Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Tempat Wisata Tersembunyi Di Tasikmalaya Yang Masih Banyak Orang Belum Tahu



Karogaul.com - Dahulu, Tasikmalaya hanya dikenal dengan Pantai Cipatujah yang menawan (dan Mojang-mojangnya yang gareulis!). Namun kini, kamu bisa lebih banyak mengeksplor tempat-tempat wisata kece yang Instagramable banget. Soal panorama alam, Tasikmalaya memang tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Dari mulai curug hingga pantai, semuanya memiliki potensi wisata yang wow banget!

Santai sobat, kamu nggak perlu bingung menentukan harus mengunjungi apa saja saat liburan di Tasikmalaya, karena kami sudah menyiapkan daftar destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Ada 15 tempat wisata tersembunyi di Tasikmalaya yang belum banyak orang tahu dan pastinya akan membuatmu terkagum-kagum!

1. Ada waterpark di dalam mall?: Teejay Waterpark

Photo Via Rdp_inst, Odang Ramadhan

Bermain air di waterpark memang selalu menyenangkan. Nah kalau kamu lagi liburan ke Tasikmalaya, saatnya menjajal aneka wahana seru di Teejay Waterpark. Berada di Kawasan Mall Plaza Asia, waterpark ini sangat mudah ditemukan. Harganya juga cukup terjangkau, jadi jangan heran kalau Teejay Waterpark jadi salah satu destinasi favorit, terutama para wisatawan lokal.

Soal fasilitas, kamu nggak perlu meragukannya lagi. Walaupun tiketnya terbilang cukup murah, tapi fasilitasnya lengkap kok dan areanya juga luas jadi pasti kamu puas deh main-main di sini. Untuk kamu yang senang menantang adrenalin, bisa mencoba beragam wahana seluncuran dengan level berbeda. Tapi kalau kamu mau bersantai ria sambil menikmati pemandangan di sekeliling, segera ambil pelampung dan menikmati kolam arus.


Photo Via Kabayan__, Safiranys

Oh ya, untuk anak-anak juga ada kolam khusus lho lengkap dengan aneka permainan seperti pistol air, seluncuran mini, dan pastinya wahana ember tumpah yang pastinya seru banget. Masih belum cukup? Ada juga kolam ombak yang bikin kamu merasa bagaikan lagi di laut sungguhan dan bubble time yang akan menyulap kolam renang jadi lautan busa.


Photo Via Pusphita Ruspahadian, Tubagus Niki Fitransah, Rdp_inst

Teejay Waterpark
Tiket Masuk: Rp30.000
Alamat: Komplek Plaza Asia, Tuguraja, Kec. Cihideung, Tasikmalaya, Jawa Barat 46125.
Telepon: (0265) 235 0025 | 0813 1380 7222
Jam Operasional: Setiap hari, 09.00 – 18.00

2. Temukan permata biru yang tersembunyi!: Cipatuh (Cipanas Atmaji Pancuran Tujuh Kahuripan)

Bisa dibilang tempat wisata ini masih perawan, karena belum banyak orang yang datang ke sini. Padahal, Cipatuh dikelilingi pemandangan alam yang spektakuler. Selain air pancurannya, kamu juga bisa menemukan kolam renang air panas berwarna biru yang indah banget bak sebuah permata di tengah hutan! Jangan cuma dipandang, langsung saja berendam di dalamnya. Dijamin pikiran dan tubuh langsung relaks.


Photo Via Ajiee_g, Nadyasyifau, Mandalaadji

Untuk sampai ke tempat ini memang agak sulit jika ditempuh langsung dari Tasikmalaya karena jalannya yang kurang memadai. Walaupun terasa jauh dan melelahkan, tapi semuanya akan terbayar saat kamu memasuki Kawasan wisata Cipatuh ini.

Walaupun kurang popular sebagai destinasi wisata, tapi air panas yang mengalir dari semua pancuran Cipatuh ini dikenal memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Selain itu, walaupun berasal dari satu mata air namun setiap air yang mengalir dari pancurannya punya citarasa yang berbeda. Unik kan, kalau tidak percaya kamu bisa langsung membuktikannya sendiri. Oh ya, Kawasan Wisata Cipatuh ini juga cukup luas. Ada beberapa gazebo yang biasanya digunakan untuk menginap para pengunjung dari luar kota yang ingin merasakan khasiat air Cipatuh.


Photo Via Ginz_ginanjar_, Titannn.s, Denz_43

Cipatuh (Cipanas Atmaji Pancuran Tujuh)
Alamat: Sundakerta, Sukahening, Tasikmalaya, Jawa Barat 46155.
Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam

3. Taman nyentrik di tengah kota Tasik: Taman Wisata Karang Resik

Tak ingin terlalu jauh meninggalkan Tasikmalaya, tapi masih berharap bisa menikmati keindahan dan keunikan kota, maka berkunjung ke Taman Wisata Karang Resik bisa menjadi pilihan.
Seperti halnya ruang publik di kota-kota besar di Indonesia, Taman Wisata Karang Resik dikemas sedemikian menarik dan menjadi salah satu tujuan wisata khusus. Pengelola setempat pun memanjakan pengunjungnya dengan fasilitas yang memadai.

Taman kota seluas 32 hektar ini membawa konsep wisata alam, atraksi dan edukasi, yang dipadukan dengan agrowisata. Banyak wahana yang bisa kamu nikmati, bahkan bisa dikatakan Taman Karang Resik menjadi miniatur destinasi wisata di Jawa Barat, karena ada rumah Hobbit hingga “The Lodge Maribaya” di dalamnya.


Photo Via Riritvian, Miasopiah

Tak hanya itu saja, Taman Karang Resik juga menyediakan booth khusus untuk memamerkan produk lokal Tasikmalaya. Penggemar foto selfie, Kamu bisa mendapatkan banyak opsi pilihan background berfoto yang keren dan Instagramable. Seru!


Photo Via Leafrasta, _dhearizkyutami, Audreytanzil

Pecinta aktivitas yang mengundang adrenalin, pengelola menyiapkan flying fox hingga arung jeram. Pilih mana?

Taman Wisata Karang Resik
Tiket Masuk: Rp15.000 | Tiket terusan: Rp85.000 | Tiket per wahana: mulai Rp10.000
Alamat: Jl. Dr. Moh. Toha No.331, Sukamanah, Cipedes, Tasikmalaya, Jawa Barat.
Telepon: 0812 2035 5484
Jam Operasional: Hari biasa, 08.00 – 16.00 | Akhir pekan, 08.00 – 17.00

4. Ngarai tersembunyi khusus untuk para petualang: Tonjong Canyon Cipajutah

Bagi yang gemar menjelajahi alam dan wisata trekking, Tonjong Canyon wajib menjadi tujuan Kamu kalau berkunjung ke Tasikmalaya. Keindahannya tak bisa tergambarkan. Tak sedikit yang menyebut Tonjong Canyon sebagai replika dari Green Canyon. Namun ngarai kecil yang tersembunyi tersebut bisa dikatakan memiliki keistimewaannya sendiri.

Photo Via Mhmdyogi, Rovaldoridwan

Didominasi tebing berbatu berwarna kecoklatan, ditambah aliran sungai Tonjong yang tenang, Kamu bisa menikmati keindahan ngarai ini dari sisi mana pun. Berenang di tengah ngarai? Mengapa tidak. Dengan kualitas air yang cukup jernih dan menyegarkan, sulit untuk mengesampingkan kesempatan tersebut.

Jangan lupa pula menambah koleksi foto selfie atau wefie kamu di sini karena sulit menemukan tempat seindah ini di tempat lain.

Photo Via Zunandafauziah

Tonjong Canyon
Tiket Masuk: Rp5.000
Alamat: Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

5. Jembatan unik untuk mahakarya alam: Jembatan Akar Santoaan

Instagramer pemburu spot unik dan tak biasa bisa menambah koleksi foto menarik di akun mereka kala berkunjung ke Jembatan Akar Santoaan Cigalontang. Tak seperti jembatan akar di Padang, Sumatera Barat dan Baduy di Banten, jembatan akar ini terbentuk dari dua pohon yang tumbuh dan terpisahkan oleh sungai Santoaan di wilayah Gunung Galunggung.



Untuk bisa sampai ke Jembatan Akar Santoaan ini juga bukan hal yang mudah. Kamu harus trekking kurang lebih satu kilometer dari titik perhentian terakhir menggunakan kendaraan bermotor. Namun perjalanan bisa dikatakan akan banyak diwarnai hal yang mengesankan, mulai sejuknya alam pegunungan saat pagi hari, melihat langsung sawah yang menghijau, menyesapi udara segar hingga menyaksikan perbukitan nan jauh di sana.

Finish-nya adalah jembatan akar yang membentang di atas sungai berbatu dengan aliran yang cukup deras, meski tak cukup dalam. Ada lima hingga enam batang bambu diletakkan di atas jembatan akar untuk memudahkan siapa pun melintasinya.


Photo Via Adzeki

Karena bentuk dan lokasinya yang unik, tak salah jika banyak yang menilai jembatan ini begitu Instagramable.

Jembatan Akar Santoaan
Alamat: Kampung Tataru, Desa Tenjonagara, Kecamatan Cigalontang, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.
 
6. Memanjakan mata dan perut di danau buatan nan asyik: Danau Lemona

Tasikmalaya memang tak memiliki danau alami, tapi bukan berarti tak bisa menawarkan wisata air yang asyik. Di Danau Lemona, kamu bisa memanjakan mata sekaligus perut. Danau merupakan kolam ikan besar, dengan sejumlah saung di pinggirannya. Untuk bisa sampai ke saung yang memang disediakan khusus untuk pengunjung, kamu harus meniti jembatan gantung terbuat dari bambu. Ini adalah salah satu titik ekstrem sekaligus seru untuk berfoto.

Photo Via Nasihinnale

Photo Via Tasyanurherdiana

Tak ingin melewati jembatan, Kamu juga bisa menuju ke saung dengan menggunakan perahu tarik. Wih seru!

Photo Via Ariifaizati

Sesampainya di saung yang sudah disediakan, kamu bisa langsung memesan masakan khas Danau Lemona, yaitu aneka olahan ikan air tawar dan masih banyak lainnya. Sembari menunggu masakan matang, Kamu bisa menambah koleksi foto Instagram dengan ber-selfie, wefie atau bahkan art photography, karena tempatnya memang keren.

Rimbunnya pepohonan yang mengelilingi danau dan sejuknya udara di sekitar menambah keseruan menghabiskan hari di Danau Lemona ini.

Danau Lemona
Alamat: Jalan Raya Salopa, Salopa, Tasikmalaya, Jawa Barat.
Telepon: 0852 2139 7770 | 0822 1656 3595
Jam Operasional: Setiap hari, 10.00 – 22.00

7. Spot wisata yang Instajenik: Taman Rekreasi Pasir Kirisi
k

Pasir Kirisik dijamin akan memanjakan traveler yang gemar berburu background apik untuk foto-foto bersama teman, saudara atau keluarga. Berawal dari villa keluarga, wisata alam ini kemudian dibuka untuk umum. Dengan fasilitas kolam renang, villa dan gazebo, juga belasan spot unik untuk berfoto, Pasir Kirisik pun mengundang para Instagramer untuk berfoto di sini.

Banyak spot unik buat kamu ber-selfie atau wefie. Ada taman bunga yang pas untuk prewedding, atau ayunan berkesan ekstrem dengan latar perbukitan hijau Tasikmalaya, bahkan infinity pool.


Photo Via Dwitakdewii, Rizmasatria33

Tak berhenti di situ, Kamu juga dapat berfoto dan mengambil angle terbaik dengan background lanskap terbaik dunia, seperti menara Pisa di Italia dan masih banyak lainnya. Ada pula wahana foto 3D yang unik. Gardu pandang dengan bentuk yang romantis juga siap menjadi magnet untuk menarik Kamu berkunjung.

Ada pula telepon umum ala London berwarna merah. Sungguh tak boleh dilewatkan! Ditambah dengan alam pegunungan yang sejuk dan udara yang bersih serta panorama yang mengesankan, rasanya sulit untuk meninggalkan tempat wisata ini.

Taman Rekreasi Pasir Kirisik
Tiket Masuk: Rp10.000 per orang
Alamat: Desa Guranteng, Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.
Telepon: 0822 1915 1840
Jam Operasional: Setiap hari 07.30 – 16.30

8. Menikmati keajaiban air terjun berundak: Curug Dengdeng

Pasti kamu sering melihat persawahan dengan sistem pengairan terasering, terutama di Bali. Tapi, air terjun dengan bentuk berundak semacam itu mungkin jarang. Bila kamu ingin menyaksikan keajaiban alam tersebut, silakan melipir ke Tasikmalaya, tepatnya ke Desa Tawang, Pancatengah. Curug ini memiliki tiga tingkatan dengan ketinggian yang bervariasi. Dengan aliran yang cukup deras dari hulu sungai di Gunung Raja, Curug Dengdeng masih cukup aman bagi yang ingin bermain di alirannya. Airnya sangat menyegarkan, lho!

Photo Via Mr_edp

Untuk bisa sampai ke lokasi dibutuhkan usaha yang cukup menguras tenaga. Dari parkir kendaraan di rumah penduduk hingga sampai lokasi dibutuhkan setengah jam trekking. Tapi semuanya akan terbayar dengan pemandangan indah dan suasana yang masih asri. Beberapa spotnya juga pas untuk menambah koleksi foto di akun Instagrammu. Gabungan persawahan hijau, perbukitan, aliran air dan pohon yang rindang pastinya akan mengundang decak kagum bagi penikmatnya.


Photo Via Cjcpixels

Curug Dengdeng
Tiket Masuk: Rp20.000 per mobil
Alamat: Desa Tawang, Kecamatan Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.
Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 – 16.00

10. Menceburkan diri ke dalam lukisan alam: Curug Panetean

Ini nih destinasi wisata yang fotonya lagi banyak hilir mudik di Instagram. Tidak bisa dipungkiri kalau Curug Panetean memang begitu indah dengan beberapa kolam yang jernih. Oleh karena itu, ada juga yang menyebut Curug Panetean ini dengan nama Curug Leuwi.


Photo Via Anglurselurr_, Lukman_euy, Agungd_j

Untuk menikmati Curug Panetean ini bisa dilakukan dengan beragam cara. Mau sekadar foto-foto karena malas basah-basahan? Bisa banget, apalagi panorama Curug Panetean ini begitu indah bak lukisan alam yang nyata. Mau menikmati pancuran airnya? Bisa juga!

Tapi, yang paling seru adalah berendam di salah satu kolamnya. Kolamnya tidak begitu dalam, airnya jernih, pastinya bikin pikiran langsung fresh setelah berendam di sini. Atau kalau kamu malas berendam, bawa saja floaties dengan bentuk yang lucu lalu bersantai di atasnya. Ambil kamera dan klik! Dijamin foto kamu langsung hits dan banyak like-nya.


Photo Via Rayhipary, Tediaacil129, Ilhammahli

Tip: Gunakan kendaraan roda dua saat menuju Curug Panetean dan siapkan makanan dan minuman perbekalan. Jangan lupa untuk membawa pulang sampahnya yaa!

Curug Panetean
Tiket Masuk: Gratis
Alamat: Pangliaran, Pancatengah, Tasikmalaya, Jawa Barat 46194.
 11. Hanya untuk yang punya nyali: Curug Apun

Kali ini, kamu akan diajak menikmati curug dengan cara yang berbeda. Jika biasanya kamu menikmati keindahan curug atau pancuran airnya dari bawah, kini kamu akan menaklukan Curug Apun dari atas!
Tempat ini memang cocok untuk kamu yang punya nyali. Penakut, mundur dulu deh!

Dikenal sebagai salah satu spot terbaik untuk canyoning, tempat wisata yang satu ini memang cukup ekstrem. Kamu akan diajak menuruni tebing yang dialiri air dari Curug Apun. Seru dan menantang banget deh! Tapi tenang, untuk keamanan dan keselamatan wisatawan kamu wajib didampingi crew berpengalaman dan menggunakan perlengkapan keselamatan yang lengkap.


Photo Via Guggyguggy, Touring_camp


Photo Via Bakri_pakoth, Nefan_alfiana, Jr.alzaman

Tip: Untuk menikmati aktivitas canyoning, kamu bisa booking melalui agen tour.

Curug Apun
Alamat: Cikukulu, Karangnunggal, Tasikmalaya, Jawa Barat 46186.
Telepon: 0821 2182 9594
Jam Operasional: Setiap hari, 07.00 – 17.00

12. Air terjun mini dan kolam dangkal yang mengesankan: Leuwi Citoe Pancatengah

Menelusuri sungai di Tasikmalaya bisa mendapat bonus pemandangan dan tempat yang keren untuk bersantai. Contoh paling nyata adalah bila kamu menjelajahi Sungai Citoe di Pancatengah. Warganet mulai ikut mempromosikan sungai yang mengalir di Kampung Sukajaya, Desa Pangliaran ini karena keindahan dan keunikannya. Bukan hanya karena pemandangan alam sekitar yang masih asri, tapi juga karena lanskap yang juga menawan.

Leuwi Citoe Pancatengah



Dari aliran sungai tersebut, terdapat air terjun mini berwarna hijau. Selain itu terdapat pula kolam air (leuwi) yang relatif dangkal. Pas untuk kamu bermain air di sini, kan? Bila kamu mengikuti aliran sungai, kamu juga bisa menemukan sejumlah goa alami. Karena pemandangan dan panorama yang masih alami, spot di Leuwi Citoe Pancatengah ini juga instagramable, lho!

Leuwi Citoe Pancatengah
Alamat: Kampung Sukajaya, Desa Pangliaran, Kecamatan Pancatengah, Tasikmalaya, Jawa Barat.

13. Jembatan misterius yang Instagenic: Jembatan Cirahong

Terletak di perbatasan Tasikmalaya dan Ciamis, Jembatan Cirahong membawa kesan tersendiri bagi yang melihat, atau bahkan melintasinya. Kamu bisa mendapatkan kesan apapun mengenai jembatan kereta api sepanjang 202 meter tersebut. Jika ada yang mendengar mitos mengenai jembatan tersebut, mungkin yang terbesit di benak adalah seram dan misterius.


Namun apapun itu, harus diakui Jembatan Cirahong memiliki sisi eksotismenya sendiri. Konstruksinya dari baja berkualitas bagus dan berstruktur rapat, meski tidak cukup luas untuk bisa dilewati dua mobil secara langsung. Jembatan di atas sungai Citanduy ini juga menjadi jalur perlintasan kereta api Indonesia.

Terlepas dari fungsinya, Jembatan Cirahong memiliki sisi estetis tersendiri. Tak salah jika banyak orang berburu gambar di sini. Kamu mau ambil bagian?


Photo Via Codphotoshoot

Jembatan Cirahong
Alamat: Jl. Raya Cirahong, Pawindan, Manonjaya, Tasikmalaya, Jawa Barat. 

14. Merasakan sensasi tinggal di jaman batu ala The Flintstones: Rumah Batu Karangnunggal

Pernah berpikir hidup seperti Fred dan Wilma dari kartun The Flintstones di era zaman batu? Well, jika ada keinginan untuk itu, mungkin gambaran awalnya bisa kamu lihat di Rumah Batu Karangnunggal di Tasikmalaya.

Rumah Batu ini merupakan area rekreasi yang dulunya cukup ternama di Tasikmalaya. Namun dengan tampilannya saat ini, kesan terbengkalai terlihat karena banyaknya tanaman rambat yang menutupi bangunan, yang merupakan hasil pahatan seniman setempat.


Photo Via Adeng Bustomi

Meski begitu, rumah batu ini masih memiliki sisi unik dan eksotis. Tak salah jika kemudian banyak yang berfoto dengannya. Kamu juga bisa melihat perabotan di rumah tersebut, kesan unik dan ‘berbeda’ begitu kentara. Tapi, di situlah letak keindahan yang susah untuk disamai tempat lain, bukan begitu?

Rumah Batu Karangnunggal
Alamat: Gunung Cantigi, Blok Pasingpongpok, Dusun Sukawangi, Desa Cibatu, Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. 

15. Merasakan nuansa alam di bukit dan ngarai tersembunyi: Batu Paraga (Paraga Stone) Salopa

Ingin mendatangi tempat yang unik dan masih belum tersentuh peradaban di Tasikmalaya? Mungkin Kamu bisa mencoba berkunjung ke Batu Paraga di Salopa, tempat anti-mainstream di mana Kamu bisa menyaksikan keindahan bukit, ngarai dan aliran sungai yang tersembunyi.


Photo Via Fajar_kakoi

Batu Paraga bisa dikatakan sebagai spot wisata yang masih alami. Bahkan jika cukup beruntung, Kamu bisa melihat satwa liar seperti monyet ekor panjang berkeliaran di sekitar tempat ini. Yang istimewa tentunya adalah pemandangannya. Batu Paraga menawarkan bukit yang terbentuk dari balok-balok bebatuan dengan formasi yang amat unik dan artistik. Di bawahnya terdapat aliran sungai yang cukup deras mengalir menambah keeksotikan tempat ini.

Meski begitu, berenang atau sekadar bermain air di sini adalah hal yang sulit untuk tidak dilakukan, tentunya dengan kewaspadaan tinggi. Tak ingin berbasah-basahan, Kamu juga bisa berfoto dengan ngarai yang eksotik sebagai background-nya, atau sekadar menikmati keindahan alam di sekitarnya.


Photo Via Addi_prakoso

Batu Paraga (Paraga Stone) Salopa
Alamat: Desa Karyamandala, Kecamatan Salopa, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kamu punya spot wisata favorit lain di Tasikmalaya yang pantas direkomendasikan dan masuk dalam daftar ini? Sampaikan kepada kami dengan mengisi kolom komentar di bawah ini.