Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trites, salah satu makanan Khas Suku Karo yang terbuat dari isi lambung Lembu


Karogaul.com - Suku karo merupakan salah satu suku yang mendiami dataran tinggi karo sumatera utara. Dataran tinggi karo merupakan daerah yang ada di provinsi sumatera utara yang berjarak kurang lebih 72km dari pusat ibu kota, yaitu Medan.

Setiap daerah di indonesia tentu mempunyai jenis-jenis masakan tradisional tersendiri yang menjadi ciri khas daerah. Begitupun Suku Karo yang mempunyai makanan tradisional yang menjadi ciri khas. Di daerah dataran tinggi karo ada sebuah masakan unik yang bernama pagit-pagit. 

Pagit-pagit dikatakan unik karena berbahan dasar dari rumput yang berada di dalam lambung sapi ataupun kerbau. Bila tidak terbiasa, anda akan merasa jijik melihatnya. Karena memang rumput yang berada di dalam lambung sapi ataupun kerbau hampir persis seperti kotoran sapi dan kerbau.

Bila diamati pagit-pagit sama halnya dengan gulai-gulai pada umumnya.  Untuk membuat pagit-pagit, rumput yang ada pada lambung sapi di keluarkan dan dipisahkan dari lambung. Rumput yang telah di keluarkan lalu di peras menggunakan kain tipis hingga mengeluarkan air dan air ini lah yang nantinya dimasak dengan aneka bumbu dan campuran bahan lainnya.

Pagit-pagit biasa dibuat dengan campuran bahan seperti daun singkong atau daun ubi, jeroan lembu, tulang dan kulit lembu atau kikil. Makanan yang satu ini dapat di santap dengan ditemani sepiring nasi. Hmmm. . . tertarikkah anda menyantap kuliner unik satu ini ?

Mari kita coba . . .

***KESING SABLON SUKA-SUKA***
-Kesing Toba & Karo-


kesing karo


keisng batak

Info Pemesanan : 
casing karo