Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tempat Wisata Alam Di Kuningan Yang Menyenangkan Banget Buat Healing



Karogaul.com - Merupakan salah satu pintu gerbang masuk Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Kuningan dikaruniai banyak tempat wisata alam yang masih asri dan memiliki pesona memukau. 

Mulai dari air terjun, telaga atau danau alami, waduk, hingga taman nasional. Selain pemandangannya menyegarkan mata, kamu juga bisa menikmati segarnya udara yang membuat pikiran menjadi tenang. Cocok banget deh untuk healing sobat karo gaul.

Ingin langsung mengunjunginya? Berikut rekomendasi destinasi wisata alam yang hits dan eksotis di Kuningan, Jawa Barat. So, Bisa sebagai referensi untuk liburan mendatang. Cekidot . . .

1. TELAGA NILEM


SUMBER: IG @ABOUTCIREBONID (@DIKADITYAP)

Objek wisata alam populer di Kuningan yang pertama adalah Telaga Nilem atau Telaga Nilam. Kalau kamu berangkat dari Kota Cirebon, jarak yang ditempuh kurang lebih 18,7 kilometer. Indahnya Telaga Nilem semakin sempurna karena dikelilingi pepohonan rindang yang membuat udara sekitarnya terasa segar. 

Uniknya, telaga ini memiliki kedalaman yang bertingkat, mulai dari semata kaki hingga sekitar 3–4 meter. Jadi, kalau ingin berenang di sini, wajib berhati-hati karena sebagian besar dasar telaga berisi bebatuan. Jangan sampai terpeleset, apalagi terluka.

ALAMAT: DESA KADUELA, KECAMATAN PASAWAHAN, KABUPATEN KUNINGAN, JAWA BARAT

2. TELAGA BIRU CICEREM


SUMBER: IG @DESTINASIJABAR (@SAMANTHATANDRAA)

Wisata danau terbaru di Kuningan, Jawa Barat, ini begitu memikat, karena memiliki air berwarna biru sebening kaca. Telaga Biru Cicerem terletak di bawah kaki Gunung Ciremai, tepatnya pada ketinggian 280–315 meter di atas permukaan laut (mdpl). 

Telaga Biru Cicerem

Dari pusat keramaian di Kabupaten Kuningan, butuh waktu sekitar 1–2 jam berkendara untuk tiba di lokasi telaga. Setibanya di sini, kamu akan merasa seperti sedang berada di kawasan Puncak, Bogor. Udara sejuk dan hawa dingin langsung terasa. Untuk bisa merasakan segarnya air danau dan menikmati berbagai fasilitas menarik di Telaga Biru Cicerem, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000*–Rp10.000* per orang.

ALAMAT: DESA KADUELA, KECAMATAN PASAWAHAN, KABUPATEN KUNINGAN, JAWA BARAT

3. TAMAN NASIONAL GUNUNG CIREMAI


SUMBER: UNSPLASH (BRIAN FATHUROHMAN)

Mau ajak keluarga liburan sambil bertualang? Yuk, ke Taman Nasional Gunung Ciremai! Di sini, kamu dapat menyaksikan view Gunung Ciremai yang berdiri gagah pada ketinggian 3.084 mdpl. Tidak heran jika gunung ini termasuk salah satu gunung tertinggi di Jawa Barat.

Gunung Ciremai memiliki dua kawah yang cukup aktif –Kawah Barat dan Kawah Timur–. Di salah satu sisi kawah, terdapat Goa Walet yang terkenal dengan stalaktit dan stalagmit yang memesona. Selain itu, pada bagian barat kawasan Gunung Ciremai, kamu juga bisa melihat indahnya Lembah Cilengkrang yang asri.

ALAMAT: DESA BABAKANMULYA, KECAMATAN JALAKSANA, KABUPATEN KUNINGAN, JAWA BARAT

4. CURUG GONGSENG


SUMBER: IG @PESONAWISATACIREBON (@LELIYAJULEHA_12)

Satu lagi wisata alam di Kabupaten Kuningan yang wajib dikunjungi. Namanya, Curug Gongseng. Hal pertama yang membuat takjub setibanya di sini adalah view tumpahan air terjun di sela-sela bebatuan dan pepohonan hijau nan rimbun yang berada di sekitarnya. 


Di sini, kamu juga bisa melihat langsung beberapa peninggalan bersejarah zaman Megalitikum. Namun, fasilitas di kawasan curug ini masih terbilang minim. Walau begitu, Curug Gongseng sangat recommended untuk di-explore bagi para pencinta alam.

ALAMAT: JALAN JERUK BONTENG, CIBUNTU, KECAMATAN PASAWAHAN, KABUPATEN KUNINGAN, JAWA BARAT

5. SITU WULUKUT


SUMBER: IG @SITUWULUKUT_

Kalau tadi sudah membahas wisata telaga dan curug, Kabupaten Kuningan juga punya spot wisata situ yang tidak kalah eksotis. Salah satunya, Situ Wulukut. Saking indahnya, tempat ini disebut-sebut sebagai Ranu Kumbolo-nya Jawa Barat. 

Asyiknya lagi, lokasi Situ Wulukut memungkinkan kamu untuk mengadakan piknik kecil-kecilan bersama keluarga. Kalau ingin menjelajahi seluruh area danau, kamu bisa menyewa perahu kayu yang tersedia. Sembari menikmati pemandangan serba hijau sejauh mata memandang, jangan lupa untuk berfoto cantik dengan background danau, bukit hijau, dan langit yang cerah.

ALAMAT: DESA KERTAYUGA, KECAMATAN NUSAHERANG, KABUPATEN KUNINGAN, JAWA BARAT

6. JURANG LANDUNG


SUMBER: IG @JURANG.CURUG.LANDUNG

Berada di lereng Gunung Ciremai, ada satu tempat wisata Instagramable di Kuningan yang menghadirkan beragam wahana dan spot foto estetik berlatar alam. Nama lokasinya adalah Jurang Landung. 

Objek wisata ini sering dijadikan spot pemberhentian bagi wisatawan yang akan menuju Curug Landung. Melihat banyaknya jumlah pendatang seiring waktu, pengelola wisata akhirnya menambah beberapa fasilitas, seperti musala, toilet hingga coffee shop. Untuk harga tiket masuk Jurang Landung pun terjangkau, mulai dari Rp20.000* per orang. Setiap pengunjung biasanya akan mendapatkan satu free minuman botol.

ALAMAT: DESA CISANTANA, KECAMATAN CIGUGUR, KABUPATEN KUNINGAN, JAWA BARAT

Nah, itulah rekomendasi tempat wisata alam di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Semoga bisa menjadi referensi tujuan liburan yang asyik, ya.