Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Serba Serbi Kembalinya TikTok Shop

Oleh : Rio Ari Seno

TikTok Shop kembali di Indonesia pada 12 Desember 2023.

Fitur belanja dari media sosial asal Cina itu kembali hadir setelah TikTok resmi bekerja sama dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. pada 11 Desember 2023. Berikut faktanya.

Fakta-Fakta Singkat Kongsi Tokopedia- Tiktok

GoTo mengungkapkan bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia. Berikut perjanjian strategis itu dalam sekilas: 
👉 TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia dan memiliki 75,1% dari saham PT Tokopedia.
👉 Perjanjian pembelian diteken dengan nilai US$ 340 juta atau sekitar Rp 5,338 triliun.
👉 Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.
👉 TikTok akan menginvestasikan lebih dari US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 23 triliun untuk mendukung operasional Tokopedia.

Tadinya Ditutup

TikTok Shop sempat ditutup lantaran kebijakan larangan layanan social commerce berdasarkan Permendag Nomor 31 Tahun 2023 👉 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan melalui Sistem Elektronik. Berdasarkan beleid tersebut, fitur belanja tidak boleh bergabung dengan platform media sosial.

Alasan Memilih Tokopedia


Direktur Eksekutif E-commerce TikTok Indonesia Stephanie Susilo mengungkapkan alasan pihaknya memilih untuk bekerja sama dengan Tokopedia. Menurutnya, TikTok dan Tokopedia memiliki tujuan yang sama. "Karena kami punya visi dan misi yang sama untuk menjunjung tinggi bisnis lokal UMKM lokal dan bisnis Indonesia," kata Stephanie saat ditemui di Tokopedia Tower, Jakarta Selatan pada Selasa, 12 Desember 2023

Masih Uji Coba

Direktur Eksekutif E-commerce TikTok Indonesia Stephanie Susilo mengatakan saat ini masih dalam masa uji coba. Selama periode uji coba ini, Stephanie mengatakan TikTok Indonesia akan terus berkoordinasi dengan Tokopedia dan Kementerian Perdagangan. Juga, selama masa percobaan, pihak Kementerian Perdagangan akan mengevaluasi layanan tersebut.

Tanggapan Teten Masduki

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengingatkan TikTok untuk mematuhi regulasi dan mengutamakan UMKM di Indonesia setelah menyepakati kemitraan strategis dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. “TikTok dan GoTo harus ikut mengembangkan program pemerintah, memberdayakan UMKM kita dan membangun bisnis model yang berkelanjutan,” kata Teten pada Senin, 11 Desember 2023.
 
KRISNA PRADIPTA, SUMBER DIOLAH TEMPO