gem di Batam yang menarik untuk dijadikan tujuan bertualang kamu pada liburan mendatang!

PANBIL NATURE RESERVE
SUMBER: IG @PANBILNATURERESERVE

Mengusung konsep eco edu park, Panbil Nature Reserve merupakan hidden gem terbaru yang bisa kamu temukan di Batam. Lokasinya berada di dalam kawasan Taman Wisata Alam Muka Kuning. Berkunjung ke sini akan menambah pengalaman kamu bertualang di cagar alam seluas 200 hektare. Kalau beruntung, kamu bisa menyaksikan langsung atraksi berbagai jenis burung dan rusa sambar. Selain itu, kamu akan menemukan beragam jenis flora yang dilindungi. Untuk pengunjung yang membawa anak-anak, bisa mengajak mereka bermain sambil belajar dengan mencoba wahana edukasi yang disediakan. Kalau ingin bermalam di sini, juga bisa dan worth it banget, loh. Tersedia area glamping yang nyaman dengan fasilitas memadai.

LOKASI: JALAN AHMAD YANI, MUKA KUNING, KOTA BATAM, KEPULAUAN RIAU
BUKA: SETIAP HARI, PUKUL 10.00-22.00 WIB

PULAU RANOH
SUMBER: IG @RANOHISLAND

Berlokasi di ujung Kota Batam, kamu perlu menyeberang dari Jembatan 6 Barelang kalau ingin ke Pulau Ranoh. Jika diamati dari atas, pulau ini berbentuk seperti piringan cakram dengan pasir putih yang menjorok ke laut. Hawa di sini sangat sejuk karena di sekelilingnya berjejer pohon kelapa yang tinggi. Kamu pun akan dimanjakan dengan pemandangan air laut yang jernih, dihiasi dengan aneka terumbu karang dan ikan hias. Tidak heran jika Pulau Ranoh kerap dijadikan lokasi snorkeling dan diving. Selain itu, Pulau Ranoh kini sudah disulap menjadi pulau yang berfasilitas lengkap. Di antaranya, gazebo, kursi untuk berjemur, wahana bermain, dan restoran lezat.

LOKASI: KECAMATAN GALANG BARU, PULAU ABANG BATAM, KEPULAUAN RIAU
BUKA: SETIAP HARI, 24 JAM

PULAU PETONG

SUMBER: IG @PULAU_PETONG

Setelah dari Pulau Ranoh, lanjutkan wisata bahari ke pulau lainnya yang tidak kalah keren. Kali ini ada Pulau Petong. Dikelilingi laut yang tenang, pulau ini menjadi incaran wisatawan domestik maupun mancanegara untuk melihat pesona kehidupan bawah laut. Kamu yang belum pernah snorkeling bisa mencobanya di Pulau Petong ini. Tidak perlu khawatir, kamu akan ditemani oleh pemandu wisata yang sudah profesional, kok. Di sekitar kawasan Pulau Petong juga sudah dibangun resort berkonsep minimalis. Fasilitasnya lengkap, homey vibes, dan menyuguhkan pemandangan laut langsung dari kamar. Untuk akses ke Pulau Petong, kamu bisa berangkat dari pusat Kota Batam kurang lebih 2-3 jam dengan berkendara, lalu dilanjutkan menyeberang selama 45-60 menit menggunakan boat.

LOKASI: PULAU ABANG, KECAMATAN GALANG, KOTA BATAM, KEPULAUAN RIAU
BUKA: SETIAP HARI, 24 JAM

FUNTASY ISLAND BATAM

SUMBER: IG @INDOFLASHLIGHT

Buat kamu yang hobi banget bertualang sekaligus menikmati keanekaragaman hayati di satu tempat, Funtasy Island Batam wajib masuk dalam list perjalanan kamu, ya, Sobat gaul. Di sini, kamu bisa melakukan aktivitas seru, seperti snorkeling, diving, dining, dan berlayar. Lokasi rekreasi ramah lingkungan ini memiliki luas 328 hektare berlanskap alami. Begitu tiba, kamu akan disuguhi berbagai macam petualangan menantang dari wahana tematik. Menariknya, Funtasy Island Batam terdiri dari delapan zona hutan tropis dan bahari, yaitu Avatar Habitat, Simia Adventure, Rainforest Paradise, Mangrove Safari Ride, Riau Jungle Explorer, Aqua Adventure, Dolphin Discovery Habitat, dan Deep Ocean Wonder. Jika ingin menginap, tersedia hotel dan resort dengan harga relatif terjangkau di sekitar Funtasy Island Batam.

LOKASI: KECAMATAN BELAKANG PADANG BATAM, KOTA BATAM, KEPULAUAN RIAU
BUKA: SETIAP HARI, 24 JAM

PANTAI MELUR BARELANG
SUMBER: IG @GLORYMELUR

Tempat wisata hidden gem di Batam berikutnya adalah Pantai Melur Barelang. Tidak sulit menemukan lokasi pantai ini. Dari Bandara Internasional Hang Nadim, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 60 menit berkendara untuk tiba di Pantai Melur. Hal menarik yang bisa kamu nikmati di sini yaitu duduk santai di pantai sambil melihat hamparan pasir putih, air laut yang biru, dan deburan ombak yang menenangkan. Pantai Melur ini juga masih terjaga kebersihannya. Jadi, pas banget buat kamu yang ingin menenangkan pikiran. Kalau membawa anak-anak dan ingin mengajak mereka berenang di sini pun bisa karena kedalaman lautnya terbilang landai dan tanpa karang.

LOKASI: BARELANG, KECAMATAN GALANG, KOTA BATAM, KEPULAUAN RIAU
BUKA: SETIAP HARI, 24 JAM

PANTAI VIOVIO
SUMBER: IG @VIOVIOBEACH

Satu lagi hidden beach di Batam yang terkenal dengan pasir putih dan laut birunya. Pantai Viovio, namanya. Datang ke sini, membuat kamu seperti sedang liburan di Bali. Di tepi pantai, berjejer gazebo berwarna putih dan berbagai gimmick menarik lainnya. Ada juga ayunan di atas air untuk tempat foto-foto cantik dengan latar view pantai serta perbukitan hijau di sisi kiri dan kanan. Hasil foto kamu akan semakin eksotis saat momen matahari terbenam. Berbeda dari pantai lainnya, ombak di Pantai Viovio memang tidak begitu besar. Meski begitu, kamu tetap bisa menantang diri dan merasakan pengalaman seru naik banana boat bersama teman-teman. Manfaatkan juga fasilitas lainnya yang ada di pantai ini, ya.
 
LOKASI: DESA SIJANTUNG, KECAMATAN GALANG, KOTA BATAM, KEPULAUAN RIAU
BUKA: SETIAP HARI, PUKUL 06.00-19.00 WIB

KAMPUNG TERIH NONGSA
SUMBER: IG @KAMPUNGTERIH

Kampung Terih masuk dalam deretan tempat wisata Instagramable di Batam. Berlokasi di kawasan Nongsa, kampung wisata satu ini kerap menjadi incaran banyak muda-mudi Pulau Batam maupun turis dari luar pada akhir pekan. Punya nuansa pantai yang eksotis, kamu bakal dimanjakan dengan berbagai tempat foto Instagenic. Mulai dari jembatan kayu yang klasik, payung gantung yang unik, hingga area pasir putih yang menawan. Selain itu, ada juga rumah pohon dengan aksesoris patung warna-warni yang cocok dijadikan spot untuk memandang sunset di sore hari atau sekadar berfoto seru. Kalau tertarik mengeksplorasi objek alam ini secara menyeluruh, kamu bisa menyewa perahu kecil yang disediakan.

LOKASI: JALAN KETAPANG, SAMBAU, NONGSA, KOTA BATAM, KEPULAUAN RIAU
BUKA: SETIAP HARI, PUKUL 08.00-17.30 WIB

Sobat gaul pasti sudah tidak sabar ingin liburan ke Batam untuk melihat wisata alam hidden gem di atas, kan? Sudah bisa, nih, mengatur itinerary untuk traveling ke Batam mulai dari sekarang, termasuk mempersiapkan transportasi dan akomodasi.