Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[Video] Detik - Detik Meluapnya Lahar Dingin Gunung Sinabung | 09 Mei 2016 (Pray For Sinabung - Taneh Karo Simalem)

Tanah Karo - Meluapnya Lahar dingin Gunung Sinabung yang menerjang Desa Kuta Mbaru, Kecamatan Tiga Ndreket sehingga menyebabkan satu warga tewas dan satu lainnya hilang Senin sore (9/5/2016). Turunnya lahar dingin tersebut akibat hujan deras di Puncak Sinabung.

Korban tewas teridentifikasi bernama Rihan (6) anak dari Hendi Purwanto. Sedangkan yang masih dalam tahap pencarian Riska (7)  merupakan putri dari Edison.  Kedua korban (meninggal dan hilang) tersapu lahar dingin yang menerjang rumah mereka, di perladangan  Bungus, Desa Kuta Mbaru, yang letaknya tidak berjauhan dari jalur lintasan aliran lahar dingin.

Dalam kejadian itu ada beberapa orang yang berhasil selamat diantaranya; Hendi Purwanto dan istrinya Nia Agustina. Edison beserta istrinya Sofianty. Selain kehilangan nyawa anaknya, rumah Hendi Purwanto juga mengalami rusak berat. Sementara pemilik rumah yang mengalami rusak ringan adalah Jumiran dan Edison.

Kabid Logistik dan Kedaruratan, Natanail Perangin-angin mengatakan, pencarian korban dilanjutkan esok hari (hari ini) dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan.
“Berhubung jelang malam, pencarian kita lanjutkan esok. Kita berharap korban yang belum ditemukan  masih dalam kondisi selamat,” ujar Natanail.

Sementara itu, keterangan yang diperoleh dari Polsek Payung para korban berdomisili di bantaran Sungai Lau Borus, Desa Kuta Mbaru.

“Kejadian berlangsung saat hujan deras. Sungai meluap dan menyapu  rumah penduduk yang berdekatan sungai. Korban Rihan ditemukan berjarak sekitar 100 meter dari rumahnya,” ujar Kapolsek AKP Sopar Budiman.
Dikutip : dari berbagai sumber
Penulis : Willem Andrea Sinuraya