-->

Wisata Medan

medan bogor

Trending

Menelusuri Berbagai Wisata Alam di Jalur Pendakian Gunung Rinjani - 6 Titik Wisata yang begitu Memukau Pengunjung

Publikasi 17 November 2021
Menelusuri Berbagai Wisata Alam di Jalur Pendakian Gunung Rinjani

Karogaul.com - Tertarik buat wisata menghabiskan waktu luang dengan mendaki Gunung Rinjani? Bila iya, bersiaplah buat terpesona akan keindahannya sebab gunung paling tinggi kedua di Indonesia itu menawarkan pesona alam yang istimewa gais.

Jalan pendakian Gunung Rinjani dikala ini jua sudah dibuka kembali. Tidak hanya itu, terdapat 2 jalan pendakian baru yang tidak kalah menarik, ialah jalan Tetebatu serta Torean. Walhasil, terus menjadi banyak alternatif menarik untuk kalian yang mau mendaki gunung Rinjani, sekalian menikmati pesona serta panorama alam alam di sekitarnya.



Tetapi, tidak cuma puncak Gunung Rinjani yang menarik, kalian pula dapat memandang di kaki gunung serta selama jalan pendakian bermacam posisi wisata yang menawan. Asyiknya, destinasi wisata alam ini bisa kalian kunjungi pula saat sebelum mendaki ataupun mengakhiri pendakian dari Gunung Rinjani. Amati tempat wisata di dekat Gunung Rinjani yang dapat kalian kunjungi supaya perjalan kalian terasa lebih berkesan!

1. Desa Tetebatu yang telah populer sampai ke mancanegara wisata gunung rinjani


Image credit:@dinny_fs

Desa Tetebatu yang terletak di Lombok Timur ini telah banyak didatangi oleh turis mancanegara. Tidak mengherankan sebab panorama alam sawah yang luar biasa semacam ini memanglah nampak semacam dalam mimpi!


Image credit:@retnanifila

Sehabis disambut dengan hamparan persawahan, kalian dapat mengarah ke Lembah Ulem Ulem buat memandang Air Terjun Ulem Ulem di dalamnya. Jika kalian tiba di pagi hari serta menjumpai kabut yang menyelimuti lembah ini, hingga panorama yang indah hendak memanjakan matamu. Tidak hanya berjalan- jalan, kalian juga dapat berperahu mengelilingi bendungan ataupun berkemah di mari.


Image credit:@farisjuliarta

Air Terjun Burung Walet ataupun diucap pula Air Terjun Sarang Walet terletak di kaki Gunung Rinjani serta mengalirkan air yang dingin. Cocok namanya, ada sarang burung walet di mari. Ada tangga yang telah terbuat masyarakat dekat sehingga kalian bisa menuruni jalur ke air terjun serta kalian hendak berjalan melewati sungai yang diapit tebing. Rasakan atmosfer yang berbeda dengan kicauan burung walet di sekitarmu!


Image credit:@tetebatuvillage_

Tidak hanya itu terdapat pula Air Terjun Kokok Duren yang tidak kalah eksotisnya. Walaupun tidak sangat besar, tetapi keasrian alam di sekitarnya menjadikan tempat ini menawan serta aman buat bersantai. Ajak pendamping ataupun temanmu buat mengabadikan diri di mari, dipastikan tidak hendak menyesal!


Image credit:@tetebatuvillage_

Setelah itu pasti kalian harus mendatangi hutan kera yang ditempati oleh monyet gelap khas Tetebatu. Hutan yang masih terpelihara serta riuh dengan kicauan burung menghasilkan nuansa damai yang susah kalian temukan di tempat lain. Jika kalian bawa perlengkapan bantu semacam teropong, hingga pengalamanmu mengamati hutan kera ini hendak terus menjadi optimal.

Alamat: Kec. Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

2. Menyusuri perbukitan yang menarik di Desa Sembalun


Image credit:@debucung

Jalan pendakian Sembalun yang dimasuki dari Desa Sembalun ialah salah satu jalan lama buat mendaki Gunung Rinjani. Bila ke Desa Sembalun, kalian harus mendatangi Bukit Selong. Bukit Selong terkenal sebab memperkenalkan panorama sawah yang tidak cuma bercorak hijau dengan latar perbukitan. Wisata ke Bukit Selong hendak kian berkesan bila dicoba dikala matahari terbit.


Image credit:@__vhianaa

Pasti saja tidak lumayan bila cuma berkunjung ke Bukit Selong. Naiki kendaraan serta susuri jalur yang berkelok sampai kalian datang di Halaman Wisata Pusuk Sembalun. Di mari, saatnya kalian buat mengagumi panorama alam hijaunya hutan di lereng Gunung Rinjani berpadu dengan tebing yang indah. Hati- hati dengan monyet liar yang banyak berkeliaran di tempat ini ya!


Image credit:@madisonndorman

Di posisi yang tidak jauh, Bukit Pergasingan yang terletak di ketinggian dekat 1700 mdpl telah menantimu. Pemandangannya mirip dengan Bukit Selong, cuma saja dari ketinggian yang berbeda. Telah terdapat tangga yang dibentuk buat mempermudah perjalananmu mendaki Bukit Pergasingan, tetapi kalian wajib senantiasa berjaga- jaga serta menggunakan alas kaki yang aman.


Image credit:@skinnymonkey

Air Terjun Mangku Sakti pula harus kalian kunjungi di Sembalun. Keunikannya merupakan airnya tidak bening tetapi bercorak kehijauan sebab memiliki sulfur. Air terjun ini memanglah tidak sangat besar, namun area sekitarnya yang masih dikelilingi pepohonan serta bebatuan besar membuat Air Terjun Mangku Sakti nampak elok ditatap.

Alamat: Kec. Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat



3. Mengabadikan spot air terjun sampai savana saat sebelum mendaki di Timbanuh


Image credit: Joben Eco Park

Pendakian melalui jalan Timbanuh populer lumayan ekstrim serta tidak terdapat salahnya kalian melemaskan kaki dahulu saat sebelum mulai mendaki. Dikala mengarah ke Desa Timbanuh, kalian dapat mampir ke Desa Pesanggrahan serta mendatangi Joben Eco Park. Banyak kegiatan yang dapat dicoba semacam berkemah, outbound serta pembelajaran konservasi yang bisa diiringi. Seru sekalian menaikkan wawasanmu.


Image credit:@rizkytmpati

Bila memiliki waktu lebih, kalian dapat mendatangi Telaga Biru yang terletak di Desa Perian. Diucap pula Danau Biru, tempat ini bermula dari suatu mata air. Masyarakat setelah itu membangun bendungan serta dengan perawatan, kesimpulannya tempat ini dibuka jadi obyek wisata. Kalian dapat menciptakan properti semacam perahu serta rumah kayu supaya pengalamanmu menikmati Telaga Biru lebih berkesan.


Image credit:@sarmitc_

Savana Propok yang berlokasi di Jalan. Wisata Gn. Rinjani ini memanglah lumayan jauh dari Desa Timbanuh, namun sayang buat dilewatkan. Terlebih bila kalian memiliki waktu luang, kalian bisa memakainya buat berkemah di Savana Propok serta menikmati momen dari matahari terbit sampai terbenam. Kalian cuma butuh mendaki tipis- tipis buat datang di savana dengan latar Gunung Rinjani yang megah ini.


Image credit:@didukmiru

Desa selanjutnya yang bisa kalian kunjungi merupakan Desa Jeruk Manis. Di mari ada Air Terjun Jeruk Manis dengan ketinggian dekat 30 m. Hawa yang sejuk sebab terletak di lereng Gunung Rinjani, bunga- bunga liar sampai kedatangan binatang semacam kera serta monyet jadi aksesoris dikala bersantai di air terjun ini. Kolamnya juga dangkal sehingga kalian dapat berendam serta di dalamnya ada ikan- ikan kecil pula lho!


Image credit:@didukmiru

Sehabis berkelana desa- desa lain, kalian dapat mengarah ke Desa Timbanuh serta menikmati keelokan Air Terjun Mayung Polak. Di dekat air terjun banyak tumbuhan semacam beringin, stroberi, jambu serta anggrek hutan. Memanglah butuh ekspedisi yang lumayan menghabiskan tenaga buat menggapai Air Terjun Mayung Polak namun keindahannya hendak sebanding dengan jerih payahmu.

Alamat: Kec. Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

4. Menikmati alam yang aduhai di jalan Torean


Image credit:@vhyra_ey

Kala kalian mendaki melalui jalan Torean, hingga kalian hendak disuguhi spot- spot sumber air panas yang lezat buat berendam. Tidak hanya bermacam pemandian air panas tersebut, kalian juga bisa menikmati Goa Susu dengan stalaktitnya yang menghasilkan air. Goa Susu ini juga sesuai digunakan buat posisi berkemah serta kalian dapat menciptakan sesajen yang diletakkan oleh masyarakat dekat di dalamnya.


Image credit:@aryaryadi

Salah satu spot tersohor yang lain merupakan Air Terjun Penimbungan. Tingginya dekat 100 m serta kalian dapat mengagumi keindahannya dari kejauhan dikala mendaki Gunung Rinjani. Kabut yang terkadang menyelimuti air terjun serta situasinya yang terletak di tengah tebing memunculkan suasana eksotis yang susah dicari tandingannya. Tidak heran jika banyak pendaki yang mengosongkan waktu buat menyudahi serta meresapi momen di Air Terjun Penimbungan ini.


Image credit:@riff_11

Dikala melewati Air Terjun, kalian hendak memandang Sungai Kokoq Puteq alias Sungai Kokok Putih dari atas. Kalian dapat turun ke sungai ini tetapi jalurnya terjal sehingga harus berjaga- jaga. Airnya mengalir dari Danau Segara Anak serta nampak bercorak putih. Bebatuan natural yang tersebar di selama jalan sungai menaikkan pesona sekalian tantangan bila kalian mau mengabadikan Sungai Kokoq Puteq ini.


Image credit:@billydjokosetio

Sehabis lewat bermacam web wisata alam, hingga kalian hendak menciptakan Danau Segara Anak yang terletak di kaldera Gunung Rinjani. Danau dengan kedalaman dekat 230 m ini umum digunakan buat posisi berkemah yang aman. Bila mau menyantap ikan fresh, kalian dapat memancingnya langsung sebab banyak ikan nila serta ikan mas di dalam Danau Segara Anak.

Alamat:
Kec. Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat

5. Panorama alam menggoda mata ala Desa Senaru


Image credit:@lalu. inst

Desa Adat Senaru tidak butuh diragukan keindahannya. Salah satu jalan pendakian yang terkenal ini menaruh kekayaan tradisi yang kental. Kalian dapat berkunjung ke Kampung Adat Bayan di mana kalian dapat memandang kehidupan warga adat Wetu Telu. Abadikan pula dirimu bersama dengan rumah adat dikala terletak di kampung ini.


Image credit:@ditashnty16

Desa Senaru juga menaruh pesona air terjun ialah Air Terjun Sendang Gile yang memiliki 2 tingkatan. Aliran air di Air Terjun Sendang Gile ini dikira berasal dari air di Danau Segara Anak serta membentuk kolam di bawahnya. Kalian dapat mengabadikan air terjun dengan aman sebab telah dibentuk sarana buat istirahat. Ataupun kalian dapat turun pula ke air terjun serta telah disediakan tangga mengarah ke situ.


Image credit:@nie. mmmarcello

Jangan puas dengan satu air terjun, sebab masih terdapat Air Terjun Tiu Kelep yang menantimu! Terletak di atas Air Terjun Sendang Gile, kalian butuh menempuh jalan yang lumayan menantang buat datang di Air Terjun Tiu Kelep. Ekspedisi berawal dari tangga yang curam sampai menyusuri sungai serta jurang hendak kalian jalani. Penasaran mau berupaya serta melihat langsung keindahannya?

Alamat: Kec. Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat



6. Desa Aik Berik dengan bermacam air terjun yang menarik


Menelusuri Berbagai Wisata Alam di Jalur Pendakian Gunung Rinjani
Image credit:@egiepradana

Berketinggian dekat 30 m, air yang turun semacam benang- benang yang bergumpal membuat posisi wisata ini diberi nama Air Terjun Benang Stokel. Ada 2 titik air yang dapat kalian nikmati sekalian sehabis menuruni anak tangga buat turun ke posisi air terjun. Walaupun butuh berjalan kaki, tetapi tidak butuh takut bila mau bersantai. Telah banyak warung di pintu masuk air terjun sehingga kalian dapat mempersiapkan perbekalan di mari.


Image credit:@wndsanjaya

Luar biasa! Ini yang hendak kalian rasakan dikala memandang keberadaan Air Terjun Benang Kelambu dari dekat. Posisinya yang tidak jauh dari Air Terjun Benang Stokel membuat posisi ini seolah jadi bonus untuk kalian yang tidak buru- buru kembali seusai menikmati amannya aliran air. Air yang terjun keluar dari celah- celah tebing yang padat dengan tanaman menghasilkan keelokan yang unik serta tidak terdapat duanya.


Image credit:@cilukk__

Air Terjun Umar Maya jadi satu posisi wisata di kawasan Gunung Rinjani yang hendak membuat perjalananmu di Desa Aik Berik terus menjadi memuaskan. Air terjun berketinggian dekat 6 m ini memiliki kolam air bercorak kehijauan sebab memiliki sulfur. Dimensi kolamnya yang lumayan besar dengan bebatuan natural membuat panorama alam di air terjun nampak semacam lukisan alam yang sangat indah.

Alamat: Kec. Batukliang, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

Banyak sekali tempat wisata yang dapat kalian kunjungi dikala hendak mendaki Gunung Rinjani. Tetapi jangan lupa buat senantiasa mempersiapkan diri saat sebelum tiba ke situ serta melindungi kebersihan area dekat ya!
Artikel ini sebelumnya sudah tayang di TripZilla

Artikel

Baca Artikel Lainnya

Review Product

Artikel

Jasa Pengiriman
Bank Transfer
Copyright © 2021 |Karo Gaul
%0
%100
%17
%20
%25
%30
%40
%50
%60
+0
+100
+1000
+10000
+10500
+12000
+150
+1600
+200
+2000
+250
+300
+3100
+350
+400
+4000
+50
+500
+550
$0
$100000
$12000
$120000
$1200000
$1400000
$150000
$1520000
$17000
$185000
$198000
$20000
$200000
$240000
$2400000
$250000
$2520000
$260000
$280000
$300000
$350000
$3600000
$40000
$400000
$42000
$440000
$50000
$500000
$52000
$60000
$600000
$7000
$70000
$700000
$750000
$800000
$97000
aceh
Alat Cuci Motor
APD
artikel
bali
bandung
berastagi
binjai
bogor
brando mamana
cayon
danautoba
deliserdang
disinfektan
dompet
dompet custom
Face Shield
Hand Sanitizer
Helm
Helm Gaul
humbanghasudutan
islam
jakarta
Jaket
Jaket Karo
jam
jam custom
jogja
kampus
kaos
Kaos Batak
Kaos Karo
Kaos Kemerdekaan
karo
karo artis
karo gaul
karo gokil
karo islam
karo kuliner
karo news
karo puisi
karo sumatera
karo unik
KBB
Kesing
Kesing Batak
Kesing Batik
Kesing Jawa
Kesing Karo
Kesing Simalungun
Kesing Toraja
Kesing uang
Koas Karo
kolom
kopi
kopi bali
kuningan
kurma
langkat
lombok
madu
majalengka
makanan
malang
maluku
masker
masker corona
masker custom
masker hijab
masker karo
masker scuba
maskes custom
medan
minum
Minyak Karo
Mug
Mug & Tumbler
news
pariaman
payakumbuh
Photobook
Photobook Karo
Polaroid
pop socket
powerbank
powerbank batak
powerbank karo
produk
Promo
Q&A
Reseller
samosir
sandal
sandal karo
sandalcustom
simalungun
singgamanik
siosar
solo
solok
sumaterabarat
sumedang
sumut
taput
tasikmalaya
tiger karo
Topi
topi coronar
Topi Karo
tumbler
Tumbuk lada
video
vintage
viral