Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

karo gaul

Pesona Ngarai Sianok nan aduhai : Bukittinggi Sumatera Barat



Karogaul.com - Jalan-jalan ke Sumatera Barat, rasanya belum komplit kalau belum singgah ke Bukittinggi. Hawa sejuk dan banyaknya destinasi wisata keren, membuat kota ini menjadi favorit para wisatawan.


Photo Via Minangphotograph

Sebagai landmark Kota Bukittinggi, Jam Gadang telah menjadi simbol khas Sumatera Barat yang dibangun sejak tahun 1926. Dari menaranya, pengunjung dapat melihat panorama Kota Bukittinggi, dari mulai lembah, bukit, dan jejeran bangunan.

Sekitar 20 menit dari Jam Gadang, tepatnya di kaki Tabiang Takuruang (tebing terkurung), sebuah bukit kecil yang dikelilingi tebing-tebing Ngarai Sianok, Anda akan menemukan sebuah café bernama Taruko Café Resto.


Photo Via ARTalentalle,-Wiwierahmayeni,-Oliviapermatasondaa

Café ini sangat unik, selain karena letaknya di dasar lembah dan dikelilingi bukit-bukit hijau, sawah, dan sungai, namun juga tersedia pondok-pondok bernuansa khas Minang, di mana wisatawan bisa beristirahat sambil menyeruput kopi dan menikmatii pemandangan.

Café lain yang tak kalah kerennya di sekitar kawasan Sianok adalah Rumah Pohon Abdul. Terletak di jalur pendakian Lambah – Sianok Koto Gadang Kilometer 1, Kabupaten Agam, rumah pohon ini dapat dijangkau menggunakan kendaraan selama 10 menit perjalanan dari Jam Gadang.


Photo Via Rumahpohonabdul

Ya, keindahan panorama Ngarai Sianok nan megah dan anggun memang tiada duanya. Didukung dengan udaranya yang bersih dan sejuk, diiringi latar suara kicauan burung dan gemericik air sungai, ngarai ini cocok sebagai tempat melepaskan beban pikiran dari rutinitas sehari-hari.


Photo Via Husna-Fadhilla,-Ardiesensei

Jika kunjungan Anda ke Bukittinggi tidak terlalu lama, tak perlu khawatir. Anda masih dapat menikmati keindahan panorama Ngarai Sianok dari Taman Panorama. Namun jika punya waktu ekstra, sempatkanlah untuk menyusuri Tembok Cina-nya Bukittinggi, yaitu Janjang Koto Gadang sambil menikmati semilir angin sejuk. Hitung-hitung sekalian olahraga!


Photo Via Opan_jazzy,-Arichaniago

Ngarai Sianok
Alamat: Taman Panorama, Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat 26136
Jam buka : 09.30–17.30 Wib