Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tempat Wisata di Berastagi yang Paling Sering Dikunjungi, Mulai dari Bukit Gundaling Hingga Sidebuk-debuk

Berastagi

Berastagi terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Daerah ini memiliki banyak sekali destinasi wisata dengan potensi alamnya yang sangat indah. Pastinya sangat cocok untuk kamu yang sedang mencari tempat liburan seru di Tanah Karo.๐Ÿ’•

Jarak tempuh dari Kota Medan ke Berastagi sekitar 60 km. Perjalanan ke lokasi wisata ini dapat ditempuh bukan hanya dengan kendaraan umum tetapi juga dengan kendaraan umum.

Sebagian besar lokasi wisata di daerah ini merupakan wisata alam, sangat cocok bagi traveller yang menyukai aktivitas outdoor.

Berastagi

Berastagi berada pada dataran tinggi dengan ketinggiannya yang mencapai 1300 mdpl. Posisinya yang berada pada ketinggian tersebut, pastinya memiliki udara perbukitan yang sangat sejuk.

Keindahan alamnya yang hijau dan asri tercipta karena lokasinya yang diapit oleh Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Berastagi yang Sering dikunjungi oleh para wisatawan yang sengaja datang ke Berastagi :

1. Bukit Gundaling๐Ÿ’•

Bukit Gundaling

Pemandangan di bukit ini sangatlah mengagumkan, dan memiliki udara yang sangat sejuk. Tempat ini berada di ketinggian 1.575 mdpl, dan jaraknya hanya 3 km dari pusat Kota Berastagi.

Dari puncak bukitnya, kamu akan disuguhi pemandangan dari Gunung Sinabung dan hutan pinus yang tersebar luas di sekelilingnya. Kalau kamu berniat untuk berlibur ke tempat yang kece tersebut, jangan lupa bawa kamera untuk mengumpulkan foto buat koleksi Instagram kamu ya.

๐Ÿ‘‰Alamat: Jl. Jamin Ginting, Desa Gundaling I, Berastagi, Kabupaten Karo.
๐Ÿ‘‰Tiket Masuk: Rp. 2000, Parkir motor Rp.3000, Parkir mobil Rp. 5.000
๐Ÿ‘‰Jam operasional: 24 Jam

2. Bukit Kubu Berastagi๐Ÿ’•

Bukit Kubu Berastagi



Perbukitan di daerah Bukit Kubu ini sangat cocok dijadikan tempat wisata keluarga. Pasalnya, selain memiliki udara yang sejuk dan pemandangannya yang asri, areal bukit ini juga sangat luas.

Fasilitas wisata yang ditawarkan cukup lengkap seperti taman bermain, flying fox, berkuda, dan masih banyak lagi fasilitas yang lainnya. Untuk fasilitas pendukung juga sudah tersedia, diantaranya adalah tempat parkir, tempat makan, penginapan dan juga toilet.๐Ÿ’•

๐Ÿ‘‰Alamat : Jl. Jamin Ginting, Sempajaya, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, 22152.
๐Ÿ‘‰Tiket Masuk: Rp. 15.000 (tanpa kendaraan) dan Rp. 30.000 ( kendaraan motor),
Rp. 100.000 (pake kendaraan mobil)
๐Ÿ‘‰Jam Operasional: 24 Jam

3. Air Terjun Sikulikap๐Ÿ’•

Air Terjun Sikulikap

Berastagi sangat terkenal akan keindahan wisata alamnya yang dapat memanjakan mata para pengunjungnya. Salah satu lokasi wisata alamnya yang diburu oleh pecinta tempat-tempat liburan unik yang Instagramable adalah air terjunnya.

Di lokasi Air Terjun Sikulikap tidak hanya menawarkan panorama keindahan fenomena air yang jatuh bebas tersebut, tetapi juga dapat mengajak kamu untuk dapat mengunjungi kawanan primata liar. Kawanan primata tersebut adalah monyet jenis Gibon yang dilepas bebas bergelantungan di pohon pada habitatnya.

๐Ÿ‘‰Alamat : Jl Jamin Ginting Km 54, Desa Goulu, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo Sumatera Utara
๐Ÿ‘‰Tiket Masuk: Rp. 10.000
๐Ÿ‘‰Jam Operasional: 06.00 - 20.00 Wib

4. Kebun Raya Tongkoh๐Ÿ’•

Kebun Raya Tongkoh

Kebun Raya Tongkoh merupakan tempat yang sangat direkomendasikan. Selain dapat menikmati keindahan tempat ini dan juga kesejukannya, kamu juga dapat merasakan makan buah langsung dari pohonnya loh!๐Ÿ’•

Kebun raya ini memang banyak sekali menanam beraneka pohon buah-buahan yang dapat langsung dipetik dari pohonnya. Ada beberapa pohon yang selama ini menjadi favorit para pengunjung, contohnya seperti Pohon Markisa, Jeruk dan Strawberry.

Lebih asyiknya lagi, kamu boleh memetik buah-buahan tersebut sebanyak yang kamu mau, untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Pokoknya bakalan nggak nyesel deh liburan di tempat ini!

๐Ÿ‘‰Alamat: Desa Tongkoh, Berastagi, Kabupaten Karo
๐Ÿ‘‰Jam Operasional: 24 Jam

5. Pemandian Air Panas Lau Sidebuk – Debuk๐Ÿ’•

Air Panas Sidebuk-Debuk

Tempat pemandian ini merupakan pemandian air panas alami yang berasal dari sumber mata air pegunungan. Uniknya, banyak pengunjung yang meyakini kalau berendam di pemandian ini dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Pemandian ini dulunya merupakan cagar alam, Namun pada sekitar tahun 1980, cagar tersebut diubah menjadi sebuah taman wisata seluas 7 hektar. Dan Pemandian Air Panas Sidebu ini termasuk di dalam komplek taman wisata tersebut..

๐Ÿ‘‰Alamat: Desa Daulu Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo Sumatera Utara
๐Ÿ‘‰Tiket Masuk: Rp. 20.000
๐Ÿ‘‰Jam Operasional: 24 Jam

Nah Guys, kamu pasti sudah nggak sabar merencanakan jalan-jalan ke destinasi wisata di Berastagi ini. Mejuah-juah๐Ÿ’•