Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemandian Air Panas Pariban : Lokasi Wisata dan Harga Tiket Terbaru



Karogaul.com - Buat kamu yang mencari alternatif tempat liburan selain Bali, Bandung, Lombok, atau Yogyakarta, Berastagi bisa menjadi opsi yang menarik. Pasalnya, selain terkenal memiliki hawa yang sejuk dan panorama yang indah, Berastagi juga punya beragam objek wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Nah, dalam artikel kali ini, kami akan mengulas Pemandian Air Panas Pariban.

Tetapi, sebelum berbicara tentang pemandian air panas itu, tidak ada salahnya kita kulik sedikit mengenai Berastagi. Ini merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Berastagi adalah kota terbesar kedua di dataran tinggi Karo setelah Kota Kabanjahe.

Pemandian Air Panas Pariban

Diklaim sebagai kota wisata terpopuler di Sumatera Utara, Berastagi menawarkan banyak spot liburan yang oke, seperti Bukit Gundaling, Desa Peceren, Taman Alam Lumbini, Gunung Sinabung, hingga Pasar Buah Berastagi.

Lokasi Pemandian Air Panas Pariban


Selain list-list di atas, salah satu spot yang tidak boleh Anda lewatkan ketika melakukan kunjungan ke Berastagi adalah Pemandian Air Panas Pariban. Tempat wisata alam ini berlokasi di ujung Desa Sidebuk-debuk. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian spot ini juga sering disebut dengan Pemandian Air Panas Sidebuk-debuk atau Sidebuk-debuk Hot Spring.

Lokasi: Desa, Semangat Gunung, Merdeka, Kabupaten Karo, Sumut.
Kontak: 0823 6337 2516

Pemandian Air Panas Pariban

Berlokasi di bawah kaki Gunung Sibayak, sangat disayangkan jika warga Sumatera Utara belum pernah berkunjung ke tempat ini. Pemandian Air Panas Pariban sendiri dapat Anda capai setelah menempuh perjalanan sekitar 30 menit dengan berkendara dari Berastagi. Sementara, apabila Anda berangkat dari Kota Medan, perlu menempuh jarak sejauh 58 km atau satu jam berkendara untuk tiba di spot ini. Jika bertolak dari Medan, simpang menuju Pemandian Air Panas Pariban ada di sebelah kanan dari sisi jalan.

Pesona dan Fasilitas Pemandian Air Panas Pariban

Sebagai sebuah tempat pemandian alam, Pemandian Air Panas Pariban memiliki area yang lapang. Selain itu, pemandian ini juga dibekali dengan pemandangan yang indah plus udara yang sejuk. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian banyak wisatawan yang datang ke sini dengan tujuan utama untuk relaksasi dan refreshing.

Selain memiliki area yang luas dan view yang elok, tempat ini juga memiliki lima kolam air panas dengan tingkat temperatur air yang berbeda. Anda dan keluarga atau sahabat dapat memilih sensasi kehangatan tiap kolam renangnya, satu per satu. Dengan harga tiket yang murah, Anda dapat merasakan kehangatan air panas di tempat ini, sambil memandangi alam sekitar yang menakjubkan.

Pemandian Air Panas Pariban
Pemandian Air Panas Pariban

Layaknya tempat liburan lainnya, pengelola juga telah melengkapi Pemandian Air Panas Pariban dengan fasilitas yang terbilang komplet. Selain kolam air panas, di tempat ini juga sudah tersedia kolam air dingin atau waterboom yang bisa Anda jadikan arena bermain bersama keluarga. Tidak ketinggalan, ada saung-saung yang luas dan bersih yang bisa dimanfaatkan untuk lesehan, taman, kantin dengan makanan dan minuman halal, serta musala.

Nah, bagi pengunjung yang membawa serta anak-anak mereka, bisa mengajak buah hati mereka untuk melihat kelinci-kelinci yang sengaja dibiarkan bebas di sekitar lokasi pemandian. Sementara, untuk mereka yang ingin menguji adrenalin, bisa mencoba untuk mengendarai kendaraan ATV di atas jalur berlumpur dan tidak stabil.

Menurut pengelola sendiri, sejak didirikan pada tahun 2010, Pemandian Air Panas Pariban memang mengusung konsep yang berbeda dari tempat pemandian lain yang juga berlokasi di Desa Sidebuk-debuk. Bukan hanya sebagai tempat pemandian alami seperti pada umumnya, tetapi spot ini juga bisa digunakan sebagai tempat rekreasi. Konon, Pemandian Air Panas Pariban menjadi pelopor kolam air panas yang dikombinasikan dengan wahana permainan dan waterboom.

Pemandian Air Panas Pariban

Menurut penuturan beberapa pengunjung yang pernah singgah, Pemandian Air Panas Pariban merupakan spot yang keren untuk mereka yang ingin melepaskan penat. Selain itu, karena dibekali dengan pemandangan alam yang menakjubkan, tempat ini juga bisa menjadi lokasi yang cocok untuk mereka yang doyan berfoto.

Seperti diulas sebelumnya, harga tiket masuk ke Pemandian Air Panas Pariban tergolong sangat murah. Berikut rincian lengkap harga tiket masuk dan wahana permainan di Pemandian Air Panas Pariban, yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Harga Tiket Pemandian Air Panas Pariban

Tiket Masuk
Rp10.000 per orang

Saung/Pondok Lesehan
Rp25.000 – Rp60.000 (sesuai ukuran)

Sewa ATV
Rp25.000 (dua kali putaran)

Penginapan di Pemandian Air Panas Pariban

Lalu, bagaimana dengan pelancong yang datang dari jauh dan membutuhkan tempat menginap? Tidak perlu khawatir karena pengelola juga sudah menyediakan fasilitas penginapan di sekitar lokasi Pemandian Air Panas Pariban. Dengan tarif mulai Rp40 ribuan per malam, wisatawan sudah dapat menempati sebuah kamar yang bersih dengan fasilitas yang memadai.

Pemandian Air Panas Pariban

Namun, jika kebetulan Anda kehabisan kamar, Anda juga tidak perlu risau. Anda bisa mencari akomodasi lain yang berlokasi tidak jauh dari Sidebuk-debuk Hot Spring. Ada banyak tipe penginapan yang bisa dipilih, mulai homestay, hotel berbintang, hingga villa. Berikut deretan penginapan yang berada dekat Pemandian Air Panas Pariban.

Daftar Penginapan Dekat Pemandian Air Panas Pariban

Kamuna Garden
Mulai Rp200.000

Villa Gunung Mas
Mulai Rp650.000

Hotel Grand Orri Berastagi
Mulai Rp300.000

Villa Berastagi Highland
Mulai Rp850.000

Sinabung Hills Berastagi
Mulai Rp681.000

Pemandian Air Panas Pariban

Daftar tarif penginapan dekat Pemandian Air Panas Pariban di atas kami rangkum dari berbagai situs booking online. Harga akomodasi sekitaran Pemandian Air Panas Pariban ini tidak mengikat dan bisa berubah-ubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pengelola dan tanggal pemesanan. 

Demikianlah ulasan signkat mengenai "Pemandian Air Panas Pariban : Lokasi Wisata dan Harga Tiket Terbaru" apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke wisata tanah karo yang lagi ngehits ini ?