Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berwisata ke Simalungun : Jangan Lupa Kunjungi 8 Air Terjun Keren dan Memukau Ini

air terjun simalungun

Karogaul. com - Air terjun di Kab,Simalungun, kerennya tidak nanggung! Dia bakal menaikkan keseruan liburan stiap pengunjung menjadi segunung! Derasnya aliran air dan kriteria bentang alam di mari, hendak jadi suatu yang sulit dibiarkan dan dilupakan, rasanya pengen basah-basahan aja saat berada dimari! 

Tidak butuh lambat- laun, berikut ini adalah merupakan ulasan singkat mengenai 8 air terjun simalungun yang keren dan menawan, Cekidot !

1. Air Terjun Sipitu Tikka
 
air terjun simalungun
Pic Air Terjun Sipitu Tikka

Dalam bahasa setempat, Sipitu Tikka maksudnya merupakan 7 tingkatan. Penamaan tersebut memanglah cocok dengan lanskap di Air Terjun Sipitu Tikka yang menjulang besar. 

Air yang mengalir, melewati 7 tingkatan bebatuan dengan ketinggian dekat 200 m. Dia mempunyai debit air yang deras. Saking derasnya, bisa dimanfaatkan selaku pembangkit tenaga listrik tenaga hidro oleh PT BSE( Bersaudara Simalungun Tenaga).

Air Terjun Sipitu Tikka
Pic Air Terjun Sipitu Tikka

Sipitu Tikka terletak di Buntu Turunan, Hatonduhan, Kabupaten Simalungun. Jarak Kota Siantar ke Hatonduhan dekat separuh jam memakai kendaraan. Lepas itu, Sahabat Traveler wajib lewat 3 anak sungai. Menantang?

Alamat: Buntu Turunan, Hatonduhan, Simalungun Regency, North Sumatra 21174
Jam buka : 24 jam  

2. Air Terjun Jambuara
 
air terjun simalungun
Pic Air Terjun Jambura

Air terjun di Kabupaten Simalungun ini persisnya terletak di Desa Buntu Bayu, Nagori Buntu Bayu, Kecamatan Hatonduhan. Dia terletak di perbatasan antara Simalungun serta Kab, Asahan. 

Berjarak kurang lebih 35 Kilometer dari Kota Siantar, Air Terjun Jambuara miliki lanskap serta bentang alam yang indah. Debit airnya deras serta kencang, Sahabat Traveler yang takjub, mestilah enggan kembali.

Air Terjun Jambuara
Pic Air Terjun Jambura

Air Terjun Jambuara
Pic Air Terjun Jambura

Alamat: Tomuan Holbung, Bandar Pasir Mandoge, Asahan Regency, North Sumatra 21174
Jam buka : 06.00 - 18.00 Wib

3. Air Terjun Tonduhan
 
Air Terjun Tonduhan
Pic Air Terjun Tonduhan

Air terjun Tonduhan lokasinya terdapat di Desa Buntu Bayu, Kec. Hatonduhan, Kab. Simalungun. Dia terletak di zona perkebunan kelapa sawti PTPN IV Hatonduhan. Dari Pematang Siantar jaraknya dekat 33 Kilometer. 

Debit air di Air Terjun Tonduhan menjajaki masa. Dapat deras ataupun sedikit mengecil. Uniknya, di bagian tengah tebing ada batuan yang lebih menonjol, sehingga air nampak nampak terbelah.

Air Terjun Tonduhan
Pic Air Terjun Jambura

Air Terjun Tonduhan
Pic Air Terjun Jambura

Alamat: Buntu Kode, Saribu Asih, Hatonduhan, Kab. Simalungun, Sumut
Jam buka : 24 jam
 
4. Air Terjun Katasa
 
Air Terjun Katasa
Pic Air Terjun Katasa

Air terjun Katasa di Kab.Simalungin satu ini terletak di dasar jembatan aset Belanda. Uniknya, ada 2 air terjun di mari. 

Bila kolam di bagian dasar air terjun pada biasanya dipadati oleh bebatuan, di mari ada pasir bercorak putih. Menarik ya?! Posisi Air Terjun Katasa ini terletak di Desa Nagori Bayu Bagasan, Kecamatan Hatonduhan, Kab. Simalungun.

Air Terjun Katasa
Pic Air Terjun Katasa

Alamat: Tonduhan, Hatonduhan, Simalungun Regency, Sumut
Jam buka : 24 jam

5. Air Terjun Tibet
 
Air Terjun Tibet
Pic Air Terjun Tibet

Terdapat lagi air terjun yang mempunyai pulau pasir di Simalungun. Namanya merupakan Air Terjun Tibet ataupun Titi Beton. Air terjun ini tingginya cuma 5 m, tetapi keelokan serta keasrian area di sekitarnya sangat memuaskan mata. 

Air Terjun Tibet
Pic Air Terjun Tibet

Di bagian kanan air terjun ada pulau pasir, sedangkan di bagian kirinya ada bilik batu dengan banyak rongga. Keunikan dan kecantikan Air Terjun Tibet terletak di Nagori Buntu Turunan, Kec. Hatonduhan; dari Pematang Siantar jaraknya dekat 90 menit memakai kendaraan.

6. Air Terjun Bah Biak
 
Air Terjun Bah Biak
Pic Air Terjun Bah Biak

Di Kebun Teh Sidamanik ada suatu air terjun dengan panorama alam yang masih asri. Namanya merupakan Air Terjun Bah Biak. Kesegaran hawa kebun teh serta air terjun, menghasilkan atmosfer yang tenang, sejuk serta masih sangat asri. 

Buat merasakan sihir yang dipunyai Bah Biak, Sahabat Traveler wajib mengarah Jln. Raya Sidamanik– Simarjarunjung. Dari situ, ada petunjuk arah mengarah air terjun.

Air Terjun Bah Biak
Pic Air Terjun Bah Biak

Air Terjun Bah Biak
Pic Air Terjun Bah Biak

Alamat : Sidamanik, Simalungun Regency, North Sumatra 21171
Jam buka : 24 jam

7. Air Terjun Binanga Bolon
 
Air Terjun Binanga Bolon
Pic Air Terjun Binangan Bolon

Terletak di tengah pemukiman masyarakat, bukan berarti Air Terjun Binanga Bolon tidak menawan. Dia malah semacam mutiara yang tersembunyi. Debit yang dipunyai salah satu air terjun di Kabupaten Simalungin ini lumayan deras. 

Tiba disini rasanya pengin langsung basah- basahan sajaya kan. Posisi sang menawan ini terdapat di Kecamatan Haranggaol Nagori Purba Pasir. Dari Siantar, waktu yang diperlukan buat menggapai posisi dekat 3 jam.

Air Terjun Tarak Ni Onggang
Pic Air Terjun Binangan Bolon

Air Terjun Tarak Ni Onggang
Pic Air Terjun Binangan Bolon

Alamat : Purba Dolok, Purba, Kab. Simalungun, Sumut
Jam buka : 24 Jam

8. Air Terjun Tarak Ni Onggang
 
Air Terjun Tarak Ni Onggang
Pic Air Terjun Tarak Ni Onggang

Air Terjun Tarak Ni Onggang miliki ketinggian kurang lebih 50 m. Dia terus menjadi megah dengan debit airnya yang deras. Walaupun berjarak dekat 50 Kilometer dari Kota Pematang Siantar, air terjun yang terletak di Desa Dalig Raya, Kec. Raya ini miliki panorama alam yang luar biasa.

Air Terjun Tarak Ni Onggang

Pesona air terjun di Kab. Simalungun, Sumatera Utara, buat tertegun. Bagi kalian pecinta air terjun, wajib mencobanya! Ajak sebagian sahabat supaya kesegaran serta keelokan di kawasan ini bisa lebih seru terasa! Jangan kurang ingat buat senantiasa berjaga- jaga ya!

Alamat : Dalig Raya, Raya, Simalungun Regency, North Sumatra 21162
Jam buka : 24 jam

Demikianlah ulasan signkat mengenai "Berwisata ke Simalungun : Jangan Lupa Kunjungi 8 Air Terjun Keren dan Memukau Ini " apakah soabt gaul tertarik untuk mengunjunginnya ?