Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

💗 Loken Barn 💗

Potret 7 Destinasi Wisata Tanah Toraja yang Pasti Berkesan Saat Kamu Kunjungi Sobat Gaul

7 Destinasi Wisata Tanah Toraja

Karogaul.com -
Destinasi wisata Tana Toraja kerap terlontar ungkapan“ tidak biasa” untuk mayoritas penduduk, mengingat banyak makam yang dijadikan destinasi wisata. Tetapi alam di Tana Toraja pula menawarkan eksotisme yang tidak kalah indah. Pikirkan sejenak, kalian dapat memandang bukit menjulang yang dibelah oleh sungai, mirip sepeti film kartun animasi Avatar The Legend of Aang sobat gaul.

7 Destinasi Wisata Tanah Toraja

Adapun Kabupaten yang terletak di Sulawesi Utara ini pula mempunyai nilai adat serta budaya atau tradisi yang masih dan sangat kental. 

Pesona dan daya tarik akan adat serta alam di sekitarnya membuat turis jatuh hati semenjak pandangan pertama. Penasaran kan sobat gaul? Berikut ini adalah objek wisata Tana Toraja yang wajib didatangi.

1. Memandang makam para bangsawan, Gua Lemo

Tidak semacam makam pada biasanya, Lemo gampang diakses untuk khalayak universal. Tata metode pemakaman masyarakat bangsawan Toraja yang khas jadi energi tarik tertentu untuk turis buat memandang langsung liang makam yang terdapat di dalam batu gua. Perbukitan kapur yang bercorak keputihan berikan rona warna tertentu sehingga makam jauh dari kesan angker.

Gua Lemo
Taken by:@kiven_eleven11

Terdapat macam arca kayu yang menghiasi bukit makam. Untuk adat setempat, arca yang terbuat wajib menyamai orang yang telah wafat serta jasadnya dimakamkan ke dalam batu. Tiap keluarga mempunyai tempatnya sendiri di dalam bukit, begitu pula dengan penyusunan arca kayu. Bila mereka sedarah serta mempunyai jalinan keluarga, patung- patung tersebut dijejerkan dengan leluhurnya yang lebih dahulu wafat dunia.

Gua Lemo toraja
Taken by:@rianviolet

Walaupun jadi liang makam, Lemo mempunyai pesona tertentu. Panorama alam stalaktit serta stalakmit gua membagikan rona warna alam yang epic. Cahaya matahari yang timbul dari sela- sela gua berikan sinar sehingga kontur warna gua nampak menawan. Dari lubang- lubang gua itu pula wisatawan bisa memandang panorama alam alam di sekitarnya yang tidak kalah bagus.

Gua Lemo Toraja
Alamat: Desa Sandan Uai, Kec.Sanggalangi, Kab. Toraja Utara, Prov. Sulawesi Selatan.
Tiket masuk: 20, 000 IDR buat 3 orang

2. Memandang langsung Arca Yesus Buntu Burake serta meniti jembatan cermin terpanjang di Indonesia

Arca Yesus Buntu Burake toraja
Taken by:@yoppysiswanto

Pada dasarnya tempat ini ialah objek wisata rohani buat penganut agama Kristiani. Hendak namun siapapun dapat menikmati panorama alam alam yang spektakuler dari jembatan cermin. Buat menggapai ke bukit Buntu Burake, kalian menempuh ekspedisi dekat 7 jam lewat jalur Poros Baru Makassar. Letak arca ini terletak di kota Makale, pas di atas bukit Buntu Burake. Dibangunnya arca ini mereplikasi style arca yang terdapat di Rio De Janeiro, Christ the Redeemer.

Arca Yesus Buntu Burake toraja
Taken by:@vicarioabs

Dengan dibukanya zona rohani ini, sangat tidak turis dapat menikmati ketinggian bukit dengan akses yang lebih gampang serta nyaman. Jembatan cermin yang mengelilingi arca ialah jembatan cermin terpanjang yang terdapat di Indonesia, dengan panjang dekat 90 m. 

Berlokasi di jembatan cermin ini, nuansanya semacam lagi melayang di atas ketinggian. Bila mau menikmati panorama alam yang spektakuler, datanglah sepagi bisa jadi buat memandang matahari terbit dengan gumpalan awan putih di sekitarnya.

Arca Yesus Buntu Burake toraja
Taken by:@mondwinita

Arca Yesus Buntu Burake
Alamat: Bukit Buntu Burake, Kota Makale, Sulawesi Selatan.
Jam operasional: Tiap hari, 6. 00- 22. 00 WITA
Tiket masuk: 50, 000 IDR per orang

3. Eksplorasi rumah adat tertua di Sulawesi di Desa Pallawa Toraja

Tempat wisata Tana Toraja kali ini ialah kawasan desa yang memiliki, tempat di mana rumah adat Tongkonan, rumah adat khas Sulawesi Selatan, yang sangat tua di Tana Toraja serta masih terpelihara sampai saat ini. 

Desa Pallawa toraja
Pic by ikutlangkahkaki

Buat menggapai ke situ, kalian wajib menempuh ekspedisi sepanjang 7 jam dari kota Makassar. Sesampainya di desa, kalian hendak memandang area yang masih sangat asri, dengan suasana hawa yang jauh lebih sejuk dari kota Makassar serta Alamat desa ini terletak di daerah perbukitan yang terjal sobat gaul.

Desa Pallawa toraja
Taken by:@andiarumislami21

Ada 11 rumah Tongkonan dengan perlengkapan penumbuk padi tradisional di desa ini. Owner aslinya tidak lagi menempati rumah ini, karena terdapat keluarga yang membeli seluruh rumah adat yang terdapat di kampung serta penduduk asli desa tinggal di balik rumah Tongkonan. Dar penuturan warga setempat bahwa rumah Tongkonan ini merupakan saksi bisu kerasnya dahulu perang antar- desa sobat gaul.

Desa Pallawa Toraja
Alamat: Desa Pallawa, Sesean, Toraja Utara, Sulawesi Selatan
Tiket masuk: Free

4. Kolam Air Limbong, Keindahan telaga kecil di tengah tebing yang memukau

Buat yang mau mencari keheningan atmosfer alam, berkunjung ke kolam air limbong merupakan solusinya. Kolam air ini merupakan telaga kecil yang Alamatnya 2 km dari kota Rantepao. Pemandangannya sangat epic, tebing batu cadas serta hijaunya air berpadu menciptakan panorama alam yang menarik.

Kolam Air Limbong toraja
Taken by:@8fanuel

Kolam Air Limbong toraja

Akses mengarah kolam pula telah baik. Fasilitasnya juga lengkap, tercantum keberadaan sebagian rumah makan serta wc. Kalian pula dapat bersepeda air sembari memandang rindangnya pepohonan yang menjorok ke perairan sobat gaul. Nyanyian burung yang bersorak- sorai ikut meramaikan pesona alam di dekat telaga, tebing yang besar memantulkan gema alam serta memperkenalkan relaksasi.

Kolam Air Limbong
Alamat: Jalan. Singki, Rantepao, Sulawesi Selatan, Indonesia
Tiket masuk: 10, 000 IDR buat turis dalam negeri, 20, 000 IDR buat turis mancanegara.

5. Berswa foto ria ditemani artistiknya gumuk pasir Sumalu

gumuk pasir Sumalu
Taken by:@christinetadale

Nyatanya gumuk pasir tidak cuma terdapat di Yogyakarta. Di Tana Toraja pula memiliki lingkungan perbukitan pasir yang pesonanya tidak kalah menawan. Tempat Wisata Tana Toraja ini bernama Gumuk Pasir Sumalu, yang tadinya kerap diucap dengan nama Bukit Pa’ buyan.

gumuk pasir Sumalu
Taken by:@ethnictraveler

Zona pasir ini bukan sembarang gundukan, pasir yang gampang terbawa angin melukiskan panorama alam yang indah nan artistik. Tidak ayal, bila difoto di tempat ini senantiasa menciptakan gambar yang ciamik sobat gaul. Buat hingga ke gumuk pasir, kalian wajib menempuh darmawisata dari rute Rantepao serta memakan waktu lebih dari satu jam( jarak 25 km).

Gumuk Pasir Sumalu
Alamat: Rantebua Sumalu, Rantebua, Toraja Utara, Sulawesi Selatan
Tiket masuk: 10, 000 IDR( parkir)

6. Bonggakaradeng memiliki bukit teletubbies Toraja

bukit teletubbies toraja
Taken by:@desinafalia

Bonggakaradeng merupakan suatu kec. yang terdapat di Kab. Tana Toraja Sulawesi Selatan. Daerah ini mempunyai destinasi wisata yang mempertontonkan bentang alam yang luas serta padang rumput hijau sobat gaul. Energi tarik utamanya merupakan panorama alam barisan gunung yang semacam permadani yang dibelah aliran sungai. Alamat bukit Teletubies merupakan zona sangat baik buat memandang hamparan pegunungan serta menikmati suasana pedesaan.

bukit teletubbies toraja
Taken by:@adhy_seyvantt

Zona ini sangat cocok buat yang menyayangi aktivitas berkemah serta kegiatan alam leluasa. Kalian dapat memandang burung beterbangan dengan perbukitan Ollon yang terhampar luas, sungai dengan aliran air yang jernih, memanjakan mata dengan panorama alam natural yang begitu asri sobat gaul. Dikala matahari terbit, hendak terdapat awan kabut yang menyelimuti perkebunan dengan temperatur yang sejuk.

Bukit Teletubbies
Alamat: Bukit Teletubbies, Desa Bonggakaradeng, Tana Toraja, Sulawesi Selatan.
Tiket masuk: Gratis

7. Indahnya Batu megalitikum para bangsawan di Bori Kalimbuang

Batu megalitikum toraja
Taken by:@_gobackpacking

Bori Kalimbuang ialah lapisan lingkungan batu megalitik yang berdiri menjulang di atas padang rumput. Total terdapat 102 batu yang menjulang di zona Bori Kalimbuang, yang diucap oleh warga setempat selaku“ simbuang batu”. Batu- batu yang besar ini ialah menhir yang terbuat dikala persemayaman jenazah sobat gaul.

Batu megalitikum toraja
Taken by:@carrickferguson

Perlu waktu tenaga yang amat banyak buat menciptakan batu semacam yang terdapat di Bori Kalimbuang. Biayanya batunya kabarnya pula bersaing dengan sewa rumah. Normal, buat menemukan batu menhir tersebut, keluarga yang ditinggalkan wajib memohon tolong ataupun membayar kuli buat mengambil batu dari atas gunung serta dipoles sedemikian rupa.

Setelah itu sobat gaul batu digulung secara bergotong royong ke lingkungan Bori Kalimbuang. Perlu banyak orang yang bekerja buat memoles sampai mengantarnya. Proses pengambilannya pula susah serta berisiko besar. 

Batu megalitikum toraja
Pic by wisataoky

Terlebih jika mendiang berasal dari orang kaya, dimensi batu pengaruhi strata sosial terus menjadi besar batu yang terbuat, terus menjadi besar banyak kerbau yang dipakai dikala upacara adat kematian serta terus menjadi besar derajat kebangsawanan orang tersebut.

Batu megalitikum
Alamat: Bori, Sesean, Toraja Utara, Sulawesi Selatan
Tiket masuk: Rp 5000 + parkir

Demikianlah ulasan singkat mengenai "Potret 7 Destinasi Wisata Tanah Toraja yang Pasti Berkesan Saat Kamu Kunjungi" kira kira desti wisata yang mana terlebih dahulu sobat gaul akan kunjungi nih ?