Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Putri Lopian Samosir, 5 Gambar dan Akses Lokasi

putri lopian samosir


Karogaul.com - Kota Samosir memang merupakan sebuah kota yang menawan karena banyaknya ragam destinasi yang dapat dengan mudah untuk ditemui. Itulah mengapa kota yang dikelilingi oleh perbukitan dan Danau Toba tersebut akan terus dikembangkan pariwisatanya. 

Termasuk kota ini memiliki target menjadi Waterfront City pertama di Provinsi Sumatera Utara.

Sebagai kawasan yang berdominan perairan, maka tidak akan sulit menemukan tempat wisata pantai di Kota Samosir ini. Baru-baru ini memang lagi banyak diperbincangkan mengenai sebuah pantai yang tengah rampung pembangunannya. 

Pantai ini bernama Pantai Putri Lopian yang lebih dikenal dengan sebutan Taman Reklamasi yang menghadap ke langsung ke Danau Toba dengan panorama yang epic. Tentu dengan adanya wisata ini akan menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Samosir.


Pantai Putri Lopian dan Taman Reklamasi
Mengenai nama daari pantai yang terletak di kota samosir ini memang berasal dari alamatnya yang terletak di seputaran Jalan Putri Lopian sedangkan nama resmi dari tempat wisata pantai ini adalah Taman Reklamasi. 

Lokasinya berada persis di Desa Pardomuan 1 dan terpaut kurang lebih sekitar 6,7 kilometer dari Kota Pangururan. Letaknya memang lebih dekat dengan Taman Liberty Malau.


Taman Kota Modern Danau Toba ini merupakan kawasan wisata yang terintegrasi mencakup Jalan Putri Lopian Jembatan Sitahuan dan juga Pelabuhan Onan Baru ini sebenarnya sudah mulai ditata atau dibentuk sejak tahun 2017 dan akhirnya selesai pada tahun 2018 dengan memakan biaya kurang lebih sekitar 2,5 M.


Tiket Masuk dan Lokasi Pesona Phutuk Kembar Mojokerto Terbaru
Selain tata kelola dengan mengangkat unsur ruang terbuka hijau yang luas, Pantai Putri Lopian di Taman Reklamasi ini juga mendapatkan sentuhan arsitektur modern. Kedepannya, kedua spot tersebut direncanakan akan menyerupai dengan destinasi wisata di Jakarta yaitu Taman Ancol. 

Jika biasanya pantai yang berbentuk landai identik dengan pasir terhampar. Namun disini, seluruh permukaan daratan pantainya sudah ditutupi dengan ubin. Memang secara menyeluruh, kesan modern dari pantai Putri Lopian dan Taman Reklamasi terasa lebih kental.

Berbeda dengan Taman Sipinsur yang dominan menyuguhkan penatapan Danau Toba dari kejauhan, Taman Reklamasi di Pangururan justru menyajikan pemandangan biru yang menghadap langsung ke danau terbesar di Indonesia ini dari jarak dekat.  

Fasilitas yang tersedia di Taman Reklamasi pastinya komplit. Kursi memanjang yang dibuat menghadap ke danau toba akan membuat rasa letih hilang seketika. Terlebih lagi, stand kuliner pun sudah tersedia di pojok-pojok  taman. Bisa dikatakan sarana dan prasarananya amat sangat memadai.


Taman Reklamasi disiapkan untuk tujuan wisata malam yang sempurna. Di sepanjang garis area, berdiri lampu-lampu hias yang memberi penerangan ke semua isi taman. Taman di pantai ini pun masih snagat sejuk, selain karena angin yang tak henti berhembus dari danau toba, pohonpohon dan tanaman hias pun ikut merindangi tempat wisata ini. 

Tak salah rasanya jika wisatawan dianjurkan untuk berkunjung ke Pantai Putri Lopian jika sedang berwisata ke Kota Samosir.

Aktivitas Pantai Putri Lopian dan Taman Reklamasi
Pantai modern sekaligus menjadi taman kota yang berada di Kota Samosir ini menjadi pilihan baru untuk tempat nongkrong dan juga tempat wisata. 

Spot yang cantik dan luas dilengkapi dengan permainan sederhana sehingga cocok untuk dijadikan tempat wisata bersama anak-anak dan juga bagi anak muda, keseluruhan area ini sangat instagenik sekali dan seru untuk berfoto. Hal ini tentu akan menarik perhatian para wisatawan.


Panjang garis pantai yang bersinggungan langsung dengan jalan lintas membuat tempat wisata Pantai Putri Lopian dan Taman Reklamasi dapat difungsikan untuk kegiatan olahraga pagi. Jalur tersebut bisa dipakai sebagai track untuk jogging atau lari-lari pagi. 

Lantaran taman ini sangat dekat dengan danau toba. Masyarakat di sekitar banyak pula memanfaatkannya untuk sekedar menuang hobi mereka dengan memancing ikan.


Lokasi Pantai Putri Lopian dan Taman Reklamasi
Mengenai lokasi dari tempat wisata Pantai Putri Lopian dan Taman Reklamasi ini berada di Kota Samosir yang beralamat di Unnamed Road, Pardomuan I, Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara 22392. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat di Google Maps berikut ini (GoogleMaps). Tempat wisata Pantai Putri Lopian dan Taman Reklamasi buka selama 24 jam pada setiap harinya.

Harga Tiket Masuk Pantai Putri Lopian dan Taman Reklamasi
Sebelum bisa menikmati keindahan dan keseruan berwisata di Pantai Putri Lopian dan Taman Reklamasi ini wisatawan diwajibkan untuk membeli tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuk atau HTM Pantai Putri Lopian dan Taman Reklamasi adalah gratis tidak dipungut biaya. 

Mungkin kedepannya tempat wisata ini akan di patok harga masuk, mengingat tempat wisata ini masih terbilang baru.