Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Terjun Nangka Bogor : Menjelajahi Keindahan 3 Curug Sekaligus Dalam Sekali Perjalanan Wisata

Air terjun curug nangka

Karogaul.com - Sekilas mengenai Gunung Salak, gunung berapi yang terletak di Selatan kota Bogor ini sobat gaul memanglah sangat populer ke seluruh pelosok di Indonesia. Di kaki Gunung Salak ada sebagian obejk wisata yang dapat sobat gaul datangi. Salah satunya adalah air terjun Nangka Bogor sobat gaul.

Bogor memanglah surganya wisata yang berhubungan dengan air, populer dengan kebeningan mata airnya serta keindahan pemandangannya. Ngomongin mengenai air terjun yang terdapat di kawasan gunung ini, memanglah tidak pernah ada habisnya. Belum puas rasanya bila belum mendatangi seluruh air terjun yang terdapat di kaki Gunung Salak ini sobat gaul.

Air terjun curug nangka

Tidak juga cukup satu hari buat merasakan indahnya pemandangan yang terdapat di tiap air terjun di Gunung Salak ini sobat gaul. Bila kemarin mangulas air terjun di area Gunung Salak indah, semacam Air terjun Ngumpet, Air terjun Kondang serta Air terjun Pangeran. Nah, Kali ini Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun– Salak dari pintu masuk Ciapus, Bogor.

Di tempat ini ada banyak Air terjun serta yang sangat populer merupakan Air terjun Nangka, Air terjun Daun serta Air terjun Kawung. Keelokan panorama di 3 Air terjun ini tidak kalah indahnya dengan Air terjun yang lain yang ada di Gunung Salak sobat gaul.

Air terjun Nangka merupakan suatu area wisata air terjun yang berlokasi di wilayah Ciapus, Bogor. Terletak di kaki Gunung Salak, tepatnya di ketinggian sekitar 750 m diatas permukaan laut. Mempunyai temperatur hawa rata- rata kurang lebih 20 sampai 22 derajat, menjadikan area ini terasa begitu sejuk dengan dihiasi panorama hijau pepohonan yang indah sobat gaul.

Air terjun curug nangka
Taken by  小野貴大

Air terjun Nangka, nama ini diambil sebab tadinya terdapat suatu tumbuhan nangka yang berkembang didekat air terjun ini serta mempunyai buah yang sangat besar sobat gaul. Konon Air terjun nangka dahulunya merupakan tempat Raden Surya Kencana berdiam diri. Adapula yang berkata kalau Air terjun nangka biasa digunakan selaku tempat berdiam dirinya tokoh pemuka agama, serta perihal ini masih terus dicoba hingga dikala ini sobat gaul.

Terdapat suatu lubang didekat Air terjun nangka, bagi masyarakat lubang ini dapat menembus ke posisi Cikapatuhan Kute Maneh di wilayah Sukabumi. Didalam lubang ini ada ruangan spesial buat berdiam diri, untuk sebagian warga yang yakin ruangan itu dapat digunakan buat berdiam diri serta ziarah buat memohon rezeki, memohon jabatan serta sebagainya sobat gaul, cukup Mistis bukan!.

Air terjun curug nangka
Taken by Dedi Setiawan

Air terjun curug nangka

Bukan Gunung Salak namanya bila tiap tempatnya tidak berkaitan dengan cerita mistis sobat gaul, sebab bagi para masyarakat dekat Gunung Salak ialah pintu gerbang dari kerajaan Prabu Siliwangi. Pasti saja pintu gerbang yang diartikan tidaklah pintu yang nampak dengan mata telanjang, tetapi pintu gerbang yang kasat mata. Jadi telah dapat ditentukan tiap tempat disitu tentu berhubungan dengan cerita mistis sobat gaul.

Air terjun Nangka mempunyai ketinggian air menggapai 10- 20 m serta mempunyai 3 tahapan. Berada di Desa Warung Loa, Kec. Tamansari, Kab. Bogor ini, Air terjun Nangka senantiasa ramai di datangi turis dari bermacam wilayah apa lagi bila sobat gaul tiba di akhir minggu. Tidak hanya Air terjun Nangka terdapat pula Air terjun yang lain yang terletak di posisi yang tidak sangat jauh dari Air terjun Nangka sobat gaul.

Setingkat Lebih Dekat dengan Alam yang indah di Atas Air terjun Daun

Air terjun curug daun
Taken by Aaron Lisandrio

Air terjun Daun, Air terjun ini terletak dalam satu kawasan dengan Air terjun Nangka. Tetapi buat menggapai Air terjun Daun kita butuh berjalan ke arah atas melewati Air terjun Nangka. Meski medan jalur yang ditempuh tidak begitu susah, sobat gaul wajib senantiasa hati- hati serta memerlukan tenaga yang lumayan. Sebab posisi Air terjun Daun memanglah agak jauh dengan Air terjun Nangka. Air terjun Nangka mempunyai ketinggian air yang tidak sangat besar, dimensi tingginya cuma 6 m, namun aliran air di Air terjun Daun ini lumayan deras.

 Air terjun curug daun
Taken by Abdurrozzaq F

Bagi cerita masyarakat dekat Air terjun ini diberi nama Air terjun daun sebab wujudnya yang semacam daun. Konon tempat ini membagikan keberuntungan untuk siapa saja yang mandi di Air terjun ini. Jadi untuk masyarakat yang yakin, banyak yang tiba mandi ke Air terjun ini buat menaikkan rezeki. Apalagi terdapat sebagian orang yang terencana tiba mandi ke Air terjun ini kala keadaan usahanya mulai turun. Yakin ataupun tidak, yang jelas pemandangan di tempat ini memanglah sangat bagus oleh sebab itu banyak orang yang berkunjung ke mari. Sobat gaul tertarik?

Air terjun curug daun
Taken by Fatimah DuLhamid

Air terjun curug daun
Taken by NoerRema Vids 

Tak jauh dari Air terjun Daun terdapat 2 kolam yang bagi masyarakat dekat pula mempunyai cerita yang berhubungan dengan cerita mistis. Nama salah satu kolamnya merupakan Leuwi Jurig ataupun dalam bahasa Indonesianya disebut kolam setan sobat gaul. Kolam ini dipercaya oleh masyarakat dekat selaku kolam buat membebaskan sihir- sihir jahat yang dikirimkan orang lain kepada kita sobat gaul. Kolam yang kedua bernama Leuwi Anjangan, masyarakat yakin apabila sejoli pacar ataupun sejoli suami istri mandi di kolam mistis ini hubungannya kian hendak terus menjadi awet sobat gaul.

Menikmati Pesona Paling tinggi di Air terjun Kawung

Air terjun curug KAWUNG
Taken by Nurcholis Duos90 

Air terjun Kawung merupakan Air terjun yang terletak di sangat atas yang terletak dalam kawasan wisata Air terjun Nangka. Air terjun Kawung posisinya lumayan jauh dari Air terjun Daun dekat 1 km lewat jalur setapak serta mempunyai kontur jalur yang naik turun sobat gaul. Air terjun Kawung mempunyai ketinggian Air menggapai 25meter, serta posisinya di kelilingi oleh bukit- bukit. Air terjun ini lumayan nyaman dibanding dengan Air terjun Nangka, sebab posisi Air terjunnya yang terbuka sobat gaul.

Air terjun curug kawung  
Taken by riyan syah

Air terjun ini diberi nama Air terjun Kawung sebab suara rintikan airnya apabila didengarkan bunyinya,“ wunggg”. Apalagi terkadang apabila debit airnya yang turunnya sangat deras hingga suaranya menyamai harimau yang lagi mengaung. Di Air terjun ini ada batu besar yang wujudnya menyamai kepala Harimau sobat gaul.

Konon bagi masyarakat dekat batu itu merupakan penampakan bentuk dari Prabu Siliwangi sobat gaul. Masyarakat Dekat juga yakin apabila sobat gaul mandi di Air terjun ini hendak mempunyai watak semacam Harimau. Tidak hanya itu, bila sobat gaul tiba mendatangi Air terjun ini jangan heran bila sobat gaul menjumpai kelompok kera. Sebab memanglah masih banyak kera yang tinggal di hutan dekat Air terjun ini sobat gaul.

Air terjun curug nangka
Taken by Yansen Dino

Buat menjelajahi ketiga Air terjun ini sobat gaul tidak butuh repot sobat gaul, cuma berjarak 25 kilometer dari Kota Bogor. Bila sobat gaul memakai angkutan universal, sobat gaul dapat naik angkot 03 jurusan Ramayana- Ciapus dari halte Ramayana Bogor. Menyudahi di pemberhentian akhir angkot, setelah itu dilanjutkan dengan berjalan kaki sepanjang 700 m buat hingga ke gerbang tempat wisata Halaman Nasional Halimun– Salak.

Tiket Masuk Air Terjun

Air terjun curug nangka
Taken by Antoncatlaw

Di pintu gerbang sobat gaul cuma hendak dikenakan bayaran sebesar Rp4. 000 perorang, serta jka sobat gaul bawa kendaraan universal sobat gaul cuma butuh membayar Rp2. 000 rupiah buat bayaran parkir. Tidak cuma wisata air, bila sobat gaul bernazar buat menghabiskan malam dengan mendekatkan diri dengan alam. Sobat gaul dapat membangun tenda di zona Camping Ground, serta jangan klhawatir tidak terdapat tempat makan disitu, sebab di kawasan ini banyak warung- warung kecil ada sobat gaul.

Air terjun curug nangka
Taken by plincess noe

Curug Nangka Bogor
Alamat: Sukajadi, Tamansari, Bogor Regency, West Java 16370
Kontak : 0858-8820-8799
HTM : Rp 22.000,-/Org
Jam operasional : Senin - Minggu (08.00–17.00 Wib)

Sikian ulasan singkat mengenai " Air Terjun Nangka Bogor : Menjelajahi Keindahan 3 Curug Sekaligus Dalam Sekali Perjalanan Wisata" semoga artikel ini dapat menjadi pandua wisata untuk sobat gaul semuanya, Happy holiday . . .