Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

pengcarasumatera

10 Keelokan Wisata Bali yang Tersembunyi dan Gak Banyak Orang Tahu


Karogaul.com - Setelah baca artikel-artikel tentang tempat wisata di Bali, kamu mungkin akan menyadari kalau Bali memang penuh banget dengan tempat wisata yang luar biasa indah. Bahkan enggak semuanya diketahui banyak orang, beberapa bisa dibilang merupakan tempat wisata Bali yang "tersembunyi" dan gak banyak orang tahu. Misalnya, siapa sih yang menyangka kalau di Bali ada savana?

Berikut ini adalah daftar 10 hidden gems di Bali yang keren banget tapi belum banyak orang tahu.
Siapa tau bisa jadi referensi kamu saat liburan ke Bali selanjutnya!

1. Desa Pinggan


Foto: @odikabayoe on Instagram

Desa Pinggan adalah salah satu tempat wisata Bali yang tidak boleh dilewatkan travellers ketika datang ke Bali. Highlight dari Desa Pinggan adalah view sunrise dengan latar belakang Gunung Batur, ditambah lagi dengan pemandangan berkabut yang menyelimuti Desa Pinggan. Dari Desa Pinggan pun bakal terlihat pemandangan Gunung Abang dan Gunung Agung loh!
 

Foto: @odikabayoe on Instagram

Supaya dapat pemandangan terbaik dari Desa Pinggan, kamu harus berangkat antara jam 3-4 pagi dari sekitar Denpasar supaya sampai di Desa Pinggan tidak lebih dari jam 6 pagi. Sesampainya di Desa Pinggan, kamu akan menemukan banyak spot untuk melihat sunrise, jadi tinggal pilih aja mau foto-foto di spot yang mana.

2. Savana Caldera Batur


Foto: @odikabayoe on Instagram

Savana ini terletak di area kaldera Batur! Untuk sampai ke sini, kamu hanya perlu berkendara ke arah Toya Devasya. Sepanjang perjalanan menuju Toya Devasya, kamu akan melihat pemandangan padang savana yang berwarna kekuningan. Kemudian, akan ada satu spot yang cukup luas dan ada tempat parkir kendaraan bermotor di mana kalian bisa berhenti untuk berburu foto-foto Instagramable

3. Taman Edelweiss (Padang Bunga Kasna)


Foto: @odikabayoe on Instagram

Padang Bunga Kasna atau yang terkenal dengan sebutan Taman Edelweiss ini terletak di dekat Pura Besakih. Perlu sekitar 2 jam perjalanan dengan mobil atau motor dari Denpasar untuk bisa sampai ke tempat wisata Bali yang satu ini. Tapi dijamin kamu enggak akan menyesal jauh-jauh ke sini karena tempatnya super instagramable!


Foto: @odikabayoe on Instagram

Dengan harga tiket masuk hanya sekitar Rp 20.000 untuk wisatawan domestik, Taman Edelweiss punya banyak banget spot foto Instagramable yang pastinya bakal bikin kamu puas foto-foto. Selain itu, kalau cuacanya sedang cerah, kamu akan bisa melihat pemandangan Gunung Agung dari dekat karena taman ini memang terletak di kaki Gunung Agung!
 
Karena lokasinya di dataran tinggi, jadi aku sarankan untuk kalian bawa jaket juga yah buat jaga-jaga.

4. Marigold Flower Field (Taman Bunga Gemitir)


Foto: @odikabayoe on Instagram

Lokasi Taman Bunga Gemitir ini bersebelahan dengan Padang Bunga Kasna. Nah kalau di Padang Bunga Kasna kamu bisa foto-foto di taman edelweissnya, di sini kalian bisa foto-foto diantara bunga-bunga gemitir yang berwarna oranye cerah.
 
Walau sebetulnya enggak ada biaya tiket masuk khusus untuk masuk ke sini karena aslinya memang bukan tempat wisata, tapi biasanya pengunjung harus minta izin dulu ke pemilik kebunnya untuk foto-foto di taman bunga gemitir. Jangan lupa untuk jaga kelakuan kita di sana yah, supaya taman ini tetap bersih dan pohon-pohon bunga gemitir yang indah enggak rusak!

5. Taman Jinja Besakih

Taman Jinja Besakih juga berlokasi enggak jauh dari Padang Bunga Kasna dan Taman Bunga Gemitir, jadi kamu bisa mengunjungi ketiga tempat wisata Bali ini di hari yang sama! Banyak banget spot foto yang Instagramable di sini, yang pastinya bakal bikin kalian puas foto-foto. Selain itu, kalau cuacanya sedang cerah, kamu juga berkesempatan untuk melihat view Gunung Agung secara dekat karena Taman Jinja ini juga terletak di kaki Gunung Agung.

Nah, di sini kamu bisa foto-foto ala di Jepang loh, karena ada replika Fushimi Inari seperti yang ada di Jepang.

6. Savana Tianyar


Foto: @odikabayoe on Instagram

Kalau kalian ingin merasakan vibes Afrika di Bali, Savana Tianyar adalah tempat yang pas! Lokasinya ada di Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem. Agak jauh memang, sekitar 3 jam perjalanan dari Denpasar. Tapi, begitu sampai, kamu dijamin akan terpukau dengan pemandangan yang keren ala savana Afrika!
 
Selain itu bakal ada pemandangan Gunung Agung yang megah banget sebagai background yang akan bikin foto-foto kalian makin estetik. Kalau mau piknik di sini juga bisa loh, asalkan sampahnya jangan ditinggal atau dibuang sembarangan yah!

7. Gunung Payung Beach


Foto: @odikabayoe on Instagram

Pantai ini lokasinya dekat sama Pantai Pandawa. Kamu bisa cari "Pantai Gunung Payung" di Google Maps untuk sampai di pantai ini yah. Sesampainya di tempat parkir, kamu harus menuruni lumayan banyak anak tangga untuk sampai di tepi pantainya. Memang agak capek, sih, tapi dari atas, kamu bisa langsung melihat pemandangan laut yang berwarna biru cerah dan jernih banget!
 
Sesampainya di tepi pantai, kamu pasti bakal merasa seolah di private beach karena pantainya memang masih sepi!

8. Blue Lagoon Desa Sambangan


Foto: @odikabayoe on Instagram

Berbeda dengan Blue Lagoon Beach yang merupakan area terkenal untuk snorkeling, Blue Lagoon di Desa Sambangan ini adalah salah satu tempat wisata di Bali utara yang masih alami banget! Dari Denpasar, kamu bakal harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam untuk sampai di lokasi. Untuk masuk, kamu juga akan harus membayar retribusi berupa tiket masuk sebesar 10,000 rupiah per orang.
 
Dari tempat parkir, kamu akan harus berjalan menuruni anak tangga dan juga melewati trek bebatuan untuk sampai di kolam Blue Lagoon ini. Semua akan terbayar pas kalian sampai di Blue Lagoon-nya karena tempatnya masih asri banget, dikelilingi bukit hutan tropis, dan airnya juga segar banget!
Jangan lupa untuk berenang atau sekedar berendam di dalam air Blue Lagoon Sambangan yah!

9. Batu Jaran Hill



Batu Jaran Hill bisa dibilang merupakan salah satu tempat terbaik di Bali untuk menikmati sunset di daerah Uluwatu! Jadi, tempat ini tuh adalah sebuah tebing yang langsung menghadap ke Samudra Hindia. Tempatnya belum terlalu ramai, tapi sudah bisa kamu temukan di Google Maps, jadi kamu bisa tenang pergi ke sana tanpa nyasar.
 
Sama sekali tidak ada retribusi untuk masuk ke tempat wisata di Bali yang satu ini. Selain itu, di Batu Jaran Hill ini juga ada semacam menara bekas mercusuar. Kalian boleh menaiki mercusuarnya tetapi harus hati-hati karena bangunannya terlihat sudah berumur. Jangan harap bisa berenang di sini, karena ini cuma tebing doang tanpa ada akses ke area pantai kayak di Pantai Suluban. Tapi dijamin pemandangan sunset di sini adalah salah satu yang terindah di Bali!

10. Gili Putih Sumberkima

Gili Putih ini adalah salah satu tempat wisata di Bali yang bakal happening banget di Bali utara dan cocok buat kalian yang suka island tour! Gili Putih Sumberkima berlokasi di Bali Utara, tempatnya di daerah Pemuteran. Untuk sampai ke lokasi, kamu harus menyeberang menggunakan perahu dan membayar sekitar 300-350K per perahu (PP), untuk perahu dengan kapasitas maksimal 10 orang. Jadi, bisa patungan deh sama teman-teman kalian juga!
 
Beda dengan gili-gili di Lombok, Gili Putih sendiri sebenarnya bukan bener-bener pulau, tapi semacam gumuk pasir putih yang posisinya lebih tinggi dari perairan sekitarnya. Kalian bisa berenang di air lautnya yang jernih, main ayunan, foto-foto, atau sekadar menikmati pemandangan sekitar. Soalnya, bayangin aja, sekeliling kalian itu perairan laut loh, jadi kalian benar-benar ada in the middle of the ocean. Seru!