Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

pengcarasumatera

Indahnya Wisata Pantai Buih di Patumbak : 7 Potret Daya Tarik, Akses Lokasi dan Tiket Masuk



Karogaul.com - Hari Sabtu dan Minggu memang cocok buat keluarga yang pingin Holliday ke tempat wisata. Pada umumnya, warga Medan, Sumatera Utara lebih senang bepergian ke pantai atau tempat pemandian. 

Pemandian alam ini menjadi salah satu tujuan wisata yang banyak dipilih untuk mengisi kegiatan di akhir pekan. Biasanya wisatawan yang berkunjung berasal dari luar daerah yang penasaran akan pesona Pantai Buih. Namun tak sedikit pula warga sekitar yang ingin sekadar menghilangkan penat di sini.


Pantai Buih di Patumbak (Img : google map)

Tapi kali ini, warga Medan tak harus jauh-jauh kesana jika ingin ke tempat pemandian. Karena dengan jangkuan dekat saja yakni, sekitar 30 menit dari kota Medan kita bisa menikmati sejuknya pemandian sungai Lau Seruai.

Di sepanjang aliran airnya tersebar bebatuan kecil dan besar yang jumlahnya banyak, jadi jika ingin menikmati pemandian alam ini harus hati-hati agar tidak terkena batunya. 

Selain itu, di tepi pantai juga terdapat pasir, walaupun tidak sebanyak pasir di laut, kamu tetap bisa bermain di atas pasir tersebut. Terutama anak-anak bisa menyulap gundukan pasir menjadi berbagai bentuk yang menggemaskan.


Pantai Buih di Patumbak (Img : google map)

Sebenarnya memang ini aliran sungai dari Sibiru-biru, namun warga sekitar dan banyak orang menyebut sebagai pantai buih. Kok bisa? Ya, karena memang masyarakat pada umumnya sering ke pantai, Mereka acap kali menuju ke tempat pemandian dengan menyebutnya pantai.

Sedangkan nama buih, dikarenakan aliran sungai yang bertingkat (ada di ketinggian dan rendah) membuat pancuran deras dari aliran sungai ke bawah menimbulkan buih yang banyak. Bebatuan yang besar dan pasir membuat air kian jernih.


Pantai Buih di Patumbak (Img : google map)

Lokasi Pantai Buih di Patumbak

Bagian sungai Lau Seruai yang terletak di Desa Lantasa Baru, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang ini sudah ditata oleh warga setempat untuk pemandian umum.

Pemandian ini pun mulai banyak digandrungi masyarakat. Terutama keluarga yang membawa anak-anaknya. Sebab, kawasan aliran sungai ini memang terkenal jernih dan bersih, juga memiliki kedalaman yang hampir rata yakni terjangkau oleh anak-anak. Pun begitu ada juga sebahagian kedalaman yang digemari orang dewasa.


Pantai Buih di Patumbak (Img : google map)

Meski begitu, dimanapun kita berada haruslah siga dan hati-hati menjaga anak. Apalagi arus sungai ini termaksud lumayan deras, namun ditepian yang cocok buat anak-anak sangat lah aman.


Pantai Buih di Patumbak (Img : google map)

Selain bersih dan airnya jernih, panorama kawasan di sungai yang indah dikelilingi pepohonan dan kawasan perkebunan, sawah, serta tambak itu semakin membuat pengunjung ingin datang lagi.

Tiket Masuk Pantai Buih di Patumbak

Apalagi untuk menikmati mandi di sungai Lau Seruai atau Pantai Buih ini tak terlalu mahal. Pengunjung hanya merogok kocek Rp 10 ribu saja jika parkiran sepeda motor. Dua kali lipat untu roda empat.


Pantai Buih di Patumbak (Img : google map)

Fasilitas Wisata Pantai Buih di Patumbak

Nantinya begitu masuk, pondok-pondok bagi keluarga sudah ada. Pengunjung hanya dipatok Rp 30 ribu menyewanya seharian, dan itu sudah termaksud dibentangnya tikar bersih. Bila memerlukan secangkir kopi dan teh manis, serta jajanan, di kawasan ini juga ada kedai yang menjualnya. Harganya normal dan terjangkau lho!


Pantai Buih di Patumbak (Img : google map)

Apabila membutuhkan penginapan terdekat untuk bermalam, maka Pancur Gading Hotel and Resort dapat menjadi pilihan yang tepat. 

Terletak di Jalan Kuala Simeme, Kec. Deli Tua, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara, dari Pantai Buih berjarak 5,4 km dan menempuh waktu sekitar 14 menit untuk menuju lokasi. Harga inap semalam berkisar mulai dari Rp507.595 per malam.

Demikianlah ulasan signkat mengenai "Indahnya Wisata Pantai Buih di Patumbak : 7 Potret Daya Tarik, Akses Lokasi dan Tiket Masuk" apakah kamu tertarik buat mengunjungi pemandian alam yang almi dan sejuk ini ?