Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Tempat Makan Durian Besar di Indonesia, Untuk Wisata Lidah dengan Suguhan Beda


Karogaul.com - Durian yang sering dijuluki King of Fruit ini memang tidak ada matinya. Mau dikata baunya tidak sedap, namun bagi penggemar fanatiknya durian adalah buah yang eksotis dan tidak ada tandingannya. Buah yang tumbuh di iklim tropis ini tersebar di seluruh Indonesia dan masing-masing daerah punya jenis unggulan yang khas lho! 

Kalau kamu penggemar durian, maka bolehlah memasukkan lokasi wisata durian untuk agenda liburanmu berikutnya. Intip dulu rekomendasi lokasi wisata durian yang mantap dari ulasan di bawah ini!

1. Merasakan sejuknya Bogor di Kebun Durian Warso Farm

Image credit: @ornellaonos

Salah satu destinasi wisata durian di Indonesia yang ngehits adalah Kebun Durian Warso Farm, yang pastinya menjadi tempat yang pas jika kamu tidak ingin bepergian terlalu jauh dari Jakarta. Maskot durian raksasa yang menjadi penanda tempat ini juga menarik untuk diabadikan agar gengmu tahu lokasi wisata durian yang asyik di Bogor.

Image credit: @antok_wibisono

Meski kamu juga bisa menikmati segarnya buah-buahan lain di sini, namun daya tarik utama tetaplah durian. Terdapat beragam varietas durian yang tersedia termasuk jenis unggulan seperti petruk, monthong, sunan dan lainnya. Bersiap saja merasakan sensasi angin sejuk khas Bogor ditambah legitnya durian yang menggoda!

Alamat: Jl. K.H Halimi, Cipelang, Cijeruk, Bogor, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 30,000 IDR

2. Menikmati manisnya durian di kedai Duren Jatohan Haji Arif yang melegenda

Image credit: @mommy_evren

Kedai durian ini juga sering disingkat menjadi DJHA dan sudah buka sejak tahun 1970. Selain durian, kamu juga dapat mencicipi penganan lain semisal dodol, pancake hingga es krim yang akan menambah citarasa.

Image credit: @ellamelany

Tempat wisata durian di Indonesia ini terkenal dengan buah-buah duriannya yang manis. Asyiknya, ada fasilitas garansi durian sehingga kamu bisa menukarkan durian jika kualitasnya tidak memuaskan. Menarik, kan?

Alamat: Jl. Raya Serang – Pandeglang No.Km. 14, Panyirapan, Kec. Baros, Serang, Banten, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WIB – 23.59 WIB
Harga: Mulai dari 25,000 IDR

3. Menyantap durian matahari yang terkenal di Desa Wisata Durian Sangkanwangi

Desa Sangkanwangi terkenal sebagai penghasil durian terutama varietas durian matahari. Selain itu ada pula jenis durian otong dan durian hepi. Sebelum makan, kamu bahkan bisa memilih sendiri duriannya dari pekarangan warga. Mengunyah daging durian yang lembut sambil mengobrol dengan warga sekitar akan jadi pengalaman yang tidak terlupakan. Mungkin kamu juga bisa menanyakan asal muasal nama-nama duriannya yang unik itu ya!

Alamat: Desa Sangkanwangi, Kec. Leuwidamar, Kab. Lebak, Banten, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: Mulai dari 50,000 IDR

4. Jangan kalap jika berkunjung ke Sentra Kebun Durian Candimulyo

Image credit: @ferryfirdaus28

Namanya juga sentra durian, maka kamu dapat menjumpai banyak pedagang durian di Kecamatan Candimulyo ini. Salah satu sentranya ada di Dusun Munung dan duriannya didominasi rasa manis dengan harga yang terjangkau. Jika beruntung, kamu dapat menemukan pedagang yang bersedia menukar duriannya jika buahnya kurang bagus saat dibuka. Mantap!

Alamat: Dusun Munung, Munung, Surodadi, Candimulyo, Magelang, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 15.00 WIB
Harga: Mulai dari 35,000 IDR

5. Mengunyah durian mentega khas Kampung Durian Desa Mantenan

Image credit: @shafasuperstore

Masih di Kecamatan Candimulyo, kamu dapat beranjak ke Desa Mantenan yang juga terkenal sebagai produsen durian yang maknyus. Kamu bisa mencicipi durian mentega yang memiliki rasa manis pahit. Daging tebal dan garing dengan biji yang berukuran sedang membuatmu dijamin puas menikmati durian sampai kenyang. Jadi jangan sampai melewatkan agenda menjajal durian di Desa Mantenan jika kamu sedang berada di Magelang!

Alamat: Desa Mantenan, Giyanti, Candimulyo, Magelang, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 15.00 WIB
Harga: Mulai dari 75,000 IDR

6. Makan durian berukuran besar di Durian Bhineka Bawor Sarno Kemranjen

Durian Bhineka Bawor yang ada di Desa Alasmalang ini dibudidayakan oleh sang pemilik, Sarno. Jika berkunjung kemari, kamu akan melihat perkebunan durian mulai dari bibit hingga pohon tinggi yang juga bisa dibeli. Konon katanya durian yang terkenal enak ini adalah hasil perkawinan dari 35 jenis durian. Dagingnya yang berwarna kuning kemerahan terasa manis dan sedikit pahit, dengan berat buah rata-rata lima hingga tujuh kilogram. Wah, bikin tertantang untuk mencoba nih!

Alamat: Desa Alasmalang, Kemranjen, Banyumas, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari 75,000 IDR

7. Menambah ilmu sambil makan durian enak di Kebun Durian dan Wisata Edukasi Watusimbar

Image credit: Kebun Durian Watu Simbar

Perkebunan durian di sini sudah dikelola menjadi lokasi agrowisata yang asyik untuk dikunjungi. Sudah ada taman dengan jalan yang tertata rapi sehingga pas untuk kamu yang ingin kulineran sambil jalan santai. Di sini terdapat lebih dari 50 varietas durian lokal yang bisa kamu pilih. Mau durian bejo, durian doyong, durian glawer atau durian petruk? Atau malah kamu ingin mencoba semuanya? Selesai berwisata pasti kamu akan merasa rileks, kenyang dan senang!

Alamat: Jl. MR Koesbiyono Tjondro Wibowo, Desa Pakintelan, Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 16.00 WIB
Harga: Mulai dari 50,000 IDR

8. Mengunyah durian ketan, si kecil yang lezat dari Kebun Durian Sigarung

Image credit: Kebun Durian Sigarung

Durian unggulan dari Kebun Durian Sigarung adalah durian ketan. Meskipun ukurannya kecil namun durian ini sangat disukai karena terasa garing di luar namun lembut saat dikunyah isinya. Dari sinilah asal nama ketan karena dagingnya dianggap terasa kenyal dan legit. Selain itu ada juga durian dampit, keket, madu, cempli, blondo dan masih banyak lagi. Harga durian ketan juga tidak menguras kantong dan karena ukurannya yang kecil, bisa jadi kamu akan menghabiskan lebih dari satu butir!

Alamat: Desa Lolong, Kec. Karanganyar, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: Mulai dari 35,000 IDR

9. Berlibur ke Kediri, mampir mencicipi durian di Kampung Durian Dusun Slumbung

Kediri juga punya daerah yang terkenal dengan duriannya yaitu Dusun Slumbung. Durian lokalnya memiliki daging yang empuk dan lembek dengan rasa manis pahit. Cocok untuk kamu yang menyukai durian yang tidak hanya manis di mulut. Durian Slumbung pernah memenangkan kontes durian di tahun 2016 sehingga tidak heran kalau buah ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang datang ke Dusun Slumbung. Jadi masukkan dusun ini ke bucket list, datang dan buktikan sendiri kenikmatan rasanya!

Alamat: Dusun Slumbung, Desa Mlancu, Ngadiluwih, Kediri, Jawa Timur
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: Mulai dari 25,000 IDR

10. Puas mencoba berbagai wahana sebelum makan durian di Desa Wisata Duren Sari

Image credit: Desa Wisata Duren Sari

Tidak hanya menjanjikan durian yang nikmat, Desa Wisata Duren Sari juga seru untuk tujuan pelesir. Kamu bisa bermain river tubing atau mencoba wahana outbound di sini. Ada juga Paket Jelajah Alas Duren yang bisa kamu ikuti untuk berkeliling hutan durian yang luas. Tidak hanya itu, kamu pun bisa makan durian di tengah hutannya langsung. Seru! Ada juga olahan durian yang dijual di sini seperti cimplung durian yang menggemaskan ini.

Alamat: Desa Sawahan, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek, Jawa Timur
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

11. Durian yang tidak cuma satu warna di Kampung Durian Songgon

Image credit: Durian Banyuwangi

Kampung Durian Songgon ini membuat banyak orang penasaran karena koleksi jenis duriannya yang berwarna-warni. Ada durian oranye, durian merah hingga durian pelangi. Seperti apa ya rasanya?

Image credit: @listypamungkas

Kamu bisa memesan durian yang punya karakter masing-masing seperti durian putri, durian trenggiling atau durian jenewer. Ada juga olahan pancake durian yang tidak kalah menggoda untuk dicicipi. Kosongkan perutmu sebelum berkunjung ke sini ya!

Alamat: Dusun Bayurejo, Desa Bayu, Kec. Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 21.15 WIB
Harga: Mulai dari 35,000 IDR

12. Makan durian langsung di bawah pohonnya di Likin Durian Garden

Image credit: @visitbanyuwangi.id

Nuansa alam akan segera menyergap begitu kamu tiba di lokasi Likin Durian Garden. Hirup udara yang segar dalam-dalam sebelum kamu beranjak ke sajian utamanya yaitu durian.

Image credit: @andang_privatetourbwi

Kebun milik Solikin ini punya gubuk-gubuk yang pas untuk selonjoran sambil makan durian. Ada durian lanang, durian kerikil atau durian pelangi yang punya warna berbeda-beda dalam satu buahnya. Jika ingin lebih seru, kamu juga bisa menyantap durian pilihanmu langsung di bawah pohonnya lho!

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pakis, Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 18.00 WIB
Harga: Mulai dari 35,000 IDR

13. Kota Malang yang juga punya durian nikmat di Kebun Durian Wagir

Tidak hanya apel, kamu pun dapat merasakan enaknya durian di Malang. Sambangi Kebun Durian Wagir yang terawat dan punya durian berukuran besar. Ada durian montong yang jadi favorit dan kalau tidak ingin salah memilih, kamu bisa minta bantuan dari pengelola kebun. Jadi saat dibuka, dijamin buah durianmu terasa nikmat maksimal. Tempat ini bisa jadi alternatif wisata yang bagus saat kamu berlibur ke Malang, kan?

Alamat: Sukoanyar, Mendalanwangi, Kec. Wagir, Kab. Malang, Jawa Timur
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: Mulai dari 30,000 IDR

14. Tujuan wisata yang pas untuk semua kalangan di Agrowisata Bhakti Alam

Image credit: Agrowisata Bhakti Alam

Lokasi selanjutnya ini cocok untuk berlibur bagi semua usia yaitu Agrowisata Bhakti Alam. Di sini tidak hanya durian yang jadi daya tarik namun juga beragam aktivitas semisal mencicipi buah segar yang baru dipanen, berkunjung ke pabrik susu pasteurisasi hingga berkeliling taman bunga yang cantik.

Image credit: Agrowisata Bhakti Alam

Anak-anak dijamin betah berada di sini dan kamu pun bisa leluasa mencicipi aneka jenis durian yang ada. Kamu bisa memetik sendiri buah durian yang terkenal manis. Menggigit daging durian yang lembut di tengah suasana yang asri dan sejuk pasti akan jadi pengalaman yang menyenangkan!

Alamat: Jl. Bhakti Alam, Kemang, Ngembal, Pasuruan, Jawa Timur
Jam Buka: Selasa – Minggu pukul 08.30 WIB – 15.30 WIB
Harga: Mulai dari 30,000 IDR

15. Menemukan durian yang melimpah di Kampung Hutan Durian Sumber Agung


Saat berkunjung ke Lampung, pantang untuk melewatkan destinasi Kampung Hutan Durian Sumber Agung. Pasalnya, inilah tempat yang terkenal untuk berpesta durian di Lampung. Lokasinya dekat dengan Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman dan di waktu-waktu tertentu, diadakan juga festival durian di sini. Ada pula aneka olahan durian seperti kolak, lempok, dodol bahkan tempoyak yang unik. Bikin lapar!

Alamat: Desa Sumber Agung, Kec. Kemiling, Kota Bandarlampung, Lampung, Sumatera Selatan
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: Mulai dari 25,000 IDR

16. Menyaksikan riuhnya pasar legendaris yaitu Pasar Durian Kuto

Image credit: @santi_crespo09

Pasar Durian Kuto yang sudah berdiri sejak tahun 1976 ini punya suplai durian yang melimpah. Tidak heran jika Pasar Durian Kuto jadi tujuan andalan para penggemar durian di Palembang. Kamu bisa menikmati durian dari daerah Tebing Tinggi, Lahat dan Belitang. Ada juga durian dari luar Sumatera seperti durian dari Bengkulu, Padang atau Medan. Wah, jangan sampai lupa pulang kalau sudah asyik berburu durian di sini ya!

Alamat: Jl. Slamet Riady No. 168, Kuto Batu, Kec. Ilir Timur, Palembang, Sumatera Selatan
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: Mulai dari 25,000 IDR

17. Tidak afdol berlibur di Medan tanpa mampir ke Ucok Durian Medan

Image credit: Ucok Durian MEDAN

Kalau kamu kebetulan berada di Medan, wajib hukumnya mampir ke Ucok Durian Medan. Rasa durian yang manis dan pahit menjadi rasa dominan di salah satu kios terkenal dan destinasi wisata durian paling ngehits di Indonesia ini.

Image credit: Ucok Durian MEDAN

Kalau kamu menemukan durian yang terasa tidak memuaskan saat dimakan, kamu dapat menukarnya dengan buah durian lainnya. Durian kupas, durian daging dan pancake durian tersedia di sini untuk kamu nikmati sepuasnya!

Alamat:
Jl. Wahid Hasyim No. 30-32, Medan, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 24.00 WIB
Harga: Mulai dari 40,000 IDR

18. Merasakan khasnya durian dari Kebun Raya Bulo

Image credit: @pifaf_event

Banyak orang yang mengatakan durian dari Kebun Raya Bulo ini punya citarasa yang khas. Harganya pun terjangkau dengan jenis unggulannya adalah durian otong. Dengan panorama alam di sekitarnya yang indah dan akses masuk yang mudah dilewati, Kebun Raya Bulo jadi tujuan wisata durian di Indonesia yang layak dikunjungi. Kamu pun bisa bersantai-santai menikmati suasana yang sejuk sambil memilih buah durian yang sesuai seleramu.

Alamat: Bukit Merdeka, Bulo, Polewari Mandar, Sulawesi Barat
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: Mulai dari 25,000 IDR

19. Menyantap aneka buah selain durian di Wisata Durian Desa Biih

Meskipun namanya Wisata Durian Desa Biih, kamu juga akan menemukan perkebunan buah lain seperti langsat, cempedak, duku dan rambutan. Beragam jenis durian yang tersedia seperti durian Si Amas, Si Dodol, Si Panyangat atau Si Jupe sering memenangi kontes durian di berbagai tingkat. Kamu bebas memilih durian unggulan yang kamu inginkan, lalu santaplah di gazebo yang sudah disiapkan pengelola. Nikmatnya!

Alamat:
Desa Biih, Kab. Banjar, Kalimantan Selatan
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

20. Bersenang-senang bersama keluarga di agrowisata Meek Farm Kebun Durian

Image credit: Meek Farm

Meek Farm Kebun Durian merupakan tempat agrowisata sekaligus restoran yang asyik untuk dijadikan tujuan wisata keluarga. Tersedia beragam durian lokal seperti durian golden, durian matahari dan juga durian dari Malaysia seperti durian hitam dan durian musang king.

Image credit: Meek Farm

Kalau sedang tidak musim durian, tidak perlu khawatir sebab di sini dijual juga aneka olahan durian. Kamu bisa makan dengan tempoyak sebagai pendamping laukmu, minum jus atau cendol durian dan makan es krim durian untuk penutup hidangan. Puas kan?

Alamat: Jl. Guntung Manggis, Landasan Ulin, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WITA – 18.00 WITA
Harga: Mulai dari 25,000 IDR

Indonesia sebagai negara tropis beruntung punya buah seenak durian ini. Apalagi jika disantap beramai-ramai maka akan terasa semakin lezat! Yuk mulai berkeliling dan wisata untuk merasakan durian yang ada di setiap kota di Indonesia!