Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Main Bareng Ikan di 5 Tempat Wisata Keluarga yang Menawan nan Instagramble



Karogaul.com - Berencana hangout bersama keluarga ke tempat wisata yang ada air-airnya? Pilihannya tak melulu harus ke pantai, loh. Kamu bisa mengajak serta anggota keluarga berwisata dengan nuansa pedesaan sambil main bareng ikan.

Tempat rekreasi unik dan murah meriah ini memang belum tersebar di seluruh daerah Indonesia. Buat Sobat gaul yang berdomisili di Pulau Jawa, boleh banget mampir untuk merasakan serunya berbaur bersama kawanan ikan.

Di mana tempatnya? Yuk, simak ulasannya berikut ini. Keep scrolling!

1. WATER GONG, KLATEN
SUMBER: IG @RM_WATERGONG

Sempat viral di media sosial, salah satu objek wisata air di Klaten, Jawa Tengah ini memiliki keunikan tersendiri. Begitu tiba di sini, kamu akan takjub menyaksikan jutaan ikan berenang di Sungai Gejikan sepanjang 100 meter yang terbagi dalam beberapa petakan berukuran 20 x 5 meter.

sungai ikan water gong klaten

Aliran air sungai berasal dari Mata Air Kapilaler dan Umbul Sigedang. Sangat jernih dan mengandung mineral cukup tinggi. Tak heran, perusahaan-perusahaan produsen air minum kemasan terkemuka di Indonesia sering mengambil air dari sana.

Selain menikmati pemandangan segar, pengunjung bisa mencoba wahana bermain lainnya, mulai dari menyusuri sungai menggunakan ban, naik kapal mini, hingga terapi air. Biaya masuk Water Gong relatif murah yaitu Rp5.000* per orang.

2. UMBUL PONGGOK, KLATEN
SUMBER: IG @UMBUL_PONGGOK

Masih di daerah Kabupaten Klaten, wisata air yang satu ini menawarkan beberapa aktivitas bagi wisatawan. Paling terkenal yaitu snorkeling, diving, dan foto underwater.

Pengunjung bebas mengabadikan momen terbaik di sejumlah spot menggunakan tambahan properti unik di dalam kolam seperti motor klasik C70, sepeda ontel, meja makan, kursi, televisi, laptop, dan Vespa. Semua perlengkapan dapat disewa mulai dari Rp60.000* sampai Rp200.000* tergantung durasi dan kapasitas orang.

Umbul Ponggok Klaten

Keunikan Umbul Ponggok yang membuatnya berbeda dari tempat wisata pada umumnya adalah dirancang dengan konsep kolam mata air alami. Di dalamnya terdapat ratusan jenis ikan tawar dan karang. Tak heran jika tempat wisata ini mendapat julukan “Bunaken Van Klaten”.

Harga tiket masuknya pun terjangkau sebesar Rp15.000* per orang di hari biasa dan Rp30.000* saat hari libur. Tarif tersebut tidak termasuk penyewaan alat snorkeling, paket diving, dan foto bawah air, ya.

3. KAMPUNG DUKUH, YOGYAKARTA
SUMBER: IG @DESAWISATADUKUH

Sebelum disulap menjadi lokasi wisata perikanan yang fotogenik seperti sekarang, Kampung Dukuh Yogyakarta dulunya merupakan saluran irigasi yang kotor dan penuh sampah. Namun, kini sudah terisi ribuan jenis ikan, seperti koi, lele, nila, dan tombro.

Kampung Dukuh cocok masuk ke dalam bucket list wisata alternatif di Yogyakarta selain pantai, laut, dan pegunungan. Suasananya masih sangat asri sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama di sini.

4. BENDUNG LEPEN, YOGYAKARTA
SUMBER: IG @BENDHUNG_LEPEN

Melipir ke Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Ada satu tempat wisata main bareng ikan yang tak boleh terlewatkan, yakni Bendung Lepen Sungai Gajah Wong yang dibangung sejak 2019 lalu.

Mirip Kampung Dukuh, daya tariknya adalah pemandangan selokan irigasi yang bersih. Kamu bisa melihat lebih dekat keseruan kawanan ikan berlarian ke sana kemari. Sesekali celupkan kaki ke air sambil memberi makan ikan.

5. SUMBER DHUWUR NGORO, MOJOKERTO
SUMBER: IG @WISATANGORO_OFFICIAL

Masyarakat Mojokerto patut berbangga, karena sekarang ada tempat wisata ramah anak yang tak jauh dari perkotaan. Terletak di Desa Wonosari, Kabupaten Mojokerto, Wisata Sumber Dhuwur Ngoro memiliki luas lahan 1,2 hektare.

Di sini, Sobat gaul tidak hanya bisa melihat ikan, tapi juga boleh masuk ke air untuk memberi makan dan menangkap ikan secara langsung. Menariknya, setiap pengunjung hanya dikenakan biaya parkir Rp3.000* sampai Rp5.000* saja.

Itu dia deretan tempat wisata main bareng ikan yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga. Jangan lupa siapkan ‘amunisi’ lengkap saat membawa anak-anak liburan, ya.