Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kalak Karo Gugung sudah ada yang menjadi Pengusaha Sukses di Medan sejak Tahun 1915

sinabung jaya
Foto oleh : Ayiiff Harahap
Salah besar jika ada yang mengelompokkan kalak Karo termasuk suku pedalaman yang tertinggal
Pada masa Kolonial di Medan (sekarang jalan Sisingamangaraja) sudah ada gedung perkantoran Bus A.T.O.L yang rute nya dari Medan ke dataran tinggi Karo.

Dimasa itu bus masih menggunakan Ban mati dan memakai jari-jari. Ketika itu di dataran tinggi Karo kerap kali dikunjungi orang Belanda untuk berlibur karena berudara sejuk dan mempunyai pemandangan indah sehingga banyak terdapat villa Belanda disana. Sayangnya sekarang villa Belanda sudah banyak yang hancur, yang ada mungkin hanya tinggal Kuda besar dan Anjing besar sebagai peninggalan mereka.
 
Oleh karena dataran tinggi Karo tempat favorit orang Eropa untuk berlibur dan sebagai pemasok sayur, Beras dan buah buahan ke Medan maka tranportasi bus dari Medan ke dataran tinggi Karo cukup ramai dan maju.

Peluang bisnis angkutan ini dimanfaatkan oleh seorang pengusaha dari Batukarang bernama Liling Bangun. Beliau mendirikan usaha Bus bermerek A.T.O.L yang merupakan singkatan dari nama beliau AuTOLiling.

Liling Bangun
adalah seorang pengusaha yang sukses dimasa itu. Menurut orang tua-tua, Liling Bangun mempunyai Mobil pribadi yang serupa dengan milik Ratu Inggris dan sebuah Motor Gede kesayangannya.

Ketika itu Liling Bangun sedang merencanakan akan mengembangkan usaha perkapalan (angkutan laut) yang secara Administrasi sudah ditinjau dan disetujui oleh pihak Bank Belanda. Namun, sayang sebelum cita-citanya terwujud Liling Bangun mengalami kecelakaan tunggal dijalan Medan - Berastagi ketika mengendarai Motor Gede kesayangannya dan beliau dimakamkan di pemakaman raja-raja Rimo Kayu.

Menurut Sejarah yang ditulis oleh keluarga pengusaha Bus Sinabung Jaya (Angkutan Bus yang sangat Maju setelah Merdeka). Pendiri Sinabung Jaya meniti karier mulai dari kernet Bus A.T.O.L.

Demikian sejarah masa lalu yang menunjukkan bahwa orang Karo sudah maju sejak dulu.
Photo:

Sejarah pendiri Sinabung Jaya yang meniti karir dari kernet Bus A.T.O.L. Sejarah Sinabung Jaya ini ditulis oleh pewarisnya dan Photo beberapa Bus A.T.O.L di kantornya di kota Medan.

Baca text :

Oleh: Fajar Bangun