Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tempat Wisata Indonesia yang Menyerupai Bora Bora Island



Karogaul.com - Pernah mendengar tentang Bora Bora Island? Kalau mencarinya di peta Indonesia, nama pulau itu sudah pasti tidak akan kamu temukan. Bora Bora merupakan sebuah pulau seluas 30,55 kilometer persegi yang terletak di sebelah selatan Samudra Pasifik, tepatnya di Polinesia Prancis.

Daya tarik Pulau Bora Bora adalah view alam yang begitu indah dan memukau, air berwarna biru yang sangat jernih bak kristal, dan keberadaan sejumlah cottage berbentuk unik di atas laut. Di kalangan wisatawan, Bora Bora Island menjadi salah satu tempat wisata dunia yang elit, karena untuk menuju ke sana membutuhkan biaya yang lumayan besar.

Beruntungnya, kamu tinggal di Indonesia. Negara maritim dengan segudang kekayaan alam yang sangat indah. Untuk menyaksikan keindahan Bora Bora Island, kamu tidak perlu pergi jauh ke luar negeri. Beberapa daerah di Indonesia ini memiliki destinasi wisata alam yang mirip dengan Bora Bora Island, loh.

Ingin tahu lokasinya di mana saja? Keep scrolling, yuk!

1. PULO CINTA, GORONTALO


SUMBER: IG @PULOCINTA

Terletak di Kabupaten Boalemo, Gorontalo, terdapat sebuah pulau cantik yang juga memiliki rangkaian cottage di atas air, seperti yang menjadi ikonik dari Bora Bora Island. Namanya, Pulo Cinta. Di sini, ada 15 cottage terapung yang tersusun indah membentuk simbol love. Deretan cottage tersebut dihubungkan oleh jembatan panjang yang terbuat dari kayu.

Kamu bisa duduk di jembatan tersebut untuk menikmati keindahan pantai yang terbentang luas. Atau, berkeliling naik perahu, lalu melipir ke beberapa tempat lainnya yang berlokasi tidak jauh dari Pulo Cinta, seperti Pulau Bajo, Gulf of Tomini, dan Pulau Bohu. Kalau ingin sesuatu yang lebih menantang, kamu bisa melakukan diving atau snorkeling.

2. PANTAI ORA, MALUKU


SUMBER: IG @ORABEACHRESORT

Bergeser ke Maluku Utara, tepatnya di Desa Saleman, Kecamatan Seram Utara, ada satu pulau tersembunyi yang disebut-sebut sebagai Bora-boranya Indonesia. Sejauh mata memandang, kamu bisa menyaksikan kekayaan bahari Pantai Ora yang memanjakan mata. Airnya biru dan jernih sehingga memudahkan kamu menikmati dunia bawah laut.

Pantai Ora merupakan rumah bagi beragam biota laut dan terumbu karang. Selain berenang dan snorkeling, kamu bisa duduk santai sembari menunggu datangnya senja. Meskipun sederhana, kegiatan ini sangat ampuh menghilangkan stres dan lelah.

3. TAMAN NASIONAL TAKABONERATE, SULAWESI SELATAN


SUMBER: IG @BTN_TAKABONERATE

Setelah dari Maluku, sekarang ke Sulawesi Selatan. Kamu bisa merasakan vibes seperti sedang berada di Bora Bora dengan mengunjungi Taman Nasional Takabonerate. Memiliki luas sekitar 220.000 hektare, taman nasional ini terkenal dengan gugusan atol –pulau berbentuk cincin– yang terdiri atas pulau-pulau karang dan rataan terumbu.

Taman Nasional Takabonerate juga punya beberapa titik selam yang memungkinkan kamu melihat keindahan terumbu karang dengan ikan-ikan yang cantik di bawah laut. Kalau ingin menguji adrenalin, kamu bisa berenang bersama ikan hiu, loh. Karena air lautnya hangat, ikan hiu di sini relatif jinak dan tidak agresif.

Kamu bisa mengunjungi Taman Nasional Takabonerate kapan saja. Namun, waktu terbaik yang direkomendasikan adalah bulan November dan Desember, serta Maret sampai Mei karena saat itu air lautnya jernih sebening kristal.

4. PULAU DERAWAN, KALIMANTAN TIMUR


SUMBER: IG @VISITDERAWAN.ID

Pulau Derawan di Kalimantan Timur sudah amat terkenal akan keindahan bawah lautnya. Terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Pulau Derawan dijuluki Hidden Paradise. Pulau ini juga menjadi rumah bagi 870 jenis ikan dan 460 jenis karang yang dapat kamu lihat secara langsung saat menyelam.

Selama di Pulau Derawan, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru, seperti bermain pasir, menikmati momen matahari terbenam, swafoto di spot terbaik, atau bersepeda santai di hamparan pasir putih pantai yang lembut. Pada malam harinya, kamu bisa menyaksikan penyu-penyu bertelur. Pastinya, itu akan menjadi momen liburan yang tidak terlupakan.

5. PULAU PAHAWANG, LAMPUNG



Potret cottage terapung yang ada di Bora Bora Island juga bisa kamu temukan di Lampung. Berkunjunglah ke Pulau Pahawang, salah satu wisata bahari andalan provinsi yang disebut-sebut sebagai pintu gerbang Pulau Sumatra ini bisa ditempuh sekitar dua jam berkendara dari Kota Bandar Lampung menuju Pelabuhan Ketapang. Dari pelabuhan, kamu harus melanjutkan perjalanan menggunakan boat selama kurang lebih 40 menit.

Akses menuju Pulau Pahawang terbilang mudah. Walau begitu, pulau ini belum terlalu ramai sehingga menjadi pulau yang cukup eksklusif untuk dikunjungi. Selain melihat pesona alam nan memukau dari seluruh penjuru pulau, kamu pun bisa melihat kekayaan bawah lautnya dengan snorkeling.

Nah, itulah lima tempat wisata Indonesia dengan pesona mirip Bora Bora Island yang ada di Polinesia Prancis. Terbukti, kan, bahwa hanya dengan menjelajahi alam Indonesia, kamu bisa merasakan pengalaman berwisata rasa luar negeri.

So, kapan rencananya kamu akan mengunjungi salah satu tempat wisata di atas? Semoga bisa menjadi referensi untuk petualangan kamu berikutnya, ya! Biar semakin seru, ajak serta keluarga, teman, dan pasangan.