Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Gunung Rekomended di Pulau Jawa yang Ramah Bagi Para Pendaki Pemula


Karogaul.com - Mendaki gunung atau hiking menjadi salah satu kegiatan yang lumayan populer dan digemari anak muda zaman sekarang. Selain seru dan menantang, ada banyak manfaat mendaki gunung untuk kesehatan. Di antaranya, meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, mengurangi stres, melatih otot jantung, menjaga kesehatan paru-paru, dan banyak lagi lainnya. 

Namun, mendaki gunung tetap ada risikonya dan tidak dapat dilakukan sembarangan tanpa persiapan yang matang. Selain itu, bagi kamu yang sama sekali belum pernah hiking, sebaiknya pilihlah gunung yang medan pendakiannya tidak terlalu berat. Untuk di Pulau Jawa, ada beberapa gunung yang direkomendasikan bagi pendaki pemula. Berikut ulasannya!

GUNUNG NGLANGGERAN, YOGYAKARTA
KETINGGIAN: 700 MDPL

SUMBER: IG @GUNUNGAPIPURBA (@SATYAWINNIE)

Terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta, Gunung Nglanggeran merupakan gunung berapi yang terbentuk sekitar puluhan juta tahun lalu. Ciri khas gunung ini memiliki bebatuan yang khas, jalur hiking yang landai, aneka flora tumbuh subur di sepanjang jalan pendakian, serta panorama sunrise dan sunset yang memukau. 

Tidak heran, jika gunung ini termasuk salah satu tempat wisata menarik di Jogja. Di satu sisi, waktu pendakiannya hingga menuju puncak pun tidak terlalu lama karena gunung ini memiliki ketinggian 700 mdpl. Hanya saja, kamu tetap perlu waspada dalam setiap langkah. Sebelum berangkat, pastikan persiapan kamu secara fisik dan mental sudah oke,ya.

GUNUNG ANDONG, MAGELANG
KETINGGIAN: 1.726 MDPL

SUMBER: IG @GUNUNGANDONG (@AGUSTINUSGALIH93)

Jalur pendakian Gunung Andong di Kampung Sawit, Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dapat dikatakan ramah untuk pendaki pemula. Kamu bisa mencoba menaklukkan gunung ini untuk merasakan sensasi mendaki dan melatih performa tubuh. Memiliki medan yang tidak terlalu berat, Gunung Andong menawarkan view alam yang luar biasa indah, apalagi begitu tiba di puncak. Semua rasa lelah selama di perjalanan akan terbayar lunas. Menariknya lagi, sebelum sampai ke puncak, kamu bisa menemukan sebuah mata air yang segar.

GUNUNG PANCAR, BOGOR
KETINGGIAN: 800 MDPL

SUMBER: IG @GUNUNGPANCAR

Jika kamu ingin melepas penat dengan mendaki, Gunung Pancar di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, bisa menjadi pilihan yang tepat. Menariknya, gunung ini tidak memiliki puncak. Kurang lebih jalur mendakinya mirip seperti perbukitan yang dikelilingi pemandangan hutan pinus menjulang tinggi. Hawa sejuk langsung terasa begitu tiba di kawasan Gunung Pancar. 

Selain hiking, di sekitar area gunung disediakan fasilitas untuk bersepeda, berkuda, pemandian air panas yang masih asri, dan camping ground. Jadi, cocok bagi kamu yang ingin sekalian menikmati wisata alam bersama keluarga maupun sahabat.

GUNUNG MUNARA, BOGOR
KETINGGIAN: 367 MDPL

SUMBER: IG @GUNUNG_MUNARA_RUMPIN_BOGOR (@DEWI.UTARI0909)

Masih di daerah Bogor, tepatnya di Kecamatan Rumpin. Ada satu gunung yang bisa dijadikan pilihan bagi pendaki pemula. Gunung Munara, namanya. Lokasinya yang berada di daerah perkampungan membuat gunung ini cukup unik untuk ditaklukkan. Ketinggiannya sekitar 367 mdpl dengan waktu pendakian normal sekitar 1 sampai 1,5 jam saja. Walau begitu, SobiPegi penting untuk mawas diri mengingat jalanan menuju puncaknya terbilang cukup terjal. Perhatikan langkah, jaga keseimbangan tubuh, dan tetap fokus, menjadi kunci utama agar bisa sampai ke puncak Gunung Munara dalam kondisi baik.

GUNUNG KENCANA, BOGOR
KETINGGIAN: 1.803 MDPL

SUMBER: IG @GUNUNGKENCANA1803MDPL (@SUTAN.FARISIII)

Belum beranjak dari kawasan Bogor, karena masih ada satu lagi gunung dengan jalur pendakian yang landai. Adalah Gunung Kencana yang berlokasi di Kampung Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Yang cukup menarik dari gunung ini, yaitu pemandangannya mengarah langsung ke Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Terdapat perkebunan teh pada sisi kiri dan kanan, serta disediakan petunjuk arah menuju puncak sehingga kamu tidak perlu khawatir tersesat. 

Umumnya, pendakian memakan waktu 45 menit sampai satu jam. Meski terbilang cepat, kamu mungkin tetap perlu menyiapkan persediaan air minum yang cukup agar tidak dehidrasi selama di perjalanan.

GUNUNG UNGARAN, SEMARANG
KETINGGIAN: 2.050 MDPL

SUMBER: IG @PERANTUNAN (@HI.WITO)

Berikutnya, ada Gunung Ungaran di Semarang. Salah satu gunung yang terkenal di Jawa Tengah. Kamu bisa memilih tiga jalur pendakian untuk menaklukkan gunung ini, yaitu jalur Gedong Songo, Sidomukti atau Mawar, dan Boja. Masing-masing jalur memiliki keistimewaan tersendiri. 

Namun, kalau kamu ingin sekalian berwisata alam, bisa memilih jalur Sidomukti yang menawarkan pemandangan kebun teh terbentang luas. Untuk puncak gunung ini juga ada tiga dengan waktu tempuh sekitar 7-12 jam perjalanan, yakni Gendol, Botak, dan puncak yang tertinggi adalah Ungaran dengan view Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing.

GUNUNG PAPANDAYAN, GARUT
KETINGGIAN: 2.665 MDPL

SUMBER: IG @PAPANDAYAN_ID (@ABDUL_GOPUR11)

Bergeser ke Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Berdiri dengan kokoh sebuah gunung yang terletak sekitar 70 kilometer sebelah tenggara dari Kota Bandung, yaitu Gunung Papandayan. Di kawasan gunung, kamu bisa melihat beberapa kawah nan eksotis, area hutan mati, dan padang edelweiss yang menjadi daya tarik utamanya. Pesona keindahan alam di Gunung Papandayan ini tentu sudah tidak diragukan lagi. 

Bagi kamu yang sudah lama tidak berbaur ke alam atau ingin merasakan sensasi naik gunung untuk pertama kalinya, menaklukkan Gunung Papandayan bisa menjadi pilihan yang tepat. Hitung-hitung menambah pengalaman bertualang sekaligus melatih kebugaran tubuh.

Nah, itulah rekomendasi gunung indah di Pulau Jawa yang ramah buat para pendaki pemula. Sebagai saran, sebaiknya kamu tetap didampingi oleh kerabat atau teman yang sudah sering hiking, ya. Hal ini untuk meminimalisir risiko yang bisa dialami siapa saja selama mendaki. Pastikan juga kamu dalam kondisi tubuh yang fit saat berangkat.