Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesawan City Walk, Angkringan Medan yang Instagramable Serasa Seperti di Jogja

Kesawan City Walk
pic by : instagram/@aptaprimsa96 & pic by : instagram/@nuryafransiska

Angkringan Medan menjadi jujukan warung kuliner yang sedang populer. Berada satu kawasan dengan Kesawan City Walk (KCW), tempat ini menawarkan beragam kuliner murah yang pas untuk menikmati hidangan malam dan sore hari di tengah pusat kota tua Medan.

Sebagai sentra kuliner yang memiliki kekhasan tersendiri, terdapat jugasejumlah jajanan jalanan yang memadati seantero kawasan tersebut. Kendati terhitung baru, antusiasme masyarakat untuk datang ke sana sudah cukup ramai.

Dijuliki sebagai pusat perbelanjaan dan hiburan yang terletak di Jalan Balai Kota, Medan. Pusat perbelanjaan ini terletak di kawasan bersejarah Kesawan, yang terkenal dengan bangunan-bangunan tua peninggalan kolonial Belanda.

Tak hanya sebagai pusat, juga ikut menawarkan berbagai macam fasilitas, seperti restoran, kafe, toko-toko, bioskop, dan pusat kebugaran. Selain itu, di sini juga terdapat hotel dan apartemen yang bisa digunakan untuk menginap.

Kesawan City Walk
Kesawan City Walk

Pusat perbelanjaan ini menjadi salah satu tempat favorit bagi masyarakat Medan dan wisatawan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman. Di sini Anda dapat menikmati suasana berbelanja yang menyenangkan dengan berbagai macam produk yang ditawarkan.

Juga sering mengadakan berbagai acara, seperti konser musik, pameran, dan acara sosial. Hal ini membuat pusat perbelanjaan ini semakin ramai dan menarik perhatian masyarakat Medan dan sekitarnya.

Secara keseluruhan, Kesawan City Walk Medan merupakan tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman dengan menikmati suasana yang berbeda dari pusat perbelanjaan lainnya.


Lokasi Kesawan City Walk Medan

Bagi yang berdomisili di Medan tercinta dan sekitarnya, maupun para foodies yang berencana menyambangi tempat ini. Secara administrative, Medan City Square berada di Jl. Kesawan, Kec. Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia.

Dari segi popularitas, lokasinya sendiri dikenal sebagai salah satu kawasan heritage. Strategisnya posisi angkringan Medan membuat letaknya sangat terjangkau. Pasalnya, beberapa trek angkutan umum dari seantero kota selalu melintas di kawasan tersebut.

Daya Tarik & Kuliner Kesawan City Walk.

Kesawan City Walk
pic by : instagram/@winsnu_pradana15

Jalan-jalan di Kesawan City Walk, beragam jajanan streetfood yang ada di Angkringan Medan ini akan terasa makin nikmat. Karena selain memiliki beragam sajian malam hari, komplek kuliner tersebut juga berdiri diantara sederet bangunan heritage.

Kawasan komplek kuliner dan heritage di area kota tua ini memang paling optimal untuk dijadikan spot liburan malam hari. Sehingga, tempat makan tersebut tak hanya bisa dijadikan untuk pelepas rasa lapar. Bagi penikmat wisata malam pun, areanya sangat recommended.

Menjadi Favorit Angkringan di Medan yang suasananya berasa di Jogja.

Kesawan City Walk
pic by : instagram/@harisabarnoe

Angkringan di Kesawan Medan menjadi start awal bagi wisatawan yang ingin mengeksplorasi kuliner murah meriah di kawasan ini. Uniknya lagi, tempat ini dirancang spesial dimana para pengunjung dapat duduk dan bersantai di empeean-emperan bangunan.

Dengan beralaskan tikar, lokasi angkringan yang terletak di area terbuka alhasil membuat wisatawan bisa lebih leluasa menikmati suasananya. Sekaligus, menengok orang-orang yang sedang asyik berlalu-lalalang untuk mencari angkringan yang pas.

Angkringan pertama di Medan ini tak kalah keren dari angkringan yang ada di Jogja, lho!. Kendati menyajikan tempat makan yang termasuk sederhana dengan hamparan tikar, tetapi suasananya begitu spesial. Kamu tak akan bosan menghabiskan waktu hingga larut malam.

Nuansa Kota Tua di Medan.

Kesawan City Walk
pic by : instagram/@budy_midie

Kelurahan Kesawan adalah salah satu kota tua di Medan yang tempatnya dikenal dengan julukan sebagai kawasan heritage. Kesawan memiliki banyak bangunan-bangunan dengan arsitektur tua. Sebut saja Tjong A Fie Mansion, TipTop Restaurant, Museum Uang Kuno dan gedung Bank Mandiri yang berumur puluhan hingga ratusan tahun.

Seakan-akan asanya seperti sedang berada di tengah Paris-nya van Sumatera. Pada malam hari, pusat kuliner di kawasan tersebut sering menjadi tempat nongkrongnya kawula muda. Terlebih lagi setelah kawasan kota tua tersebut ditata ulang sehingga menciptakan nuansa yang elegan dan menarik untuk disambangi.

Jadi ketika berkunjung ke Angkringan Medan, para wisatawan dapat pula menikmati nuansa kuno yang terdapat di kawasan tersebut. Pengunjung dapat mengambil gambar atau berfoto dengan latar heritage building sebelum lanjut mencicipi aneka sajian menarik di area lainnya.

Stand Makanan dan Harga.

Kesawan City Walk
pic by : instagram/@budy_midie

Sama seperti tempat makan lainnya, pun Angkringan di Medan dan Kesawan City Square tawarkan beragam booth makanan dengan harga yang oke punya. Kalau kamu ingin yang lebih murah, mending ke area angkringan. Tapi kalau mau yang agak mahal dan cozy buat family, mendingan ke area city square-nya saja.

Ngomongin soal harga, makanan dan minuman yang dijual para pedagang kuliner di sini hanya dari ribuan hingga puluhan ribu saja, lho! Kaget nggak?

Wah, pilihan menunya apa saja sih yang dijajakan pedagang. Mulai dari makanan yang ringan hingga berat ada di sini. Paling khas diantaranya Lontong Medan, Bakso, ragam nasi goreng aneka Sate dan paling nikmat untuk anak nongkrong yaitu kopi.

Gedung London Sumatera

Kesawan City Walk

Gedung London Sumatra memiliki arsitektur bergaya kolonial dengan balutan gaya Victoria, yang khas pada bangunan-bangunan bersejarah pada masa itu. Gedung ini memiliki tiga lantai dengan luas bangunan sekitar 3.200 meter persegi.

Gedung ini pada awalnya berfungsi sebagai kantor pusat perusahaan perkebunan London Sumatra. Namun, seiring berjalannya waktu, gedung ini pernah digunakan sebagai kantor administrasi pemerintahan Hindia Belanda dan kantor gubernur Sumatera Utara.

Pada tahun 1988, gedung London Sumatra ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya oleh pemerintah Indonesia. Saat ini, gedung ini dijadikan sebagai museum sejarah dan budaya oleh Pemerintah Kota Medan.

Di dalam gedung ini terdapat berbagai koleksi yang berkaitan dengan sejarah dan budaya kota Medan dan Sumatera Utara secara umum. Gedung London Sumatra menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke kota Medan.

Kesawan City Walk

Jam Buka & Aturan.

Baik Kesawan City Walk dan Angkringan Medan hanya dibuka pada malam hari saja. Tepatnya jam 19.00 atau pukul 07.00 malam. Tidak terbatas pada hari sabtu dan minggu saja kok, kamu bisa mendatanginya setiap hari.

Sementara untuk aturan bagi pengunjung, diharuskan menerapkan 3 M agar mengurangi wabah. Pakai masker, mencuci tangan dan pilih booth kuliner yang pengunjungnya tidak terlalu sesak.