Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Wisata Dairi Terbaru, Mulai Dari Danau Bukit Hingga Taman Iman

wisata dairi

Karogaul.com - Saat berkunjung ke Sumut berkunjung dan singgahlah di Kab. Dairi sobat gaul. Daerah ini memiliki beberapa destinasi wisata menawan yang tentunya akan bikin kunjungan sobat gaul di Sumut makin berkesan dan bermakna. Berikut udah kami rangkum 9 tempat wisata di Dairi yang wajib sobat gaul kunjungi saat rekreasi ke sumut, Cekidot . . .

1. Rumah Adat Pakpak nan Artistik

wisata dairi

Untuk sobat gaul khususnya pecinta wisata budaya dan adat istiadat, kamu bisa berkunjung ke rumah adat pakpak. Rumah adat khas ini ada kemiripan dengan rumah adat Bolon sobat gaul, hanya saja warga yang mmenempati rumah ini kebanyakan dari suku pakpak.

Ketika berkunjung kesini sobat gaul bisa belajar tentang banyak hal mengenai adat pak-pak, mulai dari kehidupan masa lampau penduduk pakpak, seperti nilai budaya leluhur yang tertanam sampai tradisi dan adat istiadatnya yang unik dan meawan sobat gaul. Kamu juga bisa berfoto ria dengan latar rumah adat pakpak ini, tentunya akan sangat instagrambele untu Feed sosial media kamu dengan sensasi kultur yang klasik.

Lokasi:
Pakpak, Kec. Sumbul, Kab. Dairi.

2. Danau Sicike-Cike

wisata dairi

Danau ini terletak di kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi. Anda dapat melakukan berbagai aktifitas disini, mulai dari berkemah bersama teman-teman maupun sekedar mencari spot foto yang menarik. Dengan pemandangan jernihnya air danau dan hijaunya pepohonan yang mengitari kawasan danau ini, dijamin stress Anda akan hilang.

Lokasi Danau Sicike-Cike ini sangat recommended bagi Anda yang ingin menepi dari hiruk pikuk nya kehidupan perkotaan. Waktu yang disarankan untuk mengunjungi danau ini adalah saat weekend. Namun jangan khawatir, Anda dapat mengunjungi danau ini setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore.

3. Pemandian Lau Timah

wisata dairi

Wisata air lain yang dapat sobat gaul kunjungi di Dairi adalah pemandian Lau Timah. Di sini kamu dapat berenang-renang maupun berendam santai bersama teman ataupun keluarga yang menjadi partner travelling anda. Suasana sejuk dan teduh sangat terasa di lokasi ini karena disekitar kolam terdapat pepohonan yang rindang. Walaupun bersuhu dingin, namun air yang berasal dari celah-celah batuan di tempat pemandian ini banyak mengandung belerang (sulfur), sehingga menghasilkan air yang berwarna eksotis, yaitu biru terang.

Berendam di kolam mini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Tiket masuk wisata ini adalah gratis, pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir sebesar 5000 rupiah saja soabt gaul. Pemandian ini penuh pengunjung pada saat weekend.

Lokasi: Renun, Kec. Tanah Pinem, Kab. Dairi.

4. Tao Silalahi

wisata dairi

Tao Silalahi merupakan tempat yang sangat asik untuk menikmati keindahan Danau Toba. Di tempat ini Anda dapat melakukan berbagai kegiatan, mulai dari berkemah, duduk-duduk santai maupun berenang. Selain itu, Anda juga dapat mengelilingi danau dengan menggunakan perahu yang disediakan oleh pengelola wisata.

Bagi Anda penggemar fotografi Anda juga dapat hunting foto di tempat ini, terutama pada saat matahari terbenam atau sunset. Anda akan disuguhi panorama lembayung senja yang begitu mempesona sobat gaul.

Lokasi: Silalahi, Kec. Silahi Sabungan, Kab. Dairi.

5. Bukit Siadtaratas

wisata dairi

Untuk sobat gaul yang gemar olah raga tracking, kamu wajib mengunjungi bukit Sidtaratas. Bukit yang berlokasi di Desa Paropo ini juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan alam Danau Toba. Dari atas bukit Anda dapat memandangi panorama lanskap perumahan warga Silalahi. Dari kejauhan Anda juga dapat memandang Tugu Silalahi yang terkenal. Anda juga dapat menikamati indahnya sunset dari atas bukit ini sobat gaul.

6. Tigalingga

wisata dairi

Tigalingga adalah surganya bagi pecinta buah durian, bahkan ada ungkapan belum makan durian jika belum makan durian Tigalingga. Pasalnya wilayah Tigalingga merupakan salah satu tempat penghasil durian Dairi yang begitu istimewa sobat gaul. Kelebihan buah durian ini terletak pada dagingnya yang tebal, dan bijinya yang kecil. Umumnya, produksi buah durian khas Kab. Dairi ini berlangsung dari awal bulan Desember sampai pertengahan bulan Januari sobat gaul.

Kecamatan Tigalingga berjarak sekitar 180 km dari kota Medan atau sekitar 5 jam perjalanan. Dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum yang banyak tersedia di kota Medan dengan tujuan kota Tigalingga. Jadi jangan lupa untuk mencicipi durian Tigalingga ketika berkunjung ke Sumatera Utara.

Lokasi: Sumbul Karo, Palding Jaya Sumbul, Kec. Tigalingga, Kab. Dairi.

7. Puncak Sidiangkat

wisata dairi

Puncak sidangkat merupakan kawasan wisata yang sangat disukai khususnya dikalangan anak muda Kab.Dairi. Di sini sengaja disediakan spot foto berupa sarang burung raksasa yang fotogenik cocok untuk kaum milenial yang hobi berburu destinasi wisata yang instagramable sobat gaul. 

Kawasan wisata ini terletak persis di wilayah hutan tropis sehingga memiliki suhu udara yang sejuk ditambah lagi Anda dapat menghilangkan penat dengan menghirup udara fresh sobat gaul.

Kalau ingin mencicipi kuliner khas Pakpak, sobat gaul dapat mampir di restoran yang berada di sekitar puncak Sidiangkat. Berbagai makanan tradisional lezat mulai dari Pelleng hingga pecal dapat Anda jumpai disana.

Lokasi: Jl. Subulussalam – Sidikalang No.171, Sidiangkat, Kec. Sidikalang, Kab. Dairi.

8. Taman Wisata Iman Sitinjo

wisata dairi

Taman wisata yang membentang di lahan seluas 30 ribu hektar ini menjadi refleksi kerukunan umat beragama di Indonesia. Taman ini mulai dibangun sejak tahun 2005 dan sampai sekarang masih terus diperbaiki agar menarik minat para pengunjung sobat gaul. 

Di area ini sobat gaul bisa melihat langsung bangunan enam rumah ibadah dari agama-agama yang diakui di Indonesia sobat gaul. Terdapat patung yesus dengan ukuran yang cukup besar di taman ini. Terdapat pula Taman Firdaus, yang berisikan wahana berbentuk ruang painting dengan tiga dimensi dan juga ruang laser sobat gaul.

Destinasi wisata Iman Sitinjo ini banyak dikunjungi karena memang menjadi tempat religi sekaligus bisa menjadi tempat yang pas berlibur bersama dengan keluarga. Anda dapat mengunjungi taman ini setiap hari dari Pukul 06.00 sampai dengan Pukul 18.00 sobat gaul. Harga tiket masuk yang harus Anda bayarkan adalah sebesar 5 ribu rupiah untuk anak-anak dan 10 ribu untuk orang dewasa sobat gaul.

Lokasi: Sitinjo, Kec. Sitinjo, Kab. Dairi.

9. Sungai Lau Renun

wisata dairi

Wisata selanjutnya yang harus sobat gaul kunjungi di Dairi adalah Sungai Lau Renun. Sungai terpanjang di Kabupaten Dairi ini memiliki arus yang cukup deras, sehingga sering dimanfaatkan oleh para pecinta olahraga air yang menantang adrenalin, yaitu arung jeram. Anda dapat berarung jeram sambil menikmati indahnya pemandangan alam sekitar sungai ditemani nyiur melabai-lambai di bibir sungai.

Lokasi: Mangan Molih, Kec. Tanah Pinem, Kab. Dairi.

Demikianlah  9 tempat wisata di Kab. Dairi yang bisa menambah referensi sobat gaul untuk merencanakan liburan. Jadi, apakah sobat gaul masih ragu untuk berwisata di Dairi? pastinya tidak lagi ya kan . . . Happy holiday  . . .