Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Big Major Cay : Sensasi Berenang di Pantai Bersama Para Babi di Pulau Babi



Karogaul.com - Bagaimana kalau mencoba sensasi berenang di pantai bersama para babi di Pulau Babi, Kepulauan Exuma, Negara Bahamas. Pulau Babi ini terkenal karena wisata Babi berenangnya. Kamu tidak sedang salah baca. Ini adalah wisata babi berenang. Ini sungguhan. Ada babi yang bisa berenang.

Ngomong-ngomong, nama asli Pulau Babi itu sendiri adalah Big Major Cay. Berakhir dengan nama Pulau Babi karena babi-babi yang ada disana.

Ada sejumlah teori mengenai bagaimana para babi bisa sampai kesana. Sebuah anekdot mengisahkan bahwa para babi itu diturunkan oleh sejumlah pelaut yang sengaja meninggalkan mereka untuk berkembang biak di pulau tersebut. Nantinya, apabila diperlukan, para babi itu tinggal ditangkap lagi dalam perjalanan kembali. Sebuah praktek yang lazim dalam masa eksplorasi dunia oleh para pelaut Eropa pada masa pertengahan. Namun, para pelaut tersebut tidak pernah kembali.


Legenda lain mengatakan bahwa para babi itu adalah keturunan dari babi-babi yang selamat dari kapal karam dan berhasil berenang ke tepian.

Terakhir, ada teori mengenai para warga lokal yang merelokasi babi-babi ke pulau untuk mengantisipasi perlambatan ekonomi selama berlangsungnya Perang Teluk. Para warga kepikiran apakah mereka akan mampu mendapatkan suplai makanan dari Amerika Serikat. Sebagai langkah antisipasi, mereka memulai peternakan untuk menyediakan pangan bagi warga Bahamas dalam kondisi darurat. Tetapi, para babi tumbuh terlalu besar, dan mereka mulai berkeliaran di sekitar pantai.

Para babi ini sekarang menjadi bagian utama dari Industri Ekoturisme Bahamas. Kapal-kapal secara rutin tiba di pinggir pantai, dan babi-babi berenang ke arah kapal demi mengharapkan makanan.dan sejumlah cara untuk menuju ke Pulau Babi. Rute paling populer adalah melalui Nassau, ibukota Bahamas.


Dari Nassau ada tiga pilihan yang bisa diambil. Pertama terbang menuju bandara di pulau Staniel lewat penerbangan harian dengan Flamingo Air. Dari sana, dilanjutkan dengan pelayaran ke Pulau Babi. Pilihan lainnya adalah terbang dari Nassau menuju George Town, ibukota Kepulauan Exuma dan memesan pelayaran dari sana menuju Pulau Babi. Terakhir, kamu bisa memesan pelayaran langsung dari Nassau ke Pulau Babi.

Pilihan lainnya termasuk pergi ke Pulau Babi dari Miami, karena disana terdapat penerbangan langsung ke George Town dengan American Airlines.

Kalau dilihat dari google map, lokasinya di panah merah itu :

pulau babi

Ada dua alasan mengapa orang-orang pergi ke Pulau Babi. Pertama untuk berenang dengan babi dan yang kedua memberi makan babi. Jika memilih untuk memberi makan babi, pastikan untuk memberikan makanan alami dan natural yang disediakan oleh pemandu wisata.

Buah-buahan dan sayuran adalah pilihan terbaik. Jangan memberi makan babi dengan roti, makanan olahan atau makanan renyah. Babi memang akan memakan apa saja, tapi bukan berarti mereka diberikan makanan seenaknya.


Seandainya sudah sampai kesana, tetap ingat bahwa para babi akan lebih tertarik pada makanan yang kamu bawa daripada kamu sendiri. Ambil foto dari kejauhan. Selfie tidak dianjurkan. Para babi disana selalu lapar dan mereka punya penglihatan yang buruk. Seandainya mereka berakhir memakan kamera atau smartphone maka itu bukan kejadian yang pertama.

Terakhir dan yang paling penting, jangan meninggalkan sampah apapun di pulau tersebut. Tetap jaga kebersihan. Karena sifat babi yang akan makan apapun, sangat berbahaya bagi mereka kalau sampai menelan sampah plastik yang tertinggal.

Sumber Referensi
Pig Beach on Bahamas – All About Swimming Pigs