Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jeruk Karo Berastagi : Rasanya Manis dan Segar Bisa Langsung Petik di Ladang

jeruk karo
Ket gbr  ; pak jokowi saat memetik jeruk di Desa Liang Melas Datas, Karo

Jeruk sudah mengganti peradaban warga Karo. Berkat jeruklah perekonomian warga karo berkembang serta pembelajaran bertambah. Orangtua karo dapat menyekolahkan anak mereka karna jeruk. Jeruk pulalah yang tingkatkan ekonomi rumah tangga di karo sobat gaul.

Sesungguhnya jeruk manis Berastagi ini merupakan tipe jeruk WNO (washington navel orange) sobat gaul. Sebab banyak ditanam di kawasan Berastagi, Sumatera Utara, kesimpulannya warga setempat menyebutnya dengan jeruk manis Berastagi. Buahnya berupa bundar dengan permukaan agak halus. 

Ujung buah bulat serta berpusar. Kulit buah bercorak kuning mengilat serta susah dikupas apabila matang sobat gaul.๐Ÿ’•

jeruk karo berastagi
Jeruk Berastagi (KARO)

Jeruk Karo Berastagi
Pic via kompasiana

Sobat gaul, pernahkah kalian beragrowisata? Wisata ke wilayah sentra pertanian dimana banyak ditanam tumbuhan buah serta sayur- mayur. Bila berkunjung ke Berastagi, jangan lupa ya buat menyempatkan diri buat beragrowisata dimari. 

Untuk orang- orang yang tinggal di kota pengalaman memetik buah langsung dari pohonnya ialah perihal yang sangat mengasyikkan. Terlebih kita boleh memakan buah yang kita petik sepuasnya sobat gaul, tentu ini menjadi pengalaman yang sangat menarik bukan.

Jeruk Karo Berastagi
Pic Medan daily

Berastagi populer tidak cuma karena panorama alam alamnya yang indah serta udaranya yang sejuk, Berastagi juga terkenal sebagai penghasil buah serta sayur- mayur. Kota- kota di Sumatera utara banyak memperoleh supply sayur- mayur serta buah- buahan dari Berastagi. 

Memanglah di selama perjalanan banyak kita jumpai kebun-kebun buah paling utama jeruk manis. Sehabis berkunjung ke Taman Alam Lumbini kami mengarahkan perjalanan selanjutnya ke sebuah pedesaan untuk beragrowisata soabt gaul. ๐Ÿ’•

Kami memilih salah satu kebun jeruk yang sudah ditunggui oleh pemilik kebun. Sambutan ramah kami terima dari mereka dan kami pun langsung ditawarkan untuk memetik buah jeruk manis langsung dari pohonnya.

Jeruk Karo Berastagi
Memetik jeruk manis boleh makan sepuasnya serta cuma membayar yang dibawa pulang saja.

Kami diajak masuk beberapa ratus meter ke dalam kebun sekalipun di depan banyak pohon jeruk yang berbuah dan siap petik.“ Kita ke dalam nakku.. yang di luar mari kurang manis”. 

“Cicip yang ini, yang itu juga manis” lha katanya gak boleh lebih dari 2 (dua), tetapi terus disuruh nyicip dari pohon ini, pohon itu.. kesimpulannya entah berapa buah yang aku makan, yang tentu sampe kenyang haha. Serta ibuk itu terus aja nawarin,“ ambil lagi nakku.. makan lagi..”

Nyaris seluruh petani menanam jeruk yang saat ini diketahui dengan istilah jeruk medan, masyarakat Sumut lebih bahagia menyebutnya jeruk Karo ataupun jeruk Berastagi. Tidak kurang dari 18.000 hektar lahan petani ditanami jeruk. 

Berkembang 400 - 500 tumbuhan jeruk di tiap hektar. Dataran setinggi 800 m hingga 1.000 m di atas permukaan laut di lereng Gunung Sinabung ini nyatanya cocok buat tumbuhan jeruk. Jeruk siam ini jadi karakteristik khas Karo.๐Ÿ’•

Jeruk karo menjanjikan secara ekonomi. Permintaan pasar sangat besar. Apalagi, tidak tidak sering, kebun jeruk dikunjungi tengkulak saat sebelum masa panen. Harta petani juga berlimpah tentunya.

 
Jeruk Karo Berastagi
Jeruk Manis Berastagi

Jeruk Karo Berastagi
Pic via lexyleksono

Puas makan buah jeruk kami kembali dengan bawa kantong- kantong penuh buah jeruk. Hingga di lapak buah yang kami membawa ini ditimbang serta ini yang kita bayar buat dibawa kembali. Terima kasih ibuk, mudah- mudahan kebun buahnya terus menjadi sukses.

Jeruk karo berastagi tidak diragukan lagi kualitas dan rasanya, dan baru baru ini ada lagi jeruk yang tak kalah manisnya yaitu Jeruk karo liang melas datas yang kemarin dikirim warga Karo sebanyak 3 (tiga) ton ke bapak Presiden kita Joko Widodo. 

Satu hal yang bikin kita tertawa adalah ketika pak jokowi bilang "Jeruk ini dipotong atau dikupas" mungkin sangking besarnya kali ya,. hehehhe . . . Sukses terus petani Jeruk Karo.

Jeruk Karo Liang Melas Datas๐Ÿ’•

Selain jeruk Berastagi ternyata masih ada jeruk yang rasanya manis dan besar yaitu Jeruk Karo Liang Melas Datas. Dimana jeruk ini kemaren dikirim warga karo dari desa ini dan tak tangung tanggung sebanyak 3 Ton lho sobat gaul.

Pengiriman jeruk sebanyak itu ke Istana merupakan tanda cinta warga karo terhadap Presiden RI Joko Widodo. dan sebagai balasannya pak jokowi kemaren datang ke desa liang melas datas dan memetik jeruk langsung di ladang warga di desa ini.

Kedatangan pak Jokowi ke desa ini sekaligus meninjau dan cek langsung pelaksanaan pembangunan jalan rusak di desa ini. pak Jokowi juga di dampingi oleh mentri lainnya seperti pak Luhut, Basuki, dan Sandiaga Uno.

Jeruk Karo Liang Melas Datas
Gambar dari : Foto: Biro pers Setpres

Jeruk Karo Liang Melas Datas
Pak jokowi lagi pegang 1 krangkeng jeruk (besar dan manis nih sobat gaul)

Jeruk Karo Liang Melas Datas
Pemberian bulang-bulang sebagai tanda penghormatan kepada Pak Jokowi

Jeruk Karo Liang Melas Datas
Pak sandiaga lagi petih jeruk nih (bagi dong pak)

Jeruk Karo Liang Melas Datas
Pak basuki lagi fokus ngliat buh jeruk (bingung metik yang mananih pak)

Jeruk Karo Liang Melas Datas
Pak jokowi di damping buk bupati karo, pak luhut

Demikianlah pemaparan singkat tetang artikel ini "Jeruk Karo Berastagi : Rasanya Manis dan Segar Bisa Langsung Petik di Ladang" kapan nih sobat gaul metik buah langsung di perkebunan jeruk kampung karo ?

Terima kasih Pak Jokowi dan tim-tim lainnya.
Mejuah-juah, Horas . . .

Jeruk Karo Berastagi๐Ÿ’•

Jeruk Karo atau dikenal juga sebagai Jeruk Berastagi adalah jenis buah jeruk yang berasal dari daerah Berastagi, Sumatera Utara, Indonesia. Buah ini memiliki ciri khas kulitnya yang tebal, berwarna oranye kekuningan, dan daging buahnya berwarna kuning cerah. Jeruk Karo terkenal dengan rasa yang manis dan asam yang segar, serta aromanya yang khas.

Jeruk Karo merupakan salah satu komoditas unggulan dari daerah Berastagi, dan telah menjadi salah satu buah yang terkenal di Indonesia. Buah ini juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi, karena banyak dibudidayakan oleh petani di daerah tersebut.

Jeruk Karo Liang Melas Datas

Selain rasanya yang lezat, Jeruk Karo juga mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti vitamin C, vitamin A, serat, dan antioksidan. Kandungan nutrisi ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah berbagai penyakit, dan menjaga kesehatan kulit.๐Ÿ’•

Jeruk Karo juga sering dijadikan bahan untuk membuat berbagai macam makanan dan minuman, seperti selai, sirup, jus, dan es buah.  Selain itu, daerah Berastagi juga sering dijadikan sebagai destinasi wisata kuliner, yang menawarkan berbagai macam hidangan dan minuman yang terbuat dari Jeruk Karo. Wisatawan juga dapat berkunjung ke kebun Jeruk Karo dan belajar langsung tentang cara menanam, merawat, dan memanen buah Jeruk Karo.

Secara keseluruhan, Jeruk Karo merupakan buah yang memiliki nilai ekonomi dan kultural yang tinggi, serta memberikan manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. Dengan rasanya yang lezat dan khas, serta keunikan dari daerah asalnya, Jeruk Karo menjadi salah satu produk unggulan dari Indonesia yang patut dijaga dan dipromosikan.

Mejuah-juah๐Ÿ’•