Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Spot Camping Tepi Sungai dengan View Ciamik di Indonesia

7 Spot Camping Tepi Sungai dengan View Ciamik di Indonesia

Karogaul.com - Sedang penat dengan rutinitas harian? Coba lakukan kegiatan outdoor seperti camping, siapa tahu bisa menjadi solusi jitu untuk mengatasinya. Apalagi kalau camping-nya di tempat alam terbuka yang memiliki udara sejuk dan view spektakuler. Seperti di tepi sungai, misalnya. Ketika bangun tidur, SobiPegi akan disambut suara gemercik air sungai yang dipadukan dengan udara sejuk di sekitarnya. Terlebih pada siang hari, kamu nggak akan merasa kepanasan karena dekat dengan sumber air.

Membayangkannya saja sudah terasa menyenangkan, bukan? Bagi kamu yang ingin camping di tepi sungai, Pegipegi telah merangkum beberapa spot yang dapat menjadi referensi. Tanpa basa-basi, kuyyy, cek lokasinya berikut ini!

1. PINEUS TILU RIVERSIDE CAMPING

SUMBER: IG @INFOBANDUNGKULINER

Terletak di Bandung bagian selatan, tepatnya di daerah Pangalengan, Pineus Tilu Riverside Camping, menghadirkan spot camping yang nggak biasa. Pasalnya, di sini kamu akan mendirikan tenda langsung di tepi sungai. Karena lokasinya yang berada di tengah hutan, kamu akan merasakan sensasi berkemah di alam bebas dengan view keren.

Nggak sampai situ saja, kamu juga dapat melakukan berbagai aktivitas yang bikin pengalaman camping lebih seru. Seperti memancing, rafting sungai, dan barbeque-an di malam hari. Jangan khawatir jika debit air naik saat hujan turun, karena debit air sungai bisa diatur dengan baik sehingga relatif stabil.

ALAMAT: PULOSARI, KECAMATAN PANGALENGAN, KABUPATEN BANDUNG
HARGA SEWA: MULAI DARI RP500 RIBUAN* PER TENDA

2. BUMI PERKEMAHAN RANCA CANGKUANG GAMBUNG

SUMBER: IG @PESONAKABUPATENBANDUNG

Bumi perkemahan ini memiliki nama Ranca Cangkuang, yang dalam bahasa Sunda kata ‘ranca’ adalah rawa. Sedangkan kata ‘cangkuang’ artinya sejenis pohon palem yang daunnya digunakan untuk membungkus gula aren. Jadi, dinamakan Rana Cangkuang, karena lokasi ini dulunya banyak terdapat pohon cangkuang -yang daunnya sering dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk membungkus gula aren-.

Nggak hanya menyuguhkan view sungai, area camping ini juga dikelilingi oleh lanskap perkebunan teh hijau. Bagi kamu yang nggak punya peralatan camping, tenang! Pihak pengelola sudah menyediakan paket camping lengkap beserta tenda. Tips berkemah di sini, jangan lupa untuk membawa jas hujan atau payung, sleeping bag atau matras, dan pakaian tebal, karena kabut dan udara dingin sering menerjang area ini.

ALAMAT: MEKARSARI, KECAMATAN PASIRJAMBU, KABUPATEN BANDUNG, JAWA BARAT
HARGA SEWA: MULAI DARI RP300 RIBUAN* PER TENDA

3. WANA WISATA ALAM CAPOLAGA

SUMBER: IG @JABARGRAM

Rekomendasi tempat camping di tepi sungai selanjutnya adalah Wisata Alam Capolaga. Saat memasuki area ini, kamu akan disapa oleh gemercik suara sungai serta suasana sejuk dan rindang. Kerennya, di Wisata Alam Capolaga terdapat tiga curug menawan, yaitu Karembong, Goa Badak, dan Sawer.

Selain camping, kamu juga bisa melakukan outbound, trekking, dan bermain air di tiga curug menawan tersebut, loh. Juga, fasilitas di area ini terbilang lengkap. Mulai dari musala, toilet, dan keamanan. Tips camping di sini, jangan lupa untuk mengecek ramalan cuaca ya, karena kawasan ini berada di alam terbuka.

ALAMAT: JALAN RAYA CICADAS, CICADAS, KECAMATAN SAGALAHERANG, KABUPATEN SUBANG
HARGA SEWA: MULAI DARI RP150 RIBU* PER TENDA

4. SARI ATER CAMPING PARK

SUMBER: IG @TRIPINAJA

Baru dibuka tahun 2021 lalu, Sari Ater Camping Park sudah menarik perhatian masyarakat luas. Nggak hanya saat weekend, pada hari-hari biasa tempat kemah di Subang ini juga ramai oleh pengunjung. Dikelola oleh PT Sari Ater (Sari Ater Hotel & Resort), kawasan ini menawarkan pengalaman menginap di alam bebas menggunakan kendaraan pribadi. Selain itu, bagi pengunjung yang nggak punya peralatan berkemah, pihak pengelola menyediakan tenda berbagai ukuran, sleeping bag, hingga matras.

Pilihan spot berkemahnya pun bervariasi, ada yang di tepi sungai dan di padang rumput hijau yang luas. Fasilitas juga lengkap, mulai dari listrik, musala, toilet, hingga free tiket masuk di kolam berendam air panas. Selain spot camping, di sini juga menyediakan resort dengan fasilitas lengkap termasuk pemandian air panas.

ALAMAT: 7M89+W24, JALAN RAYA CIATER, NAGRAK, KECAMATAN CIATER, KABUPATEN SUBANG
HARGA SEWA: MULAI DARI RP150 RIBU* PER TENDA
 
5. POTROBAYAN RIVER CAMP

SUMBER: IG @JOGJASCENERY

Rekomendasi tempat untuk camping di wilayah Jogja adalah Potrobayan River Camp. Penggemar wisata alam hidden paradise, wajib banget berkunjung ke tempat wisata di Jogja satu ini! Terletak di daerah Bantul, Potrobayan River Camp pernah viral di sosial media pada 2021 lalu. Gimana enggak, setiba di sini kamu akan disuguhkan pemandangan sungai dengan jernihnya air dilengkapi dengan bebatuan besar. Nggak lupa, di pinggiran sungai terdapat padang rumput hijau luas, yang biasanya dijadikan spot camping serta area gembala.

Selain itu, di sini kamu juga dapat menikmati lanskap pegunungan hijau. Tips berkemah di sini, dilarang membuang sampah dan membuat api unggun di atas padang rumput. Juga, nggak boleh buang hajat dan mandi di sungai, serta membawa minuman beralkohol, ya.
 
ALAMAT: POTROBAYAN SRIHARDONO, PUNDONG, BANTUL, YOGYAKARTA
HARGA SEWA: MULAI DARI RP25 RIBUAN* PER TENDA (EXCLUDE PERALATAN CAMPING LAIN)

6. LEDOK SAMBI

SUMBER: IG @LEDOKSAMBIECOPARK

Jika Potrobayan merupakan hidden gem di Jogja bagian selatan, maka melipir sebentar ke Jogja bagian utara, yuk, tepatnya di Ledok Sambi. ‘Ledok’ dalam bahasa Jawa artinya lembah, sementara ‘Sambi’ merupakan nama desa di kawasan ini. Tempat wisata hits di Jogja ini menyuguhkan pemandangan pedesaan dan sungai asri di kawasan lembah hijau.

Fyi, kawasan ini dikelilingi oleh pepohonan dan rumput yang hijau sejauh mata memandang. Mengusung konsep piknik alam, Ledok Sambi juga menyediakan fasilitas warung yang menjual berbagai hidangan dan minuman lezat. Selain mendirikan tenda di tepian sungai, kamu juga bisa menikmati pemandangan sekitar dengan menggelar tikar di pinggir sungai, atau bermain air.

ALAMAT: JALAN KALIURANG KM 19, PAKEM, KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA
HARGA SEWA: MULAI DARI RP150 RIBU* PER PAKET
BATU, MALANG

7. COBAN RONDO CAMPING GROUND

SUMBER: IG @YOIKI_MALANG

Menjadi destinasi wisata populer di Malang, Coban Rondo merupakan objek wisata air terjun. Dari pusat Kota Batu, SobiPegi perlu menempuh jarak sekitar 12 kilometer untuk sampai di Coban Rondo. Setiba di sini, kamu akan disambut air terjun yang memiliki tinggi sekitar 84 meter.

Biasanya, di sekitar air terjun wisatawan mendirikan tenda. Karena di sinilah terdapat aliran sungai dari air terjun. Selama berkemah pun, kamu dijamin nggak bakal bosan. Pasalnya terdapat kegiatan seru yang dapat kamu coba. Seperti fun tubing, paintball, bermain di taman labirin, hingga berkebun. Asyik banget, kan!

ALAMAT: JALAN COBAN RONDO, JURANGREJO, PANDESARI, KECAMATAN PUJON, KABUPATEN MALANG, JAWA TIMUR
HARGA TIKET MASUK: MULAI DARI RP35 RIBU* PER ORANG

Nah, itu dia deretan spot camping tepi sungai yang punya view ciamik di Indonesia. Semoga informasi di atas dapat menjadi referensi liburanmu selanjutnya. Ingat! Setelah selesai berkemah, jangan menyisakan sampah di area camping, ya! Supaya alam Indonesia tetap lestari. Enjoy your trip!