Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pajak Sambu : Pasar Monza Terbesar di Kota Medan yang Selalu Padat Pengunjung

Pajak Sambu

Karogaul.com - Ketika berkunjung ataupun liburan ke suatu wilayah, umumnya tempat wisata serta kuliner jadi destinasi yang tidak sempat dilewatkan. Bila Kamu lagi singgah ke Kota Medan, tidak ada salahnya buat mampir ke Pajak Sambu yang terletak di Jalur Sutomo.

Untuk Kamu yang hobi berbelanja baju, tempat ini hendak memanjakan mata Kamu. Pajak Sambu ialah suatu pasar yang menawarkan bermacam- macam baju sisa yang dihadirkan dari luar negeri.Menariknya, baju sisa impor yang dijual di pasar ini ditawarkan dengan harga yang murah meriah, apalagi terdapat yang dijual dengan harga obral.

Kenapa Disebut Monza ?

Pajak Sambu
Pic via acikidah

Oleh warga Sumatera Utara, pakaian sisa impor diucap dengan monza. Monza sendiri awal mulanya ialah singkatan Mongonsidi Plaza, suatu tempat di Kota Tanjung Balai, Sumatera Utara yang jadi pelopor penjualan baju sisa impor. Tetapi, kata monza setelah itu jadi sebutan yang menempel serta tidak asing lagi buat didengar.

Walaupun tempat tersebut telah lama tutup, tetapi penjualan baju sisa di Kota Medan malah terus menjadi tumbuh, salah satunya di Pajak Sambu ini. Bila Kamu mendatangi Pajak Sambu, hendak disambut puluhan kios yang berbaris dengan tumpukan baju yang diletakkan di lantai.

Sekilas Tentang Sejarah Pajak Sambu

Pajak Sambu
Pic via FB Karo Siadi (Desa Maju Medan, 1971.Jl. Sambu, Pusat Pasar.)

Terlebih untuk orang dagang yang terdapat di situ, Pajak Sambu ini telah beroprasi di Kota Medan semenjak tahun 90- an. Di masa itu, banyak barang atau beberapa barang yang dijual serba mahal. Kebutuhan warga hendak benda murah juga lumayan menekan pada waktu itu. Oleh sebab itu lah, setelah itu warga mulai berjualan di wilayah ini.

Entah siapa yang mengawalinya, tetapi lambat laun pasar ini tumbuh pesat. Bila dahulu cuma ada baju saja, tetapi saat ini terdapat bermacam berbagai benda yang dapat Kamu temukan di Pajak Sambu ini.

Orang dagang Menjajakan Dagangan dengan Aksi Humor

Pajak Sambu
Pic via medan daily

Terdapat hal yang lumayan unik dari pasar baju sisa yang populer di Kota Medan ini, di situ banyak orang dagang yang menjajakan benda dagangannya dengan style yang lucu. Tidak tidak sering, aksi orang dagang dikala menjajakan dagangan kepada pembeli di pasar ini viral di media sosial.

Aksi lucu orang dagang di situ mulai dari menjajakan dagangan dengan suara lantang, terdapat pula yang beraksi lucu seperti stand up comedy buat menarik atensi pembeli.

Jangan Lupa Menawar Harga

Pajak Sambu
Pic via tribun

Di pasar ini, banyak baju murah yang dijajakan. Tetapi, sesungguhnya terdapat pula baju yang lumayan mahal yang dijual di pasar ini. Umumnya, baju yang bagus hendak digantung oleh para orang dagang sebaliknya benda dengan mutu biasa- biasa saja hendak ditaruh di lantai.

Bila Kamu berbelanja di pasar ini, yakinkan Kamu tidak kurang ingat buat menawar harga. Sebab di pasar ini pembeli dapat menawar harga yang telah diresmikan oleh orang dagang. Bergantung keahlian sang pembeli dalam menawar harga benda yang hendak dibeli saja.

Harga Obral yang dinanti-nanti

Pajak Sambu

Nyatanya tidak cuma baju dengan harga murah saja yang dijual di Pajak Sambu ini, tetapi Kamu apalagi dapat menciptakan baju yang dijual dengan harga obral.

Di pasar ini, Kamu dapat memperoleh baju dengan harga sangat miring, semacam kemeja dengan harga Rp10 ribu 3 serta celana, setelah itu pula jaket. Perihal ini memanglah telah bukan perihal baru lagi, sebab Pajak Sambu memanglah menjual baju dengan harga sangat murah, mulai dari Rp5 ribu hingga ratusan ribu.

Pajak Sambu
 
Note :
Berikut adalah daftar Pajak (Pasar) tradisional di Kota Medan:
1. Pajak Melati (Pamela)
2. Pajak Sambas
3. Pajak Kemiri
4. Pajak Bakti Medan
5. Pajak Halat
6. Pajak Sukaramai Medan
7. Pajak Kampung Baru
8. Pajak Kuala Bekala
9. Pajak Simalingkar
10. Pajak Induk Medan
11. Pajak Padang Bulan
12. Pajak Muaratakus dan
13. Pajak Sei Sikambing Medan
14. Pajak Petisah Tahap I
15. Pajak Petisah Tahap II
16. Pajak Kampung Lalang
17. Pajak Sunggal
18. Pajak Helvetia
19. Pajak Glugur
20. Pajak Sentosa Baru

Kalau ke medan jangan lupa mampir ke salah satu pajak ini ya sobat gaul. Sekian dulu ulasan singkat mengenai "Pajak Sambu : Pasar Monza Terbesar di Kota Medan yang Selalu Padat Pengunjung" apakah sobat gaul tertarik untuk mengunjunginnya ? Happy holiday sobat gaul . . .