Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gak nyampe 2 Jam dari Bandung : 10 Tempat wisata paling hits di Ciwidey untuk liburan sejuk & adem bersama keluarga



Karogaul.com - Cuaca panas di ibukota memang membuat kita penat dan selalu ingin kabur sesaat ke destinasi dengan cuaca dan hawa yang lebih dingin dan menyejukkan!

Untungnya kita tidak perlu keluar negeri untuk menikmati itu, karena cukup menyetir 4 jam dari Jakarta, sebuah surga tersembunyi di selatan Bandung dengan udara yang dingin akan menghilangkan penat Anda seketika: CIWIDEY!

Mulai dari resort dengan pemandangan unik, taman rusa dan kelinci, sampai dengan rumah warna-warni dan spot foto yang super Instagrammable, Ciwidey tidak akan mengecewakan siapapun yang ingin kabur dari kenyataan dan menikmati indah dan sejuknya Bandung Selatan.

Cara ke Ciwidey dari Jakarta

a. Kendaraan Pribadi

Dari arah Jakarta Anda dapat melalui ruas tol Cipularang, lalu keluar di pintu tol Kopo Bandung. Dari pintu tol tersebut Anda langsung belok kanan menuju Jalan Kopo-Soreang. Setibanya di Soreang, ikuti terus jalan dan petunjuk hingga menuju arah Ciwidey.

b. Bis

Anda bisa naik bus jurusan Jakarta-Bandung (mulai Rp65.000) dengan tujuan akhir Terminal Leuwi Panjang. Dari Terminal Leuwi Panjang perjalanan dapat dilanjutkan dengan menggunakan minibus jurusan Soreang-Ciwidey (sekitar Rp15.000) hingga tiba di tujuan.

c. Kereta

Naik kereta api Argo Parahyangan (mulai Rp100.000), dari Stasiun Bandung lanjutkan perjalanan menuju Terminal Leuwi Panjang dengan menggunakan angkutan umum atau layanan transportasi online. Dari Terminal Leuwi Panjang perjalanan dapat dilanjutkan dengan menggunakan minibus jurusan Soreang-Ciwidey (sekitar Rp15.000) hingga tiba di tujuan.

1. Melintasi jembatan gantung terpanjang di Asia: Rengganis Suspension Bridge

Membentang sepanjang 375 meter dengan ketinggian 75 meter di atas permukaan tanah, jembatan gantung yang baru dibuka tahun 2022 ini digadang-gadang sebagai yang terpanjang di Asia!


Photo Via Rinapr07, Pedri.halim_

Sensasi melintasi jembatan gantung yang terombang-ambing di atas hutan lebat menuju Kawah Rengganis tentunya menjadi salah satu pengalaman menarik yang tak akan mudah dilupakan.


Photo Via Lizagoutama, Yosepchoa

Datanglah di pagi hari saat matahari terbit ataupun sore hari menjelang matahari tenggelam, karena pemandangan dari atas sini terlihat begitu memesona!

Rengganis Suspension Bridge

Tiket Masuk: Rp70.000 (sudah termasuk tiket masuk Kawah Rengganis)
Alamat: Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung, Jawa Barat. Koordinat di sini.
Jam Operasional: 07.00 – 17.00

2. Taman rekreasi lengkap untuk seluruh keluarga: Ecopark Curug Tilu

Healing nggak perlu jauh-jauh dan mahal-mahal, cukup melipir ke Ciwidey Anda sudah bisa liburan sambil refreshing di tengah alam bareng keluarga.

Memiliki luas sekitar 3.3 hektar, fasilitas di taman rekreasi ini pun cukup lengkap dan terpadu. Dari tempat makan, tempat menginap, air terjun mini, hingga taman bermain anak di tengah-tengah hamparan perkebunan teh nan sejuk.


Photo Via Ecoparkcurugtilu.official

Photo Via Aastutidewi_, Sigotik91, Meggia07, Iselevincy

Photo Via Ecoparkcurugtilu.official, Ayangk08, Fitriana_anggg

Lokasinya juga sangat mudah dijangkau, khususnya bagi Anda yang ingin melanjutkan perjalanan menuju Kawah Putih atau Situ Patenggang, karena bisa terlihat langsung dari jalan raya.

Ecopark Curug Tilu

Tiket Masuk: Rp20.000
Alamat: Jl. Raya Rancabali KM.01, Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung, Jawa Barat. Koordinat di sini.
Telepon: 0812 1985 6651
Jam Operasional: 07.00 – 21.00d

3. Bertualang Seru Bersama Keluarga: Wisata Alam Driam Riverside & D’riam Riverside Resort

Resort yang satu ini menawarkan bermacam aktivitas petualangan seru yang bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.


Photo by myhellokittypie, are_tee13, noviarisari

Untuk buah hati yang beranjak remaja, Anda bisa menantang mereka untuk mencoba panjat dinding, tentu dengan pengawasan tim keselamatan yang berpengalaman.


Photo by asrisrr, yudhishafiedz, intan.prtw_

Atau ajak anak-anak untuk menyusuri sungai dengan arung jeram, aktivitas seru yang bisa menumbuhkan kekompakkan dalam keluarga.

Sekali lagi, tak perlu khawatir akan keselamatan mereka, karena semua fasilitas dan aktivitas di resort ini telah teruji dan terjamin keselamatannya, sehingga aman untuk anak-anak.

Anda juga bisa mengajak mereka bermain paintball!


Photo by asecakep

Outing keluarga pasti bakalan tambah menyenangkan dengan cipratan cat warna-warni yang diiringi derai tawa.


Photo by aganbandung, ray210984

Photo by akang_bandung, topan_daudang

Wisata Alam Driam Riverside & D’riam Riverside Resort

Tiket Masuk: Rp15.000 | Harga kamar mulai dari Rp576.000 per malam (Deluxe Standard Twin)
Alamat: Jl. Raya Soreang-Ciwidey km.25, Kel. Cukanggenteng, Kec. Pasirjambu, Kab. Bandung, Jawa Barat. Koordinat di sini
Telepon: (022) 8592 1210
Jam Operasional: 09.00 – 18.00

4. Kolam renang favorit untuk si kecil dan vlila unik yang keren: Barusen Hills Ciwidey

Bagaimana rasanya bisa bersenang-senang dan bermain air bersama keluarga di bawah siraman sinar matahari dan udara sejuk Bandung?


Photo by apriliyanii_permana

Mungkin Anda bisa merasakannya sendiri dengan datang langsung ke Barusen Hills Ciwidey. Spot wisata ini menjadi favorit setiap keluarga, lengkap dengan kolam renang yang dikelilingi panorama menakjubkan.

Kolam besarnya dilengkapi dengan ember besar yang siap menumpahkan air dalam jumlah banyak, air mancur dan juga perosotan warna-warni. Buah hati Anda pastinya akan suka menari dan bermain air di taman rekreasi air yang sangat menyenangkan ini!


Photo by nengfatma31-elga.mayesa, dian.afriyani-

Setelah bersenang-senang di kolam renang, mungkin Anda bisa melanjutkan ‘perjalanan’ menuju ke Taman Cinta yang fotojenik, Bamboo Love Garden dan Taman Belanda, yang tentunya dilengkapi dengan kincir angin.


Photo by gitafo, ikafitrianasari

Photo by novi.sandi

Photo by fotobaper001

Kenapa tidak sekalian menginap di sini? Barusen Hills juga menyediakan akomodasi untuk seluruh anggota keluarga. Pas kan untuk liburan akhir pekan?

Barusen Hills Ciwidey

Tiket Masuk: Senin-Jumat Rp20.000-Rp25.000 | Sabtu, Minggu dan hari libur nasional Rp25.000-Rp35.000
Alamat: Gambung, Ciwidey, Cisondari, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat. Koordinat di sini.
Telepon: 0813 2218 2457
Jam Operasional: 08.00 – 17.00


5. Berkunjung ke rumah Willy Wonka: Candy House

Pernah gak sih pada saat kecil kita membayangkan memiliki rumah yang terbuat dari gula-gula sehingga kita punya stok permen yang tidak pernah habis? Kini impian Anda bisa terwujud di rumah permen pertama di Indonesia – Candy House Ciwidey!

Photo by viskrenus, nuyfitri

Walau permen raksasa di sini tidak bisa dimakan, Anda masih dapat merasakan sensasi tinggal di rumah pelangi dengan berbagai jenis ornamen permen! Mau lolipop, gula kapas, marshmallow, semua bisa Anda temukan di berbagai spot keren Candy House.


Photo by jarambah_bandung, reneexw, retnohariwigati

Dan biar makin mirip penghuni dunia fantasi, jangan lupa sewa kostum unicorn atau princess-nya ya!


Photo by siskayuliani.xee, susirahardja, susanherma

Tentu, sesudah asyik bermain di rumah permen, pasti dong ingin cicipi permen beneran. Nah, di gift shop Candy House, berbagai jenis permen unik dan lucu bisa Anda beli untuk menghibur lidah.

Candy House

Tiket Masuk: Rp25.000 | Sewa kostum unicorn dan princess, Rp40.000 untuk anak-anak dan Rp50.000 untuk dewasa
Alamat:  Jalan Raya Ciwidey Rancabali KM 33.7, Desa Cikembang, Panundaan, Ciwidey, Kab. Bandung, Jawa Barat. Koordinat di sini.
Telepon: 0815 4683 7025
Jam Operasional: 08.00 – 20.00


6. Bermain kejar-kejaran dengan kelinci mungil: Happyfarm Ciwidey

Tidak peduli Anda sudah remaja, dewasa bahkan lanjut usia, Happyfarm Ciwidey akan membawa kembali sisi kekanak-kanakan Anda dengan koleksi kelinci mungilnya!


Photo by ultriaria, susanherma, iimjubaedah04

Photo by ananda_yuniarto16, rikanggana

Di sini, Anda akan dapat menyaksikan kumpulan kelinci berlari di alam bebas yang sekilas mengingatkan kita akan skenario dari Alice in the Wonderland.


Photo by sennysyahlahidayat80, bunda_san, ananda_yuniarto16

Photo by puspitasari2202, upikmaryani9

Selain kelinci, di sini juga ada hewan lain seperti kambing, kuda dan burung hantu untuk membuat kenangan Anda semakin manis! Dan kalau Anda melihat pemandangan di sekitarnya, taman bunga yang warna-warni juga memiliki pesona yang tidak kalah cantik loh!

Happyfarm Ciwidey

Tiket Masuk: Rp20.000 (dapat ditukar susu murni)
Alamat: Cikembang, Panundaan, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat. Koordinat di sini
Telepon: 0896 7021 6497
Jam Operasional: Jumat, 10.00 – 18.00 | Sabtu – Minggu, 08.00 – 18.00 | Senin – Kamis TUTUP


7. Seperti tersesat di negeri fantasi: Bukit Jamur Ciwidey

Jika Anda sedang berburu spot unik untuk hunting foto, Bukit Jamur Rancabolang akan membuat karya Anda jauh beda dengan lain.

Walau memiliki nama bukit, kawasan ini sebenarnya adalah taman yang ditumbuhi pohon dengan bentuk yang cukup aneh, yaitu menyerupai jamur. Ya, bentuk unik ini tidak dapat ditemukan di tempat lain kecuali di Bukit Jamur Rancabolang.


Photo by sdverdana, why_ajie

Berjalan- jalan di sini, Anda akan tampak seperti kurcaci yang tengah berlindung di bawah jamur hijau karena pohon di sini berukuran cukup masif, unik dan menggemaskan!


Photo by anstasiayunita, irman_nitinegoro

Karena di kawasan perkebunan, jangan lupa untuk membawa baju tebal untuk menjaga kehangatan tubuh, menjadi kurcaci yang kedinginan tidak terlihat kece sama sekali.


Photo by bubunkinar

Bukit Jamur Ciwidey

Tiket Masuk: Rp13.000
Alamat: Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat. Koordinat di sini.
Telepon: 0878 3248 4280
Jam Operasional: 07.00 – 18.00


8. Taman dengan sejuta atraksi: Palalangon Park

Anda tidak akan kehilangan akal untuk menghibur teman dan keluarga di sini karena Palalangon Park memiliki berbagai atraksi yang seru dan instagramable.


Photo by akang_bandung, fatimah.intan_

Mulai keseruan Anda di sini di waterbom mini yang dilengkapi dengan perosotan kece dan baskom air raksasa yang siap mengguyur Anda dengan kesenangan. Jika kolam dengan atraksi tidak menarik minat Anda, di sini juga terdapat kolam renang air panas yang cocok untuk berendam sambil bersantai ria.

Setelah puas di kolam renang, mulai hunting foto Anda untuk mengabadikan kenangan asyik di sini. Kastil, gardu pandang ala Titanic, balon udara, dan masih banyak lainnya akan membuat koleksi foto Anda beragam dan keren abis.


Photo by akang_bandung

Photo by erwin.nugrahaa, eli_irmaeboy, akang_bandung

Dan sebelum pulang, jangan lewatkan untuk bermain perahu angsa dan rakit di danau indah untuk menenangkan diri sambil menikmati pemandangan indah di sekitar.

Palalangon Park

Tiket Masuk: Anak, Rp15.000 | Dewasa, Rp30.000
Alamat: Kampung Leuwiliang RT 001/015 Desa Cibodas Kec. Pasar Jambu Ciwidey – Bandung. Koordinat di sini.
Telepon: (022) 8592 2539 | 0811 223 073
Jam Operasional: Weekdays, 07.30 – 17.00 | Weekend, 07.00 – 17.30


9. Danau mistis di atas awan: Kawah Putih

Danau berbentuk kawah yang tercipta akibat letusan Gunung Patuha ini dipercaya sebagai danau mistis oleh warga setempat karena dulu setiap burung yang terbang melintas di sekitarnya pasti akan langsung mati. Akibatnya semua orang enggan untuk mendekatinya. Baru pada abad ke-19 seorang ahli botani dari Jerman mengeksplorasi area ini dan menemukan danau kawah yang amat menawan.

Photo by akarifqulmaula

Airnya yang sebening kristal akan berubah warna mengikuti kondisi cuaca, sedangkan di tepinya terdapat pasir yang begitu putih sehingga terlihat begitu unik. Bahkan jenis tanaman yang tumbuh di sekitar danau ini pun cukup berbeda dibandingkan dengan area lain di bawahnya.


Photo by hijab_batik

Photo by joe_mustafa88, wahyudinpratama2598

Photo by fitrisamo

Meski terletak di puncak kawah gunung, fasilitas penunjang seperti toilet dan tempat parkir sudah tersedia, begitu pula kedai-kedai penjual makanan.

Kawah Putih

Tiket Masuk: Rp28.000 | Wahana, Rp15.000 – Rp56.000
Alamat: Jl. Raya Soreang, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat. Koordinat di sini
Telepon: 0812 2006 8486
Jam Operasional: 07.00-17.00


10. Makan di atas kapal laut tradisional: Pinisi Resto

Pernah mendengar tentang sebuah kapal yang “terdampar” di tengah-tengah perbukitan? Kapal itu adalah Pinisi Resto, sebuah tempat makan berkonsep kapal  tradisional (pinisi) yang terletak di kawasan dataran tinggi nan sejuk dan dikelilingi oleh danau dan hamparan perkebunan teh.


Anak-anak pasti akan senang jika diajak berkunjung ke kapal ini dan menikmati aneka hidangan yang amat lezat sambil merasakan suasana yang begitu mengesankan. Restoran yang menyajikan menu BBQ ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk berkumpul bersama keluarga.


Photo via therealsigalingging, sanyayulia

PS: Pinisi Resto terletak di kawasan Glamping Lakeside Rancabali, kami anjurkan agar Anda melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum datang ke sana.

Pinisi Resto

Tiket Masuk: Rp25.000 | Harga: Makanan mulai Rp25.000 | Minuman mulai Rp7.000
Alamat: Situ Patenggang, Kawasan Rancabali, Ciwidey, Kab. Bandung. Koordinat di sini.
Telepon: 0812 2155 4496
Jam Operasional: 08.00 – 20.00

Demikian ulasan signkat mengenai "Gak nyampe 2 Jam dari Bandung : 10 Tempat wisata paling hits di Ciwidey untuk liburan sejuk & adem bersama keluarga" apakah kamu tertarik untuk mengunjunginnya ?