Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tempat Wisata Hits di Mojokerto untuk Vacation Trip

Tempat Wisata Hits di Mojokerto untuk Vacation Trip

Karogaul.com - Dikenal sebagai Kota Onde-Onde, Mojokerto merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Timur yang menyimpan sejuta pesona alam menakjubkan. Sayangnya, belum banyak yang tahu di mana saja tempat wisata hits di Mojokerto, mengingat kota ini belum sepopuler Malang dan Surabaya.

Selama pelesiran di Mojokerto, kamu bisa berwisata sejarah ke sejumlah candi. Kemudian, menjernihkan pikiran dengan mengunjungi air terjun yang memesona. Lalu, berekreasi ke taman-taman yang indah untuk memanjakan mata.

Nah, buat kamu yang mungkin tertarik menjelajahi Mojokerto dalam waktu dekat atau ingin merencanakan perjalanan bersama orang tersayang saat libur panjang nanti, deretan tempat wisata populer berikut ini bisa menjadi inspirasi!

1. MAHA VIHARA MOJOPAHIT

SUMBER: WIKIPEDIA

Destinasi pertama adalah Maha Vihara Mojopahit. Kalau kamu baru pertama kali ke sini, pastinya akan langsung takjub melihat Patung Buddha yang sedang berbaring dengan warna emas menyeluruh. Menurut berbagai sumber, patung megah tersebut merupakan patung Buddha terbesar urutan ketiga di Asia, loh. Maha Vihara Mojopahit memiliki luas 20.000 meter persegi. Fungsi utama wihara ini memang sebagai tempat ibadah. Namun, kamu boleh mengunjunginya sebagai tempat wisata, khususnya untuk melihat akulturasi budaya pada arsitektur bangunannya. Dengan catatan, selama berkunjung kamu tidak membuat keributan sehingga mengganggu masyarakat yang sedang beribadah, ya.

ALAMAT: GG. I, SITI INGGIL, BEJIJONG, KECAMATAN TROWULAN, KABUPATEN MOJOKERTO
BUKA: SETIAP HARI, PUKUL 08.00–17.00 WIB

2. SUMBER DHUWUR NGORO

SUMBER: IG @WISATANGORO_OFFICIAL

Nah, ini dia tempat wisata di Mojokerto yang sempat viral di media sosial. Sumber Dhuwur Ngoro, salah satu destinasi ramah anak yang berlokasi tidak jauh dari perkotaan. Terletak di Desa Wonosari, Sumber Dhuwur Ngoro memiliki luas mencapai 1,2 hektare. Di sini, kamu tidak hanya bisa melihat kawanan ikan, tapi juga boleh masuk ke dalam air untuk memberi makan dan menangkap ikan secara langsung. Jadi, kalau mencari tempat rekreasi keluarga yang memungkinkan kamu main bareng ikan, Sumber Dhuwur Ngoro wajib masuk dalam list perjalanan. Menariknya lagi, setiap pengunjung hanya dikenakan biaya parkir Rp3.000* sampai Rp5.000* saja.

ALAMAT: DUSUN SIDOREJO, WONOSARI, KECAMATAN NGORO, KABUPATEN MOJOKERTO
BUKA: SETIAP HARI, PUKUL 08.00–17.00 WIB

3. COBAN KEMBAR WATU ONDO

SUMBER: IG @AIRTERJUNWATUONDO

Berada di kawasan Taman Hutan Raya Raden Soerjo, lokasi Coban Kembar Watu Ondo berbatasan antara Kabupaten Mojokerto dan Kota Batu. Untuk tiba ke titik air terjun, kamu perlu menaklukkan jalur trekking yang cukup menantang dan cenderung menurun. Sesuai namanya, di sini terdapat dua air terjun dengan ketinggian air berbeda. Air terjun pertama setinggi 15 meter dengan air yang terlihat seperti susunan anak tangga, sedangkan yang kedua mencapai 69 meter dengan air yang deras. Meski disebut ‘air terjun kembar’, sumber aliran dari kedua air terjun ini ternyata berbeda. Hal menarik lainnya yaitu terdapat Goa Jepang yang berada di antara kedua air terjun tersebut.

ALAMAT: DUSUN SENDI, DESA PACET, KECAMATAN PACET, KABUPATEN MOJOKERTO
BUKA: SETIAP HARI, 24 JAM

4. RANU MANDURO

SUMBER: IG @RANUMANDURO_MOJOKERTO

Mau menikmati keindahan padang savana dengan latar belakang gunung yang megah ala Selandia Baru? Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, deh! Kamu bisa merasakan vibes-nya hanya dengan berkunjung ke Kabupaten Mojokerto. Ya, ada satu spot wisata alam dengan pemandangan mirip seperti di Taman Nasional Fiordland dan Gunung Ruapehu yang ada di Selandia Baru. Ranu Manduro, namanya. Menawarkan padang savana hijau nan cantik, yang di bagian tengahnya terdapat oase dengan bukit berbatu yang terpecah. Di baliknya, kamu bisa melihat view Gunung Penanggungan dengan ketinggian 1,653 meter di atas permukaan laut (mdpl).

ALAMAT: MANDURONO, WATESNEGORO, KECAMATAN NGORO, KABUPATEN MOJOKERTO
BUKA: SETIAP HARI, 24 JAM

5. KAMPUNG ORGANIK BRENJONK

SUMBER: IG @KAMPUNG_ORGANIK_BRENJONK

Bukan kampung biasa, Kampung Organik Brenjonk menghadirkan pengalaman berwisata yang seru. Mata kamu seakan tersihir melihat cantiknya hamparan taman bunga refugia yang sangat luas. Semakin menawan karena didukung dengan pemandangan di sekitarnya. Bahkan, kamu bisa melihat view Gunung Penanggungan yang begitu apik. Rasanya seperti di negeri dongeng, deh. Jangan lupa mengabadikan momen terbaik kamu selama di sini, ya. Namun, pastikan untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dan tidak merusak bunga-bunga yang ada.

ALAMAT: SENDANG, PENANGGUNGAN, KECAMATAN TRAWAS, KABUPATEN MOJOKERTO
BUKA: SETIAP HARI, PUKUL 09.00–15.00 WIB

6. TAMAN MONTOK KUNJOROWESI

SUMBER: IG @TAMANMONTOK_KUNJOROWESI

Kalau kamu pernah ke Hutan Pinus Pengger di Yogyakarta, maka kurang lebih seperti itulah view yang disuguhkan Taman Montok Kunjorowesi. Spot tangan besar dengan background pemandangan Kota Mojokerto dari ketinggian menjadi tempat ikonik dari taman ini. Tempat wisata buatan ini masih tergolong baru, tapi sudah banyak muda-mudi yang penasaran dan datang ke sini. Biasanya, Taman Montok Kunjorowesi ramai pengunjung saat akhir pekan, terutama pada malam hari karena bisa menyaksikan indahnya warna-warni lampu kota. Ditambah, ada spot foto Instagramable yaitu sangkar burung dan tulisan ‘I Love You’ berukuran besar.

ALAMAT: DESA KUNJOROWESI, KECAMATAN NGORO, KABUPATEN MOJOKERTO
BUKA: SETIAP HARI, 24 JAM

7. CANDI BAJANG RATU

SUMBER: IG @PESONA_MOJOKERTO (@ARI_PURWANTORO)

Sama halnya seperti kota-kota lain di Pulau Jawa, Mojokerto juga punya wisata candi yang menawarkan pesona masa lampau. Salah satu yang populer adalah Candi Bajang Ratu. Merupakan candi peninggalan Kerajaan Majapahit yang berjaya pada abad ke-14, Candi Bajang Ratu memiliki struktur bangunan bertingkat dengan ketinggian 16,1 meter. Terbuat dari batu bata merah, candi ini menarik perhatian lewat relief Sri Tanjung dan Ramayana. Khusus di relief Sri Tanjung, kamu bisa melihat detail proses peruwatan -pembebasan diri dari kutukan- dalam kepercayaan Hindu. Pada bagian atap candi terdapat relief matahari yang menjadi simbol Kerajaan Majapahit.

ALAMAT: DUKUH KRATON, DESA TEMON, KECAMATAN TROWULAN, KABUPATEN MOJOKERTO
BUKA: SETIAP HARI, PUKUL 07.00–16.45 WIB

Itu dia deretan tempat wisata hits dan populer di Mojokerto yang menarik untuk dijelajahi. Kira-kira, dari daftar di atas, mana nih yang tertarik SobiPegi datangi lebih dulu? Semoga bisa menjadi referensi yang oke buat liburan, ya.

By : Rizka Gusti Anggraini