Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sendang Ngembel Jogja : Destinasi Wisata Cantik yang Bikin Kamu Terpesona

Sendang Ngembel Jogja

Karogaul.com
- Sendang Ngembel, salah satu destinasi wisata yang mampu kamu kunjungi di Kota Yogyakarta. Tempat yang masih terlalu jarang orang tau dan mampir ke sini. Cocok bikin anda yang dambakan berkeliling Jogja namun bukan di tempat yang itu-itu saja nih.

Sendang Ngembel Jogja
Photo by @shagyto

Tempat ini sesungguhnya nggak begitu terkenal, bahkan untuk orang asli Jogja sekalipun. Kalau nggak tinggal di dekat Sendang Ngembel ini, bisa saja jadi baru denger nama daerah unik ini.

Asal Usul Nama Sendang Ngembel

Sendang atau kalau dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia bermakna adalah kolam di pegunungan dan sebagainya yang airnya berasal dari mata air di dalamnya, kebanyakan berguna untuk membasuh dan mandi, airnya jernih karena tetap mengalir.

Sendang Ngembel Jogja
Photo by @tutuko_jalanjalan

Dari arti yang tersedia di KBBI, Sendang Ngembel ini juga layaknya itu, sebuah kolam, yang biasa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk keperluan sehari-hari.

Dahulu, sendang ini tidak cukup terawat dan tidak banyak yang memerhatikan. Tapi, sesudah menjadi viral di media sosial, pesona dari Sendang Ngembel ini pun jadi perhatian. Hingga selanjutnya pemerintah pun memberi tambahan dukungan melalui PNPM Mandiri, bersama membangun infrastruktur.

Sendang Ngembel Jogja
Photo by @soega_12

Sekarang, Sendang Ngembel telah nyaman untuk anda kunjungi, tempatnya menjadi sedap membuat kita berwisata di sana. Dari yang dulunya terkesan mistis dan tidak terawat, jadi lebih nyaman, indah, dan terawat. Perekonomian berasal dari masyarakat sekitar pun menjadi sedikit terbantu dengan terkelolanya sendang di Bantul ini.

Sendang Ngembel Pajangan Bantul

Sendang Ngembel adalah sebuah kolam yang diameternya lebih kurang 50 meter dengan kedalaman antara 0,5-4 meter. Memiliki pintu air yang letaknya berada di segi barat dan selatan. Pintu air tersebut berfungsi untuk sesuaikan suplai air yang kemudian mengalir ke saluran irigasi untuk sawah penduduk sekitar.

Sendang Ngembel Jogja
Photo by @bracan.gowes.solidarity

Di tengah Sendang Ngembel, terkandung sebuah pulau kecil yang berukuran kurang lebih 2,5×2,5 meter. Di pulau itu jugalah terdapat 3 pohon cemara. Selain itu, kamu terhitung dapat menjumpai sebuah bangunan yang bisa berfungsi untuk daerah kami duduk dengan wujud mirip payung.

Sendang Ngembel Jogja
Photo by @penikmat_tanjakan

Bangunan yang berada di pulau ini berfungsi sebagai penanda terkecuali di daerah itu terkandung sebuah pathok batu. Konon pathok batu ini ditanam terhadap zaman Ki Ageng Mangir waktu tetap berkuasa.

Sendang Ngembel Jogja
Photo by @akumuss

Pulau kecil di sedang sendang ini juga tersedia sebuah benda yang bentuknya layaknya batu datar, terbuat berasal dari semen dan pasir. Di atas benda tersebut terdapat dua buah cekungan, fungsinya biasa dijadikan sebagai area sesaji.

Kalau anda pergi ke sisi barat-utara sendang, ada sebuah tempat tinggal kecil atau dikenal termasuk bersama cungkup. Menurut penduduk sekitar, cungkup ini digunakan untuk menempatkan sesaji dan termasuk tempat bertirakat bagi orang yang singgah bersama dengan maksud tertentu.

Sendang Ngembel Jogja
Photo by @sugus_r1tz

Cungkup selanjutnya punyai ukuran sekitar 2×3 mtr. dan punya pintu yang menghadap ke arah barat. Masyarakat kira-kira termasuk memercayai kalau cungkup di sendang ini menjadi kediaman penunggu Sendang Ngembel. Walaupun banyak cerita yang ada tentang sendang ini, anda jangan berkunjung ke sini untuk melakukan ritual yang dilarang oleh agama ya.

Alamat Lokasi Sendang Ngembel

Kalau kamu idamkan mampir ke wilayah daerah Sendang ngembel berada. Langsung saja menuju ke Dusun Beji Wetan, Kelurahan Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Akses ke Tempat Wisata

Sendang Ngembel Jogja
Photo by @putrisanti

Kalau anda pengen berkunjung ke lebih baik gunakan kendaraan spesial sebab nggak tersedia kendaraan umum yang sampai ke daerah tujuan. Jika anda menggunakan kendaraan roda empat, pastikan untuk waspada gara-gara jalannya tidaklah terlalu lebar. Tetapi, jalan menuju ke area ini telah aspal dan memadai bagus.

Waktu Terbaik untuk Plesiran

Mengunjungi sendang ini lebih baik selagi pagi atau menjelang sore hari. Saat pagi, cuaca masih cerah dan udaranya segar. Selain itu area ini terhitung tetap sepi, jadi kamu sanggup lebih nikmati keindahannya. Tapi, jikalau anda datang pas masih pagi, warung yang tersedia di kurang lebih sendang kebanyakan tetap belum buka, jikalau selagi akhir pekan.

Sendang Ngembel Jogja
Photo by @desen.reza

Jangan mikir lama-lama ya, langsung atur jadwal dan siapkan perlengkapan. Segera menuju ke Sendang Ngembel yang ada di Bantul ini. Setelah berasal dari area ini, anda juga sanggup melanjutkan berwisata ke gua-gua yang tersedia di Bantul terhitung lho. Selamat berwisata dan jangan buang sampah sembarangan.