Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Salju Panas Tinggi Raja Simalungun : 7 Potret, Wahana dan Akses Lokasi

Wisata Salju Panas Tinggi Raja Simalungun

Karogaul.com - Kawasan sumut kini memiliki banyak sekali destinasi wisata yang indah dan menarik buat dikunjungi sobat gaul. Di sana dapat menikmati keindahan alam yang tidak kalah dari wisata negara tetangga. Salah satu destinasi wisata yang harus anda datangidi sana adalah, Salju Panas Dolok Tinggi Raja Simalungun.

Bila merasa penat dengan segala urusan pekerjaan monoton atau yang lainnya pasti sobat gaul memikirkan tentang sebuahliburan yang menyenangkan baik itu sendiri bersama keluarga atau teman-teman sobat gaul. Tetapi tidak sedikit yang mengurungkan niat untuk liburan karena kebanyakan orang berpikir bahwa rekreasi harus selalu menguras uang yang banyak sobat gaul.

Wisata Salju Panas Tinggi Raja Simalungun
Wisata Salju Panas Tinggi Raja Simalungun

Ada berbagai macam jenis destinasi wisata di sekitar anda yang tidak perlu memerlukan biaya banyak untuk menikmatinya sobat gaul. Terutama kalau sobat gaul tinggal di Simalumgun, yang merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Utara. Sobat gaul tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar kota untuk sekedar refreshing sejenak melepas penat dan lelah setelah berhari-hari bekerja sobat gaul.

Di Simalumgun ada banyak destinasi wisata yang bisa anda kunjungi dengan biaya yang  cukup murah, salah satu contohnya yang tidak boleh anda lupakan adalah Salju Panas Dolok Tinggi Raja sobat gaul.

Temapt wisata Salju Panas Dolok Tinggi Raja mempunyai lokasi tepatnya di Desa Dolok Merawan, Kec. Tapian Dolok, Kab. Simalumgun, Sumatera Utara sobat gaul. Wisata alam memang tidak pernah habis pesona dan popularitasnya, setiap tamasya pasti banyak pengunjung yang lebih memilih untuk plesiran ke tempat terbuka yang alami ini sobat gaul.

Wisata Salju Panas Tinggi Raja Simalungun
Wisata Salju Panas Tinggi Raja Simalungun

Salju Panas Dolok Tinggi Raja harus sobat gaul masukan ke dalam daftar tempat wisata yang harus dikunjungiketika sobat gaul ke Sumatera Utara. Areal yang dilindungi sejak 1924 ini dianugerahi dengan pemandangan yang sangat mempesona dan menawan sekali.

Tetapi meskiupun namanya ada kata 'salju', di sana sebenarnya tidak ada salju sama sekali sobat gaul. Namun adanya bebatuan kapur yang ada di sekitar kawah membuat pemandangannya mirip seperti salju sobat gaul. Selain bebatuan kapur yang indah, daya tarik lainnya yang sangat indah adalah air di tengah-tengah kawah yang berwarna biru sobat gaul.

Wisata Salju Panas Tinggi Raja Simalungun
Wisata Salju Panas Tinggi Raja Simalungun

Air tersebut adalah sumber air panas yang berasal dari endapan-endapan kapur yang terbentuk dari proses panas bumi yang mengandung belerang sobat gaul. Para pengunjung yang datang pun dapat menikmati air panas ini dengan berendam sobat gaul. Sembari berendam anda dapat menikmati eloknya view air yang mengalir di atas bebatuan yang diselimuti lumut sobat gaul.

Di bagian atas kawah juga ada kolam yang berukuran agak kecil dengan gelembung air yang berasal dari dalam kolam sobat gaul. Tetapi kolam yang satu ini tidak bisa dipakai untuk berendam dikarenakan suhunya yang terlalu panas sobat gaul.

Fasilitas di Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Wisata Salju Panas Tinggi Raja Simalungun
Wisata Salju Panas Tinggi Raja Simalungun

Untuk masalah fasilitas dan sarana, di destinasi wisata Salju Panas Dolok Tinggi Raja memang tidak terlalu banyak sobat gaul, namun ada beberapa yang bisa pengunjung manfaatkan, seperti :

:: Lahan parkir
Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi baik mobil atau motor, anda tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena di sana telah disediakan area parkir yang lumayan luas dan juga memadai.

:: Warung atau tempat makan
Setelah menghabiskan waktu untuk berkeliling dan berendam di kolam air panas, pastinya membuat perut anda lapar. Tak perlu bingung apabila anda tidak ada waktu atau lupa untuk menyiapkan bekal. Di sekitar obyek wisata ini anda dapat menemukan warung-warung milik penduduk lokal yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Wisata Salju Panas Tinggi Raja Simalungun
Wisata Salju Panas Tinggi Raja Simalungun

:: Gazebo
Dengan dibangunnya gazebo atau pondokan di sana, anda bisa dengan duduk santai bersama keluarga sembari menikmati makanan dan minuman. Suasana semakin tentram karena anda ditemani pemandangan air kawah yang berwarna biru, hamparan bukit batu kapur berwarna putih nan indah dan juga langit biru.

:: Penginapan
Di sekitar area Salju Panas Dolok Tinggi Raja, untuk anda yang butuh tempat untuk bermalam bisa mencari hotel atau penginapan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan anda.

: Toilet umum
Salah satu fasilitas penting ini juga telah disediakan di sana jadi anda tidak usah repot-repot mencari toilet di luar area obyek wisata untuk buang air atau ganti baju.

Hunting Foto di Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Wisata Salju Panas Tinggi Raja Simalungun
Wisata Salju Panas Tinggi Raja Simalungun

Datang ke sebuah obyek wisata alam seperti Salju Panas Dolok Tinggi Raja memang ada yang kurang jika Sobat gaul tidak membawa kamera dan sampai melewatkan berbagai momen seru yang terjadi saat anda sedang berlibur Sobat gaul.

Di destinasi wisata ini Sobat gaul bisa memuaskan hasrat berfoto Sobat gaulkarena banyak spot-spot menarik yang bisa anda manfaatkan seperti spot di depan bukit batu kapur dengan warna putih seperti salju yang ada di sana Sobat gaul, keeksotisan pemandangan tersebut akan membuat foto anda jadi semakin menarik Sobat gaul.

Sobat gaul juga dapatmengabadikan kegiatan-kegiatan yang anda lakukan di sana seperti saat anda berendam, bermain air di kolam kawah atau saat sedang santai bersama keluarga di pondokan.

Ingin pemandangan yang lebih mantap lagi Sobat gaul?  Kamu dapat berfoto dengan latar belakang kolam dengan air yang berwarna biru Sobat gaul, tentu saja view seperti ini jarang anda temui di tempat lain.

Jangan lupa juga Sobat gauluntuk mengunggah foto anda di media sosial agar banyak orang tahu tentang Salju Panas Dolok Tinggi Raja.

Cara Akses ke Salju Panas Dolok Tinggi Raja

• Via udara : Sesampainya di Bandara Kuala Namu, anda langsung saja melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan bermotor dengan rute : Jl. Bandara Kuala Namu - Jl. Tol Medan - Jl. Lintas Sumatera - Jl. Lintas Tengah Sumatera - Jl. Besar Petumbukan - Salju Panas Dolok Tinggi Raja

• Via laut : Sesampainya di Pelabuhan Belawan, anda langsung saja melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan bermotor dengan rute : Jl. R. Pelabuhan - Jl. Tol Belmera - Jl. Lintas Sumatera - Jl. Dahlan Tj. - Jl. Klp. Sawit - Jl. Irian - Jl. Sei Merah - Jl. Nagarejo - Jl. Paya Itik - Jl. Besar Petumbukan - Salju Panas Dolok Tinggi Raja

• Via darat : Dari pusat kota, anda tinggal ikuti saja rute berikut ini : Jl. Guru Patimpus - Jl. Gatot Subroto - Jl. Kapten Maulana Lubis - Jl. Balaikota - Jl. Prof. HM. Yamin Sh - Jl. Perintis Kemerdekaan - Jl. Tol Belmera - Jl. Lintas Sumatera - Jl. Dahlan Tj. - Jl. Klp. Sawit - Jl. Irian - Jl. Sei Merah - Jl. Nagarejo - Jl. Paya Itik - Jl. Besar Petumbukan - Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Wisata Salju Panas Tinggi Raja Simalungun
Wisata Salju Panas Tinggi Raja Simalungun

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Jam buka untuk obyek wisata ini adalah setiap hari selama 24 jam sobat gaul. Dan pengunjung juga tidak perlu membayar tiket masuk.

Sekian ulasan singkat mengenai "Wisata Salju Panas Tinggi Raja Simalungun : 7 Potret, Wahana dan Akses Lokasi " apakah soabt gaul tertarik buat mengunjunginnya ?