Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Liburan ke Pacitan & Jadi Anak Pantai Paling Bahagia



Karogaul.com - Negara kepulauan kita tercinta ini memang punya keindahan wisata bahari dan deretan pantai cantik yang menarik untuk kamu kunjungi. Salah satunya daerah Pacitan Jawa Timur yang terkenal dengan pesona wisata 0 mdpl-nya ini.

Jika kamu berkunjung ke Pacitan, Pantai Klayar akan jadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan liburan di hamparan pasir putih dan deretan aktivitas serunya bersama kesayangan. Contohnya saja mendengar senandung seruling laut yang unik dan bikin penasaran.

Mengapa Harus ke Pantai Klayar?

Indahnya pemandangan Pantai Klayar dari atas ketinggian (Ridwan SE – Shutterstock)

Kamu tau apa itu Seruling Laut? Inilah yang jadi salah satu alasan kamu wajib datang ke Pantai Klayar. Pantai dengan deretan tebing dan bukit ini memang terkenal memiliki spot menarik yang disebut Seruling Laut yakni semburan ombak dari dalam lubang karang.

Selain menyaksikan fenomena itu, Pantai Klayar juga akan menghipnotismu dengan keindahan alam dan ragam aktivitas seru lainnya. Pastinya, pantai yang berada di sisi selatan Jawa Timur ini akan jadi deretan pantai di Pacitan yang membuatmu makin cinta Indonesia!

Lokasi, Harga Tiket Masuk, dan Jam Operasional

Selamat datang di pantai cantik Pacitan (Indonesiapix – Shutterstock)

Pantai Klayar di mana sih lokasinya? Tenang aja, dari pusat kota, kamu hanya perlu waktu perjalanan berkisar 1 jam aja kok. Aksesnya juga tergolong tidak terlalu sulit dan punya fasilitas umum memadai.

Harga tiket masuk Pantai Klayar dibanderol dengan harga terjangkau yakni 15ribuan untuk setiap orang. Kamu bisa mengunjungi wisata alam di Pacitan ini 24 jam setiap harinya.

Meski begitu, waktu terbaik menikmatinya tentu saja di pagi hari saat masih sepi dan ketika sore dengan ditemani sunset di ujung garis pantainya.

Harga: tiket masuk mulai dari Rp15.000/orang*
Jam & hari buka: setiap hari, 24 jam
Alamat: Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554 

Keseruan Wahana & Aktivitas di Pantai Klayar

Setelah tau lokasi dan alasannya, yuk kita lanjutkan dengan melihat-lihat wahana dan aktivitas seru di pantai Pacitan yang bagus dan menawan ini.

1. Bermain Pasir & Seru-Seruan di Pinggir Pantai

Serunya menghabiskan waktu bermain pasir dan aktivitas pinggir pantai (Hananeko, Dragon, Fahmi, Abdullah – Shutterstock)

Aktivitas tak terelakkan ketika liburan ke pantai tentu aja berkeliling di pinggiran sambil menyaksikan ombak bergulung-gulung silih berganti. Bertelanjang kaki sambil menikmati keindahan pasir putih Pantai Klayar memang jadi hal sederhana yang mengasyikan.

Kamu bisa bermain pasir dan membuat istana pasir tercantik sambil sesekali membasahkan diri di tepian pantai bersama kesayangan. Aktivitas seperti voli pantai, atau sekedar berkeliling dan berfoto bisa banget kamu lakukan deh, sobat karo gaul.
 
2. Naik ATV dan Berfoto di Setiap Sudut Pantai

Menyusuri bibir pantai dengan naik ATV yang gagah (Iccirin – Shutterstock)

Selain itu, sobat karo gaul juga bisa menyewa kendaraan ATV dan berkeliling tanpa takut lelah. Apalagi bodi ATV yang keren menambah ragam foto yang kamu dapatkan selama liburan jadi anak pantai.

Saatnya mengabadikan momen liburan bersama kesayangan (Dododripp, Eddynugroho, Krisbiantoandy, Soephoto – Shutterstock)

Berkendara pelan dari ujung pantai ke ujung lainnya terasa mudah dan tak butuh banyak tenaga! Jangan lupa sesekali berhenti dan mengabadikan momen diri saat berlibur di Pantai Klayar. Wih, mantap!

3. Menjelajahi Bukit Hijau & Tebing

Hamparan ilalang yang menguning di atas tebing pantai (Galyna – Shutterstock)

Pantai Klayar memang jadi pantai yang punya banyak deretan tebing dan bukit cantik di sebelahnya. Tentunya, selain bersenang-senang di pantai, sobat karo gaul bisa nih menjelajahi sudut lain dari pantai cantik di Pacitan ini.

Pesona luasnya lautan Pulau Jawa (Taslina – Shutterstock)

Dari atas tebing, kamu bisa melihat luas dan birunya lautan seolah tanpa batas. Bukit hijau di sampingnya juga nggak kalah keren untuk jadi spot foto andalan. Warna hijau rumput ilalang yang meninggi, pemandangan laut biru, dan sinar matahari yang menerang memang perpaduan yang epic!

4. Melihat Karang Sphinx & Merdunya Suara Seruling Laut

Senandung seruling laut di Pantai Klayar (Jhon – Shutterstock)

Masih penasaran gimana sih indah dan menakjubkannya Seruling Laut di Pantai Klayar? Seruling Laut ini merupakan fenomena semburan air laut yang muncul dari lubang karang di lautan. Deburan ombak menghantam karang inilah yang menghasilkan suara merdu bak seruling bambu.

Gugusan karang yang instagramable dan unik (Stickystock – Shutterstock)

Gugusan karang di Pantai Klayar juga sekilas mirip dengan Patung Sphinx di Mesir. Pantas saja, spot ini juga jadi salah satu tempat favorit wisatawan berfoto dan menghabiskan waktu lama mengeksplorasi keindahan bentuk-bentuk karang Pantai Klayar.

5. Menyaksikan Sunset Indah

Cantiknya sunset di pantai Pulau Jawa (Day, Detox , Sad, Ijam – Shutterstock)

Siapa sih yang nggak suka dengan warna kemerahan senja yang mempesona apalagi di Pantai Klayar yang indah ini. Nah, buat sobat karo gaul yang anak senja banget, jangan lewatkan golden sunset khas pantai selatan yang tampak sangat cantik untuk dinikmati dan diabadikan.

Kamu bisa menikmatinya sambil duduk-duduk manis di atas pasir putih dan memesan es kelapa muda dan beberapa makanan pelengkap lainnya. Selain itu, piknik menggelar tikar di pinggir pantai juga bisa nih jadi aktivitas manis menunggu matahari tenggelam kembali ke peraduannya, sobat karo gaul!

6. Menginap & Jadi Anak Pantai Sehari

Liburan dari pagi sampai sore di Pantai Klayar dirasa masih kurang? Jangan sedih, rencanakan aja untuk menginap satu malam di penginapan di dekatnya, atau mendirikan tenda biar makin syahdu.

Ada banyak spot yang bisa kamu pilih. Mendirikan tenda tepat di pasir putihnya, atau melipir ke bukit hijaunya dengan pemandangan tebing dan lautan luas tanpa batas. Semua bisa kamu pilih sesuai selera, sobat karo gaul!

Tips Liburan ke Pantai Klayar

Deburan ombak dengan buih putihnya yang mempesona (Galyna – Shutterstock)

Biar liburan ke Pantai Klayar makin cihuy, yuk ikutin tips jitu dari panduan berikut ini. Mudah banget kok.
*Gunakan kendaraan pribadi agar lebih praktis dan murah
*Pastikan cuaca sedang cerah dan tidak berada di musim penghujan
*Membawa sunblock dan sunscreen untuk melindungi kulit
*Waktu terbaik berkunjung adalah pagi dan sore hari saat matahari tidak terlalu terik
*Membawa kamera dan outfit yang cocok untuk ke pantai

Wisata Menarik Dekat Pantai Klayar

Liburan ke Pacitan nggak boleh dong cuman satu destinasi tujuan. Apalagi hanya satu pantai aja yang kamu kunjungi. Wah abkal rugi banget!. Nah, biar makin untung, ini dia deretan destinasi wisata dekat Pantai Klayar yang bisa jadi satu paket dalam list kunjunganmu.
*Pantai Watu Karung
*Gua Gong
*Banyu Tibo
*Sungai Maron Pacitan

Deretan wisata dekat Pantai Klayar yang bsia dikunjungi (Galih, Adi, Arnanta, Soephoto – Shutterstock)

Yuk Liburan ke Pacitan & Jadi Anak Pantai Paling Bahagia!

Itu tadi keindahan Pantai Klayar di Pacitan yang bisa kamu jelajahi dari ujung ke ujung. Tentunya liburanmu nggak akan pernah membosankan dengan banyaknya pilihan aktivitas di sana.

Jadi, sekian ulasan signkat mengenai "Liburan ke Pacitan & Jadi Anak Pantai Paling Bahagia" apakah sobat gaul ingin merasakan keindahan pantai pacitan ?