Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Terjun Cipamingkis Bogor : Wisata Keluarga dengan Beragam Spot Foto Kekinian

Karogaul.com - Air Terjun Cipamingkis Bogor adalah salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di kawasan Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Terletak sekitar 25 kilometer dari pusat Kota Bogor, air terjun ini menawarkan pemandangan yang indah dan segar karena berada di kaki Gunung Salak.

Air Terjun Cipamingkis memiliki ketinggian sekitar 35 meter dan dibentuk oleh aliran Sungai Cipamingkis yang berasal dari Pegunungan Salak. Air terjun ini terkenal dengan airnya yang jernih dan segar serta area sekitar yang masih asri dan alami.

Untuk mencapai Air Terjun Cipamingkis, pengunjung harus menempuh perjalanan melalui jalan yang berliku dan menantang. Namun, perjalanan tersebut akan terbayar dengan pemandangan alam yang indah dan udara yang segar. Pengunjung juga bisa berjalan kaki melalui jalur pendakian yang dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bogor.

Air Terjun Cipamingkis Bogor

Karena keindahannya yang unik dan menawan, Air Terjun Cipamingkis sukses jadi wisata alam lihan pengunjung di areal Jonggol, Bogor. Air Terjun ini populer dengan tata kelolanya yang apik dan didukung sarana yang mencukupi sehingga turis dibikin betah kan pesona yang diuguhkan wisata ini sobat gaul.

Tidak hanya area Puncak, Bogor pula mempunyai sejuta wisata air yang salah satunya merupakan Air Terjun Cipamingkis di Jonggol. Walaupun tidak mempunyai ketinggian yang egitu tinggi, tetapi terdapat begitu banyak keelokan yang tidak boleh dilewatkan sobat gaul. Teruntuk Sobat gaul yang telah penasaran mengenai informasi Air Terjun keren nan indah ini, ayo ikuti uraian dalam pembahasan berikut ini!

Daya Tarik Air Terjun Cipamingkis

Air Terjun Cipamingkis Bogor
Taken by Curug Cipamangkis

Area wisata Cipamingkis pada dasarnya bisa dicapai dengan metode berjalan kaki dengan waktu tempuh kurang lebih 2, 5 jam. Walaupun wajib menempuh jarak yang lumayan jauh, setibanya di wisata ini rasa letih Sobat gaul bakal terbayar seketika pada saat keelokan Air Terjun sukses memanjakan mata sobat gaul. Suguhan awal yang bakal Sobat gaul dapatkan merupakan air terjun mini yang jernih dan bening.

Air Terjun Cipamingkis ini dialiri langsung oleh 2 sungai sobat gaul yang melintas dari Sungai Cisarua serta Sungai Cipamingkis. Dari nama salah satu sumber air inilah wisata alam ini dinamakan yaitu"Cipamingkis". Para warga sekitar yakin kalau Air Terjun ini terakhir yang terdapat di kawasan Bogor sobat gaul.

Selain menikmati pemandangan alam, pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas di sekitar Air Terjun Cipamingkis, seperti berenang di kolam yang terbentuk dari aliran air terjun atau berfoto dengan latar belakang air terjun yang cantik. Untuk menjaga kelestarian alam di sekitar Air Terjun Cipamingkis, pengunjung diharapkan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan merusak lingkungan sekitar. Selain itu, pengunjung juga harus mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola.

Air Terjun Cipamingkis Bogor merupakan tempat yang cocok untuk menikmati alam dan melepas penat dari kesibukan kota. Dengan keindahan alamnya yang masih alami, Air Terjun Cipamingkis menjadi salah satu destinasi wisata yang layak dikunjungi di kawasan Bogor.


Air Terjun Cipamingkis Bogor
Taken by om Fathin - Rudi

Di Zona Air Terjun, turis bisa memandang area pedesaan Wargajaya yang pemukimannya tertata serta tersusun dengan apik. Kegiatan warga yang kesehariannya ialah petani juga dapat Sobat gaul amati di sini tiap paginya sobat gaul. 

Tidak jarang juga, turis hendak menjumpai jalanan pedesaan yang sejuk karena diselimuti dengan kabut rimbun serta embun yang juga berjatuhan sobat gaul. Air Terjun cipamingkis ini resmi dibuka pada tahun 2009 lalu sobat gaul dan memperoleh pengelolaan dari Perum Perhutani KPH Bogor. 

Berkat pengelolaan ini, Air Terjun Cipamingkis terus menjadi jadi objek wisata alam unggul yang banyak didatangi traveler dari bermacam wilayah. Tata posisinya yang sangat apik juga jadi energi tarik tertentu untuk wisata ini sobat gaul.

Air Terjun Cipamingkis sudah teruji jadi wisata favorite yang pantas masuk ke list wisata incaran sobat gaul. Alasannya, wisata alam ini sanggup menawarkan panorama alam berbeda yang susah Sobat gaul miliki di tempat yang lain. Hamparan tumbuhan pinus nan hijau semakin membuat panorama alam alam sekitar sangat melegakan mata sobat gaul.

Air Terjun Cipamingkis Bogor
Taken by Dadan Wigandia

Air Terjun Cipamingkis Bogor
Taken by zandra_ helman

Atmosfer tenang serta hawa fresh khas pegunungan dapat Sobat gaul miliki secara cuma cuma di tempat wisata ini. Inilah alibi kenapa air terjun ini sangat disarankan buat Sobat gaul yang mau membebaskan diri dari penatnya suasana perkotaan. 

Pesona alam yang sangat menawan disatukan dengan adanya sarana modern yang menjamin kenyamanan para wisatawan sobat gaul. Kedua faktor tersebut ialah perpaduan ang komplit yang sudah dipunyai wisata Air Terjun Cipamingkis ini sobat gaul. 

Terdapat pula sebagian wahana semacam kolam terapi ikan, zona camping seru, serta spot gambar keren yang dapat Sobat gaul dapatkan di situ. Sambil merasakan keelokan alam, Sobat gaul dapat menjajal kolam pengobatan ikan dengan memasukkan kaki ke kolamnya sobat gaul.

Semacam yang telah disinggung tadinya, buat menggapai lokasi Air Terjun ini Sobat gaul wajib berjalan kaki dengan waktu tempuh kesana sekitar 2, 5 jam. Walaupun menghabiskan segala isi tenaga, rasa letih hendak terbayar seketika dikala hingga di lokasi. Supaya tidak merasa begitu penat serta bisa menjelajah keindahan air terjun dalam yang cukup waktu lama, hingga Sobat gaul perlu akomodasi yang pas sobat gaul.

Air Terjun Cipamingkis Bogor
Taken by Curug Cipamingkis

Kerennya, wisata air terjun ini pula memperkenalkan akomodasi untuk para turis yang tiba buat menginap. Sobat gaul tidak butuh takut soal ketersediaan penginapan di posisi terdekat dari wisata ini sobat gaul. Alasannya, terdapat begitu banyak opsi hotel serta villa dengan bermacam berbagai jenis serta harga cocok dengan kemauan serta keahlian turis.

Sehabis bermalam di Air Terjun Cipamingkis, hingga Sobat gaul dapat melanjutkan jelajah wisata di keesokan harinya sobat gaul. Sobat gaul bisa menjangkau area pedesaan yang masih terpelihara dengan asri serta lestari. Di pagi hari warga sekitar hendak melaksanakan kegiatan wajibnya selaku petani. Memandang petani yang beraktifitas di sawah sangat jadi kesan tertentu bagimu bukan?

Air Terjun Cipamingkis Bogor
Taken by Enda Photography

Seolah Sobat gaul dibawa ke dalam kenangan masa dulu sekali(bostalgia) yang terkesan simpel tetapi sangat berkesan. Tidak hanya itu, warga desa yang begitu ramah pula terus menjadi menjadikan aktivitas tamasya Sobat gaul kian istimewa sobat gaul. Apalagi, turis diperbolehkan buat difoto di tengah sawah yang hijau. Tetapi yakinkan kalau aktivitas Sobat gaul ini tidak mengusik kegiatan mereka ya.

Turis pula boleh mencari informasi dari para warga desa terkait destinasi wisata terdekat dari lokasi. Pasti saja mereka hendak merespons Sobat gaul dengan sangat baik sobat gaul. Tidak sedikit dari mereka menggambarkan sekilas berita tentang pesona keindahan Air Terjun ini yang menggambarkan wisata jawara di wilayah tersebut sobat gaul. Menarik bukan?

Alamat, Rute Lokasi, Harga Tiket Masuk Air Terjun Cipamingkis

Air Terjun Cipamingkis Bogor
Taken by Curug Cipamingkis

Air Terjun Cipamingkis berlokasi di Desa Wargajaya, Sukamakmur, Bogor. Ada pula akses mengarah ke wisata ini sangat gampang dicapai sobat gaul. Cuma saja, perlu waktu yang cukup lama buat dapat hingga ke lokasi. Buat itu, para turis disarankan memakai kendaraan kokoh yang bisa melibas tanjakan serta turunan sobat gaul.

Mengingat jalan mengarah Air Terjun Cipamingkis didominasi dengan tanjakan serta turunan, Sobat gaul pula wajib mempersiapkan keadaan raga sebaik mungkin. Tetapi Sobat gaul tidak butuh takut, selagi menjajaki arahan ataupun petunjuk jalur, Sobat gaul tidak bakal tersesat. Ada pula rute yang dapat Sobat gaul pilih mulai dari Bekasi, Jakarta, serta Cianjur sobat gaul.

Bila Sobat gaul tiba dari arah Bekasi, hingga dapat memilah 3 rute salah satunya rute Tol Jagorawi sobat gaul. Pertama tama, mulailah petualangan dengan melewati Tol Jagorawi sampai mengarah ke arah Tol JORR. Setelah itu, ambil arah mengarah Mayor Oking hingga Sobat gaul mendapatkan pertigaan Pasar Baru Citeureup sobat gaul.

Air Terjun Cipamingkis Bogor
Taken by hasan sadiq syahab

Di pertigaan kiri, ambil arah ke Cibadak serta lanjutkan petualangan hingga ke Pasar Sukamakmur Jonggol. Teruskan petualangan hingga Sobat gaul berada di Jalur Kampung Ciherang. Dari sini, Sobat gaul cuma butuh menjajaki petunjuk jalur yang bakal memusatkan langsung ke titik posisi Air Terjun Cipamingkis.

Bila Sobat gaul datang dari Jakarta, maka pilih rute Tol Cibubur sampai tiba di area Gunung Putri. Dari Gunung Putri, lanjutkan petualangan mengarah Jonggol sampai ke Kec. Sukamakmur. Dari Kec Sukamakmur, Sobat gaul tinggal memusatkan kemudi mengarah Desa Margajaya yang mana posisi dari wisata alam ini berada sobat gaul.

Air Terjun Cipamingkis Bogor
Taken by Fernanda

Sedangkan buat Sobat gaul yang tiba dari Cianjur, hingga dianjurkan memilah rute Jalan Istana Cipanas hingga datang di polsek Pacet. Sesampainya di situ, ambil arah kanan serta jalur terus sampai mendapatkan pertigaan. Dari pertigaan ini, silahkan belok kanan ke arah Jalur Puncak 2. Di jalan ini, Sobat gaul tinggal belok ke kiri serta telah tiba di posisi Air Terjun Cipamingkis sobat gaul.

Sama semacam wisata pada biasanya, buat merambah Air Terjun Cipamangkis terdapat beberapa bayaran yang wajib Sobat gaul keluarkan. Ada pula bayaran tersebut dibutuhkan buat membayar tarif retribusi serta uang parkir. Ada pula harga tiket masuk yang harus Sobat gaul bayarkan mulai dari besara Rp 40 ribu sampai Rp 50 ribu sobat gaul.

Sebagai data, bayaran tersebut masih belum satu paket dengan bermacam wahana ataupun sarana yang ada di dalamnya. Ada pula sebagian sarana yang butuh beberapa bayaran seperti sewa lahan camping, wahana, Rumah Pohon, Pondok Air Mancur, Sewa Tenda, Sewa Villa, Sleeping Bag, Matras, serta Hammock sobat gaul.

Aktifitas Seru yang mampu bikin Happy di Air Terjun Cipamingkis


Air Terjun Cipamingkis Bogor
Taken by Fachrur Rozi

1. Nikmati Estetika Air Terjun
Kesibukan pertama yang telah tentu dijalankan pengunjung adalah nikmati suguhan pemandangan Air Terjun Cipamingkis yang menawan. Menonton hijaunya pemandangan dan pegunungan kira-kira, dipadukan bersama debit air yang deras jadi aktivitas yang sanggup menenangkan jiwa dan pikiran.

Udara sejuk yang berhembus juga semakin menaikkan ketenangan yang akan membawa dampak segala rasa penat hilang terhempas. Inilah yang jadi alasan mengapa Air Terjun ini dipilih sebagai tujuan liburan untuk menghilangkan rasa penat implikasi kegiatan harian. Lokasinya yang jauh berasal dari hiruk pikuk kota membawa dampak udara yang berhembus lebih segar.

2. Bermain Air
Singgah ke Air Terjun Cipamingkis tak akan lengkap terkecuali belum mencicipi kebugaran air yang mampu menyeka penat di semua tubuh. Baik berendam atau sebatas cuman memasukkan kaki ke di dalam kolam di bawah air terjunnya secara segera jadi hal yang harus dijalankan. Terkecuali mengidamkan beroleh pengalaman baru, dapat bermain air di kolam terapi ikan.

Air Terjun Cipamingkis Bogor
Taken by enda dasuki

3. Menjajal Kolam Terapi Ikan
Layaknya yang sudah disebutkan sebelumnya, di air terjun ini terdapat suatu sarana berupa kolam ikan terapi yang amat recomended. Ikan ikan kecil di dalamnya akan memakan sel kulit mati terhadap kaki pengunjung yang dicelupkan ke didalam kolam. Rasakan sensasi pijatan ikan terapi yang akan membuang penat Sobat gaul jauh jauh.

4. Berkemah Atau Camping
Bagi para treveler pencinta alam, bercamping jadi aktivitas mesti selagi berlibur di wisata alam. Di Air Terjun Cipamingkis, Sobat gaul bisa melaksanakan kesibukan camping terhadap suatu huma yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola. Menariknya, mereka juga sediakan peralatan camping yang akan terlampau bermanfaat bagi para wisatawan.

Air Terjun Cipamingkis Bogor
Taken by Curug Cipamingkis

5. Menyusuri Jembatan
Kegiatan akhirnya yang tak kalah menarik untuk dikerjakan ialah menyusuri jembatan yang letaknya di antara pepohonan Pinus. Jembatan yang dibuat terhadap dasarnya bertujuan untuk menghubungkan satu titik bersama titik yang lain. Tapi, aktivitas menyusuri jembatan patut Sobat gaul jalankan kalau idamkan menonton pemandangan berasal dari atas ketinggian.


Air Terjun Cipamingkis Bogor
Taken by Anton Siahaan

6. Berburu Foto Kekinian
Pihak pengelola wisata air terjun ini memang sengaja mendesain area itu bersama dengan memberi tambahan tak terhitung spot foto menarik. Tak cuman swafoto atau groufie berlatar belakang air terjun saja, latar lain layaknya jembatan, pegunungan, dan tempat tinggal pohon juga mampu dijadikan background foto yang menarik.

Air Terjun Cipamingkis Bogor
Taken by Suzannita

Fasilitas yang Ada di Air Terjun Cipamingkis Bogor

Berbicara berkenaan fasilitas, Air Terjun Cipamingkis merupakan wisata alam yang mendapat pengelolaan paling baik bersama dengan adanya kelengkapan wahana dan prasarana di dalamnya.Tersedia begitu tak terhitung fasilitas yang akan Sobat gaul dapatkan waktu mengunjungi objek wisata ini. Mulai berasal dari fasilitas dasar sampai tambahan semuanya ada secara lengkap.

Layaknya area rekreasi terhadap umumnya, Air Terjun Cipamingkis dilengkapi bersama fasilitas dasar layaknya toilet, mushola, tempat parkir luas, warung makanan, dan lain lain. Pas fasilitas tambahannya berupa kolam ikan terapi, sewa hammock, villa atau penginapan, sewa peralatan camping, sewa matras, tempat camping, dan spot foto menarik.

Air Terjun Cipamingkis Bogor
Taken by Indra Myesha

Sobat gaul yang mulai lelah sehabis menelusuri ruas Air Terjun dapat memanjakan diri bersama mencoba kolam ikan terapi. Sobat gaul pun juga dapat mengisi perut yang lapar bersama dengan mencicipi bermacam sajian masakan yang dijual di lokasi itu. Soal harga, tak wajib risau. Lebih dari satu besar gerai masakan di wisata ini merupakan memiliki masyarakat setempat. Menjadi harga tiap porsi makanannya terlalu wajar.

Berbicara berkenaan Bogor tak melulu membahas perihal Puncak. Tersedia begitu segudang destinasi wisata unik dan cool di Kota Bogor yang layak untuk didatangi sobat gaul. Sebagai contoh Air Terjun Cipamingkis. Wisata alam yang berpadu bersama fasilitas modern ini selalu mengundang perhatian para wisatawan. Sobat gaul yang mampir ke Bogor, jangan lupa melipir ke air terjun Cipamingkis ini.

Air Terjun Cipamingkis Bogor
Taken by Curug Cipamingkis 

Air Terjun Cipamingkis Bogor
Harga Tiket: Rp 40.000; 
Lokasi : Wargajaya, Kec. Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16830
Web : curugcipamingkis.co.id
Kontak : 0812 8907 4297

Seperti halnya dengan semua tempat wisata alam, kebersihan dan kelestarian lingkungan di sekitar Air Terjun Cipamingkis Bogor perlu dijaga agar keindahannya dapat terus dinikmati oleh generasi selanjutnya. Pengunjung diharapkan untuk membuang sampah pada tempatnya dan tidak merusak lingkungan sekitar.

Secara keseluruhan, Air Terjun Cipamingkis Bogor merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi bagi pecinta alam dan wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam di sekitar Bogor. Demikian ulasan signkat mengenai "Air Terjun Cipamingkis Bogor : Wisata Keluarga dengan Beragam Spot Foto Kekinian" semoga artikel ini bisa menjadi panduan untuk wisata sobat gaul semua. Happy holiday . . .