Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Batu Katak Spot Alam di Binjai : Cek Fasilitas, Daya Tarik dan Tiket Masuk Lokasi

wisata batu katak
pic : a@taufikmatondang

Karogaul.com - Ngomongin tentang Binjai, bisa jadi yang langsung terbersit di benak adalah buah rambutan yang memanglah sangat populer. 

Tetapi tidak hanya buah rambutan, kawasan yang berada di sumut tersebut pula mempunyai beragam tempat wisata seru yang cocok dijadikan spot liburan, salah satunya ialah Wisata Batu Katak.

Lokasi Wisata Batu Katak

Sesungguhnya wisata Batu Katak tidak berada persis di Binjai sobat gaul. Destinasi ini tepatnya terletak di Desa Batu Jonjong, Kec. Bahorok, Kab. Langkat, Provinsi Sumatera Utara. 

Walaupun begitu, posisi wisata Batu Katak memanglah tidak begitu jauh dari Binjai. Apalagi Binjai jadi rute alternatif yang dapat dilalui buat mengarah Batu Katak.

wisata batu katak

Bila sobat gaul liburan memakai kendaraan pribadi, tempat wisata ini dapat sobat gaul dengan jarak tempuh kurang lebih 2 hingga 3 jam dari Kota Medan, dengan rute Medan- Pinang Baris- Binjai- Bahorok. 

Dari simpang 4 Pasar Bahorok, ekspedisi ke wisata Batu Katak berselang dekat 8 kilometer ataupun 30 menit berkendara dengan kecepatan kendaraan rata- rata 30 kilometer per jam sobat gaul.

wisata batu katak
pic : berbagai sumber di google

Apabila sobat gaul bertolak dari Kota Medan mengenakan angkutan transportasi universal, semacam angkot serta bis pariwisata, Kamu wajib turun terlebih dulu di simpang 4 Pasar Bahorok. 

Di posisi ini, ada papan nama ataupun plang di sebelah kiri jalur yang bertuliskan‘ Welcome to Objek Wisata Batu Katak’.

So, Sobat gaul dapat melanjutkan perjalanan mengenakan jasa ojek ataupun becak dengan ongkos ataupun tarif dekat Rp35. 000 sekali jalan (tarif dapat dinegosiasikan).

Rute ke Wisata Batu Katak

Bila sobat gaul berangkat dari Medan, dapat menyudahi di Halte Pembangunan Semesta, ataupun yang kerap disingkat Bis PS, yang terletak di Jalur TB Simatupang, Pinang Baris. 

Apabila Kamu berangkat dari Tembung, Lapangan Merdeka, ataupun dari Jalur Gatot Subroto, angkutan yang melewati Jalur TB Simatupang merupakan Koperasi Pengangkutan Universal Medan( KPUM) 65 dengan tarif dekat Rp 5. 000.

wisata batu katak
pic : berbagai sumber di google

Setibanya di halte bis ini, sobat gaul dapat menumpang bis, namun jangan kurang ingat katakan pada sopir kalau sobat gaul hendak turun di simpang 4 Pasar Bahorok. Kemudian, bayar ongkos dekat Rp18. 000 per orang. 

Buat hingga ke posisi tersebut, memerlukan waktu dekat 1 jam 30 menit sampai 2 jam. Setibanya di Pasar Bahorok, semacam di informasikan di atas, ekspedisi ke Batu Katak bisa dilanjutkan dengan menumpang ojek.

Pesona dan Fasilitas Wisata Batu Katak

  wisata batu katak

Nama Batu Katak sendiri konon mempunyai sejarah ataupun cerita yang unik sobat gaul. Awal mulanya, Dusun Batu Katak merupakan lahan pertanian serta perladangan yang didiami oleh sebagian keluarga. 

Suatu hari, terdapat 2 orang nenek yang dari Dusun Batu Katak yang berangkat ke sungai buat mencari udang serta ikan. 

Sehabis tiba di sungai, mereka juga langsung mencari, namun salah seseorang nenek tidak memperoleh udang ataupun ikan, tetapi batu yang mirip katak, yang kesimpulannya dibawa kembali.

wisata batu katak
pic : berbagai sumber di google

Setibanya di rumah, sang nenek juga membuat wadah ( altar) buat tempat batu katak tersebut, yang menyamai suatu mangkok sobat gaul. 

Pada malam harinya, sang nenek bermimpi berjumpa dengan seorang berpakaian putih. Orang di dalam mimpi menyuruh sang nenek buat membagikan nama desa tersebut Dusun Batu Katak sampai saat ini.

Kemudian, apa saja yang ditawarkan wisata Batu Katak kepada turis? Masih terletak di kawasan Halaman Nasional Gunung Leuser, hawa di kawasan ini terbilang sangat sejuk. 

Tidak hanya itu, wisatawan pula bisa melihat keelokan panorama alam alam yang luar biasa, tercantum pohon- pohon rindang serta bukit- bukit yang besar menjulang.

wisata batu katak
pic : berbagai sumber di google

Di tempat wisata Batu Katak ini, sobat gaul hendak dimanjakan oleh panorama alam yang masih sangat natural serta belum terjamah oleh para perusak alam sobat gaul. 

Di tempat ini, turis bisa berkelana merambah gua- gua yang berbentuk lorong- lorong buat melanjutkan ekspedisi. Konon, di dalam gua tersebut sangatlah indah serta cerah, membuat orang yang melihatnya tidak menyudahi memandang serta tidak bosan buat mengunjunginya.

Tidak hanya gua sobat gaul, wisata Batu Katak pula menawarkan aliran sungai yang lumayan jernih. Di sungai ini, tidak sedikit wisatawan yang menyempatkan diri bermain air ataupun berenang. 

Air sungai yang sangat fresh pastinya bisa jadi media yang pas buat melenyapkan penat ataupun tekanan pikiran akibat rutinitas ataupun banyak aktivitas tiap hari.

Buat sobat gaul yang ingin memacu adrenalin, pengelola juga sediakan bermacam- macam wahana game yang menantang sobat gaul. Salah satu yang lumayan digemari merupakan flying fox. 

Wahana ini hendak membuat turis tergantung di tali dengan ketinggian 5 m hingga 8 m, kemudian melintas di atas sungai pemandian wisata Batu Katak, dengan panjang lintasan menggapai 100 m.

wisata batu katak
pic : berbagai sumber di google

Harga Tiket Wisata Batu Katak

Buat turis yang mau melancong di tempat ini, hendak dikenakan tiket masuk dengan harga mulai Rp3. 000 per orang sobat gaul. 

Bila wisatawan bawa kendaraan individu, hendak dikenai tarif parkir sebesar Rp10. 000 buat kendaraan roda 4 ataupun Rp5. 000 buat kendaraan roda 2. Nah, apabila mau mendatangi posisi tertentu, semacam gua, hendak dikenakan bayaran bonus.

wisata batu katak

Harga Tiket Wahana di Wisata Batu Katak

Wahana
Gua Jodoh
Rp 30.000 / orang
Gua Pupuk Mentar & Gua Mbelin
Rp 48.000 / orang
Gua Air
Rp 63.000 / orang
Gua Air & Rafting
Rp 152.000 / orang
Gua Batu Rijal & Gua Pintu Angin
Rp 63.000 / orang
Gua Batu Rijal & Gua Pintu Angin & Rafting
Rp 142.000 / orang
Rafting Simbelang ke Batu Katak
Rp 61.000 /orang
Rafting Batu Katak ke Lau Damak
Rp 103.000 / orang
Melihat Bunga Bangkai
Rp 34.000 – Rp35.000 / orang
Bunga Raflesia Pancur Molah Olah
Rp 40.000 / orang
Trekking Gunung Kapur
Rp 98.000 / orang
Sewa Ban
Rp 15.000 / orang
Flying Fox
Rp 25.000 / orang


Harga Penginapan di Wisata Batu Katak

So, buat turis yang mau bermalam di kawasan wisata Batu Katak, tidak butuh takut. Alasannya, pengelola pula sudah sediakan penginapan dengan tarif mulai Rp100. 000 sampai Rp150. 000 per malam, sarana kamar mandi, kipas angin, serta extra bed. 

Di samping itu sobat gaul, disediakan pula penyewaan tenda dengan bayaran Rp20. 000.

Demikilah ualasan singkat tentang "Wisata Batu Katak Spot Alam di Binjai, Cek Fasilitas dan Tiket Masuk" kapan nih sobat gaul atur waktu ke temapt yang keren ini ? Happy holiday.