Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Potret Telaga Bedakah Wonosobo : Memiliki Pesona Alam yang Sanggup Memanjakan Mata Setiap Pengunjungnya



Karogaul.com - Berlokasi di kawasan kebun teh Tambi di Kecamatan Kertek Wonosobo, Telaga Bedakah mempunyai atmosfer sejuk serta menenangkan. Telaga Bedakah Wonosobo pas terletak di kaki Gunung Sindoro. Keelokan alam yang ditawarkan di wisata ini sanggup membuat wisatawan betah berlama- lama di tempat ini.

Wonosobo Jawa Tengah tidak henti- hentinya mempunyai pesona keelokan alam yang menarik para turis buat berkunjung. Bila berdialog tempat wisata di Wonosobo, memang tidak akan ada habisnya, wisata alam eksotis ini dapat dikenal sampai mancanegara.



Salah satu tempat wisata kepunyaan Wonosobo yang masih underrated ataupun jarang diketahui oleh warga tetapi mempunyai pesona alam yang sangat menawan mempesona merupakan Telaga Bedakah Wonosobo.

Belum banyak orang yang ketahui kalau Telaga Bedakah Wonosobo ialah salah satu telaga yang memiliki pesona alam yang sanggup memanjakan mata tiap pengunjungnya.

Tidak hanya terletak di kaki Gunung Sindoro, Telaga Bedakah pula terletak ditengah- tengah hamparan perkebunan teh nan apik bersama panorama alam Gunung Kembang yang eksotik. View ini sanggup meningkatkan pesona elok, sejuk, serta natural dari telaga ini.

Air yang mengalir dari telaga natural ini nampak begitu jernih serta bersih sampai- sampai sekumpulan ikan warna- warni yang berenang di bawah telaga masih dapat kamu amati dengan lumayan jelas.

Sejarah Telaga Bedakah Wonosobo


Instagram.com/onitograph

Konon, Sendang Surodilogo ialah sumber mata air yang sangat jernih di dekat Dusun Bedakah. Dulu prajurit Pangeran Diponegoro, Ki Joko Suro sempat bersembunyi di wilayah Sendang Surodilogo, ia menjauhi pengejaran oleh tentara Belanda.

Di dalam persembunyianya, Ki Joko Suro hadapi kesusahan buat memperoleh air wudhu. Setelah itu dia menancapkan tongkatnya, kemudian mendadak menyembur air dari tanah yang ditancapkan tadi, dari mata air tersebut lah dia dapat mandi serta melaksanakan wudhu.



Sampai dikala ini, tiap bertepatan pada 1 Suro, ribuan orang yang berasal dari bermacam wilayah melaksanakan kunjungan ke Sendang Surodilogo. Sebab sumber air dari Sendang Surodilogo tersebut yang membuat Telaga Bedakah Wonosobo mempunyai air yang sangat jernih.

Berbeda dengan danau serta waduk, mayoritas telaga memanglah mempunyai sumber mata air yang jernih kehijauan. Untuk yang belum ketahui tentang perbandingan dari Danau serta Telaga itu sendiri. Berikut sedikit penjelasanya.

Danau ialah suatu kenampakan alam secara natural yang terdapat tempat yang lumayan luas. Wujud Danau sendiri semacam suatu perairan yang terdapat di daratan. Sebaliknya Telaga merupakan semacam perairan semacam danau yang lebih kecil sehingga cahaya matahari juga sanggup menggapai bawah airnya.

Rute Menuju Telaga Bedakah Wonosobo


Instagram.com/nrfarid_

Telaga Bedakah sendiri terletak di Desa Bedakah, tepatnya sebelah timur laut dari Kota Wonosobo pula terletak di lereng Gunung Sindoro. Telaga Bedakah ini ialah salah satu wisata di wilayah Wonosobo yang dapat dibilang masih underrated ataupun belum lumayan diketahui oleh banyak warga.

Sebab lokasinya yang terletak di Kecamatan Kertek, rute masuk ke wisata Telaga Bedakah Wonosobo ini lumayan gampang. Tidak butuh takut hendak bosan, wisatawan hendak disuguhkan dengan hawa fresh di selama ekspedisi mengarah Telaga Bedakah. Keadaan jalur mengarah telaga ini juga telah terbuat“ lembut” oleh pemerintah setempat.



Tidak heran bila air di Telaga Bedakah juga pula sanggup memanjakan mata tiap wisatawan yang tiba. Mempunyai air yang luar biasa jernih, Telaga Bedakah menyuguhkan panorama alam ikan warna- warni yang menawan. Sebab lokasinya yang terletak di kaki gunung serta dikelilingi hamparan perkebunan teh yang hijau.

Perihal tersebut sanggup membuat area di wisata ini masih terpelihara serta asri. Salah satu perihal yang menarik dari Telaga Bedakah merupakan Telaga Bedakah ini terletak pas di kaki Gunung Sindoro serta Gunung Kembang, tidak heran apabila hawanya sangat sejuk serta berkabut.

Dusun Bedakah pula tidak begitu jauh dari Kota Wonosobo, cuma dibutuhkan tempuh waktu dekat 30- 45 menit. Para wisatawan dapat tiba ke Telaga Bedakah lewat jalan Kertek ataupun dapat pula dari arah Sojopuro.

Tiket Masuk dan Fasilitas

Tiket yang ditawarkan juga lumayan murah meriah lho, buat harga tiket masuk cuma dikenakan Rp. 5000,- dan kamu telah dapat menikmati keelokan telaga ini. Tempat wisata Telaga Bedakah buka tiap hari mulai dari jam 09: 00– 17. 00 Wib.



Di Telaga Bedakah, turis pula dapat bermain dengan air, perahu karet, perahu kano, perahu bebek, playground anak, camping ground, arena flying fox dan disediakan spot– spot gambar yang instagramable. Kalian dapat cari spot- spot gambar dengan memperlihatkan panorama alam di dekat telaga.

Tidak harus takut kurang puas, di wisata ini pula mempunyai sarana paket eksklusif. Ialah wisatawan dapat mengendarai mobil off road buat melintasi hamparan hijau perkebunan teh di dekat telaga. Mengamati secara langsung proses penciptaan pembuatan teh khas tambi.



Dan disediakan sebagian penginapan semacam homestay oleh masyarakat dekat dengan harga mulai dari Rp50. 000 sampai Rp200. 000 per malamnya. Opsi bermalam di camping ground Telaga Bedakah menarik buat dijadikan selaku opsi.

Buat para turis dari luar kota, dapat pula bermalam dengan berkemah ditemani atmosfer yang tenang telaga di dasar pegunungan. Dapat banget dijadikan selaku pengalaman yang mengasyikkan. Tetapi, buat memperoleh sarana ini, turis wajib menghubungi pihak pengelola terlebih dulu.

Sebab buat sarana ini umumnya diperlukan campur tangan pihak ketiga. Posisi Telaga Bedakah Wonosobo ini tidak jauh dari tempat wisata Gunung Cilik. Gunung Cilik yang populer hendak panorama alam indahnya.

Telaga Bedakah Cocok Dijadikan Tempat Healing


Instagram.com/onitograph

Atmosfer natural yang disuguhkan oleh Telaga Bedakah Wonosobo ini pasti saja sanggup membuat para wisatawan enggan buat beranjak kembali. Dapat banget nyatanya buat jadwal ajak keluarga buat jalan- jalan kesini.

Pekerjaan pasti tidak hendak sempat terdapat habisnya, dia hendak terus senantiasa terdapat secara terus menerus. Hingga yang dapat kita jalani merupakan dengan memencet tombol‘ rem’ sejenak buat menepi dulu buat mengisi tenaga lagi.



Perihal ini ialah salah satu upaya dari self reward sendiri. Melaksanakan kegiatan simpel semacam relaksasi dengan menikmati keelokan panorama alam semacam pepohonan hijau, merasakan asrinya hutan, menikmati indahnya hamparan sawah, ataupun area yang menyajikan panorama alam alam hijau yang lain.

Nah, dari deskripsi di atas Telaga Bedakah Wonosobo dapat loh dijadikan selaku wujud self reward murah meriah. Tidak butuh menghasilkan budget yang besar, telaga ini telah sanggup membagikan dampak self- healing kepada wisatawan yang tiba.



Tetapi, bersumber pada review yang terdapat, diharapkan buat para anggota komunitas lebih aktif mempromosikan tempat wisata ini dengan lewat media sosial ataupun bisa jadi media yang lain. Pula diharapkan untuk pengelola buat membetulkan penyusunan Telaga Bedakah lagi.

Apakah sobat petualang tertarik memandang langsung lukisan alam nyata dari objek wisata tersembunyi di kawasan Wonosobo ini?

By : Nur Endah Puji Lestari-PetualangMuda