Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Tanah Karo, Lau Macem (Kolam Soda Merah) Yang Seperti di Venezuela

lau macem buluh naman

Karogaul.com - Tak dapat dipungkiri lagi sobat gaul, Sumatera Utara memiliki pesona alam menakjubkan untuk dijelajahi. Mulai dari pegunungan, perbukitan, hingga danau yang memiliki daya pikat tersendiri.

Bila sobat gaul dan teman-teman anda ingin mendapatkan suasana pengalaman liburan yang berbeda ketika berada di Tanah Karo, tidak ada salahnya untuk mengunjungi kolam soda merah atau biasa juga disebut Lau Macem ini. Kolam ini mirip seperti air soda sobat gaul. Terdapat gelembungan yang keluar dari celah bebatuan di dasar kolam.

Lau macem adalah sebuah objek wista yang terdapat di Desa Buluh Naman, Kecamatan Munthe, Kabupaten Karo, yaitu sebuah mata air yang keluar dari celah batu, yang rasanya asam (Karo : macem perbahan lit soda nina kami anak Buluh Naman) dan perih rasanya bila mengenai mata, terletak di perladangan Pestap (perbatasan Desa Buluh Naman dan Desa Munte).

lau macem buluh naman
Pic via internet - lau macem buluh naman

lau macem buluh naman

Menurut keyakinan dan pengakuan banyak penduduk, Lau Macem ini sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kulit (mis: gatal-gatal), meringankan pegal-pegal, dll. 

Dulunya keberadaan Lau Macem ini diyakini juga mempunyai kemampuan mistis dan hal itu masih berlaku hingga tahun 80-an sobat gaul, saat itu Lau Macem juga kerap dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memperoleh mimpi yang membawa keberuntungn dalam pemasangan nomor undian sejenis lotre yang lebih dikenal dengan sebutan SDSB (sekarang Togel).

lau macem buluh naman
Pic via internet

lau macem buluh naman

Kolam ini terbentuk secara alami dan berlokasi tidak jauh dari Kota Kabanjahe atau sekitar 30 menit ke arah Jalan Kotacane sobat gaul. Tempatnya memang tersembunyi di balik bukit-bukit dan kebun-kebun petani di Desa Buluh Naman, Kec. Munthe, Kab. Karo.

Air soda di Desa Buluh Naman ini mirip dengan kolam soda di Tapanuli Utara dan Venezuela sobat gaul, negara yang berada di ujung utara Amerika Selatan.Ketika Anda masuk ke dalam kolam, tubuh yang terkena air akan terasa seperti mandi busa. Airnya tidak lengket di kulit, segar dan sedikit asin. Menurut penduduk setempat, air soda ini bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kulit dan pegal-pegal.

lau macem buluh naman

Karena letaknya yang tersembunyi, disarankan untuk mencapai kolam soda ini dipandu oleh warga setempat. Dalam perjalanannya, sobat gaul akan disuguhi pemandangan alam perbukitan hijau dan perkebunan yagn indah. Jalannya memang sedikit sempit, berbatu serta berkelok-kelok. Bahkan, sobat gaul akan melihat pemandnagan Gunung Sinabung yang terkadang mengeluarkan asap.

lau macem buluh naman

Untuk sobat gaul yang ingin berwisata ke objek wisata Lau Macem, maka perjalanan sebenarnya dapat ditempuh lewat jalur Munthe, meski demikian disarankan melalui jalur Desa Buluh Naman agar perjalanan tersebut dapat dikoordinasi dengan Kepala Desa setempat. Selain itu bagi kam yang sudah datang kelokasi wisata ini, jangan lupa juga untuk berkunjung ke Juma Lepar/Bertah, sebab disana terdapat pula Monumen Halilintar yang bisa sekaligus dipelajari sejarah keberadaanya. 

Bagaimana Monumen Halilintar ini, secara jelas bisa dibaca di monumen ini. Selamat datang di Buluh Naman Simalem, yang betapinkan Laukaca sobat gaul.