Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

pengcarasumatera

10 Penginapan Ramah Lingkungan di Indonesia yang Sejuk nan Asri



Karogaul.com - Nusantara kita telah dikaruniai alam dengan pesona mengagumkan dan seolah tidak pernah habis dijelajahi. Maka tidak mengherankan jika banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Namun, pernahkah kamu berpikir jika alam Indonesia yang indah ini harus kita rawat untuk kehidupan anak cucu? Jangan sampai tempat wisata yang kita nikmati saat ini tidak bisa lagi dikunjungi pada masa mendatang karena kerusakan lingkungan.

Oleh karena itu, konsep pariwisata yang berkelanjutan dan ramah lingkungan menjadi hal yang harus didukung. Sejak 2015, Kementerian Pariwisata Indonesia memberikan penghargaan Green Hotel Award bagi hotel yang menerapkan prinsip ramah lingkungan. Selain ramah lingkungan hotel-hotel tersebut juga menyajikan suasana sejuk dan asri yang bisa bikin kamu betah menginap.

Baca sampai habis artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut mana saja hotel ramah lingkungan di Indonesia.

1. Hyatt Regency Yogyakarta

Image credit: @exploreindonesia

Merupakan salah satu hotel bintang lima di Yogyakarta, Hyatt Regency Jogja tidak hanya menawarkan kemewahan kelas atas, tapi juga panorama alam yang mengagumkan. Hyatt Regency Jogja bahkan memiliki lahan golf sendiri, lho!

Image credit: @tresnanyyy

Area sekitar hotel yang dikelilingi oleh pepohonan, sungai buatan serta rerumputan hijau membuat suasana menjadi sangat sejuk.

Image credit: @gulali_lala

Tidak heran bila hotel ini meraih peringkat pertama dalam penghargaan Green Hotel Award 2017 oleh Kementerian Pariwisata. Areanya yang luas membuatmu tidak akan bosan bermain dan berkeliling di area hotel. Keberadaan hotel Hyatt Regency Jogja ini membuktikan bahwa pembangunan hotel ternyata tidak mengganggu dan bisa selaras dengan kehidupan alam lingkungan sekitarnya.

2. The Dharmawangsa Jakarta

Image credit: @thedarmawangsajakarta

Tidak ada yang menyangka jika ada sebuah hotel sejuk dan asri di tengah hiruk pikuk ibukota Jakarta.

Image credit: @olaharika

The Dharmawangsa tidak hanya masuk dalam nominasi Green Hotel Award 2017 Kementerian Pariwisata tapi juga ASEAN Green Hotel Standard Award untuk periode 2018 hingga 2020. Wah, keren sekali ya!

Image credit: @thedharmawangsajakarta

Menginap di The Dharmawangsa bisa membuatmu lupa jika sedang berada di Jakarta. Area kolam renangnya dikelilingi rerumputan dan pepohonan yang cocok jadi areal piknik bersama keluarga. Keberadaan areal hijau di sekitar hotel tentunya berkontribusi dalam penyerapan air hujan agar lahan sekitar tidak mudah menjadi banjir.

3. Kila Senggigi Beach Lombok

Image credit: @nomanbefore

Siapa yang tidak mengenal keindahan Pantai Senggigi? Berjalan lima menit dari Pantai Senggigi kamu bisa menemukan sebuah penginapan yang ramah lingkungan yaitu Kila Senggigi Beach Lombok. Hotel ini juga merupakan salah satu nominasi Green Hotel Award 2017 oleh Kementerian Pariwisata.

Image credit: @kilasenggigibeach

Tidak seperti hotel kebanyakan yang menawarkan kamar-kamar di dalam suatu gedung bertingkat, Kila Senggigi tampil dalam bentuk bungalow yang sederhana namun elegan. Hotel ini bahkan memiliki area khusus ladang sayuran dengan sistem hidroponik.

Image credit: @kilasenggigibeach

Tidak perlu khawatir bosan atau kehabisan aktivitas, area yang luas serta keberadaan Kids Club akan membuatmu liburanmu makin menyenangkan.

4. Alila Solo

Image credit: @24sewamobilsolo

Berada di jantung kota Solo, Alila sekilas tampak seperti hotel pada umumnya. Namun pemandangan hijau di bagian atapnya tampak kontras dengan bangunan hotel yang tinggi menjulang.

Image credit: @dd_vin_dd

Nah, ternyata Alila Hotel ini merupakan salah satu hotel di Indonesia yang memiliki atap taman atau biasa dikenal dengan istilah Green Roof.

Image credit: @wimboprakoso

Alila juga telah menerapkan konsep keberlanjutan dan ramah lingkungan dalam tahap pembangunan hingga operasionalnya. Termasuk di antaranya dengan menggunakan material daur ulang hingga pengelolaan air limbah yang berwawasan lingkungan. Keren sekali ya!

5. Mercure Resort Sanur, Bali

Image credit: @mercuresanurbali

Sebagai kota wisata, Bali juga tidak mau ketinggalan mempromosikan konsep pariwisata ramah lingkungan. Salah satu buktinya adalah dengan keberadaan Mercure Resort Sanur di Bali. Resort ini tidak hanya memiliki area terbuka hijau yang luas, tapi juga bangunan penginapan yang atapnya terbuat dari alang-alang. Penggunaan alang-alang ini konon membuat suhu di dalam rumah menjadi lebih sejuk, lho!

Image credit: @mercuresanurbali

Area restorannya dibuat terbuka sehingga banyak memiliki masukan cahaya dan membuat hotel ini menjadi lebih hemat energi karena mengurangi penggunaan lampu pada siang hari.

6. Rumah Turi Eco-Boutique Resort, Solo

Image credit: @jordihendrisa

Rumah Turi memang bukan sekedar tempat menginap biasa. Masuk ke sini, kamu bisa merasakan suasana yang nyaman layaknya rumah sendiri. Area taman yang tidak terlalu luas, namun asri dan rimbun memberikan pengalaman seolah sedang berada di kebun rumah sendiri.

Image credit: @aeijeimusic

Rumah Turi didesain menggunakan konsep rumah tinggal yang berwawasan lingkungan. Hal ini bisa dilihat dari sistem pencahayaan dan sumber air yang berasal dari air sumur serta hasil memanen air hujan. Wow!

Image credit: @rumahturisolo

Di bagian lantai dua pun kamu masih dimanjakan dengan area Green Roof yang sesekali disirami hujan buatan. Unik sekali bukan?

7. St. Regis Bali Resort

Image credit: @stregisbali

Hotel mewah tidak selalu terkesan modern dan jauh dari kesan alami. Contohnya St. Regis Bali Resort yang tidak hanya memberikan kenyamanan dan kemewahan menginap tapi juga suasana alam yang asri. Deburan ombak dan hembusan angin pantai membuat siapa pun akan betah berlama-lama menginap di sini.

Image credit: @stregisbali

Selain itu, St. Regis juga tidak mau ketinggalan mempromosikan pariwisata yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Faktanya, St. Regis Bali memiliki kebun organik yang menjadi suplai bahan baku restorannya.

Image credit: @stregisbali

Selain itu, kamu juga bisa turut ambil bagian dalam program pelepasan penyu di area pantainya. Menarik sekali bukan?

8. Greenhost Boutique Prawirotaman, Yogyakarta

Image credit: @lilyrose

Greenhost Boutique hotel di Jogja ini belakangan memang jadi perbincangan hangat di sosial media. Apalagi kalau bukan karena di dalam hotelnya terdapat sebuah kebun hidroponik yang tinggi menjulang. Hotel ini ternyata mengusung konsep agricrafture yang menggabungkan antara pertanian dengan keterampilan dalam satu bangunan.

Image credit: @greenhosthotel

Sesuai namanya, kamu akan dimanjakan dengan aneka tanaman yang ternyata memang dipanen secara berkala lho. Jadi kebun hidroponiknya bukan hanya sebagai hiasan saja.

Image credit: @greenhosthotel

Selain itu, konsep pembangunan Greenhost sendiri sangat mengedepankan wawasan lingkungan. Penasaran kan bagaimana rasanya menginap di sini?

9. Soori, Bali

Image credit: @ariekmahardika

Berlokasi di pesisir Uluwatu, Soori merupakan hotel pertama di Indonesia yang mendapatkan level sertifikasi the Green Globe for Environmentally Sustainable Design. Wah, luar biasa ya!

Image credit: @ariekmahardika

Sertifikasi tersebut merupakan sertifikasi yang menilai seberapa ramah lingkungan suatu bangunan. Kriteria untuk bisa emndapatkan sertifikasi tersebut juga cukup menantang, mulai dari tahap pembangunan hingga pengoperasian hotel tidak boleh bertentangan dengan lingkungan alamnya serta tidak mengganggu kehidupan komunitas masyrakat yang sudah ada.

Image credit: @sooribali

Meski dibangun dengan sangat mewah, namun Soori tetap mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal dalam desainnya. Termasuk menggunakan material daur ulang serta tidak merusak ekosistem alam di sekitarnya.

10. Bambu Indah, Ubud

Image credit: @ibukubali

Pernah tahu sekolah yang seluruh bangunannya terbuat dari bambu di Bali ? Nah, pendiri dari sekolah tersebut juga memiliki sebuah eco-resort yang bernama Bambu Indah. Penginapan Bambu Indah ini seluruh materialnya terbuat dari bambu dan kayu.

Image credit: @shvets_jane

Kompleks bangunannya terletak di kawasan persawahan Ubud yang sejuk dan damai. Desain seluruh kamar yang ada di penginapan ini dibangun dengan memperhatikan aspek-aspek lingkungan yang ada.

Image credit: @bambuindah

Seluruh masakan yang disajikan di sini juga menggunakan bahan baku lokal organik di ladang dan perkebunan sekitar hotel. Hal ini membuat Bambu Indah menyatu dengan alam dan masyarakat sekitarnya.

Nah, bagaimana? Menyenangkan sekali bukan menginap di hotel yang ramah lingkungan. Selain memberikan kesan dan pengalaman menginap yang berbeda, kamu juga bisa membantu mewujudkan pariwisata yang berwawasan lingkungan. Yuk menginap di hotel ramah lingkungan!

Artikel ini sebelumnya sudah tayang di Tripzila