Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Kamu Singgahi Saat Liburan ke Kota Pelajar ini

Wisata di Jogja

Karogaul.com - Yogyakarta memang selalu ngangenin ya sobat gaul. Budaya dan kulinernya senantiasa bikin rindu. Keramahan para masyarakatnya menjadikan daerah ini semakin istimewa. Tak hanya itu, Jogja juga menyuguhkan berbagai pesona yang bisa dinikmati semua umur dan kalangan.

Ingin relaksasi dan kembali ke alam, atau berkreasi di wisata kekinian? Jogja kini punya semua. Terlebih kini Yogyakarta International Airport sudah beroperasi dan siap mempermudahmu dalam menjelajahi Kota Gudeg. Pada April 2020, bandara baru ini sudah siap melayani penerbangan internasional.

Tak ada kata “membosankan” saat berbicara tentang rekreasi ke kawasan wisata Jogja sobta gaul.

Kawasan wisata keren ini seperti selalu punya tempat baru yang menggoda untuk dijelajahi dan disaksikan sendiri keindahannya. Punya rencana berkunjung dalam waktu dekat? Pastikansobat gaul menyempatkan diri untuk singgah di tempat-tempat berikut ini:

1. Taman tepi laut nan asri dan indah: Pantai Ngrawe

Kawasan Gunung Kidul adalah surganya pantai indah di Jogja. Nah, Ngrawe ini merupakan pantai terbaru dan mempunyai pesona tersendiri yang mampu menarik wisatawan untuk datang. Uniknya, taman ini dilengkapi bangku putih serta dihiasi dengan pohon palem yang berjajar rapi. Persis seperti di luar negeri. Tak hanya itu, pantai ini juga berpasir putih, dipastikan kamu betah bermain air lama-lama sobat gaul.

Wisata di Jogja
Photo Via Arif_josselalu, Faat_0503, Suhermansu_21

Ngrawe juga dikenal dengan sebutan Pantai Mesra. Jadi jangan heran jika kamu melihat banyaknya pasangan yang memilih pantai ini sebagai saksi perjalanan cinta mereka dengan menjadikannya lokasi prewedding.

Wisata di Jogja
Photo Via Instangrawe, Ndiwahyoedi, Bellbie_jahad, Kristinagstna

Pantai Ngrawe masih dalam tahap pengembangan ya sobat gaul. Di masa yang akan datang, tentunya fasilitasnya semakin lengkap. Fasilitas yang tersedia saat ini antara lain gazebo, warung makan, kamar mandi, hingga mushola yang bersih sobta gaul.

Pantai Ngrawe
Tiket Masuk: Rp10.000 per orang | Parkir motor, Rp3.000 | Kamar mandi, Rp3.000
Alamat: Pantai Kukup, Ngepung, Kemadang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. 
Jam Operasional: 24 jam

2. Menyusuri Sungai Amazon-nya Jogja: Taman Tempuran Cikal

Bila penasaran cemana sih rasanya menyusuri Sungai Amazon di Amerika, sobat gaul bisa mencobanya di wisata Jogja  yang satu ini. Ya, Taman Tempuran Cikal sering dijuluki sebagai Amazon-nya Jogja sobat gaul. Kamu bisa menikmati keindahan alam sekitar dengan menyusuri sungai sambil bermain kano atau speedboat dll.
Wisata di Jogja
Photo Via Ziahdjailani, Amuna.laila, Inoeng_27, Soeman_photowork

Taman Tempuran Cikal adalah harapan dari warga desa yang menyulap DAS (Daerah Aliran Sungai) menjadi tempat wisata indah. Warga Dusun Cikal bekerja sama untuk menyediakan berbagai fasilitas. Dari warung, hingga wahana outbound, seperti mini trail.

Suasananya yang begitu asri dan indah pula, sungai ini juga disekitarnya merupakan hutan bambu, juga hiasan-hiasan karya keterampilan dari para seniman lokal. Nuansa sejuk semakin terasa. Selain itu, semua tiket masuk wahana dibanderol murah meriah. Pas untuk tamasya keluarga sobat gaul. Aksesnya juga mudah, bisa dijangkau dengan mobil.

Wisata di Jogja
Photo Via Datyas

Pengelola juga menyampaiakn tempat wisata Jogja ini sedang dalam pengembangan sobat gaul. dan selanutnya akan ada homestay dan tur dengan menaiki pedati nantinya sobat gaul. Sangat menarik, bukan?

Taman Tempuran Cikal
Tiket masuk: Sukarela | Perahu, Rp10.000 | ATV, Rp10.000 | Kano, Rp5.000
Alamat: Cikal, Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Bantul, Yogyakarta.
Telepon: 0858 4062 5573
Jam Operasional: Senin-Jumat, 10.00 – 16.30 | Sabtu-Minggu, 07.00 – 17.00

3. Nikmati pagi magis di Jogja sambil panjat tebing: Selopamioro Adventure Park

Pesona sungai dengan pemandangan alami juga bisa sobat gaul rasakan di Selopamioro Adventure Park. Tempat wisata yang juga dikenal dengan nama SPark ini terbilang baru, namun sudah banjir peminat karena harganya ramah di kantong sobat gaul.

Wisata di Jogja
Photo Via Ekkapuspita34, Pinkanbeby34, Maspeot_, Sitii_nurjanahh_

Objek Wisata Jogja yang berlokasi di Sungai Oya ini menawarkan pengunjung mencicipi berbagai wahana, dari outbound, rafting, hingga susur sungai dengan kano dan dipayungi oleh rindangnya pepohonan Jati sobat gaul. Pecinta wisata adrenalin bisa menunggu wahana panjat tebing yang sedang dibangun. Nggak sabar, ya?

Tak hanya keluarga, sobat gaul juga bisa mengajak teman sepermainan untuk menjajal semua wahana. Tradisional, namun tak pernah bikin bosan sobat gaul. terdapat balap bakiak, estafet air, tarik tambang lumpur yang mengasikkan, balap egrang, juga sepeda air. Pecinta foto-foto juga disediakan spot-spot instagenic di tepi sungai, seperti miniatur Tugu Jogja sobat gaul.

Wisata di Jogja
Photo Via Pinkanbeby34, Boneytha_tambun, Tina_leo20

Wisata di Jogja
Photo Via _En_tong, Dhiaz_anggie, Al_labarisala

Bagaimana, sudah terbayang serunya?

Selopamioro Adventure Park
Tiket Masuk: Sukarela | Rafting, Rp10.000/orang | Pemandu, Rp10.000
Alamat: Jetis, RT.04, Dukuh 1, Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Bantul, Yogyakarta.
Telepon: 0857 6927 5887 | 0822 4317 3915
Jam Operasional: 08.00 – 18.00

4. Nggak kalah cantik dibanding Kyoto, Jepang: Kalinampu Pundong

Siapa yang menyangka sobat gaul bahwa hama tanaman seperti eceng gondok bisa tampil sangat indah sebagai latar belakang foto? Bunga-bunganya yang bermekaran ternyata bisa membuat para wisatawannya serasa sedang berada seperti di Jepang.

Wisata di Jogja
Photo Via Lisasft

Spot wisata hits di Sungai Opak, Yogyakarta ini dipercantik dengan adanya gerbang ala Jepang yang dikenal dengan sebutan Torii. Plus, pengelola dan masyarakat sekitar menyediakan persewaan kimono, payung, juga kipas ala Jepang sobat gaul. Bila kamu tertarik untuk berpose di spot yang sedang viral di sosial media ini, datanglah saat matahari sedang tinggi-tingginya sobat gaul. Bunga eceng gondok yang cantik akan menguncup saat matahari mulai tenggelam (sunset) sobat gaul.

Wisata di Jogja
Photo Via Putriay_ri, Mitha_miftaa

Wisata di Jogja
Photo Via Danangnurwakhid

Kalinampu Pundong
Tiket Masuk: Tiket termasuk tarif parkir, motor, Rp5.000 | Mobil, Rp10.000 | Sewa kimono, Rp25.000/set per 30 menit
Alamat: Dusun Kalinampu, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Yogyakarta.
Jam Operasional: 08.00 – 18.00 WIB

5. Air terjun dua warna yang memesona: Air Terjun Kedung Pedut

Kalau sobat gaul dan pasangan sama-sama punya hobi berpetualang, maka singgahlah di air terjun yang satu ini.Lokasi air terjun ini cukup terpencil, adanya di dasar lembah Perbukitan Menoreh. Namun keindahan dan keunikannya tak dapat disangkal lagi.

Hal menarik dan keren dari air terjun ini adalah dua warna alami yang berbeda, yaitu putih bening dan hijau toska sobat gaul. Selain dua warna tersebut, yang membuat air terjun ini lebih unik lagi adalah adanya ‘kedung’ atau kolam alami dengan kedalaman sekitar dada orang dewasa sobat gaul.

Wisata di Jogja
Photo Via Rifkiantariksa, Fendys7, Dhian_hardjodisastro, Kazuki

Bila memang membawa bekal baju ganti, tak ada salahnya juga buat mencoba berenang di Kedung Kedut ini sobat gaul. Terbaru, kini ada replika helikopter dengan latar belakang air terjun menawan yang bisa jadi spot fotomu. Kamu juga bisa mencoba flying fox dan sepeda angkasa dengan pemandangan sekitar.

Kedung Pedut Kulonprogo
Tiket Masuk: Rp5.000/ orang | Parkir mobil, Rp10.000 | Sewa pelampung, Rp10.000 | Sewa loker, Rp15.000
Alamat: Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo.
Telepon: 0852 2591 1011

6. Nikmati kemewahan senja sambil nonton pertunjukan musik: Puncak Sosok

Mungkin sobat gaul jenuh mendengarkan musik di sebuah café yang itu2 saja. Nah, Puncak Sosok bisa menjadi opsi selanjutnya sobat gaul. Wisata ini menyuguhkan pertunjukan musik dengan latar belakang pegunungan. Kamu bisa menggelar tikar dan menikmatinya bersama orang terkasih. Sunset di Puncak Sosok adalah salah satu hal andalan yang disuguhkan sobat gaul. Pastikan datang sejak sore hari, ya.gais . . .

Wisata di Jogja
Photo Via Suryojdb, Ber_lien, Irfanfauzijp11

Ketika tak tertutup kabut sobat gaul, Kamu bisa menyaksikan kegagahan Gunung Subing Sundoro, Merapi Merbabu, dan pegunungan lainnya. Objek wisata ini sudah dilengkapi dengan warung-warung berbahan kayu yang estetik. Kamu bisa tenang karena harga santapannya sangat terjangkau sobat gaul.

Wisata di Jogja
Photo Via Heri_tz, Joe_annes, Gandi_wp

Tips: Pastikan menggunakan kendaraan yang prima karena jalanan menanjak. Lebih baik menggunakan motor karena akses hanya cukup untuk 1 mobil.

Puncak Sosok
Tiket Masuk: Masuk + Parkir, sukarela | Sewa Tikar, Rp5.000
Alamat: Jambon, Bawuran, Kecamatan Pleret, Bantul, Yogyakarta.
Telepon: 0856 4314 9900
Jam Operasional: Weekday, 15.00 – 00.00 | Weekend, 05.00 – 00.00

7. Piknik asik dengan suguhan yang Jawa banget: Restoran Jiwa Jawi

Bila mau mencari makanan enak sobat gaul, tak salah jika datang ke Jogja. Kota ini dikenal dengan beragam kulinernya yang bikin lidah.langsung mau makan siang dengan sensasi unik sobat gaul? Jiwa Jawi Restoran bisa menjadi opsi yang sangat cocok buat sobat gaul. Kamu akan disambut dengan gerbang ala pemandian putri Taman Sari, dengan simbol Lung di atasnya sobat gaul. Selangkah masuk, langsung disuguhi pemandangan sekitar yang asri dan begitu sejuk.

Wisata di Jogja
Photo Via Anischoirul, Jiwajawijogja, Idaliani58, Uphiemashar

Buat kamu Pecinta kopi akan dimanjakan dengan kopi maknyus enak, murah dan disuguhkan dengan lanskap pemandangan yang hijau. Saat bersama bersama keluarga, tersedia meja kayu besar juga sobat gaul. Tak ada salahnya jika memilih lesehan di tikar sambil piknik sore ya kan soabt gaul. Bagaimana meu berkunjung akhir pekan ini kelen sobat gaul ?

Wisata di Jogja
Photo Via Jiwajawijogja, Sazqueen

Restoran Jiwa Jawi
Harga: Kopi Rp10.000 – Rp20.000 | Minuman Signature, Rp35.000 | Main course, Rp30.000 – Rp50.000 | Dessert, Rp15.000 – Rp30.000
Alamat: Jalan Tugu Gentong, Jalan Bangunjiwo, Banyutemumpang RT.01, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.
Telepon: 0877 2604 2285
Jam Operasional: 08.00- 21.00 (Senin libur)

8. Seru-seruan turun ke sawah bareng keluarga: Dolan Ndeso Boro

Dolan Ndeso Boro merupakan destinasi wisata sempurna buat tamasya keluarga. Wisata Jogja satu ini mengemban misi khusus, yaitu mengajak pengunjung untuk menikmati indahnya nilai dan harmonisasi antar manusia, lingkungan, juga alam sobat gaul.

Wisata di Jogja
Photo Via Retno_nokning, Setyanicika, Yulfitarisnawati, Priyaditeguh_

Sesuai dengan namanya, Dolan Ndeso menawarkan permainan-permainan anak desa yang seru. Di antaranya adalah rafting, tubing, juga bersepeda keliling desa.

Wisata di Jogja
Photo Via Justharrypm, Dolandesoboro_, Ariusdianari

Pas untukmu yang sedang mencari acara untuk keluarga besar, karena tempat wisata ini hanya melayani kegiatan rombongan berjumlah sekitar diatas 20 orang sobat gaul. Dolan Ndeso juga sempurna sebagai destinasi outbound rombongan kantor.

Wisata di Jogja
Photo Via Nelislow, Icasaaa, Yeni_ragielngawula, Galihbrot_konveksi

Mau pengalaman yang lebih seru? Pilih saja Paket Live In – program ini mengajak pengunjung untuk bermalam di rumah penduduk dan mengikuti kegiatan induk semang yang biasanya turun ke sawah, melakukan kerajinan seni. Sudah terbayang serunya?

Dolan Ndeso
Harga: Paket mulai Rp75.000 per orang
Alamat: Depok, Banjarsari, Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo, Yogyakarta. 
Telepon: 0878 3899 9399
Jam Operasional: 06.00 – 17.00

9. Warna-warni yang ceriakan hari dan feed Instagrammu: Romantic Garden Bantul

Memanjakan mata dengan suguhan  warna-warni ceria memang tak pernah salah. Satu lagi taman bunga di Jogja yang layak disaksikan sendiri keindahannya: Romantic Garden Bantul. Bonusnya, lokasi tempat wisata baru ini berdekatan dengan Resoinangun Garden, juga Taman Bunga Asri sobat gaul.

Wisata di Jogja
Photo Via Mita_oci, Auliadiina, Sriwaahyunni, Hatmayanti_mahmudhamzah

Mematok tarif sebesar Rp8.000 untuk masuk, setiap pengunjung sudah mendapat pinjaman topi untuk menghalau panas, sekaligus mempercantik gaya saat berpose. Biaya parkir dan toilet pun sudah termasuk di dalamnya sobat gaul. Ada beragam bunga yang ditanam, di antaranya bunga kertas, matahari, jengger, dan lain-lain yang langsung menyegarkan hati sobat gaul.

Seakan mengerti kemauan kaum millenial, Romantic Garden Bantul juga dilengkapi spot-spot instagenic. Pastikan kamu datang agak pagi sebelum mulai ramai sobat gaul.

Wisata di Jogja
Photo Via Hatmayanti_mahmudhamzah, Nugranggita, Renyseptianii__

Romantic Garden Bantul
Tiket Masuk: Rp8.000 per orang (termasuk parkir, toilet, dan sewa topi)
Alamat: Jalan Lintas Selatan , Wonoroto, Gadingsari, Sanden, Bantul, Yogyakarta.
Telepon: 0813 2765 3115
Jam Operasional: 06.00 – 18.00

10. Ada Santorini di Jogja: Langlang Buana – Agrowisata Bhumi Merapi

Sekarangbertamasya ria ke Jogja tak cuma bisa keliling keraton, tapi kamu juga bisa melanglang buana sobat gaul.

Wisata di Jogja

Tanpa perlu menggunakan visa, sobat gaul sudah bisa berfoto layaknya di Santorini, hingga pedesaan tradisional Alpen Tempat bernama Langlang Buana ini adalah bagian dari Agrowisata Bhumi Merapi yang ada di kawasan Kaliurang sobat gaul.

Psst… bisa foto-foto pake kostum ala Eropa juga lho sobat gaul!.

Wisata di Jogja
Photo Via Kabutpagi, Laelaeloo

Langlang Buana – Agrowisata Bhumi Merapi
Tiket Masuk: Rp25.000 per orang
Alamat: Jl. Kaliurang No.KM. 20, Sawangan, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582.
Telepon: 0816 680 515
Jam Operasional: 08.30 – 17.00

Ditulis oleh Melisa Findiana
Dibantu oleh Riri Anggraheni
TriCanvas Indonesia