Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Potret Air Terjun Tonduhan : Air Terjun Kembar yang Eksotis di Simalungun

Air Terjun Tonduhan

Karogaul.com - Bosan dengan rutinitas kantor yang buat tekanan pikiran? Bisa jadi kalian perlu liburan yang fresh serta dapat memanjakan mata kalian. Tidak hanya pantai serta gunung, air terjun juga sebagai wisata andalan dikala penat.

Jadi wacana liburan saat akhir minggu ialah opsi yang pas buat piknik kalian. Tidak hanya menyegarkan, Indahnya pesona alam yang terpancar dari alam yang asri pasti membuat hati terpikat sekaligus jadi tempat rileksasi dengan maksimal.

Simalungun jadi tempat tujuan para wisatawan buat hanya melancong sambil menikmati udaranya yang terasa sejuk. Dari sekian banyaknya tempat wisata, Simalungun pasti udah gak asing dengan namanya objek wisata pemandian alam. Banyak akan kalian temui berbentuk pemandian alam yang memili energi tarik tertentu, yang membuat turis pingin datang lagi buat piknik ke tempat pemandian alam tersebut.



Tetapi, Saat sebelum sahabat men- scrool kebawah lagi data objek wisata ini. Bantu Support ya akun Instagram kita serta Facebook kita, supaya sahabat yang singgah ke web ini, gak ketinggalan data updatean dari kita.

Lokasi Wisata.


pic by: instagram/@darmansyahrizky

Liburan ke Simalungun, Sumut jangan lupa mendatangi Air Terjun Tonduhan. Air terjun menawan ini cocok buat liburan fresh serta basah- basahan di Simalungun.

Tertarik kesini?, Buat kalian yang mau berpetualang ke air terjun ini. Objek wisata ini bisa kalian temui di Buntu Kode, Saribu Asih, Hatonduhan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Lokasinya terletak di antara perkebunan sawit kepunyaan PTPN IV. Area di dekat air terjun ini masih terhitung asri sebab lokasinya terdapat di wilayah pelosok. Di sini, kamu dapat bermain air sepuasnya; berenang ataupun semata- mata membasahi kaki serta tangan.

Daya Tarik Wisata.


pic by: instagram/@diki_ae07



Air Terjun Tonduhan ini nampak mirip dengan Air Terjun Sipiso- Piso yang terdapat di Tanah Karo, sebab kita dapat memandang air terjun ini dari atas parkiran kayak di Sipiso- Piso. Tetapi untuk yang mau memandang air terjun ini secara lebih dekat, pihak pengelola sudah sediakan tangga dari parkiran menuju dasar air terjun.



Tempat wisata terinda di Saribu Asih ini memanglah sudah populer di kalangan masyarakat, Baik lokal ataupun non lokal. Air Terjun yang dengan ketinggian 80 m ini masih saja senantiasa membius mata turis yang datang berkunjung ke tempat ini. Jadi tidak perlu heran, objek wisata alam berbentuk air terjun ini sangat diminati oleh para pengunjung.

Di puncak air terjunnya pula terdapat suatu batu besar yang menonjol. Dampaknya jatuhan air terjunnya dibagi jadi dua. Mirip- mirip air terjun kembar deh jadinya.


pic by: instagram/@riki_dika

Di dasar jatuhan air terjunnya pula tercipta suatu kolam yang lumayan luas serta dalam. Airnya dingin serta fresh, tetapi aku saranin jangan berenang jika kamu belum mahir, sebab kolamnya dalam, debit airnya besar serta harusnya lumayan deras. Tetapi bila kamu mahir dalam berenang, wisatawan dapat berenang di kolam natural tersebut. Tetapi wajib senantiasa berjaga- jaga dan jaga keselamatan walaupun terdapat penjaga yang siap membantu jika terjadi hal- hal yang tidak diinginkan.

Harga Tiket Masuk.


pic by: instagram/@yemimahasibuan

Harga tiket masuk ke objek wisata Air Terjun Tonduhan sangatlah terjangkau, sebab pihak pengelola cukup memungut duit parkir sebesar Rp. 5000,-/ motor. sudah termasuk bayaran retribusi merambah air terjun Tonduhan Siantar ini. Bayaran masuk yang murah bukan?....

Aksesbilitas.


pic by: instagram/@yemimahasibuan

Air Terjun Tonduhan ini Berjarak 33 kilometer dari kota Pematang Siantar( waktu tempuh dekat 1 jam perjalanan) ataupun 2, 6 kilometer dari kantor desa Tonduhan.

Bisa ditempuh dengan kendaraan individu roda 2 ataupun 4 serta umum. Keadaan jalan menuju kesana sebagian beraspal baik akan tetapi sekitar 1300 meter belum beraspal.

Dari areal parkir perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuruni anak tangga semen dekat 150 mrter menuju letak air terjun terletak. (Sumber : jendeladunia16)