Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siapakah Manusia Pertama Sumatera Utara

Foto : Fanniblc

Karo itu terdiri dari berbagai ragam asal usul, bukan hanya dari India saja (seperti dugaan segelintir orang bahwa Karo itu pendatang dari India). Oleh karenanya dalam komunitas Karo terbentuklah lima sistem kekerabatan yang disebut MERGA SILIMA.

Menurut penelitian Aerkologi Sumatera Utara dan Aceh, MANUSIA TERTUA DI ACEH DAN SUMATERA UTARA adalah manusia GUA MENDALEI di Takengon Aceh Gayo yang penghuninya serupa dengan MANUSIA GUA NEOLITIKUM SUMATERA UTARA yang hidup pada masa zaman Batu Muda di Sepanjang daratan LANGKAT dan HULU SUNGAI DELI, ditandai dengan penemuan Kapak masa manusia zaman batu muda di Deli hulu dan Langkat. Mereka bertempat tinggal dalam gua-gua di Deli, Serdang, Langkat hingga dataran tinggi Karo yang disebut gua Humang.

Pada masa zaman batu itu ada kejadian meletusnya Gunung Api yang menjadi Danau (dari ledakan). Cerita turun menurun itu ada dalam kisah TARIGAN SIRAJA HUMANG (yang terjadi pada masa zaman Batu). Cerita turun menurun tersebut tidak bisa menjadi bukti ilmiah sehingga danau yang terbentuk dari ledakan gunung tersebut, penamaannya hanya merupakan kesepakatan bersama saja walaupun sebenarnya nama yang lebih mendekati kejadian adalah DANAU GUNUNG API.

Balai Aerkologi Medan dan para ahli mengatakan DNA manusia tertua di ACEH DAN SUMATERA UTARA yang ditemukan digua Mandalei itu sama dengan DNA Karo dan Gayo sekarang.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa moyang Suku Karo yang sekarang ada yang berasal dari pembauran manusia awal di Sumatera Utara.

Oleh: Fajar Bangun