Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tangkahan Raja : Estetika Pemandian Alam Simalungun yang Harus Kamu Kunjungi

Tangkahan Raja
Tangkahan Raja Simalungun

Wisata di Simalungun populer akan air terjun serta umbulnya yang jernih. Saat ini, terus menjadi banyak aja destinasi baru yang menarik buat didatangi masing- masing tahunnya. Saat ini terdapat destinasi baru untuk masyarakat Siantar serta Simalungun dengan pemandian air terjun yang terdapat di kecamatan Tapian Dolok ini.

Tangkahan Raja Simalungun
Tiket masuk : Rp 5.000
Alamat: Nagur Usang, Kec. Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara 21154
Jam Operasional : 24 Jam
Telepon: 085762495593

Tangkahan Raja
Pic via pariwisatasumut

Tangkahan Raja ataupun kerap diucap pula Air Terjun Bahsalak ialah galian C yang disulap jadi objek pemandian ditengah- tengah perkebunan Bridgestone, di desa Nagur Usang, kec. Tapian Dolok, Kab. Simalungun.

Tadinya tempat ini sebagai pemandian karyawan perkebunan karet setempat yang berasal dari 3 aliran sungai ialah Sungai Salak, Sungai Mali serta Sungai Ranggasan. Atas inisiatif warga setempat, hingga dibuatlah bendungan sehingga dapat tercipta air terjun di tangkahan tersebut.

Letak Wisata Tangkahan Raja💕

Tangkahan Raja
sc image via: nico olyvin aritonang

Pemandian Tangkahan Raja ini berlokasi di Desa Bah Salak, Nagori Nagur Usang, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun. 

Mengarah ke posisi wisata alam itu, dari Kota Pematangsiantar menempuh ekspedisi kurang lebih 40 menit melintasi Jalur Medan. Akses jalur masuk dari Simpang Sinaksak, Kabupaten Simalungun, sedikit terjal serta lumayan menantang adrenalin para pengendara.

raja tangkahan
Tangkahan Raja

Jalur penuh batu kerikil serta melewati dingin dan sepinya kawasan milik salah satu perkebunan karet ternama sejauh 8 km. Sesampai di lokasi, para wisatawan disuguhkan panorama alam air jernih yang bersumber dari gabungan 3 aliran air sungai. Di antara lain aliran Sungai Bah Salak, Sungai Bah Mali, serta Sungai Bah Ranggasan.

Panorama alam 3 Buah Sungai yang Dibendung💕
Tangkahan Raja
sc image/@tangkahankc

Di wisata alam ini, ada anak sungai berair jernih yang terjun dari sisi perbukitan ialah Bah Salak, Bah Ranggasan serta Bah Mali. Nah, curahan air dari ketiga sungai tersebutlah yang setelah itu dikontrol buat mengisi kerukan batu sisa galian C.

Walaupun dibendung di lahan sisa galian C, tidak serta- merta air yang ditampung kotor serta tercemar polutan, lho! Malah senantiasa bersih sebab pengelola tidak sempat lalai mengganti air kolam yang dingin serta jernih ini secara bergantian.💕

Lagian, bukan cuma sungai yang jadi sumber air di pemandian tangkahan raja. Apabila destinasi wisata ini diobservasi, hingga akan ditemukan 5 buah air terjun kecil dengan debit normal yang mengalir selalu di sekelilingnya. Masih ragu mendatangi spot alam yang lagi happening ini, kah?

Pesona Air Terjun Bah Salak💕

Tangkahan Raja
sc image/@ar. juno_

Untuk yang senantiasa haus akan wisata alam, Air Terjun Bah Salak merupakan tempat petualangan baru yang butuh dieksplorasi. Sepakat, kan? Selagi masih terletak di Nagori Nagur Usang, sekaligus saja berkunjung ke seluruh destinasi wisata Tapian Dolok terdekat.Mendebarkan sekalian sekaligus ketagihan sih bermain air di curahan Air Terjun Bah Salak. 

Karena, tempat ini cukup hening dari kedatangan wisatawan. Jadi, sensasinya semacam berada di dunia sendiri. Coba saja jika belum yakin.💕

Tangkahan Raja
(Foto: Tagar/Jonatan Nainggolan)

Berjiwa bebas? Di sinilah dapat tersambung dengan alam bernuansa asri. Tidak terdapat jalinan ketentuan yang diberikan untuk wisatawan. Tinggal lepas busana dan ganti dengan baju renang, percikan air terjun yang fresh luar biasa hendak sangat menenangkan jiwa.

Kegiatan Wisata Tangkahan Raja💕

Tangkahan Raja
Pic via corectoid

Di Pemandian Tangkahan Raja ini para turis bisa menikmati air terjun yang mempunyai panorama alam yang memesona dengan air yang jernih, bersih serta menyegarkan.

Berenang, berendam serta bermain air merupakan aktivitas sempurna di tangkahan raja. Sebab itu jangan sesekali meninggalkan kantung kedap buat gawai ataupun kamera anti air. Sayang banget soalnya jika kamu lagi nyelan tidak diabadikan.😀

Dengan Kedalaman 2- 4 m, jernihnya air pemandian ini seru sekali buat berpotret- potret alau laut, tidak wajib semacam lagi snorkeing. Jeprat- jepret kala lagi berenang ataupun berendam meggunanakan kamera underwater, hasil gambar telah menarik buat diunggah ke medsos kamu.

Cuma saja, air yang bersih serta jernih hendak susah didapatkan dikala weekend. Dimana, turis yang mendatangi pemandian Tangkahan Raja jumlahnya hendak membeludak. Saran waktu terbaik memanglah tidak jauh- jauh dari weekday.

Tiket Masuk Tangkahan Raja💕

Tangkahan Raja
Pic via jiwapetualang

Keunikan wisata pemandian ini terletak pada airnya yang jernih dan segar, serta lokasinya yang berada di tengah hutan yang masih alami dan asri. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati panorama alam yang menakjubkan di sekitar pemandian.

Keunikan lain dari Pemandian Tangkahan Raja adalah adanya sumber air panas di dalamnya. Air panas ini berasal dari gunung yang terletak di dekat pemandian. Selain digunakan untuk berendam, air panas ini juga diyakini memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan penyakit lainnya.💖

Selain itu, wisatawan juga dapat melakukan trekking di sekitar hutan yang mengelilingi pemandian, melihat keindahan air terjun yang indah, dan menikmati keindahan alam yang masih alami. Keunikan lainnya adalah wisatawan dapat mencoba berbagai makanan khas Sumatera Utara yang dijual di sekitar pemandian.

Tangkahan Raja

Buat tiket masuk, wisatawan tidak butuh merogeh koce yang besar. Alasannya buat menikmati seluruh atraksi wisata yang terdapat di Tapian Dolok satu ini. Para wisatawan hanya menghasilkan bayaran Rp5. 000/ orang.

Dari segi sarana, objek wisata memanglah lumayan standar. Mesiki demikian, telah dapat membuat wisatawan aman. Di pemandian alam ini telah terdapat sebagian 
👉 pondok rehat, 
👉warung makan, 
👉sewa ban pelampung, 
👉kamar mandi dan
👉zona parkir yang luas.
 
Kesimpulannya, Pemandian Tangkahan Raja Simalungun adalah tempat yang unik dan menarik untuk dikunjungi bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam, berendam di air terjun, dan merasakan sensasi mandi di air panas alami yang menyembuhkan.

Demikianlah artikel ulasan mengenai "Tangkahan Raja : Estetika Pemandian Alam Simalungun yang Harus Kamu Kunjungi" semoga dapat menjadi panduan untuk wisata gaul kamu. 
happy holiday.💕