Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Sungai Ikan di Klaten - Inilah 7 Potret Pesona Wisata, Wahana dan Lokasinya

sungai ikan water gong klaten
Sungai Ikan di Klaten💖

Sungai Ikan adalah sebuah sungai yang terletak di Klaten, Jawa Tengah, Indonesia. Sungai ini dikenal sebagai destinasi wisata air yang populer di Klaten ðŸ‘‰ karena keindahan alamnya yang masih asri dan aliran airnya yang jernih.

Nama Sungai Ikan berasal dari keberadaan banyak ikan yang hidup di dalam sungai ini. Ikan-ikan yang hidup di Sungai Ikan adalah ikan air tawar yang dapat dijadikan sumber pangan bagi masyarakat sekitar. 

Selain menjadi tempat bagi kehidupan ikan, Sungai Ikan juga dikelilingi oleh pepohonan hijau dan terdapat beberapa air terjun kecil💕 yang menambah keindahan sungai ini. Di sepanjang sungai, terdapat beberapa area rekreasi yang dapat digunakan untuk berkemah, memancing, dan berenang.

Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk menjaga kebersihan sungai agar dapat terus dinikmati sebagai destinasi wisata yang indah dan sehat. Dalam upaya menjaga kelestarian Sungai Ikan, pemerintah setempat bersama dengan masyarakat setempat aktif melakukan kampanye dan program pembersihan sungai. 

sungai ikan water gong klaten
Keseruan di Sungai Ikan di Klaten

Selain itu, pengunjung yang datang ke Sungai Ikan juga diharapkan untuk membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan sungai. Objek wisata di Klaten memanglah tidak perlu diragukan lagi💓. Misalnya saja objek wisata air yang terdapat di Klaten, Jawa Tengah. 

Ada objek wisata air antara lain Umbul Ponggok Klaten, Mata Air Cokro Klaten serta lain sebagainya. Saat ini ada suatu objek wisata yang tengah viral di media sosial. Namanya merupakan Water Gong.

Sungai mula- mula di Jogja dan Klaten yang sangat bersih dan dipadati ikan seperti di Jepang ialah terdapat di Water Gong yang terletak di kawasan persawahan Desa Ponggok, Kec Polanharjo, Kab. Klaten.❤

Water Gong Klaten ini ialah suatu objek wisata baru yang terletak di Jogjakarta. Sungai yang tadinya tempat pembuangan sampah ini, saat ini berganti jadi tempat wisata yang diminati turis. Awal mulanya memanglah sungai ini jadi tempat pembuangan sampah. Sampai kesimpulannya warga sadar serta bergotong royong mensterilkan tempat ini.

sungai ikan water gong klaten
Aktivitas Sungai Ikan di Klaten

Area jadi bersih, setelah itu menjadikan mata air terpelihara serta terciptanya posisi wisata ini. Objek wisata air ini menggunakan air jernih dari sungai Gejikan. Air yang terdapat disini populer sebab mempunyai banyak isi mineral.

Di Water Gong Polanharjo Klaten ini mempunyai panjang 100 m, dengan tiap petak mempunyai panjang lebih kurang 20 m serta lebar 5 m. Pada tiap petak, ditaburkan satu ton ikan serta kala panen dengan bobot 20 ton!🙋🙋

Sungai dengan panjang sekitar 100 m ini lalu diganti jadi kolam ikan yang berisi ikan nila serta koi, sobat gaul. Tiap petak mempunyai panjang dekat 20 m serta lebar 5 m. Ikan- ikan itu jadi hidangan santapan utama di Water Gong, baik untuk digoreng, dibakar, ataupun difillet sobat gaul. 

Terdapat pula menu pecel serta sayur- mayur di tempat wisata ini, sobat gaul. Cukup lengkap kan menu-menunya sobat gaul? 

sungai ikan water gong klaten
Sungai Ikan di Klaten

Pada objek wisata ini bukan cuma ada sungai serta ikan- ikan yang hidup disitu. Tetapi pula ada warung- warung makan di tepi sungainya. 💕

Ikan yang terdapat objek wisata Water Gong Polanharjo ini pula dimanfaatkan buat hidangan ikan bakar, goreng ataupun fillet. Harga hidangan ikan disini dibanderol mulai dari harga Rp 12. 000 per satu ekor ikan.

sungai ikan water gong klaten
Sungai Ikan di Klaten

Menu makanan di Wisata Sungai Ikan di Klaten
Menu Makanan Sungai Ikan di Klaten

Dengan budget tersebut, para turis dapat menikmatinya bersama nasi dan sambalnya. Bukan cuma hidangan ikan, disini pula ada menu yang lain, semacam pecel serta menu sayur- mayur yang lain.

Awal mulanya, Water Gong ini ialah tempat makan yang menyuguhkan aliran sungai bersih sebagai salah satu daya tariknya sobat gaul. Tempat ini jadi terkenal sebab fotonya yang pernah viral di berbagai media sosial💚, berbentuk sungai penuh ikan dan sangat instagenik untuk dipandang.

💢Lokasi Water Gong Klaten💖
 
Buat alamat lengkap objek wisata air ini terletak di Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57474. Objek wisata air ini berjarak dekat 46 kilometer dari pusat kota Jogja, serta bisa ditempuh perjalanan sepanjang kurang lebih 1.5 jam.👪

sungai ikan water gong klaten
Sungai Ikan di Klaten

Jika ditempuh dari Solo, lokasi objek wisata ini berjarak kurang lebih 25 km dan dapat ditempuh perjalanan berkisar hampir 1 jam. Untuk harga tiket masuk lokasi wisata ini adalah Rp 5.000/ orang, murah sekali kan?

Water Gong Klaten ini sesuai banget buat lo yang suka mendatangi tempat wisata alam, spesialnya mendatangi sungai yang tenang sobat gaul. Ketenangan gemercik aliran sungai di destinasi wisata Water Gong Klaten ini bakal membantu kalian merasa damai.

Demikian info mengenai "Wisata Sungai Ikan di Klaten - Inilah 7 Potret Pesona Wisata, Wahana dan Lokasinya" kapan nih sobat gaul berkunjung ke wisata yang keren ini ??? 💢