Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Terjun Ciburial Jonggol Bogor : Pemandian Sejuk di Tengah Hutan Rindang dengan Air yang Bening seperti Kaca

Air terjun Ciburial Jonggol Bogor

Karogaul.com - Air terjun ialah salah satu objek wisata alam terbuka yang lumayan indah serta menarik buat didatangi. Salah satu wisata Air terjun yang harus didatangi ialah Air terjun Ciburial di Jonggol, Bogor. Di mana Air terjun ini menawarkan keelokan Air terjun yang sangat eksotik, dilengkapi dengan terdapatnya bebatuan serta pepohonan yang menjulang besar dan terkategori lumayan rindang.

Air terjun yang indah ini ialah air terjun yang ada pada tingkatan awal dari 3 air terjun yang lain, ialah Air terjun Hordeng serta Air terjun Kembar. Air terjun ini terkategori air terjun yang tidak sangat besar, sehingga wisata ini bisa dinikmati oleh seluruh golongan umur, baik anak kecil sampai orang berusia apalagi orang tua.

Air terjun Ciburial Jonggol Bogor
Foto oleh hasan sadiq syahab

Atmosfer yang terdapat di Air terjun Ciburial Jonggol Bogor ini membuat siapapun yang tiba hendak merasakan kenyamanan serta merasa jatuh cinta pada destinasi ini. Disebabkan atmosfer yang terdapat di wisata Air terjun ini sangat sejuk, sepi, dan asri. Suara air yang mengalir, ditambah dengan indahnya suara kicauan burung yang menaikkan atmosfer di wisata ini terasa sangat indah nan syahdu.

1. Keelokan serta Keeksotisan Curug

Keelokan Air terjun ini disebabkan oleh letak geografis yang begitu indah. Di mana Air terjun ini terletak di tengah hutan, sehingga perihal ini menaikkan kecantikan pada wisata Air terjun ini. Siapa yang sangka bila di tengah hutan belantara nan hijau ini masih terdapat air terjun yang begitu indah ini. Sangat unik dan menarik bukan, buat didatangi dan dinikmati seluruh keindahannya.

Air terjun Ciburial Jonggol Bogor
Foto oleh Why JJJ

Walaupun air terjun Ciburial terletak di tengah hutan dan aliran airnya tidak sangat besar, tetapi pesona keelokan yang ditawarkan pula tidak kalah dengan air terjun yang lain. Bisa dilihat keindahannya lewat air terjun yang mengalir sangat deras serta membelah batuan besar yang terdapat di sisi kanan serta kiri.

Air terjun Ciburial Jonggol Bogor
Foto oleh blue_whale90210 Whale

Terdapatnya aliran air yang membelah batu di kedua sisinya sangat menaikkan nilai keeksotisan pada destinas Air terjun ini. Di mana batu- batu yang terdapat di kedua sisinya seakan- akan berikan jalur untuk air terjun yang mengalir dengan lumayan deras serta menuju pada kolam yang terdapat di bawahnya.

Keelokan yang ditawarkan pada wisata Air terjun ini jadi energi tarik tertentu untuk turis, paling utama untuk pecinta wisata alam terbuka. Keelokan yang terdapat pula membuat turis merasa aman serta puas dan enggan buat meninggalkan wisata yang indah serta memesona ini.

2. Kejernihan serta Kesegaran Air Curug

Air terjun Ciburial Jonggol Bogor
Foto oleh Fuad Yudellestera

Kejernihan air terjun yang terdapat di Air terjun Ciburial ini pula menaikkan nilai keelokan yang sempurna. Tidak hanya menikmati keelokan alam yang ditawarkan, turis pula bisa menikmati kejernihan air Air terjun ini dengan memandang keadaan dasar sungai yang nampak begitu jelas.

Kejernihan serta kesegaran air yang terdapat di wisata Air terjun ini pula bisa dinikmati oleh turis buat berendam, bermain air, ataupun apalagi pula bisa digunakan buat mandi. Berendam di dasar air terjun ini pula membagikan sensasi tertentu, dan sangat seru buat dinikmati beramai- ramai dengan rekan kerja, sahabat karib, keluarga, ataupun dengan orang tercinta.

Air terjun Ciburial Jonggol Bogor
Foto oleh muhammad firmansyah 00

Kejernihan air yang terdapat di wisata Air terjun ini membuat turis bawa pelampung sendiri dari rumah cuma buat bermain air dan difoto ria. Air yang terdapat di wisata Air terjun ini mempunyai warna yang nampak hijau kebiruan bila terserang cahaya matahari, sehingga nampak sangat menawan serta eksotis.

Untuk turis yang ingin berkunjung di wisata Air terjun ini sangat disarankan buat tiba di masa kemarau. Disebabkan pada masa kemarau aliran air tidak sangat deras dan debit air tidak sangat besar. Sehingga sangat nyaman serta sesuai buat dijadikan sebagai area berendam, berenang, ataupun bermain air.

3. Jalan Trekking yang menantang

Air terjun Ciburial Jonggol Bogor
Foto oleh Muhammad Arung

Saat sebelum merambah kawasan wisata Air terjun Ciburial yang indah serta eksotis ini, turis harus melewati jalan trekking yang lumayan menantang. Jalan trekking ini cuma ditempuh oleh turis dengan waktu sekitar 20 menit saja. Tetapi medan yang ditawarkan lumayan menantang, ditambah bila keadaan habis terguyur hujan, hingga medan trekking jadi sangat licin.

Mengenai perihal trekking, turis sangat disarankan buat memakai alas kaki yang aman dan sesuai dengan keadaan medan. Tidak hanya licin jalan trekking ini pula didominasi dengan tanjakan serta dikelilingi oleh hutan yang lumayan rindang dan sejuk. Sehingga membagikan sensasi tertentu untuk turis yang melewati jalan ini.

Air terjun Ciburial Jonggol Bogor
Foto oleh hasan sadiq syahab

Terdapatnya jalan trekking, hingga wisata Air terjun yang indah serta memesona ini sangat disarankan buat anak muda dengan mempunyai energi dan keadaan raga yang fit. Memandang medan yang wajib dilewati pula lumayan menantang, Sehingga untuk turis yang menggemari hal- hal yang menantang, hingga wisata Air terjun ini sangat worth it buat didatangi.

Alamat serta Cara Menuju Posisi Curug

Destinasi alam Air terjun Ciburial yang indah serta eksotis ini beraa di Kab. Bogor, Jawa Barat. Lebih tepatnya terletak di Desa Karang Tengah, Kec. Babakan Madang. Turis dari arah Bogor serta mau berkunjung di wisata Air terjun ini cuma berjarak kurang lebih 30 Km.

Air terjun Ciburial Jonggol Bogor
Foto oleh Sanjaya Ariep

Turis yang berasal dari Kota Bogor bisa melewati Jalur Rumah Sakit I, setelah itu mengarah Jalur Raya Pajajaran. Sehabis itu dilanjut menuju ke Jalur Tol Jagorawi, setelah itu mengarah Jalur Raya Tajur, dilanjut ke arah Jalur Raya Ciherang Lame. Tidak menyudahi disana, turis wajib melewati Jalur Cibadak Sukamakmur.

Sehabis melewati jalan- jalan yang telah diucap di atas, turis bisa melanjutkan petualangan mengarah ke Jalur Raya Rasamala, setelah itu dilanjut ke arah Jalur Gunungwangun. Sehabis itu baru turis bisa melajukan kendaraan ke arah posisi air terjun ini.

Harga Tiket Masuk Air terjun Ciburial

Air terjun Ciburial Jonggol Bogor
Foto oleh Johan Antony Butarbutar

Air terjun Ciburial Jonggol Bogor
Foto oleh Syamsul Bahri

Untuk turis yang mau menikmati keelokan wisata Air terjun Ciburial ini hanya cukup mengeluarkan uang Rp 35. 000 masing- masing satu orang. Harga tiket yang ditawarkan lumayan sangat murah bila dibanding dengan wisata alam yang lain. Dengan harga tiket murah ini, maka hal ini bisa jadi energi atensi tersendiri untuk turis yang ingin mendatanginya.

Dengan harga tiket yang didetetapkan, wisata Air terjun yang indah serta memesona ini sangat sesuai buat seluruh kalangan warga, baik warga menengah ke dasar sampai warga menengah ke atas. Terdapatnya keelokan Air terjun dan rimbunnya hutan, perpaduan keelokan ini membuat turis yang tiba merasa sangat puas serta tidak bakalan kecewa dengan pesona yang disuguhkan.

Macam Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Air terjun Ciburial Jonggol Bogor
Foto oleh Ade Saif Ali 

1. Berenang serta Berendam di Kolam Air terjun yang Jernih

Kejernihan air yang terdapat di kolam Air terjun Ciburial ini tak lengkap rasanya bila tidak dimanfaatkan buat berendam maupun berenang. Kolam yang terdapat di wisata Air terjun ini pula terkategori tidak sangat dalam, sehingga sangat ramah serta nyaman buat seluruh golongan umur, baik kanak- kanak ataupun orang berusia.

Air terjun Ciburial Jonggol Bogor
Foto oleh Franky Sanjaya

Berenang serta berendam ialah sesuatu aktivitas yang sangat asik yang dipercaya bisa merilekskan otak dan fikiran. Untuk turis yang merasa begitu penat oleh kegiatan tiap hari, hingga berendam di kolam Air terjun ini sangat disarankan, sembari merasakan keelokan alam yang terdapat di sekelilingnya.

Untuk turis yang menggemari berolahraga renang, hingga harus buat berupaya sensasi berenang di kolam Air terjun ini. Kejernihan serta kesegaran air yang terdapat di kolam ini berikan sensasi tertentu untuk turis yang berenang. Ditambah dengan panorama alam bebatuan dan rindangnya hutan hijau yang terdapat di sekitar Air terjun ini.

2. Trekking ke Air terjun Ciburial

Destinasi Air terjun yang indah serta eksotis ini mempunyai jalan trekking yang sangat menantang untuk siapapun yang berkunjung. Jalan trekking ini pastinya sangat menarik dan seru untuk turis yang menggemari hal- hal yang menantang. Untuk kalangan muda jalan trekking ini pastinya membagikan nilai energi tarik tertentu yang terdapat di destinasi indah ini.

Air terjun Ciburial Jonggol Bogor
Foto oleh Dadan Firdaus

Saat sebelum melaksanakan trekking mengarah ke Air terjun Ciburial, alangkah baiknya turis mempersiapkan perlengkapan, kesehatan dan tenaga yang lumayan. Disebabkan medan yang terdapat di trekking ini lumayan dan menanjak, sehingga membagikan kesan yang begitu seru dan memacu adrenalin.

Air terjun Ciburial Jonggol Bogor
Foto oleh Dadan Firdaus

Ditambah bila malamnya habis terguyur hujan, hingga medan trekking jadi begitu licin, sehingga adrenalin turis sangat diuji pada dikala melewati jalan ini. Bawa alas kaki yang aman dan sesuai merupakan kunci aman dalam menuntaskan areal trekking ini.

Untuk turis pecinta alam, paling utama yang menggemari dunia trekking, hingga berkunjung di wisata Air terjun yang indah serta memesona ini sangat direkomendasikan. Serta pastinya supaya lebih asik serta seru medan trekking ini dirasakan dengan banyak orang, sehingga bila terdapat apa- apa di jalur bisa saling menolong.

3. Mencari Spot Foto yang eksotik

Air terjun Ciburial Jonggol Bogor
Foto oleh Dani ramdani

Buat dikala ini aktivitas difoto ria ialah sesuatu kewajiban serta tidak boleh terlewatkan bila terletak di area wisata. Ditambah wisata Air terjun Ciburial yang menawan serta luar biasa ini mempunyai banyak tempat yang sesuai buat dijadikan spot gambar. Ialah di antara lain semacam terletak di kolam curug, di atas bebatuan yang lumayan besar, dan di air yang sangat bersih serta jernih.

Nyaris di tiap sudut sangat sesuai buat dijadikan spot gambar yang menawan serta mempesona. Untuk turis yang menggemari pepohonan yang rindang serta hijau pula bisa menjadikan hutan yang terdapat di sekitar Air terjun ini buat terbuat selaku latar balik sesuatu gambar.

Sarana yang Dapat Ditemui di Air terjun Ciburial

Air terjun Ciburial Jonggol Bogor
Foto oleh Oman Homsa

Air terjun Ciburial yang indah serta memesona ini pula dilengkapi dengan terdapatnya sarana yang sangat mencukupi. Sarana yang disediakan oleh pengelola Air terjun Ciburial ialah semacam tempat parkir baik buat roda 2 serta roda 4. Terdapatnya tempat parkir ini pula membuat turis yang berkunjung merasa aman serta nyaman dengan kendaraan yang dibawa.

Tidak hanya terdapatnya tempat parkir, wisata Air terjun ini pula dilengkapi dengan terdapatnya sarana berbentuk wc. Perihal ini pula menaikkan kenyamanan untuk turis dalam berkunjung. Maka turis yang berkunjung tidak butuh mikir lagi mengenai tempat buat buang air kecil ataupun Buang Air Besar.

Air terjun Ciburial Jonggol Bogor
Foto oleh Prabu Channel

Air terjun Ciburial Jonggol Bogor
Foto oleh Seno Sandi

Sarana yang lain yang terdapat di wisata Air terjun ini ialah terdapatnya sarana berbentuk musholla, sehingga turis senantiasa dapat buat melaksanakan kegiatan beribadah. Tidak hanya terdapatnya musholla, wisata Air terjun nan elok ini pula dilengkapi dengan terdapatnya warung- warung, sehingga turis bisa menikmati santapan yang disediakan sembari menikmati keelokan Air terjun serta seisinya.

Demikian cerminan umum mengenai Air terjun Ciburial yang viral di area Jonggol Bogor, bisa diambil kesimpulan kalau wisata Air terjun ini sangat lengkap baik dari panorama alam yang ditawarkan ataupun dengan terdapatnya sarana yang menunjang turis dalam berkunjung kemari. Sehingga wisata Air terjun ini sangat disarankan buat dijadikan tempat berekreasi dengan keluarga ataupun pendamping.